Amankan Website Bisnis Online dengan SiteLock

Amankan Website Bisnis Online dengan SiteLock

Jika kita membahas mengenai keamanan website tentu sangat erat kaitannya dengan komputer, jaringan dan operating system hardware dan software. Apalagi keamanan situs web menjadi sangat penting, karena situs web tidak hanya berfungsi sebagai alat informasi, tetapi juga sebagai wadah untuk transaksi bisnis, pengumpulan data serta interaksi pengguna. Maka dari itu, sebagai pengelola Anda harus memperhatikan keamanan website dengan menggunakan proteksi keamanan yang handal. Salah satunya adalah dengan menggunakan SiteLock. Apa itu SiteLock? Simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian SiteLock

SiteLock adalah sebuah layanan keamanan yang berfungsi untuk melindungi dan mengamankan situs website dari berbagai ancaman dan serangan siber seperti (malware, vulnerability, evesdropring, hacker). Bukan hanya itu saja, SiteLock juga bertujuan untuk menjaga reputasi website Anda agar terhindar dari pemblokiran dan thread online yang berdampak pada penghapusan website anda di mesin pencari google.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Cyber Crime

Manfaat dari SiteLock

SiteLock memiliki beberapa manfaat yang tentunya ini sangat berguna bagi website antara lain:

1. Deteksi Dini Ancaman

Manfaat pertama dari layanan ini adalah SiteLock memberikan deteksi dini terhadap berbagai jenis ancaman siber, seperti malware, virus, dan jenis serangan berbahaya lainnya. Hal ini yang memungkinkan Anda sebagai pemilik website untuk mengetahui jenis deteksi ancaman sejak awal,setelah itu Anda bisa mengambil tindakan segera sebelum ancaman menyebar dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada website Anda.

2. Melindungi dari Malware

Kedua adalah layanan keamanan ini bisa melakukan pemindaian secara teratur untuk mencari dan menghapus malware yang mungkin saja berpotensi untuk menyerang situs website. Ini merupakan bukti bahwa SiteLock dapat dengan mudah melindungi website dari malware, karena hal ini dapat merusak reputasi situs website dan bisa berdampak juga pada peringkat website di mesin pencari Google.

Baca Juga: Berbagai Jenis Malware dan Cara Mengatasinya

3. Monitoring Keamanan Website

Yang membuatnya berbeda dengan layanan lainnnya yakni Sitelock bisa melakukan pemantauan 24/7 terhadap website. Tidak hanya sebatas memantau saja, akan tetapi juga bisa memeriksa aktivitas yang mencurigakan dan memberikan laporan keamanan secara berkala kepada pemilik website. Sehingga website menjadi lebih aman karena akan sering dipantau.

4. Melindungi dari Serangan DDoS

Selanjutnya adalah website dapat terlindungi dari serangan DDoS attack jika menggunakan layanan ini. Alasannya karena SiteLock membantu melindungi situs web dari serangan DDoS dengan mengidentifikasi dan memfilter lalu lintas yang mencurigakan, memastikan keamanan dari website serta mencegah kinerja loading website menjadi lambat

5. Memberikan Saran dan Rekomendasi

Terakhir adalah SiteLock bermanfaat sebagai layanan yang bisa membantu penggunanya yang terkena serangan siber dengan memberikan saran dan rekomendasi untuk memperkuat sistem keamanan website. Ini bisa berbentuk panduan atau hanya sekedar saran saja.

Baca Juga: Mengenal Serangan DDoS dan Cara Mencegahnya

Keunggulan dari SiteLock

sitelock

Layanan SiteLock juga memiliki berbagai keunggulan yang wajib Anda ketahui antara lain:

1. Fitur Pemindaian Keamanan

Fitur pertama yang terdapat pada SiteLock adalah pemindaian keamanan. Fungsinya untuk mengidentifikasi serangan atau ancaman lain yang bisa saja masuk kedalam website. Tentunya fitur ini sangat dibutuhkan bagi website bukan?

2. Firewall Aplication Web (WAF)

Selain pemindaian keamanan, SiteLock juga didukung dengan fitur Firewall Aplikasi Web. Fungsinya yang satu ini untuk memantau,menganalisis dan melakukan filter lalu lintas pada serta memblokir akses yang mencurigakan atau berpotensi merusak website.

