9 Trend WordPress Terbaru Tahun 2022

9 Trend WordPress Terbaru Tahun 2022

WordPress mengatur 42% dari semua situs web di Internet dan hingga saat ini tidak menunjukkan penghentian. Orang-orang mempercayai sistem manajemen konten atau Content Management System (CMS) ini karena kemudahan penggunaannya, fitur ramah pemula, dan perpustakaan plugin serta tema nya yang banyak. Membuat situs web WordPress itu sederhana. Tetapi membuat situs Anda menarik dan modern bukanlah tugas yang mudah. Anda perlu mengadopsi tren WordPress terbaru 2022 agar tetap kompetitif serta tetap terdepan dalam persaingan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan prediksi 9 tren-tren apa saja yang akan mempengaruhi tampilan dan kinerja situs web brand Anda. Pengembangan laman situs web Anda melalui WordPress akan sangat penting serta tren desainnya di tahun ini, tentu akan mempengaruhi keseluruhan kinerja pemasaran Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan tren-tren berikut ini, kemudian menentukan tren mana yang sesuai dengan citra brand Anda dan sebesar apa pengaruhnya jika Anda terapkan pada situs web Anda.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik WordPress Terbaik Tahun 2022

 

Mengenal Apa Itu WordPress

 

WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) yang paling fleksibel, mudah digunakan, dan mudah dikelola dimana sebagian besar situs web dibangun. Sudah lebih dari 15 tahun sejak WordPress digunakan, dan sekarang semuanya siap dengan tren baru untuk tahun 2022. Perangkat lunak ini ditulis dalam bahasa scripting PHP. Semua konten situs web, termasuk pengaturan, posting blog, dan halaman, disimpan dalam database. MySQL adalah pilihan database yang paling populer, tetapi beberapa pemilik situs web memilih untuk menggunakan solusi alternatif seperti MariaDB atau SQLite.

Jangan khawatir jika ini semua tampak teknis. Perusahaan hosting Anda menangani sisi teknis menjalankan WordPress sehingga Anda dapat fokus pada pembuatan konten dan pemasaran situs web Anda. Di situlah letak keindahan WordPress. Perangkat lunak ini memungkinkan siapa saja, terlepas dari pengalaman teknis mereka, dengan cepat membuat situs web yang terlihat profesional menggunakan area administrasi yang ramah pengguna. WordPress akan selalu dikenal sebagai aplikasi blogging yang fantastis dan ini tetap berlaku sampai sekarang.

Baca Juga :  2 Jenis/Tipe CMS WordPress dan Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting

Di jantung WordPress ada editor WordPress. Dikenal sebagai Gutenberg, editor ini memungkinkan Anda membuat dan menata halaman menggunakan bilah alat pemformatan sederhana dan pembuat halaman drag and drop modern. Baik Anda menerbitkan posting blog setiap hari, atau menggunakan WordPress untuk menambahkan halaman statis, Anda akan melihat betapa mudahnya menggunakan editor WordPress. Versi WordPress yang tersedia di wordpress.org/download/ dikenal sebagai versi inti WordPress.

Meskipun Anda dapat membangun situs web dengan ini menggunakan tema WordPress default Twenty Twenty, sebagian besar pemilik situs web menggunakan desain WordPress yang lebih canggih. Mereka juga menginstal plugin untuk menambahkan lebih banyak fitur dan fungsionalitas. Dengan memanfaatkan tema dan plugin, Anda dapat memperluas apa yang dapat Anda lakukan dengan WordPress. Ini memungkinkan Anda membuat berbagai situs web dengan WordPress termasuk direktori, forum diskusi, portofolio dan galeri, blog dan majalah, situs web eCommerce, situs web bisnis, situs web keanggotaan, kursus online, pemesanan hotel, situs kencan, tanya jawab, basis pengetahuan, dan situs web CV sederhana. Singkatnya, WordPress dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis situs web. Anda hanya perlu menemukan tema atau plugin WordPress yang tepat untuk membantu Anda melakukannya.

