5+ Cara Meningkatkan Penjualan Saat Ramadhan

5+ Cara Meningkatkan Penjualan Saat Ramadhan

Tak terasa kita akan menyambut bulan puasa di tahun 2023 dalam hitungan hari. Bagi Anda yang mempunyai usaha, kesempatan di bulan Ramadhan yang hanya sekali setahun ini dapat Anda jadikan hal istimewa untuk meningkatkan penjualan usaha Anda.

Di bulan Ramadhan berbeda dengan bulan lainnya, Anda perlu memikirkan strategi yang cukup berbeda untuk meningkatkan penjualan Anda. Ini disebabkan karena banyaknya perubahan aktivitas orang-orang dan juga kebiasaan masyarakat yang lebih banyak memilih untuk beraktivitas di dalam ruangan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan?

Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Nah, gimana sih cara agar penjualan kita tetap meningkat di bulan Ramadhan? Berikut kami berikan beberapa cara untuk meningkatkan penjualan : 

  1. Buat produk dan paket promo selama Ramadhan

Produk spesial dengan momen spesial selalu cocok menjadi strategi marketing yang bagus. Apapun produk yang Anda jual di dalam bisnis Anda, Anda bisa menjual produk spesial yang memang hanya dijual di bulan Ramadhan. Anda bisa membuat desain baru sesuai dengan tema Ramadhan ataupun menjual produk baru dengan tema Ramadhan. 

Bukan hanya itu, Anda juga bisa membuat paket spesial dari beberapa produk yang ditawarkan, misal Anda menjual kue brownies, maka Anda bisa memjual paket brownies tema Ramadhan dengan menambahkan gambar mesjid ataupun tulisan “Marhaban Yaa Ramadhan” di desain box-nya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat promo paket spesial ataupun produk spesial bulan Ramadhan. Misalnya usaha Anda itu dalam industri food & beverages. Anda bisa menyediakan promo paket spesial “Paket Ramadhan” yang hanya ada di bulan puasa. Bisa Anda memberikan paket makanan dengan tambahan gratis takjil dan teh es. Strategi ini tidak hanya berlaku di industri food & beverages saja, tetapi bisa Anda aplikasikan untuk seluruh industri seperti bidang fashion atau yang lainnya. 

  1. Menyiapkan jasa delivery

Jika Anda memiliki toko offline yang biasa didatangi oleh para customer, maka Anda bisa menyiapkan jasa delivery terkhusus di bulan Ramadhan ini. Cara meningkatkan penjualan ini efektif karena banyak dari customer akan merasa malas keluar rumah ketika cuaca sedang panas, apalagi setiap bulan Ramadhan terkenal dengan cuacanya yang panas apalagi orang dalam keadaan berpuasa.

Sehingga, jika Anda menyiapkan jasa delivery yang bisa mengantar produk ke tempat, maka akan memberikan kemudahan bagi para customer. Dengan memberikan jasa delivery, Anda bisa menjangkau calon customer Anda dengan lebih luas.

Anda juga bisa menetapkan biaya tambahan atau ongkos kirim agar Anda juga tidak rugi. Anda juga bisa membuat promo potongan ongkos kirim atau memberikan promo gratis pengiriman bagi yang melakukan transaksi dengan jumlah yang besar.

  1. Memberikan diskon atau promo khusus bulan Ramadhan

Cara meningkatkan penjualan yang satu ini tentu akan membuat peningkatan penjualan yang signifikan bagi bisnis Anda. Semua orang pasti menyukai diskon/promo, karena ini merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Dengan memberikan penawaran yang pasti menarik maka Anda akan bisa menggaet banyak pembeli. 

Anda bisa melakukan strategi ini secara bergantian setiap minggunya, misal, di minggu pertama Anda memberikan diskon untuk pembelian produk ataupun paket promo tertentu, kemudian di minggu kedua Anda bisa memberikan promo buy 2 get 1 free dan dilanjutkan minggu-minggu selanjutnya selama bulan Ramadhan. 

Anda bisa menyesuaikan strategi ini pada biaya produksi Anda, sehingga tidak mengalami yang namanya kerugian dan marketing untuk bisnis tetap berjalan dengan efektif dan efisien. Seain itu, kita juga dapat melakukan survei terlebih dulu kepada para pembeli, untuk mengetahui kira-kira penawaran seperti apa yang paling diminati.

  1. Memaksimalkan promosi di sosial media

Memaksimalkan promosi di sosial media merupakan cara meningkatkan penjualan yang paling penting karena sekarang ini semua sudah serba digital. 

Internet dan sosial media memang sudah sangat berpengaruh di zaman sekarang, apalagi terhadap bisnis. Teknologi yang sudah maju membuat banyak orang menggunakan sosial media untuk berbagi keseharian hidupnya bahkan dijadikan tempat peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Anda dapat memperkenalkan produk bisnis Anda diberbagai tempat hingga memasarkannya di sosial media. Anda juga bisa meminta bantuan dari orang-orang terdekat untuk menyebarluaskan produk dari bisnis milikmu, sehingga akan lebih banyak orang yang mengetahuinya. 

