Apa Itu Yandex? Fitur, Kelebihan dan Kekurangan?

Apa Itu Yandex? Fitur, Kelebihan dan Kekurangan?

Yandex adalah penyedia layanan mesin pencari atau search engine pesaing Google perusahaan berbasis teknologi terbesar di Rusia yang. Yandex sudah sangat populer bagi masyarakat Rusia walaupun nama Yandex cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini cukup wajar mengingat mayoritas masyarakat di dunia hanya mengetahui Google sebagai mesin pencari yang sering digunakan di internet.

Berikut penjelasan mengenai apa itu Yandex, fitur, kelebihan serta kekurangan dari Yandex untuk menambah pengetahuan Anda lebih banyak lagi!

Apa itu Yandex?

Yandex adalah mesin pencari Rusia dengan fungsi serupa dengan Google. Yandex adalah singkatan dari “Yet Another iNDEXer”. Mesin pencari ini menawarkan berbagai fitur unik untuk membantu pengguna dengan hasil pencarian mereka. Yandex juga menawarkan berbagai produk dan layanan lainnya, antara lain: Yandex.Connect, Yandex DNS, Yandex.Disk, Yandex.Mail, Yandex.Images, Yandex.Money, Yandex.Taxi, Yandex.Translate, Yandex.Video, dan Browser Yandex.

Mesin pencari ini digunakan untuk mencari berbagai informasi dan menggunakan produk Yandex lainnya. Namun, sebagian besar pengguna Yandex berasal dari Rusia, Belarus, Kazakhstan, Turki, dan Ukraina, dan semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kebijakan Keamanan Browser Yandex dianggap sebagai browser web yang paling tidak aman, namun Yandex terus memperbarui sistem keamanannya.

Baca juga: Apa Itu Search Engine, Kenali Manfaat dan Contohnya

Fitur Yandex

Apa Itu Yandex? Fitur, Kelebihan dan Kekurangan?

Yandex adalah mesin pencari asal Rusia yang menawarkan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di Yandex:

  • Yandex Search

Pengguna bisa mencari informasi dengan kata kunci Mesin pencari utama melalui web browser ini, berbagai mesin pencari di internet bisa digunakan termasuk Yandex Search. Fitur utamanya yaitu Smart Box, panel samping untuk mempermudah akses layanan, pintasan keyboard, dan banyak lagi.

  • Yandex Images

Hanya dengan memasukkan kata kunci untuk mencari gambar yang sesuai yang membuat Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin mencari referensi karya visual. Yandex Images dapat menampilkan hasil pencarian gambar sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan dan dapat digunakan dalam berbagai pilihan bahasa. Selain itu, mesin pencari ini juga dapat menampilkan hasil pencarian gambar berdasarkan lokasi geografis pengguna.

  • Yandex Video

Berfungsi untuk mencari video berdasarkan kata kunci yang terdapat pada video tersebut. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan menonton video dari berbagai sumber. Untuk pencarian video, ada Video Yandex.

Di sini pengguna dapat mencari video secara gratis tanpa menggunakan VPN. Yandex Video menawarkan video dari berbagai sumber, termasuk film dan video lainnya. Layanan ini tersedia untuk pengguna yang berusia minimal 18 tahun.

  • Yandex Maps

Fitur ini memberikan berbagai informasi berguna kepada pengguna, seperti peta rinci jaringan jalan, navigasi, informasi lalu lintas real-time, dan data riset angkutan umum seluler. Yandex Maps juga memungkinkan pengguna mencari tempat, bisnis, dan informasi lainnya, serta membuat peta kendaraan dan offline untuk navigasi tanpa internet.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai kemacetan di stasiun kereta bawah tanah, serta informasi mengenai opsi keluar dan transfer rute.

  • Yandex Zen

Sebuah fitur yang tersedia di browser Yandex yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan rekomendasi konten berdasarkan minat dan preferensi pengguna. Fitur ini dapat menampilkan konten seperti artikel, berita, video, dan gambar serta memungkinkan pengguna mencari konten yang relevan menggunakan kecerdasan buatan.

Fitur ini juga dapat dikustomisasi sesuai minat pengguna dengan memilih konten yang diinginkan dan konten yang diinginkan akan muncul dalam mode layar penuh ketika fitur Mode Zen terdeteksi.

  • Yandex Taxi

Layanan transportasi berbasis aplikasi memudahkan pengguna melacak perjalanannya secara real time. Layanan ini memungkinkan pengguna memesan taksi secara online dengan mudah dan cepat. Yandex Taxi menggunakan teknologi Yandex Maps dan Yandex Navigator untuk menghitung rute optimal berdasarkan kondisi lalu lintas saat ini dan kondisi lalu lintas yang diantisipasi.

Layanan ini juga menunjukkan harga rute yang telah diperiksa sebelumnya yang tidak berubah selama perjalanan, selain itu juga mengukur kekerasan dan agresivitas pengemudi menggunakan data telematika dan memutuskan pengemudi yang kurang keseimbangan atau berperilaku aman.

