Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

Pengumuman, Serba Serbi / 0 | | 0

Salah satu untuk dapat melanjutkan persekolahan dan perkuliahan adalah dengan mendapatkan beasiswa. Bagi kebanyakan orang sudah memiliki gambaran yang umum tentang apa itu beasiswa yakni uang yang diberikan oleh sebuah institusi atau lembaga terkait untuk membiayai sekolah seorang mahasiswa. Pada dasarnya, beasiswa adalah sejumlah uang yang diberikan kepada seorang siswa untuk membantunya melanjutkan pendidikannya.

Alih-alih pinjaman yang menghasilkan bunga pengembalian atau bantuan keuangan berdasarkan kebutuhan, yang biasanya dibagikan oleh universitas, beasiswa adalah hadiah yang tidak perlu dibayar kembali. Uang dari beasiswa itu sendiri dapat berasal dari berbagai sumber. Ada beasiswa yang diberikan oleh pemerintah, perusahaan, universitas, organisasi, yayasan atau mungkin saja perorangan dengan niat membantu pembelajaran seseorang.

Meskipun beasiswa bukanlah pinjaman, beasiswa juga bukan hanya uang gratis percuma. Sebagian besar organisasi yang menawarkan beasiswa ini menganggapnya sebagai investasi daripada hadiah. Oleh karena itu, beasiswa biasanya memiliki ikatan kuat dengan bidang studi tertentu. Mari cari tahu apa saja mengenai beasiswa gratis 2021 seperi Program Beasiswa IDCloudHost 2021 yang bisa Anda coba dibawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Beasiswa

Beasiswa adalah pemberian bantuan keuangan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka di sekolah dasar atau menengah swasta, atau perguruan tinggi swasta atau negeri pasca sekolah menengah, universitas, atau lembaga akademis lainnya. Umumnya beasiswa diberikan berdasarkan berbagai kriteria, seperti prestasi akademik, keberagaman dan inklusi, keterampilan atletik, kebutuhan finansial, dan lain-lain atau juga kombinasi dari kriteria ini.

Kriteria beasiswa biasanya mencerminkan nilai dan tujuan pemberi atau pendiri penghargaan. Meskipun penerima beasiswa tidak diharuskan untuk membayar kembali beasiswa, penghargaan tersebut mungkin mengharuskan penerima untuk terus memenuhi persyaratan tertentu selama masa dukungan keuangan diberikan kepada mereka.

Persyaratan yang paling umum adalah seperti mempertahankan nilai rata-rata nilai minimum atau terlibat dalam aktivitas tertentu. Misalnya, bermain di tim olahraga sekolah untuk pemegang beasiswa atletik, atau menjabat sebagai asisten pengajar untuk beberapa beasiswa pascasarjana. Sedangkan beasiswa dapat diberikan kepada siswa berupa uang tunai, penghargaan dalam bentuk barang misalnya, pembebasan biaya sekolah atau biaya perumahan di asrama, atau juga kombinasi keduanya.

 

Baca Juga  :     Jurusan Multimedia : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Tipe dan Jenis Umum Beasiswa

Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!
 

Ada banyak jenis dan tipe beasiswa yang ada di luar sana, tetapi yang paling umum dan biasa ditemukan baik nasional atau global diantaranya adalah :

 

  • Beasiswa Unggulan Akademik

    Banyak universitas menawarkan beasiswa kepada siswa yang mencapai nilai tertentu di A Level untuk mendorong siswa yang berprestasi untuk memilih universitas mereka. Mereka tidak semuanya meminta nilai IPK atau GPA yang tinggi, ada pula yang menawarkan uang beasiswa untuk nikah menengah atau bahkan kurang.

  • Beasiswa Musik

    Jika Anda pandai menyanyi atau memainkan alat musik, Anda dapat mencoba untuk memperoleh beasiswa musik. Anda tidak harus belajar Musik untuk memenuhi syarat.

  • Keadaan Pribadi

    Beasiswa yang didasarkan pada keadaan pribadi Anda, seperti dari mana Anda berasal, keadaan ekonomi keluarga dan orang tua Anda untuk mencari nafkah, atau berdasarkan agama tertentu. Jenis beasiswa ini mungkin berasal dari otoritas lokal atau organisasi keagamaan atau badan amal.

  • Kebutuhan Keuangan

    Ini adalah jenis beasiswa yang lebih tradisional yang memberikan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan dan mungkin tidak dapat masuk universitas tanpa uang. Beasiswa tipe ini sering disebut hibah atau beasiswa dan Anda mungkin perlu membuktikan situasi keuangan Anda untuk mendapatkan bantuan.

  • Prestasi Olahraga

    Jika Anda telah berkarir dan berprestasi luar biasa dalam olahraga, banyak universitas akan menawarkan beasiswa untuk menarik bakat terbaik. Anda tentu saja, harus bersaing untuk mendapatkan universitas yang menyediakan perkuliahan olahraga sesuai bidang olahraga Anda.