3. Proteksi dari Serangan DDoS Attack

Attack adalah penolakan layanan yang disebabkan oleh fake traffic dalam jumlah banyak sehingga membuat server pada website down. Bukan hanya website serangan ini juga menyasar pada layanan online ataupun sistem jaringan. Tetapi jangan khawatir, SiteLock sudah didukung dengan fitur proteksi DDoS untuk melindungi website Anda.

4. Sertifikat SSL

Secure Sockets Layer (SSL) adalah sebuah protokol yang memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap semua data yang tersebar di internet. Secara umum, SSL dibutuhkan untuk mengamankan data pribadi, informasi pemilik website serta pengunjung laman dari penjahat siber. Oleh karena itu, Sitelock menyediakan sertifikat SSL untuk memastikan keamanan komunikasi antara pengguna dan website serta memberikan kepercayaan kepada pengunjung.

5. Scan Site

Seperti namanya, fitur yang satu ini juga sangat dibutuhkan oleh website. Fungsinya adalah untuk memeriksa keberadaan kode berbahaya atau vulnerabilities. Jadi, jika kode berbahaya ini sudah diketahui terlebih dahulu nantinya akan lebih mudah untuk memulihkan website yang terkena serangan.

6. Dilengkapi dengan CDN

CDN atau Content Delivery Network  adalah  sebuah server yang ditempatkan di beberapa lokasi untuk menyebarkan berbagai konten website ke beberapa wilayah geografis. Sehingga konten website dapat ditemukan di seluruh dunia. Selain itu, CDN juga berperan dalam kecepatan pengiriman konten website meskipun visitor dan server berada di lokasi dengan jarak yang cukup jauh. Sehingga setiap website sangat perlu CDN ini, karena SiteLock sudah memiliki keunggulan yang satu ini.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Sertifikat SSL dan Perbedaannya

Mengapa Harus Gunakan SiteLock untuk Website?

Sebagai pemilik website baik itu digunakan untuk pribadi maupun bisnis. Tentunya, Anda harus menjaga keamanan situs milik Anda. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama, serangan terhadap website seringkali terjadi. Sebagian besar pemilik website baru terpikir akan keamanan website pada saat website mereka telah diserang hacker, atau telah di blacklist oleh Google.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya antisipasi dari Anda sebagai pemilik situs web dengan melakukan pencegahan terhadap serangan yakni salah satunya menggunakan SiteLock. Sehingga, situs web Anda tetap bisa beroperasi dan menghasilkan omset yang besar.

Bagaimana Cara Kerja SiteLock?

Ini dia cara kerja dari layanan keamanan bernama SiteLock. Awalnya SiteLock yang dipasang pada sebuah website, akan menelusuri situs dan memeriksa tanda-tanda malware. Biasanya telusuran ini didapat atau diperiksa dari tautan yang berada pada JavaScript sebagai kode sumber. SiteLock memeriksa kembali kode terhadap basis data, jika ada ancaman yang besar seperti virus atau malware, nantinya akan langsung dikenali. Dan fitur pemindai keamanan bekerja untuk mengidentifikasi serangan tersebut. Berikut ini tahap rinciannya yaitu:

  1. Business Verification, tahap awal memverifikasi bisnis teman-teman seperti Telephone, Email, dan Alamat.
  2. 360 Degree scan Technology, tahapan melakukan scanning seluruh website teman-teman dari celah-celah berbahaya untuk malware/virus, celah untuk spammer dan berbagai hal lainnya untuk website vulnerabilities.
  3. Trusted Reputation, dimana pemilik website menampilkan sertifikat lambang/logo dari SiteLock (SiteLock Certificate), hal ini sangat penting sebagai usaha pemberitahuan kepada pengunjung bahwa website teman-teman telah mendapatkan verifikasi untuk keamanan dan kenyamanan dalam berinteraksi.

Baca Juga: Apa Itu JavaScript? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang sebuah layanan keamanan website bernama SiteLock. Jika Anda sudah membaca keseluruhan artikel yang kami sajikan diatas. Anda pasti sudah mendapatkan kesimpulan bahwa keamanan dari website sangat penting untuk dijaga. Dengan berbagai keunggulan yang disajikannya untuk Anda, SiteLock terbukti aman untuk melindungi website Anda dari berbagai serangan.

Website masih populer untuk digunakan sebagai situs yang memuat informasi,mempromosikan bisnis dan masih banyak lagi. Tapi, tahukah Anda aktivitas website yang banyak ternyata bisa menyebabkan website mengalami kenaikan traffic yang cukup tinggi. Sehingga Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update