4 Skills yang dibutuhkan Influencer

4 Skills yang dibutuhkan Influencer

Influencer merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan mempengaruhi calon pembeli dalam membeli suatu produk atau layanan dengan mempromosikan atau merekomendasikan barang-barang tersebut di sosial media mereka. Seorang influencer mempunyai jumlah followers yang banyak, sehingga mereka dapat dengan mudah mempromosikan barang-barang yang akan mereka tawarkan kepada followers. Untuk menjangkau lebih banyak pembeli, influencer biasanya menggunakan beberapa sosial media atau platform, seperti instagram, facebook, twitter, youtube, blog dan sebagainya.

Bekerja sebagai influencer merupakan hal yang sangat menarik. Pekerjaan ini menawarkan ruang berkreasi yang tak terbatas. Semakin menjamurnya minat beberapa orang untuk menjadi influencer, menuntut kita untuk mempunyai beberapa skills atau keahlian. Skills atau keahlian dibutuhkan agar kita bisa mempromosikan barang – barang dengan cara yang kreatif dan tidak membosankan. Berikut 4 skils yang dibutuhkan influencer :

Baca Juga : 5 Jenis Pekerjaan Baru di Dunia Digital

1. Desain dan Edit Foto/Video

Ahli psikologi mengatakan bahwa “otak manusia lebih cepat memproses gambar dari pada teks.”  Itu artinya, orang lebih suka melihat gambar atau video (gambar bergerak). Begitu juga dengan komunikasi penjualan produk sekarang. Komunikasi penjualan produk dapat dilakukan hanya dengan memposting gambar produk atau video yang menjelaskan kualitas produk. Kemampuan influencer untuk desain dan edit foto/video dibutuhkan agar produk dapat terlihat menarik dan calon pembeli semakin tertarik untuk membeli produk.

2. Menulis

Pada era digital sekarang ini, content is the king. Artinya, sebuah konten akan mempengaruhi jumlah followers yang membaca caption atau keterangan gambar/video kita. Konten yang berkualitas akan menjadi hal yang digemari para followers. Semakin bagus konten yang kita berikan, maka semakin banyak followers yang betah mampir di akun sosial media atau platform kita. Jadi tunggu apa lagi? Belajarlah menulis hal-hal yang kamu sukai dengan kreatif dan dapat dimengerti oleh followersmu.

Baca Juga : 9 Cara Agar Konten Website dan Blog Disukai Pembaca

3. Analisis

Berbagai sosial media sudah menyediakan akses untuk menganalisa kegiatan yang dilakukan followers di akun kita. Kemampuan menganalisa sangat kita perlukan agar kita tahu siapa target audience, berapa umur mereka, dan dari daerah mana saja mereka berasal.  Dengan kemampuan analisa yang baik dan akurat, kita dapat meningkatkan penjualan di sosial media. Selain itu, kita juga dapat memprediksi langkah dan kebutuhan yang harus kita ambil beberapa tahun ke depan.

4. Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Sebagai influencer yang berkecimpung di dunia digital, kita diajak untuk bisa melek dengan teknologi. Teknologi akan selalu berkembang dengan cepat dan dinamis. Itu artinya, penting bagi seorang influencer untuk dapat melek dengan perkembangan teknologi terkini. Sehingga, skill yang kita miliki akan selalu berkembang dan sesuai dengan teknologi terbaru.

Baca Juga : 3 Sektor Potensial Industri Kreatif Berbasis Teknologi

Itu dia beberapa skill yang dibutuhkan influencer. Jika kamu ingin terjun di dunia influencer, pelajari dan terapkanlah skill di atas agar kamu dapat menjadi Influencer Profesional. Sekarang, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang Influencer Profesional? Bagi kamu yang sudah menjadi seorang influencer, kamu juga bisa berbagi pengalamanmu di kolom komentar!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update