Bisnis Online : Tips, Cara Memilih Platform Website dan Rekomendasi Plugin Pendukung Terbaiknya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 2 | | 0

Memilih platform situs web yang tepat untuk memulai bisnis online adalah keputusan yang penting dan harus dipertimbangkan dengan seksama. Karena platform yang Anda pilih untuk menjadi pondasi dalam menjalankan bisnis online Anda haruslah kuat dan dapat memenuhi kebutuhan semua transaksi perdagangan Anda. Sebuah platform pembuat website bahkan membantu Anda untuk memulai atau mengembangkan bisnis Anda dengan menggunakan situs web tanpa menggunakan jasa web developer.

Mengingat platform tersebut merupakan fondasi situs web Anda, karena pada dasarnya platform situs web berdasarkan apa situs web yang Anda bangun. Namun, menemukan pembuat situs web terbaik bisa menjadi kesulitan bagi para pemula karena banyaknya platform yang bisa Anda gunakan di luar sana. Oleh karena itu Anda harus mencari tahunya secara detail sebelum memutuskan platform yang tepat untuk diluncurkan kepada calon pelanggan Anda.

Lalu dengan banyaknya pembuat situs web di pasaran, tetapi bagaimana Anda bisa tahu mana yang merupakan solusi paling tepat untuk Anda? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui apa saja yang ingin Anda lakukan dengan situs web Anda. Kemudian poin- poin atau kriteria serta tujuan maupun fitur apa yang ingin Anda lihat di situs web milik Anda. Semua jawaban ini harus Anda jabarkan dalam semua hal yang Anda perlukan serta inginkan dalam membuat website bisnis online Anda nantinya.

 

Tips dan Cara Memilih Platform Website Bisnis Online Terbaik

Bisnis Online : Tips dan Cara Memilih Platform Website Serta Rekomendasi Plugin Pendukung Terbaiknya
 

Di zaman yang serba maju saat ini, mempunyai blog atau website baik untuk kegunaan pribadi, pekerjaan, dan berjualan adalah hal yang lumrah. Ini dikarenakan situs web dan blog dapat menjangkau siapa saja tanpa adanya batasan secara fisik. Maka dari itu, bisnis dan niaga hampir semuanya telah beralih secara online sehingga jika Anda ingin bergabung dalam penjualan online, perhatikan cara memilih platform pembuat website untuk membangun bisnis online Anda dibawah ini.

  • Memahami tujuan dan strategi pembuatan website bisnis online

    Meski tips pertama ini terdengar sederhana dan sering diabaikan, tapi sebelum Anda merancang dan meluncurkan situs web penjualan online Anda, Anda harus telah lebih dulu memahami tujuan strategi bagi website Anda. Daripada berkonsentrasi pada tren yang cepat berubah, Anda harus memikirkan Unique Selling Point (USP) Anda dan bagaimana Anda menemukan teknik yang tepat bagi bisnis Anda. Wajib untuk menetapkan tujuan yang jelas dan bermakna untuk mengalihkan fokus Anda ke arah tindakan pengunjung ketika mereka mendarat di situs web Anda. Halaman arahan atau landing page yang menarik dan tepat guna akan membuat call to action (CTA) atau ajakan bertindak akan membuatnya lebih efektif.

  • Pilih platform yang benar

    Situs web bisnis online yang besar dan mempunyai ciri khas sendiri pasti mempunyai tim khusus yang berdedikasi dalam menjalankannya. Namun bukan berarti para pemula tidak dapat membuat dan merancang website bisnis online mereka sendiri. Alternatif lainnya yang bisa Anda coba adalah memanfaatkan pembuat situs web dan platform e-niaga. Keduanya adalah semacam opsi yang bisa Anda buat sendiri dalam membuat dan mendesain situs web Anda tanpa memiliki sedikit atau tanpa pengetahuan pengkodean.
    Contoh platform yang paling umum adalah WordPress yang merupakan salah satu merek teratas dalam hal membangun situs web sesuai anggaran. Anda juga dapat mencoba memeriksa beberapa platform premium yang berspesialisasi dalam membangun situs web bisnis atau situs individu yang hebat.

  • Elemen situs web bisnis yang fungsional

    Saat memilih untuk mendesain web, Anda diminta untuk melihat semua elemen penting yang memiliki dampak signifikan pada situs web Anda. Ini termasuk skema warna situs, gaya font konten, dan visualisasi, untuk memeriksa apakah ada yang hilang untuk tampilan situs web Anda yang lebih baik. Skema warna adalah alat besar untuk berkomunikasi dengan pengguna karena ada psikologi di balik setiap warna, maka gaya font sangat penting karena setiap pengguna akan melihat konten situs saat mengunjungi situs.

  • Pengoptimalan konten

    Seiring dengan desain dan visualisasi yang lebih baik, konten situs web juga sangat penting karena merupakan elemen kunci untuk menarik pelanggan potensial Anda. Konten yang tepat membantu mendapatkan jumlah pengunjung tambahan jika pemosisian dan pengoptimalan juga diperhatikan. Pengoptimalan konten penting karena proses ini dapat menentukan peringkat situs web Anda di mesin pencari seperti Google.
    Dengan konten, perhatian harus tetap tertuju pada gambar yang digunakan untuk latar belakang atau jenis representasi gambar apa pun. Gambar umumnya dalam file besar dan karena itu mengandung banyak gambar dapat menyebabkan situs web menjadi lambat yang juga dapat menyebabkan halaman terpental dan meninggalkan dampak yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Sukses Bisnis Online yang Menguntungkan Bagi Pemula

 

Platform Website Bisnis Online Terbaik

Sejatinya platform yang Anda gunakan untuk bisnis online Anda adalah pondasi yang harus kuat untuk menopang segala aktivitas perniagaan. Disini Anda bisa menggunakan jasa pembuat website profesional, platform pembuat website dan blog cepat seperti WordPress dan Blogger atau memanfaatkan platform ecommerce yang sudah lebih dulu advance dengan banyak dukungan. Cari tahu beberapa rekomendasi platform pembuat website bisnis online berikut ini.