 

Baca Juga :  10 Tips Terbaik WordPress 2022 Bagi Pengguna Pemula

 

9 Trend WordPress Terbaru Tahun 2022

9 Trend WordPress Terbaru Tahun 2022
 

WordPress adalah CMS yang mudah digunakan yang membantu Anda tetap berada di depan pesaing Anda. Jika Anda seorang pengembang web atau pemilik bisnis yang mencari layanan pengembangan situs web khusus, Anda dapat memilih WordPress untuk membangun situs web yang mudah digunakan dengan harga terjangkau. Selanjutnya Anda juga perlu mengikuti tren-tren terbaru untuk diterapkan pada WordPress Anda agar situs web bisnis yang Anda miliki berkinerja dengan baik. Berikut 9 tren WordPress di tahun 2022 untuk Anda.

  1. Pencarian suara

    Pencarian Suara telah menjadi tren populer untuk industri eCommerce. Banyak pengguna ponsel cerdas beralih ke pencarian suara daripada mengetik produk dan layanan yang mereka cari. Penting untuk membuat situs web WordPress Anda ramah pencarian suara. Perangkat speaker pintar seperti Google Home, Alexa, Apple HomePod, Bixby dan lainnya telah mendapatkan popularitas selama beberapa tahun terakhir. Penting untuk memahami perilaku pengguna juga disaat membangun situs WordPress Anda. Masuki posisi audiens potensial Anda dan pikirkan berbagai cara agar Anda dapat menguasai algoritma penelusuran suara. Saat menulis deskripsi produk, Anda harus mengingat istilah apa yang mungkin digunakan pengguna saat mencari produk tertentu.

  2. Obrolan Bot

    Banyak brand menggunakan chatbot untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menyelesaikan pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat. Chatbots adalah cara cepat dan menyenangkan untuk menangani pertanyaan pelanggan dan menawarkan informasi yang tepat kepada pengguna. Chatbots juga dapat digunakan untuk membantu pengguna menavigasi situs web dan mengumpulkan umpan balik yang berharga. Anda dapat menghubungi perusahaan pengembang WordPress terkemuka atau bahkan menggunakan pembuat chatbot online untuk menghasilkan lebih banyak prospek dan meningkatkan penjualan Anda. Menjadi mudah untuk mengatur chatbot dengan WordPress dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

  3. AR/VR

    Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) adalah pengubah permainan nyata di industri eCommerce. Pembeli online lebih suka memvisualisasikan barang yang ingin mereka belanjakan secara online. Misalnya, toko eCommerce yang menawarkan uji coba virtual untuk pakaian akan mendapatkan lebih banyak penjualan karena pembeli akan lebih mudah mencoba dan membeli produk dari toko tersebut. Brand furnitur IKEA menggunakan teknologi AR untuk membantu pengguna memvisualisasikan tampilan furnitur di tempat mereka. Pengalaman di dalam toko virtual atau toko yang sepenuhnya virtual akan mendefinisikan kembali masa depan industri ritel.

  4. Ruang putih

    Ketika membangun situs web WordPress menggunakan ruang putih, Anda dapat menarik pengguna dan melibatkan mereka juga. Menambahkan ruang kosong di halaman beranda dan semua halaman lain di situs web dapat menambah nilai situs karena memberikan tampilan dan nuansa yang rapi ke situs web Anda. Ruang putih di halaman web telah mendapatkan popularitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir dan tren ini akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Jadi, apa yang Anda tunggu? Buatlah tampilan yang menarik untuk situs Anda yang menarik pengunjung.