  • Yandex Disk

Layanan penyimpanan berbasis cloud mirip dengan Google Drive. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses dan berbagi file mereka dimana saja dan dimana saja, terutama pada software yang disediakan oleh Yandex.

Yandex Disk menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB untuk semua pengguna baru, dan dengan paket Yandex 360 Premium, pengguna dapat menambahkan penyimpanan tambahan hingga 3 TB.

  • Yandex Connect

Layanan yang menyediakan alat-alat untuk mengolah dan mengirim dokumen, mengatur tugas, dan mengirim pesan email. Layanan ini dapat digunakan untuk menyediakan email dengan alamat email yang dise Layanan yang menyediakan alat untuk memproses dan mengirim dokumen, mengatur tugas, dan mengirim email.

Layanan ini dapat digunakan untuk mengirim email ke alamat email yang disediakan Yandex, misalnya @team.lovia.life. Yandex Connect juga menyediakan fungsi terjemahan dokumen untuk mengunggah jenis dokumen berkemampuan Yandex seperti PPT, PPTX, DOCX, DOC, XLS, dll.

  • Yandex DNS

Layanan DNS (Domain Name System) yang gratis yang mengarahkan permintaan pengguna ke server DNS Yandex. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mempercepat koneksi internet dan memfasilitasi akses ke situs web. Yandex DNS juga memblokir situs web yang mengandung konten dewasa dan tergolong berbahaya.

  • Yandex Money

Layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan pengguna mengirim uang secara online. Yandex Money adalah layanan pembayaran elektronik yang disediakan oleh Yandex Technologies. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirim uang secara online, menambahkan uang ke akun seluler, akun transportasi, dan akun game.

Pengguna juga dapat mengirim uang ke kartu kredit atau dompet teman. Yandex Money menawarkan kartu virtual MasterCard yang dapat digunakan untuk membeli barang di toko online yang menerima MasterCard.

Baca juga: Cara Membuat dan Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine

Kelebihan Yandex

Apa Itu Yandex? Fitur, Kelebihan dan Kekurangan?

Ketika Anda menggunakan Yandex, Anda pasti akan merasakan apa saja kelebihan dari Yandex ini. Berikut kelebihan Yandex:

  • Mesin pencari yang tepat

Mesin pencari Yandex dapat menampilkan hasil pencarian yang relevan dan tepat, termasuk hasil pencarian berbasis lokasi geografis pengguna.

  • Browser web yang mudah

Yandex Browser adalah peramban web yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, termasuk navigasi yang mudah dan tersedia di berbagai sistem operasi.

  • Platform streaming video

Yandex Video adalah platform streaming video yang menyediakan akses ke berbagai konten video, termasuk film, acara TV, dan lainnya.

  • Mesin pencari berbasis gambar

Yandex Images adalah mesin pencari berbasis gambar yang sangat berguna bagi pengguna yang ingin mencari referensi karya visual.

  • Layanan penerjemahan online

Yandex Translate adalah layanan penerjemahan online yang bisa mendukung banyak pilihan bahasa, termasuk format gambar, teks, dan suara.

  • Layanan email

Yandex Mail adalah layanan email yang memungkinkan pengguna untuk mengelola email dengan antarmuka web atau mobile app.

  • Layanan penyimpanan berbasis awan

Yandex Disk adalah layanan penyimpanan berbasis awan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola file secara online.

  • Platform iklan online

Yandex Ads adalah platform iklan untuk membuat kampanye iklan online, yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis dan berbagai brand ternama untuk meningkatkan visibilitas online.

  • Layanan penerjemahan dokumen

Yandex juga menyediakan layanan penerjemahan dokumen, yang dapat digunakan untuk mengunggah jenis dokumen yang diizinkan oleh Yandex.

Kekurangan Yandex

Dalam penggunaan Yandex terdapat kekurangan dalam penggunaannya berupa fitur dan lain sebagainya. Berikut kekurangan dari Yandex:

  • Kurang direkomendasikan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah, mesin pencari Yandex kurang direkomendasikan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah.
  • Loading masih terkesan lama, loading pencarian Yandex masih terkesan lama.
  • Masih punya kemungkinan besar untuk terserang virus atau malware, mesin pencari Yandex masih memiliki kemungkinan besar untuk terserang virus atau malware.
  • Algoritma yang dimiliki Yandex belum dapat menyaingi Google, Algoritma pencarian Yandex belum dapat menyaingi Google.

Baca juga: Mengenal Web3: Sejarah, Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Penutup

Namun demikian, seperti halnya dengan penggunaan layanan apapun, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan risiko yang terkait. Anda harus memahami bagaimana data Anda akan dikelola dan disimpan oleh Yandex, serta memastikan bahwa layanan yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda ingin memahami Yandex simak penjelasan diatas ya!

Sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan internet dan masa depan yang semakin mengandalkan teknologi, Bare Metal IDCloudHost yang memiliki spesifikasi tinggi dan dapat Anda kelola melalui ekosistem cloud untuk performa maksimal.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update