Belajar Membuat Blog : Pengertian, Tips, dan Langkah-langkah Membuat Blog

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bagi seorang pengguna internet tentu sudah mengenal apa itu blog. Namun, biasanya banyak dari mereka yang sebatas yang penting tahu, kalau ditanya bagaimana cara membuatnya mungkin sedikit sekali yang tahu. Bagi kalian yang ingin berkecimpung di dunia blog, tenang saja karena caranya sangatlah gampang. Blog dikenal sebagai sebuah konten tulisan yang terdiri dari sekumpulan gambar, video, kata yang terdapat di sebuat website.

Sebelum mendengar mengerti pengertian blog diatas, apakah kalian pernah berpikir apa bedanya blog dengan website? Beda atau sama? Jawabannya blog dan website sangatlah berbeda. Website adalah sebuah situs atau halaman yang terdapat diinternet yang menggunakan domain sebagai identitas dan hosting untuk menyimpan file-file website. Nah, blog bisa dibilang adalah bagian dari website, isinya, atau bisa disebut konten dari website tersebut. Blog dapat memuat tulisan-tulisan, video, gambar dari seorang blogger.

Blogger adalah istilah bagi seseorang yang melakukan kegiatan blog atau menulis di internet. Menjadi seorang blogger sangatlah menguntungkan, bahkan bisa menghasilkan uang. Jadi, apakah kalian berminat menjadi seorang blogger serta membuat blog di website miliki kalian? Jika iya tepat sekali jika kamu membuka artikel ini karena pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara membuat blog mulai dari belajar mengenai pengertiannya, sajian tips, hingga langkah-langkah. Yuk kita simak bersama-sama.

 

Pengertian Blog

Belajar Membuat Blog : Pengertian, Tips, dan Langkah-langkah Membuat Blog
 

Blog adalah sebuah website yang menyajikan berbagai macam informasi serta konten dalam bentuk artikel atau jurnal yang disajikan oleh seorang penulis blog. Konten atau postingan yang terdapat di sebuah blog bisa dalam bentuk tulisan, video, gambar, dan lain-lain. Banyak orang yang bingung perbedaan antara website dan blog. Padahal sudah sangat jelas perbedaan dari keduanya. Sederhanananya sebuah blog adalah bagian dari website, jadi bisa dimaknai bahwa blog adalah konten yang terdapat di sebuah website.

Sekarang banyak sekali bermunculan blogger-blogger baru di internet. Ada banyak alasan mengapa orang atau sebuah perusahaan membuat blog di website mereka. Contohnya, sebuah perusahaan penyedia layanan hosting yang menggunakan blog untuk membangu awareness bagi pelanggannya. Selain itu, terdapat juga seseorang yang hanya ingin sekedar membagi pengalaman mereka kepada orang lain di blog, seperti pengalaman travelling, pendidikan, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Alasan utama yang mungkin menjadi penyebab banyaknya blogger-blogger adalah kegiatan ini bisa menghasilkan uang. Namun, cara menghasilkan uang dari blog tidak segampang itu. Kamu harus mampu menarik pembaca agar tertarik membaca konten blog yang disajikan. Apabila kamu sudah memiliki banyak pengunjung, kamu sudah bisa memulai menghasilkan uang dari blog yang dibuat. Bagaimana caranya? Gampang sekali caranya yaitu dengan memasang google Adsense, menautkan link afiliasi, menawarkan jasa tulis, dan masih banyak lagi. Tentu lumayan sekali bukan jika kamu memiliki hobi menulis. Kamu bisa banget mendapatkan uang dari hobimu ini.

