Panduan Memaksimalkan Online Marketing untuk Pemula

Business, Marketing / 1 | | 0

Bisnis Online kini diIndonesia sudah menjadi tren. Memasuki era digital, semua dituntut serba cepat dan praktis. Bisnis Online menawarkan kemudahan bagi pelanggan, Bisnis ini dapat menjangkau pelanggan dari mana saja. Untuk itu diperlukan startegi online marketing yang tepat.

Online Marketing menggunakan kreativitas dalam membaca pasar dimasyarakat.Online Marketing membuat produk yang kamu tawarkan akan laku dipasaran.  Kemajuan digital yang serba online akan semakin membutuhkan keahlian online marketing.

Baca Juga : Perbedaan Antara Marketing Dengan Sales

Penggunaan online marketing menuntut setiap perusahaan harus bisa membaca tren dan pasar di masyarakat. Pelanggan akan dengan mudah menemukan produk yang anda jual melalui mesin pencarian Google, atau media sosial. Online marketing adalah sebuah solusi dari perkembangan digital.

Berikut ini artikel panduan memaksimalkan online marketing untuk pemula. Yuk simak artikelnya!

 

Definisi Online Marketing

Online marketing adalah sebuah aktivitas pemasaran barang atau jasa dengan mengguakan internet sebagai medianya. Perkembangan teknologi berlangsung dengan sangat cepat, membutuhkan Online marketing. Online marketing sebenarnya juga merupakan suatu fasilitas dimana orang orang bisa memanfaatkan internet untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka.

Selama seseorang bisa mengakses internet melalui Google, maka orang tersebut bisa menjadi target pemasaran kita. Meski begitu, Sebelumnya anda harus mempunyai strategi bisnis online tertentu yang harus Anda terapkan. Pasar online terlalu luas karena mencakup segala usia dan tempat. Anda harus menentukan terlebih dahulu target konsumen yang dituju. Menentukan target pasar menjadi langkah paling utama dalam memulai marketing online.

Baca Juga : Menentukan Market & Channel yang Efektif untuk Bisnis & Startup

Dalam penerapan Online Marketing juga membutuhkan perencanaan yang matang, disatu sisi untuk melaksanakan Online Marketing juga ada  yang membutuhkan dana seperti strategi menggunakan Facebook Ads, Google Ads, Twitter Ads dan lainnya, bahkan bisa dimanfaatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun salah satunya dalah dengan menggunakan social media atau website.

 

Kelebihan Online Marketing

Kelebihan online marketing harus diketahui agar memiliki yang belum diketahui banyak orang. Berikut adalah kelebihan-kelebihan online marketing yang perlu Anda ketahui:

  1. Penggunaan luas
    Online marketing dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dan dimana saja. Semua skala bisnis bisa memanfaatkan online marketing karena alat-alat yang diperlukan untuk digital marketing mudah diperoleh siapa saja. Hanya menggunakan laptop dan koneksi internet saja.
  2. Lebih Murah dan Fleksibel
    Keunggulan online marketing, Anda bisa menghemat anggaran marketing dengan hasil yang sama atau bahkan lebih efektif. Online Marketing bisa digunakan tidak bergantung pada waktu, Namun anda dapat mengatur sendiri waktunya.
  3. Meningkatkan Revenue
    Anda bisa meningkatkan pendapatan lebih efektif menggunakan online marketing. Online marketing mampu membuat revenue lebih besar dibanding bisnis yang hanya mengandalkan marketing tradisional.

 

Strategi Online Marketing

Ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan dalam memaksimalkan kegiatan online marketing. Sebelumnya juga IDCloudhost juga sudah menuliskan juga artikel mengenai Menentukan Market & Channel yang Efektif untuk Bisnis yang pada dasarnya juga bisa digunakan bagi kamu yang masih bingung untuk memulai  Online marketing. Nah ada untuk memulai strateginya, berikut bebrapa informasi yang perlu kamu ketahui :

1) Konsumen

Target utama dari Online Marketing adalah konsumen. Dalam bisnis apapun, konsumen harus selalu menjadi prioritas. Pastikan dirimu sendiri bahwa kamu bisa memahami apa saja yang diinginkan konsumenmu. Bagaimana cara agar konsumenmu langsung menemukan brand milikmu dan bagaimana pengalaman mereka dengan brand-mu. Selain itu, kamu juga bisa membuat branding produk. Untuk menciptakan branding produk kamu bisa memulainya dengan menentukan status demografinya seperti umur, pendidikan, bidang pekerjaan, serta keunggulan dari produkmu.

