Mengenal PBN: Kelebihan, Kekurangan dan Tips Membangunnya

Web & Development / 0 | | 1

Internet adalah media yang paling sering digunakan pada era digitalisasi sekarang. Akses yang cepat membuat pengguna mengandalkan internet guna mencari suatu informasi. Biasanya website sering menjadi wadah beragam informasi yang ada mulai dari tips dan trik, serta masih banyak lagi. Membahas tentang website pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik SEO. 

Di dalam Website, teknik ini digunakan untuk meningkatkan efektifitas pembaca dari sebuah konten sehingga konten harus berada diatas dalam mesin pencarian Google. Jika pembaca meningkat akan berpengaruh pada jumlah adsense yang diterima pengelola website. Agar mencapai hal tersebut Search Engine Optimization (SEO) perlu ditingkatkan, salah satunya menggunakan Private Blog Network. Lalu, apakah Private Blog Network sebenarnya? Kami sudah menjabarkan penjelasan tentang PBN dibawah ini untuk Anda!

Baca Juga: Breadcrumbs: Pengertian, Jenis, dan Pengaruhnya terhadap SEO

Apa Itu PBN?

apa itu pbn

Private Blog Network atau PBN adalah sebuah website terdiri dari beberapa jaringan didalamnya guna menghubungkan backlink ke website utama. PBN termasuk kategori Grey Hat SEO dimana kategori ini jika dilakukan secara tidak cermat akan menimbulkan resiko pada website. Jika dibandingkan dengan website biasa, sekilas Private Blog Network ini sama saja, hanya yang membedakan dari segi isinya. 

Secara khusus, ia berfungsi untuk membangun backlink yang berkualitas. Semakin banyak backlink sebuah website maka akan dinilai baik oleh Google. Backlink inilah yang membuat offpage SEO pada website dapat meningkat atau tidak tergantung dari strategi yang digunakan. Uniknya teknik backlink satu ini biasa dibangun dalam situs website yang domainnya sudah kadaluarsa atau expired. Ini memang sengaja dilakukan oleh pemilik website.

Kelebihan PBN

kelebihan pbn

Google masih menerapkan penilaian sistem link pada website untuk menentukan peringkat dilaman hasil pencarian. Oleh karena itu backlink masih harus ditingkatkan SEOnya. Jika Anda menggunakan straregi yang satu ini ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan antara lain:

  • Dapat meningkatkan traffic website, Jika menggunakan PBN traffic dalam website akan berjalan secara efektif disamping itu jumlahnya juga akan meningkat. Hal ini sesuai dengan backlink yang sudah terjamin kualitasnya.
  • Dapat mengontrol link building, selanjutnya PBN juga digunakan agar pemilik website dapat mengelola serta mengontrol sendiri link dari website lain yang akan di tautkan kedalam website utama. 
  • Dapat meningkatkan money site, kemudian setelah penggunaan PBN maka performa SEO dipastikan akan lebih baik dari sebelumnya sehingga membuat penghasilan atau adsense Anda juga meningkat.
  • Dapat menghapus link spam, link spam yang bertebaran bisa saja menjadi penghambat dari performa SEO dan membuat isi website jadi tidak maksimal saat dilihat oleh pengguna. Maka PBN bisa menjadi solusi untuk menghapus link-link spam tersebut agar website lebih teratur.
  • Dapat mengkomersilkan jasa backlink, jadi PBN yang sudah Anda gunakan bisa membuka peluang dari segi komersil untuk jasa backlink bagi website yang tidak menggunakannya tetapi butuh jasa itu.
  • Terpercaya di kalangan praktisi SEO, meski banyak pro dan kontra tentang pemakaian PBN akan tetapi tidak melunturkan kepercayaan para praktisi SEO untuk menggunakannya. Sehingga Private Blog Network sudah bisa di jamin kualitasnya baik.

Baca Juga: Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO

Kekurangan PBN

kekurangan pbn

Setelah kelebihan pasti ada kekurangan yang dimiliki oleh PBN. Kekurangan ini yang harus Anda ketahui sebagai berikut:

  • Dapat terkena penalti,  backlink memang penting untuk dibuat akan tetapi jika konten yang ada pada website utama, tidak diperhatikan maka website bisa terkena penalti. Hal ini disebabkan oleh turunnya ranking SERP sehingga Google menganggap memanipulasi mesin pencari.
  • Dicurigai oleh Google, jika dalam sebuah situs website jarang adanya aktivitas seperti konten yang jarang di publish, tidak memiliki internal link  atau bahkan pembaharuan yang jarang dilakukan. Hal ini dapat membuat google mencurigai website tersebut, karena google memiliki tim khusus untuk meninjau situs website beserta link secara manual. Sehingga untuk menghindari hal tersebut wajib untuk memelihara Private Blog Network dengan baik.
  • Pembuatan yang rumit, banyak kelebihan yang didapatkan jika Anda menggunakan PBN. Akan tetapi Anda juga harus siap dengan pembuatan situs PBN yang terbilang rumit. Mulai dari awal hingga akhir memerlukan ketelitian dan kesabaran dalam proses pembuatannya agar hasilnya maksimal untuk digunakan.
  • Biaya yang tinggi, sebenarnya jika sudah memutuskan untuk membuat PBN sama saja seperti membuat website atau blog baru. Memerlukan domain,hosting dan juga sertifikat SSL. Apalagi untuk membuat PBN membutuhkan domain yang sudah kadaluarsa sehingga biayanya akan berbeda jauh lebih tinggi dengan domain yang baru.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Strategi Marketing SEO Tahun 2022

Cara Membangun PBN yang Baik

cara membangun pbn

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan PBN rencanakan terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan. 

  • Merencakan backlink PBN yang akan dibuat, Anda harus mengetahui kira-kira berapa banyak backlink yang ingin dibuat agar situs bersih dari link spam dan sejenisnya yang mengganggu.
  • Merencanakan biaya PBN, biaya menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dengan matang. Karena menggunakan PBN memang memerlukan biaya yang besar sehingga agar tidak salah perhitungan wajib untuk menyediakan biaya yang khusus untuk PBN.
  • Merencanakan tautan, ini penting dilakukan untuk mengarahkan tautan mana saja yang nanti akan terhubung langsung dengan website milik Anda. Dengan tautan yang direncakanan membuat tidak ada tautan kosong dalam web.
  • Merencanakan stuktur PBN, yang dimaksud dalam struktur disini lebih spesifik mengarah pada jaringan yang harus disusun. 
  • Merencanakan peringkat pada link PBN, biasanya tidak semua jenis konten pada website bisa mendapat peringkat dalam mesin pencarian, akan tetapi bukan tidak ada konten yang menjadi peringkat teratas. Untuk mewujudkannya peringkat pada link PBN harus direncanakan seoptimal mungkin.

Baca Juga: Cara Setting Yoast SEO dan Fitur Terlengkap

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang PBN yang sudah kami rangkum agar Anda lebih dapat memahaminya.  Bagi Anda yang ingin menaikkan SEO website Anda boleh mencoba situs yang satu ini. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membelinya pastikan untuk memperhatikan kekurangan yang dimiliki, agar Anda bisa mempertimbangkan pemakaiannya ya!

Related Post :

popup image