  5. Desain minimalis

    Desain situs web minimalis menawarkan navigasi yang mulus kepada pengguna. Menggunakan grafik datar dan ruang putih memberikan kegunaan yang luar biasa dan tren ini akan tetap populer di tahun 2022 juga. Dengan kata lain, Minimalisme adalah gaya desain yang berfokus pada kesederhanaan dan meninggalkan elemen yang tidak penting dalam suatu objek. Gaya desain adalah semacam reaksi terhadap desain yang terlalu berornamen dan rumit. Ada banyak cara untuk membuat desain minimalis. Salah satunya adalah mengurangi jumlah warna dalam desain. Jadi hindari menggunakan terlalu banyak warna dalam desain karena ini akan mengurangi kerumitan desain. Anda dapat berbicara dengan pengembang WordPress yang Anda sewa untuk mendapatkan situs web yang rapi dengan desain minimalis.

  6. Efek scrolling

    Penambahan efek scrolling pada desain website akan meningkat pada tahun 2022. Transaksi animasi visual dengan scrolling, efek scrolling pada teks, atau representasi konten secara keseluruhan dapat menarik lebih banyak penonton. Anda dapat memberikan visual kepada audiens Anda seperti mereka beralih ke desain situs web yang sama sekali baru. Desainer akan menggunakan transaksi pengguliran ini dalam banyak cara untuk membuat situs web Anda interaktif.

  7. Video

    Banyak situs web bisnis menggunakan video untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Video di situs web bukanlah hal baru karena telah menjadi tren umum selama bertahun-tahun. Tren ini akan terus menarik pemirsa dan brand yang akan berinvestasi dalam header dan latar belakang video untuk menarik pemirsa potensial. Ilustrasi grafis ini dapat menarik perhatian pengguna dan meningkatkan penjualan.

  8. Tingkatkan desain UX

    Desain situs web yang menarik, termasuk desain formulir yang berfokus pada konversi, akan membuat pengunjung tetap berada di situs Anda lebih lama. Anda membutuhkan sesuatu yang menarik, lebih banyak fokus pengguna, dan menciptakan peluang bagi pengguna untuk berinteraksi dengan situs Anda, terutama di era Gen-Z. Cara lain untuk menarik perhatian pengguna adalah menguraikan video. Konten visual ini tidak hanya menyediakan metode sederhana untuk mengedukasi pengguna tetapi juga mengurangi rasio pentalan.

  9. Drag and drop

    Pakar industri percaya bahwa pembuat situs web drag and drop akan terus menarik bagi para pemula dan pemilik usaha kecil pada tahun 2022. Seseorang dapat membangun situs web eCommerce yang kaya fitur tanpa pengetahuan atau keahlian pengkodean apapun. Seseorang dapat meluncurkan situs web dengan cepat menggunakan pembuat drag and drop. Pembangun tersebut memberikan opsi kepada pengguna untuk melihat bagaimana situs akan terlihat. Ada banyak plugin yang dapat digunakan dengan WordPress untuk menambahkan fungsionalitas yang diinginkan ke situs web Anda.

 

Baca Juga :  Rekomendasi Tren WordPress yang Akan Populer di Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Menjadi sistem manajemen konten yang terkenal dan populer, WordPress digunakan untuk membangun situs web yang kuat dan scalable untuk bisnis dari semua ukuran. Pengembangan WordPress adalah pilihan ideal untuk perusahaan kecil dan besar. Baik Anda berencana mendesain situs web dari awal atau mencari perubahan, carilah perusahaan pengembang WordPress terbaik untuk membantu Anda. Pengembangan web WordPress tidak hanya membantu Anda mendapatkan situs web yang kaya fitur tetapi juga membantu Anda menghemat banyak biaya dan tenaga.

Mengikuti tren pengembangan WordPress sangat penting jika Anda ingin menjamin kesuksesan situs Anda. Ingatlah bahwa tujuan utama Anda harus selalu menarik sebanyak mungkin pengunjung ke situs Anda dan memberi mereka pengalaman terbaik. Tentu saja, sebelum Anda mulai mengikuti tren pengembangan web, Anda harus terlebih dahulu memiliki situs berkualitas yang dibangun untuk bisnis online Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update