5+ Bahasa Pemrograman Game Terbaik 2022

Informasi, Web & Development / 0 | | 3

Industri game merupakan salah satu industri yang berkembang pesat saat ini. Banyak orang menyukainya, baik remaja, dewasa, bahkan anak-anak. Game memang merupakan cara menyenangkan untuk mengusir penat. Karena itulah, bisnis ini membawa peluang tersendiri untuk para programmer. Namun, Anda tentunya perlu menguasai bahasa pemrograman game terlebih dahulu. 

Saat ini, developer dengan spesialisasi pengembangan game banyak dicari. Anda bisa bekerja dengan game studio, atau membuat game Anda sendiri untuk kemudian dijual di platform-platform yang mendukungnya. Namun, banyaknya bahasa pemrograman yang ada mungkin membuat Anda bingung mana saja bahasa yang cocok dipelajari untuk mengembangka game. Berikut rekomendasinya.

Baca Juga: Mengenal dan Memahami Apa Itu Programming Language/Bahasa Pemrograman

5+ Bahasa Pemrograman Game Terbaik

Bahasa pemrograman memang memiliki banyak kegunaan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan untuk menggunakannya Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Ada bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat website, ada yang didesain untuk mendesain aplikasi mobile, ada juga yang ditujukan untuk pengembangan game. Jika ingin menjadi game developer yang handal, Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman berikut ini. 

1. Phyton

Meskipun Python tidak sepopuler Java atau C++ untuk pemrograman game, Python memberi Anda akses ke tools yang menyedehanakan proses pengembangan. Karena alasan ini, banyak programmer game baru tertarik pada Python.

Popularitas Python sebagian karena penggunaan OOP (Object-Oriented Programming). Objek yang digunakan dalam OOP memiliki properti yang dapat digunakan dalam berbagai aspek game, membuat pengembangan game lebih mudah dan lebih cepat.

Yang harus Anda lakukan hanyalah menyalin dan menempelkan objek ke dalam segmen kode yang berbeda dan kemudian membuat penyesuaian yang relatif kecil sehingga sesuai dengan aspek-aspek permainan tersebut. 

OOP juga mempermudah pengeditan kode karena jika Anda menemukan kesalahan dalam satu objek, Anda dapat menerapkan perbaikan ke objek lainnya. Struktur Python yang ramah pengguna telah memposisikannya sebagai bahasa di balik Battlefield 2, Eve Online, dan Disney’s Toontown Online. 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Bahasa Pemrograman Populer Phyton

2. Java

Meskipun Java tidak memberikan kontrol tingkat tinggi dan kerumitan yang sama seperti C +++, banyak yang melihatnya sebagai bahasa terbaik untuk pengembangan game. Popularitas Java sebagian karena kemudahan penggunaannya, yang menjadikannya solusi yang bagus untuk banyak game developer baru.

Komunitas Java juga menyediakan harta karun yang dalam dari alat dan sumber daya open-source lainnya. Ini membuatnya jauh lebih cepat untuk mengembangkan game, terutama karena Anda dapat menemukan kode yang sudah ditulis untuk digunakan dalam game Anda. Dalam beberapa hal, Java dapat memberikan proses pengembangan game yang lebih terasa plug-and-play daripada C +++.

3. C#

Meskipun C# dianggap sebagai alternatif yang lebih mudah untuk C +++, C# masih merupakan bahasa pemrograman yang fleksibel dan kuat. Namun, juga lebih kompleks dibandingkan bahasa lainnya. Microsoft bahkan mengembangkan framework XNA untuk membantu pengembangan game lebih mudah menggunakan C#.

XNA adalah framework yang secara khusus dibuat untuk membuat pengembangan game dengan lebih mudah cepat tanpa mengorbankan end-user experience. Fleksibilitas C# adalah nilai tambah besar lainnya. 

Anda dapat membuat game yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk PlayStation, iOS, Android, dan Windows. Hal ini membuat C# menjadi bahasa pilihan untuk game seperti Super Mario Run dan Pokémon Go. 

4. HTML5

HTML5 adalah bahasa populer lainnya untuk Game Developer, terutama karena saat ini sudah banyak gaming engines yang secara khusus dirancang untuk membuat game HTML5 bekerja lebih baik. Ditambah lagi, Anda dapat menggunakan bahasa ini dengan JavaScript secara bergantian.

HTML5 juga dikenal karena kemampuannya untuk membuat game yang bekerja pada berbagai platform dan berbagai jenis browser. Hal ini dapat mempermudah untuk mendesain game yang menarik bagi khalayak yang lebih luas. HTML5 telah digunakan untuk membuat game terkenal seperti World Cup Penalty 2018 dan Gods Will Be Watching.

Baca Juga: Panduan Mengenal Apa Itu HTML dan XML Sitemap Bagi Pemula

5. JavaScript

Dalam pengembangan game online, JavaScript adalah bahasa paling powerful dan memiliki banyak fungsi. JavaScript dapat Anda kombinasikan dengan HTML dan CSS, membuatnya lebih mudah digunakan mengembangkan game untuk berbagai platform.

Beberapa programmer menggunakan JavaScript karena bahasa pemrograman ini memungkinkan Anda untuk membuat animasi dan berbagai elemen interaktif. Ditambah lagi, komunitas online di balik JavaScript sangat besar. 

Dukungan komunitas yang luas ini memungkinkan Anda untuk dapat menemukan banyak elemen yang telah dirancang sebelumnya untuk digunakan dalam game Anda sendiri.JavaScript adalah bahasa di balik game-game hits seperti American Girl, Angry Birds, dan Aquaria.

6. C++ 

Tidak mengherankan bahwa C++ adalah salah satu bahasa pengembangan game terpopuler, terutama bahasa pemrograman satu ini sangat handal dan fleksibel. C++ dikenal karena tingkat abstraksinya yang tinggi, yang memungkinkan Anda memiliki kontrol penuh atas bagaimana device akan berinteraksi dengan kode Anda.

C++ juga menyediakan kontrol yang lebih terperinci tentang bagaimana grafik diproses oleh sistem, yang memainkan peran yang sangat penting dalam desain game.

Manfaat lain dari penggunaan C++ adalah memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan bagian-bagian khusus dari desain game Anda. Tingkat pengembangan game yang mendetail ini sulit dilakukan dengan banyak bahasa lain yang lebih sederhana.C++ telah digunakan untuk membuat game populer seperti StarCraft, Football Pro, dan Counterstrike. 

Baca Juga: 8 Bahasa Pemrograman Web Terbaik dan Cocok untuk Pemula

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk pengembangan game. Apakah Anda tertarik mempelajari salah satunya? Untuk dapat terjun ke dunia game development dan menjadi seorang developer handal, kemampuan akan bahasa pemrograman ini adalah hal yang mutlak Anda kuasai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah wawasan seputar dunia pemrograman dan game, ya.

 

Related Post :

popup image