Mengikuti tren-tren terbaru juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement konten bisnis Anda di sosial media. Anda bisa menggunakan aplikasi yang sedang tren sekarang seperti TikTok, Instagram bahkan bisa dengan Facebook. Sekarang Anda bisa mengoptimalkan fitur yang diberikan beberapa aplikasi tersebut misalnya Live Streaming untuk jualan dan lainnya.

  1. Melakukan kolaborasi

Anda juga bisa berkolaborasi dengan pelaku bisnis lain untuk menjadikannya sebagai cara meningkatkan penjualan yang selanjutnya. Anda harus melihat apa yang bisa dikolaborasikan dari keduanya, Anda harus melihat kesesuaian bisnis diantara kedua pihak. Misal Anda menjual minuman, maka Anda bisa mencari kolaborasi dengan pihak yang menjual makanan sehingga akan tercipta produk baru yang menarik banyak perhatian.

  1. Membuat Giveaway

Selama bulan yang cukup spesial ini, Anda juga membuat kegiatan spesial yang hanya ada di bulan Ramadhan saja. Cara meningkatkan penjualan dengan mengadakan giveaway merupakan salah satu yang bisa Anda coba juga loh. Tujuan dari giveaway adalah untuk meningkatkan engagement dengan followers ataupun pelanggan bisnis Anda. Anda bisa memberikan potongan voucher diskon belanja ataupun hadiah misal barang atau saldo e-wallet.

Dengan memberikan giveaway Anda juga bisa sekalian berinteraksi dengan customer Anda. Anda bisa membuat konten giveaway dengan membuat seperti teka-teki ataupun tanya jawab QnA. 

Giveaway juga bisa menjangkau orang-orang yang belum mengetahui tentang produk Anda. Sehingga mengadakan giveaway ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan Anda.

  1. Menambah jam pelayanan

Menambah jam pelayanan juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan penjualan Anda di saat bulan Ramadhan. Jika biasanya dalam satu hari Anda melayani customer hanya 8 jam, Anda bisa menambah jam layanan Anda di waktu yang berhubungan dengan Ramadhan.

Anda bisa mengambil waktu ketika sahur, waktu istirahat jam kerja karena tidak ada jadwal makan siang, serta waktu menjelang berbuka puasa untuk mengalihkan rasa lapar. Waktu-waktu ini bisa Anda optimalkan untuk melakukan promosi dan berjualan. 

Karena seperti pada umumnya, perilaku masyarakat ketika bulan Ramadhan itu berubah. Banyak orang yang berbelanja disaat jam sahur ataupun ketika ngabuburit sebelum berbuka puasa. Disaat seperti ini Anda bisa nge-live untuk berpromosi, ketika sedang posisi tenang biasanya orang akan lebih menikmati promosi Anda.

Ide Bisnis yang Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Ide Bisnis yang Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadan dapat menjadi waktu yang tepat untuk memulai usaha baru atau mengembangkan bisnis yang sudah ada. Ada beberapa ide bisnis yang menjanjikan selama bulan Ramadan. Pertama, bisnis kuliner, terutama makanan dan minuman khas Ramadan, seperti kurma, kolak, takjil, dan berbagai jenis minuman segar, dapat menjadi pilihan yang menguntungkan.

Kedua, bisnis fashion dan kosmetik juga memiliki potensi besar selama Ramadan, karena banyak orang yang ingin tampil cantik atau ganteng pada saat berbuka atau berdoa di masjid. Ketiga, bisnis online dan jasa pengiriman juga dapat menjadi pilihan yang menjanjikan selama Ramadan, karena banyak orang yang membutuhkan produk dan layanan yang dapat diakses secara mudah dan cepat.

Selain itu, ada juga beberapa ide bisnis yang berhubungan dengan aktivitas keagamaan selama Ramadan, seperti pembuatan dan penjualan Al-Quran, jilbab, baju muslim, dan sepatu yang akan banyak dicari selama ramadhan dan idul fitri.  Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, ada banyak ide bisnis yang menjanjikan selama Ramadan.

Penutup

Nah, itulah berapa cara meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan yang bisa Anda ikuti. Cara meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan harus selalu Anda persiapkan secara maksimal agar bisnis Anda mencapai target yang bisnis Anda ingin capai. 

Jika Anda ingin membuat website untuk bisnis atau usaha Anda, Anda bisa membeli domain dan hosting kemudian mulai menjalankannya. Tidak perlu khawatir atau mencari kemana-mana karena IDCloudHost menawarkan berbagai layanan domain, hosting dan VPS untuk kebutuhan website Anda.

Namun, jika Anda adalah seorang pemula yang belum pernah membuat website sebelumnya, kami merekomendasikan WordPress Hosting yang mudah dan cepat untuk Anda gunakan. Bangun website dengan mudah tanpa coding mulai dari Rp 5.000,-/bulan!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update