Bagaimana Cara Memilih Niche Market untuk Bisnis Online

Business, Marketing / 0 | | 0

Dalam membangun bisnis online, anda harus menentukan strategi pasar dan tren yang sedang berkembang untuk menambah keuntungan pada produk anda. Banyak strategi marketing yang menawarkan banyak keunggulan terutama pada konten digital marketing.

Namun, ada salah satu strategi marketing yang wajib kamu ketahui ialah niche market. Strategi niche  market masih banyak belum diketahui oleh banyak orang. Termasuk salah satu kesuksesan startup di Indonesia yaitu dengan menggunakan niche market.

Anda dapat mengetahui lebih lengkap dengan membaca artikel ini mengenai  niche  market.

 

Apa Itu Niche Market

 

Niche market merupakan  target atau segmen pasar yang cukup spesifik dari bagian pasar yang lebih besar. Sebagai contoh, pemasaran sepatu perempuan memiliki segmentasi yang berbeda.

Misalnya, sepatu perempuan untuk sekolah, sepatu perempuan untuk bekerja, sepatu perempuan untuk piknik, atau bahkan untuk pesta merupakan bagian dari niche market atau segmen pasar yang lebih spesifik.

 

Pemasaran Niche vs Pemasaran Massa

 

Pemasaran niche dan pemasaran massa merupakan salah satu strategi pemasaran terbaik yang diterapkan oleh pemasar saat ini. Intinya niche mengacu pada strategi pemasaran yang berfokus pada pasar yang relatif kecil di pasaran. Namun, Pemasaran massal dapat mengacu pada strategi pemasaran yang berfokus pada keseluruhan pasar. Bahkan, pemasaran massal mengabaikan segmen pasar yang tersedia, bahkan bermaksud untuk tampil di seluruh pasar.

 

Cara Membuat Niche Market

Agar memudahkanmu, berikut ini adalah beberapa cara menentukan niche market yang perlu anda ketahui.

1. Identifikasi Tren Pasar

Ini merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan sebagai langkah inti. Anda terlebih dahulu harus menentukan 10 topik tren pasar dengan kesukaan mu. Hal ini dilakukan agar dapat membuka jalan dalam menemukan niche market untuk produk anda..

Mengapa dalam menentukannya harus berdasarkan tren dan apa yang kamu sukai? Karena, ketika kamu sendiri tidak tertarik terhadap bisnis yang kamu bangun, maka besar kemungkinan untuk tiba – tiba berhenti.

2. Tawarkan produk atau layanan yang unik

Trik agar anda dapat menemukan produk atau layanan yang unik dan berbeda ialah dengan mencari kebutuhan penting dalam hidup yang hingga saat ini belum terpenuhi.

Salah satu contohnya ialah : Gojek yang menawarkan solusi untuk pemesanan jasa antar dan jemput dengan mudah dan cepat hanya dengan smartphone saja. Selain itu  juga Gojek mempunyai fitur lainnya dimana mereka berfokus pada 3 lini besar diantaranya pembarayan, Transportasi dan Logistik.

 

3. Niche market yang kamu pilih dapat memberi keuntungan

Setelah menemukan produk dan inovasi yang anda lakukan, selanjutnya ialah anda perlu mencari tahu keuntungan yang bisa didapatkan dari produk anda. Jika produk anda memiliki kompetitor sejenis, cobalah membandingkan dengan kompetitor. Agar kamu dapat membuat inovasi berbeda dari kompetitormu yang menjadi ciri khas produkmu.

Kamu juga mendapatkan keuntungan lain karena market spesifik yang kamu miliki akan mempunyai customer yang khusus dan loyal juga sehingga mereka akan menggunakan produk kamu secara terus menerus.

4. Lakukan uji coba pada ide

Langkah terakhir yaitu lakukan uji coba ide produk yang kamu tawarkan. Salah satu caranya ialah dengan menyediakan laman khusus untuk melakukan pemesanan produk anda.

Namun, jangan berkecil hati dulu apabila percobaan penjualan produk anda untuk pertama kalinya tidak mendapatkan antusiasme yang diharapkan. Anda dapat mengevaluasi produk anda agar bisa membuat inovasi yang lebih menarik dalam produk anda.

Baca Juga : Panduan Memaksimalkan Online Marketing Untuk Pemula

 

Keuntungan Niche Market

 

Strategy Niche market memiliki banyak manfaat bagi bisnis online anda. Bahkan, ada empat hal yang menjadi alasan mengapa kamu perlu memilih niche market. Berikut di antaranya.

  • Pendapatan yang tinggi
    Anda pasti sudah mengetahui produk yang sedang tren saat ini. Biasanya produk ini akan cepat laku dipasaran, sehingga penjual akan memiliki kecenderungan memberikan harga yang lebih mahal. Ketika kamu menentukan bisnis online yang sedang tren  maka, bukan tidak mungkin pesanan produk akan semakin tinggi. Sehingga, peluang untuk meningkatkan pendapatansemakin besar.
  • Lebih menikmati pekerjaan
    Niche market merupakan strategy yang fleksibel dalam bisnis online anda. Ketika anda  telah membangun sebuah bisnis berdasarkan passion anda, maka anda akan lebih mudah untuk menentukan siapa saja target pasar produk anda dalam masyarakat.
  • Memasarkan produk dengan mudah
    Dalam memilih niche market yang tepat. Kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Produk kamu dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Cara untuk memasarkan produk saat ini ialah dengan memanfaatkan social media. Anda dapat menggunakan Facebook Ads, Twitter Ads, Youtube Ads, dan Instagram agar lebih mudah dalam memasarkan produk anda ke pasaran.
  • Lebih Mudah Dikenal
    Dengan penghasilan yang tinggi dari niche market maka otomatis anda akan semakin dikenal oleh banyak orang. Contohnya ialah Chairul Tanjung  yang dulunya ia adalah anak desa yang yang berkuliah di jakarta sambil berbisnis. Bahkan, bisnis dari CT Group sudah melebar ke dunia entertain televisi, wahana hiburan, agrobisni hingga property. Hal inilah yang membuat Charul Tanjung dikenal luas di masyarakat karena kepintaranya dalam berbisnis dan berinovasi.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Inbound Marketing Serta Mannfaat Tujuan Dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Niche market merupakan sebuah marketing strategy yang dapat melihat tren pasaran yang sedang laku dipasaran. Sebelum memulai bisnis, anda harus melakukan strategy niche market terlebih dahulu.

Dengan melakukan riset, anda dapat membuat produk anda memiliki nilai jual yang berbeda dengan melakukan inovasi. Namun, terlebih dahulu anda harus menyukai bisnis anda sebelum benar – benar dijual kepasaran. Hal ini berpengaruh dengan konsisten anda dalam mengelola bisnis anda.

Jika anda tidak menyukai bisnis yang anda bangun, maka kemungkinan bisnis anda akan berhenti ditengah jalan. Maka dari itu niche market sangat penting dalam awal membangun bisnis anda.

Related Post :

popup image