 

WordPress

WordPress merupakan salah satu platform website yang populer yang telah terbukti bisa digunakan untuk membuat segala jenis model website, seperti blog pribadi, situs web professional, toko e-Commerce, forum komunitas, dan lain-lain. Ada 2 jenis WordPress yang tersedia, yaitu :

  • WordPress(dot)org

    WordPress(dot)org adalah platform pembuatan situs web paling populer di dunia yang memerlukan akun hosting WordPress dan situs web milik Anda di hosting sendiri.WordPress memberi Anda kendali penuh pada setiap aspek situs web dan kehadiran online Anda dengan ribuan tema WordPress pre-made berkualitas tinggi yang dapat Anda gunakan untuk desain situs web Anda.

  • WordPress(dot)com

    WordPress(dot)com adalah layanan hosting blog dan situs web yang dijalankan oleh Automattic. Namun, WordPress(dot)com tidak di hosting sendiri dan tidak menawarkan fungsionalitas drag and drop yang sama dari pembuat situs web lainnya. Namun, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan desain sampai batas tertentu.

 

Baca Juga  :   Skill dan Tipe Wirausaha yang Harus Diketahui Sebelum Memulainya

 

BigCommerce

Mempetimbangkan cara membuat website bisnis onlien mudah?. Anda bisa mempertimbangkan BigCommerce yang merupakan pembuat situs web e-Commerce terbaik yang datang dengan solusi e-Commerce yang dihosting sepenuhnya, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kecepatan, keamanan, atau pembaruan situs web. BigCommerce akan menangani server dan sisi teknis untuk Anda, sehingga Anda dapat fokus mengembangkan bisnis Anda.

Tidak seperti solusi e-Commerce yang dihosting lainnya, BigCommerce memiliki integrasi asli dengan WordPress yang memungkinkan Anda memanfaatkan fleksibilitas WordPress sambil memanfaatkan kekuatan e-Commerce tanpa kepala dari BigCommerce. Secara sederhana, situs web Anda akan cepat dan aman tidak peduli berapa banyak lalu lintas yang Anda dapatkan. Hadir dengan banyak fitur bawaan untuk menangani pengoptimalan tingkat konversi seperti pengabaian keranjang, pencarian produk yang ditingkatkan, ulasan produk, kupon, dan banyak lagi. Untuk fitur tambahan, Anda dapat terhubung dengan aplikasi pihak ketiga dari toko aplikasi mereka.

 

Gator

Gator adalah pembuat situs web online populer yang dibuat oleh HostGator, salah satu penyedia hosting web terbesar di dunia. Ini adalah platform yang dihosting sepenuhnya, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang perangkat lunak, pembaruan, atau pencadangan. Anda mendapatkan pembuat situs web mudah yang memungkinkan Anda memilih dari ratusan templat desain situs web profesional. Setiap desain dilengkapi dengan opsi penyesuaian sederhana yang dapat Anda konfigurasikan dari pembuatnya sendiri.

Anda dapat mengedit item apa pun di halaman dengan antarmuka tunjuk dan klik yang sederhana. Anda juga dapat drag and drop item yang biasa digunakan seperti gambar, video, galeri foto, teks, kolom, peta, dan formulir kontak. Semua paket berbayar menyertakan nama domain khusus gratis untuk situs web Anda. Paket e-Commerce juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyiapkan toko online dan menjual produk Anda secara online yang karena Gator adalah produk berbayar, Gator tidak menjual data Anda atau menampilkan iklan apapun di situs web Anda.

 

Baca Juga   :    Panduan Membuat Blog dan Website Dengan Cepat dan Gratis

 

Rekomendasi Plugin Pendukung Website Bisnis Online Terbaik

Bisnis Online : Tips dan Cara Memilih Platform Website Serta Rekomendasi Plugin Pendukung Terbaiknya
 

Setelah Anda memilih platform pembuat website bisnis online yang sesuai dengan kebutuhan Anda, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih plugin. Jangan abaikan faktor ini karena plugin adalah penggerak dari situs web bisnis online Anda. Simak beberapa rekomendasinya dibawah ini.

  • WooCommerce
  • Cart66 Cloud
  • Yoast SEO
  • Ecwid
  • Easy Digital Downloads (EDD)
  • Thrive Leads
  • CartFlows
  • Advanced Coupons

 

Baca Juga  :    Cara Kerja Bisnis Dropship dan Bisnis Model Utamanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan begitu banyak platform situs web yang berbeda di luar sana, mungkin bisa saja membuat Anda kewalahan dalam menentukan platform pembuat website bisnis online yang mana yang terbaik untuk bisnis kecil Anda. Mulai dari Wix, Weebly dan banyak lagi platform pembuatan website untuk bisnis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Pembuat situs web do-it-yourself adalah solusi yang sesuai untuk pemilik usaha kecil yang memiliki anggaran rendah. Bahkan, beberapa situs web bisnis online besar yang Anda lihat saat ini bisa jadi dimulai dari menggunakan platform yang sama seperti WordPress. Jadi pastikan apa saja yang Anda butuhkan dalam membuat situs web bagi bisnis online Anda terlebih dahulu dan cari tahu plugin serta platform yang tepat mendukung semua kelancaran bisnis online Anda.

Related Post :