Apakah kalian sudah tertarik membuat sebuah blog? Jika iya jangan terburu-buru, perhatikan langkah-langkah yang akan dijelaskan pada bagian artikel ini. Sedikit preview saja seorang blogger harus memiliki passion yang bagus di bidang tulis-menulis. Ditambah lagi kamu juga harus paham bagaimana meningkatkan blog di website mu agar dikenal banyak orang. Bagi kalian yang ingin tahu berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat website sekaligus tipsnya.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online 

 

Tips Bagi Pemula Sebelum Membuat Blog

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat sebuah blog yang keren dan mampu menarik orang membacanya. Membuat blog tidak sulit apalagi jika kamu benar-benar passion di dunia tulis menulis, akan terasa sangat mudah dan bersemangat jika kamu berhasil memahami tips-tips membuat blog di internet. Berikut ini akan dijelaskan apa saja tips membuat blog di sebuah website.

  1. Memilih Ide Blog yang Di Gemari.

    Memilih ide blog seperti apa yang akan kalian eksekusi merupakan langkah pertama yang berperan penting. Jangan sampai nantinya kamu tidak konsisten pada ide blog yang akan kamu sajikan. Sebab kedepannya akan sulit bagi kamu untuk mengembangkan konten blog yang dibuat. Tentukan ide blog seperti apa yang ingin kamu buat, apakah blog tentang tutorial, blog pengembangan diri, blog informasi teknologi, blog food and travelling, blog kesehatan, blog pendidikan, dan masih banyak lagi.
     
    Selain itu, penting juga menentukan ide atau topik website berdasarkan minat atau apa yang kamu sukai. Sebab mengelola blog ini penuh adanya perhatian khusus dan konsistensi. Tidak mungkin kan kamu membuat website hanya sampai waktu tertentu saja lalu menyerah karena topik yang kamu tulis tidak sesuai dengan yang diinginkan. Maka pikirkanlah secara matang ide blog apa yang ingin kamu angkat menjadi topik blog.

  2. Menentukan Platform Blog yang Terbaik

    Tips kedua ini juga sama pentingnya seperti tips sebelumnya, dimana kamu harus pinta memilih platform blog seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk menunjang kegiatan blogging . Memilih platform untuk blog sangatlah mudah karena sekarang terdapat banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog. Dalam platform blog inilah kamu akan mengelola artikel-artikel kamu. Dengan bantuan platform ini kamu bisa membuat blog dengan bagus tanpa harus memahami bahasa-bahasa pemrograman sampai ke teknisnya
     
    Platform yang bisa digunakan untuk membuat blog ini seperti WordPress, Blogspot, Joomla, Pubvanas, hingga Drupal. Namun, kami merekomendasikan bagi kamu untuk menggunakan platform BWordpress. Mengapa? Karena platform ini sudah sangat populer di dunia dan hampir semua blogger membuat website pertama mereka melalui platform ini.
     
    Cara mengelolanya pun sangat mudah, kamu sebagai seorang pemula kana cepat bisa beradaptasi dengan tampilan-tampilan di WordPress. Bahkan keuntungan wordpress lainnya adalah penggunaannya yang gratis, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan platform ini. Biasanya biaya yang dibebankan blogger pemula adalah pada saat pembelian domain dan hosting yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Ditambah satu lagi keuntungan dari wordpress adalah penggunanya yang banyak bahkan mereka membuat forum dan komunitas khusus bagi pengguna wordpress. Jadi apakah sudah yakin menggunakan WordPress?

  3. Memilih Domain dan Hosting Website Terbaik

    Tips selanjutnya adalah memilih domain dan hosting yang cocok bagi blog kamu. Bagi kalian yang belum mengenal domain, domain adalah sebuah alamat pengenal website di internet. Jadi, domain ini bisa dibilang tanda pengenal dari website kamu terhadap pengunjung website. Memilih domain website sangatlah penting. Gunakan nama domain yang singkat, jelas, dan mudah diingat oleh pengunjung kamu nantinya. Gunakan juga ekstensi domain yang sering digunakan pada umumnya seperti .COM, .ID, .NET, dan masih banyak lagi. Disarankan nama domain yang kamu buat itu mengidentifikasikan konten blog kamu, selain itu saat menentukan nama domain jangan menggunakan tanda hubung atau angka.
     