2) Ikuti Conversion Funnel

Jika kamu sudah memahami pola pikir konsumen, buatlah diagram yang disebut dengan Conversion Funnel. Diagram ini adalah salah satu konsep penting dalam online marketing. Bentuk funnel sendiri bisa berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan. Conversion funnel merupakan pengembangan dari AIDA model atau dikenal sebagai purchase funnel, yang merupakan bagian dari marketing tradisional. Kamu bisa melihat AIDA model di diagram bawah ini.

 

Dalam membuat startegi bagi konsumen anda harus bisa membaca target. Maka anda terlebih dahulu harus membuat suatu diagram yang disebut convension funnel. Bentuk dari funnel ini bisa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

  • Awareness: Konsumen mulai mengetahui tentang produk yang Anda pasarkan.
  • Consideration: Konsumen mulai tertarik dengan produk yang Anda pasarkan dan berfikir akan membelinya.
  • Conversion: Konsumen melakukan produk Anda dan menjadikannya sebagai konsumen Anda.
  • Loyalty: Tahap ini adalah tahapan inti karena konsumen produk Anda telah melakukan pembelian berulang – ulang  dan menjadi pelanggan
  • Advocacy: konsumen yang telah menjadi pelanggan setia, merekomendasikan produk yang Anda pasarkan dikarenakan konsumen sudah percaya dengan produk anda, sehingga semakin luas peminatnya.

Conversion funnel memudahkan Anda untuk mengatur strategi online marketing yang akan dijalankan dengan baik dan terencana. Pastikan Anda  menyesuaikan aktivitas online marketing sesuai dengan susunan conversion funnel diatas agar tidak melewatkan langkahnya.

3) Buatlah Konten Online Marketing Yang Menarik

Content marketing yang menarik yang dapat membangun sebuah cerita. Storytelling untuk content marketing tidak hanya sebagai media untuk menjual produk anda, melainkan untuk memperkenalkan produk kepada publik. Selain itu, kamu juga bisa mengukuhkan diri sebagai ahli di bidangmu melalui content marketing.

Anda dapat membuat online marketing yang menarik bagi calon konsumen, misalnya dengan menambahkan video. Selama video yang kamu buat relevan dengan produkmu, mereka boleh bersifat menghibur atau mengedukasi. Dengan menambahkan audio dan video, maka konsumen akan lebih ingat dengan produk yang kamu promosikan.

 

Salah satu Konten dari GOJEK Indonesia ini dengan mengkampanyekan mengenai #Cerdikiawan ini sejalan dengan tujuan dari online marketing mereka dimana mereka mensosialisasikan bagaimana gojek menjadi salah satu solusi untuk masalah keseharian masyarakat Indonesia. Konten  yang dikemas sangat bagus dan inspiratif serta memancing emotional marketing pengguna untuk mengingat iklan  ini sebagai salah satu iklan yang kreatif di Indonesia

3) Buatlah dan Manfaatkan Email Marketing

Email marketing adalah cara lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens dan konsumen. Email marketing merupakan strategi yang dapat menghubungkan individu. Hampir semua orang memiliki kebiasaan untuk memeriksa kotak masuk email mereka hampir setiap saat. Ini membuat email marketing menjadi salah satu strategi terkuat di online marketing.

Kamu bisa mengirim email sebulan sekali atau seminggu sekali, memberi ringkasan tentang hal-hal menarik apa yang terjadi dalam bisnismu dalam seminggu atau sebulan terakhir, atau biasa disebut dengan highlight.

Baca Juga : Layanan Email Hosting IDcloudhost

 

Penutup dan Simpulan

Online marketing merupakan sebuah teknik marketing yang hanya menggunakan internet saja dalam penerapnnya. Online Marketing membutuhkan konten yang kreatif agar produk yang anda tawarkan dapat mempunyai ciri khas di pasaran.

Dengan membuat Online marketing maka kamu sudah tau ciri khas produk dan target yang anda tawarkan seperti apa. Dan untuk meningkatkan audiens, maka kamu bisa upload setiap hari beberapa konten yang menarik agar mendapat perhatian dari konsumen.

Selain dapat menambah value dalam produk anda  dengan konten dan kegiatan konstan tiap minggunya, para audiensmu juga akan terbiasa dengan jadwalmu, nantinya hal ini bisa memberikanmu keuntungan juga, yaitu jika kontenmu ditunggu oleh audiens yang sudah berlangganan.

Related Post :

popup image