  • Beasiswa Perusahaan

    Semakin banyak perusahaan mulai menawarkan beasiswa dan beberapa diantaranya menyertakan pengalaman kerja sebagai bagian dari penawaran tersebut. Asosiasi Industri juga menggunakan beasiswa untuk mendorong bakat baru agar bergabung dengan profesi mereka masing- masing, seperti teknik dan lain- lain.

  • Minat dan Hobi

    Ada beberapa beasiswa yang didasarkan pada kegiatan ekstrakurikuler Anda seperti menunjukkan komitmen pada keterlibatan sosial atau meningkatkan kehidupan orang lain.

  • Beasiswa Lain

    Semakin banyak beasiswa yang ditawarkan oleh perusahaan, di mana semua siswa harus mengirimkan esai atau video. Beberapa berasal dari Amerika, di mana beasiswa jauh lebih umum dan perusahaan-perusahaan Amerika ini sekarang membuka beasiswa mereka untuk siswa Inggris. Mungkin saja beasiswa tipe ini akan berkembang di Indonesia dan Asia lainnya.

 

Baca Juga  :    Kamu Blogger? Yuk, Buat Tulisanmu di Lomba Blog IDCloudHost!

 

Pertanyaan Umum Mengenai Beasiswa

Rata- rata pelajar dan mahasiswa ingin mencoba mendapatkan bantuan beasiswa, tetapi tidak semua dari mereka mengetahui apa saja yang mengenai bagaimana caranya mendapatkan hingga mencari beasiswa yang tepat. Berikut ini pertanyaan- pertanyaan umum yang biasanya dicari mengenai beasiswa :

 

  • Apa itu beasiswa perguruan tinggi atau universitas?

    Beasiswa adalah penghargaan bantuan keuangan yang dirancang untuk membantu siswa mendapatkan gelar sarjana mereka, tidak jarang juga beasiswa bisa berupa bantuan satu kali selama semester atau selama masa pembelajaran saja. Beasiswa sekolah juga dapat diperpanjang dengan memberikan uang kepada siswa setiap semester atau tahun ajaran. Bantuan ini berbeda dengan pinjaman mahasiswa karena tidak perlu dibayar kembali.
     
    Siswa dapat menerima uang secara langsung sebagai cek atas nama mereka bahkan uang beasiswa tersebut juga langsung diberikan ke sekolah siswa. Siswa yang bersangkutan kemudian akan membayar sekolah untuk selisih uang yang terutang untuk biaya sekolah, biaya, kamar dan pondokan. Jika beasiswa dan bentuk bantuan keuangan lainnya cukup untuk menutupi biaya kuliah langsung, kelebihan uang tersebut akan dikembalikan kepada siswa tadi.

  • Darimanakah beasiswa berasal?

    Beasiswa berasal dari berbagai sumber yang berbeda, termasuk klub, organisasi, badan amal, yayasan, bisnis, perguruan tinggi dan universitas, pemerintah dan individu. Perguruan tinggi dan universitas juga menawarkan bantuan keuangan dalam bentuk bantuan prestasi, jadi jangan lupa untuk menghubungi sekolah yang Anda pertimbangkan untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk bantuan prestasi apa pun.

  • Bagaimana penggunaan uang beasiswa?

    Cek beasiswa yang diberikan atas nama Anda dapat digunakan untuk apa saja, tetapi sebaiknya Anda melihat ini sebagai investasi dalam pembelajaran dan masa depan Anda. Uang beasiswa yang didapatkan harus digunakan untuk biaya sekolah yakni berarti uang sekolah, tapi bisa juga buku dan alat tulis, rumah dan akomodasi, makanan atau bahkan komputer dan perangkat lunak.
     
    Saat Anda menerima beasiswa, uang tergantung pada beasiswa yang Anda menangkan. Terkadang Anda mendapatkan uang dalam setengah bagian sebelum sekolah dimulai, dan dalam kasus lain uang tersebut dibagikan dengan cara mencicil. Terkadang beasiswa dapat dibayarkan di tengah semester serta dapat dibayarkan secara full seperti beasiswa IDCloudHost 2021.

 

Baca Juga  :     Jurusan Ilmu Komputer : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2021

Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!
 

Sejak tahun 2015 lalu, IDCloudHost Indonesia telah dengan konsisten membuka beasiswa untuk memberikan bantuan kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia dalam pembelajaran mereka. Tidak terkecuali tahun 2021 ini, IDCloudHost kembali bekerjasama dengan Telkom University dengan memberikan dukungan beasiswa full secara gratis.

IDCloudHost juga menekankan bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran sama sekali. Dibuka pada tanggal 14 Februari hingga 20 Juni 2021, beasiswa ini menawarkan bidang studi di Jurusan Teknik dan Non Teknik. Sedangkan jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri Anda di program beasiswa tahun ini dari IDCLoudHost, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di https://idcloudhost.com/beasiswa/

Related Post :