    Berikutnya adalah memilih hosting website blog kamu. Hosting website blog ini akan membantu anda menyimpan bermacam-macam file penting mengenai blog yang akan disajikan. Memalui hosting ini kamu bisa menginstall platform WordPress. Banyak tipe-tipe dari Hosting, ada yang namanya Cloud Hosting, VPS Hosting, hingga Shared Hosting. Bagi kalian yang masih pemula disarnakn untuk menggunakan tipe hosting yang Shared Hosting. Sebab harga yang ditawarkan lebih murah dan lebih mudah dari sisi cara mengelolanya juga.

  4. Pelajari Teknik SEO

    Blog tanpa SEO bisa dibilang tidak ada artinya. SEO dan Blog seperti sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai seorang pemula yang ingin memulai menulis Blog, kamu juga harus siapa untuk mempelajari tentang apa itu SEO. SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization atau bahasa Indonesianya adalah Optimasi Mesin Pencari. SEO ini penting mengapa? Yaitu agar konten-konten artikel kamu dapat tampil di mesin pencarian pada peringkat teratas. Sebab sudah menjadi hal umum jika pembaca akan lebih tertarik pada artikel yang terdapat di paling atas hasil pencarian mereka

  5. Melakukan Riset Keyword

    Tips selanjutnya adalah melakukan riset keyword artikel yang benar. Riset keyword ini penting dan juga termasuk cara-cara agar artikel kamu bisa tampil di peringkat teratas mesin pencarian Google. Cara melakukan riset keyword sangatlah gampang kamu bisa melakukannya melalui mesin pencarian google itu sendiri dengan cara mengetikkan kata apa yang berhubungan dengan judul artikel yang paling dicari pengunjung Google. Kamu juga bisa mencari melalui Google Trends, disini semuanya lengkap dan bisa dicari sesuai topik-topik hangat yang ramai dicari.

  6. Membuat Jadwal Kalender Konten

    Membuat sebuah konten blog haruslah memiliki komitmen serta konsistensi. Sebab jika kamu tidak konsisten maka akan berdampak pada reputasi dari blog di mata pembaca. Buatlah artikel yang selalu update dan juga teratur. Buatlah jadwal kapan konten kamu akan dipublish dan catat pada setiap kalender. Jadi kamu bisa melakukan kegiatan blogging dengan teratur, disiplin, dan tidak terbebani.

  7. Mempromosikan Blog

    Agar meningkatkan trafik pengunjung dari Blog kalian, kalian bisa mencoba untuk mempromosikan blog artikel kalian melalui sosial media, iklan, dan lain sebagainya. Sebab semakin kamu rajin melakukan promosi bukan tidak mungkin audiens akan tertarik dan mulai penasaran tentang isi konten dari blog kalian. Melakukan promosi tidak perlu bingung di waktu sekarang, sebab dengan kekuatan sosial media saja sudah cukup untuk mengenalkan konten artikel kamu ke audiens. Apalagi jika kamu memiliki budget lebih bisa banget mencoba beriklan di sosial media atau mesin pencarian Google.

 

Baca Juga : Daftar Website Mengirim Email Sekaligus / Secara Banyak secara GRATIS 

 

Langkah-langkah Membuat Blog Bagi Pemula

 

Belajar Membuat Blog : Pengertian, Tips, dan Langkah-langkah Membuat Blog
 

Apabila kamu sudah memahami tips untuk membuat blog kamu untuk yang pertama kalinya. Maka saatnyalah bagi kamu untuk memulai membuat blog pertama kalinya. Sebelum itu jika kalian ingin melihat banyak tips-tips di tentang bagaimana membuat blog kamu bisa melihat lengkap di Google. Namun, jika dirasa sudah siap berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat website blog pemula dengan menggunakan platform WordPress. Pada awal-awalnya silakan lakukan registrasi domain dan hosting di provider hosting pilihan kamu. Nah, jika sudah yuk kita simak bersama-sama bagaimana cara membuat blog bagi pemula.

  • Instalasi WordPress

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun platform wordpress kalian di website hosting. Cara instalasi WordPress sangatlah mudah, tidak perlu waktu yang lama dengan hitungan beberapa menit saja wordpress sudah bisa tampil dan siap untuk kamu gunakan. Berikut cara lengkap menginstall wordpress.

    1. Masuk ke dalam Contorl Panel, Ketikkan www(dot)namadomain(dot)com/cpanel
    2. Masukkan username dan password
    3. Cari bagian Softaculous Apps Installer, lalu cari WordPress
    4. Klik tombol Install Now
    5. Pilih nama domain yang akan ditempati WordPress
    6. Tuliskan detail website mulai dari nama situs dan deskripsi situs
    7. Masukkan username dan password untuk login di dashboard WordPress
    8. Pilih Tema atau Tampilan antar Muka Website
    9. Klik Install, maka platform wordpress sudah siap digunakan.
  • Memahami Dasar-Dasar WordPress

    Ada beberapa tools yang terdapat di WordPress yang wajib kamu pahami sebelum melakukan eksekusi membuat konten blog. Pertama, yang penting adalah Tema atau Tampilan antar muka website blog kamu nantinya. Pilihlah tema yang cocok bagi blog kamu, WordPress banyak sekali menyediakan tema yang gratis. Meskipun gratis tema yang ditawarkan tidak sembarangan kualitasnya. Kedua, yaitu penggunaan plugi atau sering dikenal sebagai fitur tambahan untuk sebuah website di WordPress ada beberapa plugin yang harus kalian miliki. Sebagai berikut.

    1. Yoast SEO – Membantuk SEO dari Artikel Blog
    2. WP Super Cache – Membantu Optimalisasi kecepatan load Website
    3. WP Social Sharing – Membantu membagikan konten kamu ke sosial media
    4. Wordfence – Mengamankan website blog kamuSelanjutnya adalah pages dan post, dimana kedua tools ini hampir memiliki peran yang sama. Post memungkinan penggunanya untuk membuat konten dari blog. KAMU BISA MEMBUKA Post lalu klik Add New, setelah itu kamu akan diarahkan di halam untuk mengeit post. Di bagian inilah anda akan membuat sebuah artikel atau konten blog. Berikutnya adalah pages, pages membantu kamu untuk merilis konten terbaru dan konten statis seperti About Me, Tittles, hingga Site Map.
  • Membuat Blog Pertama Anda

    Langkah terakhir adalah membuat blog pertama kalian, kalian bisa membuat blog pertama ini di tool Post yang dijelaskan tadi. Akan lebih baik jika kamu membuat konten artikel yang akan di publish di website di google docs atau microsoft word serta baru saat ingin mempublishnya di wordpress agar lebih mudah dan efisien. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan video untuk artikel kalian melalui wordpress ini. Nah, jadi itulah tips dan cara membuat blog pertama.\

Baca Juga : Website Nonton Drama Korea (Drakor) Online yang Legal dan Aman 

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara membuat blog pertama kalinya bagi pemula. Apakah kalian sudah paham dan penasaran untuk segera mencoba membuat blog pertama kalian? Nah jika iya itulah semangat yang bagus untuk memulai sebuah perjalanan menjadi seorang blogger professional. Ingat bahwa seorang blogger yang baik adalah mereka yang mampu komitmen dan konsisten dalam menulis topik pada website mereka. Terus perbarui tulisan kamu agar terus memikat trafik pengunjung.

Serta perhatikan juga dalam hal pembuatan website dimana diawal kalian harus dituntut untuk membuat sebuah website dengan nama domain dan hosting yang harus beli. Ini tentu investasi di awal yang harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Selanjutnya kalian juga harus siap mempelejari hal-hal yang berkaitan dengan blogging. Demikianlah artikel mengenai belajar membuat blog mulai dari pengertian, tips, dan langkah-langkahnya.

Related Post :

popup image