Mengenal Protokol Secure Sockets Layer (SSL)

Mengenal Protokol Secure Sockets Layer (SSL)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SSL bukan? Biasanya protokol yang satu digunakan untuk membuat akses ke website menjadi lebih aman. Selain itu juga, SSL bermanfaat untuk melindungi data penting yang ada didalam website dari serangan siber. Maka dari itu, jika Anda ingin membuat sebuah website pastikan sudah terintegrasi dengan SSL ya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai SSL simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian SSL 

Secure Sockets Layer (SSL) adalah sebuah protokol yang memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap semua data yang tersebar di internet. Secara umum, SSL dibutuhkan untuk mengamankan data pribadi, informasi pemilik website serta pengunjung laman dari penjahat siber.

Secure Sockets Layer juga disebut sebagai sebuah protokol keamanan yang digunakan hampir semua transaksi aman pada internet. mengubah sesuatu protocol transfer TCP mengubah menjadi saluran komunikasi yang aman. Contohnya: Paypal, Internet Banking, dan lainnya.

Secure Sockets Layer menyediakan otentikasi terhadap pihak-pihak yang berkomunikasi. SSL dapat mengamankan koneksi antar dua titik dan tidak ada pihak yang dapat melakukan hal-hal yang bersifat destruktif atau mengakses informasi yang bersifat sensitif. SSL menyediakan sebuah saluran komunikasi yang aman tanpa perlu adanya pertemuan kedua pihak kedua pihak yang berkomunikasi untuk melakukan proses pertukaran kunci.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Comodo SSL?

Fungsi SSL

ssl

Simak beberapa fungsi sertifikat SSL yang digunakan pada website.

1. Melindungi Data dan Informasi

Fungsi pertama dari penggunaan sertifikat secure sockets layer pada website adalah untuk melindungi data dan informasi penting. Data dan informasi tersebut bisa berasal dari pemilik website maupun pengunjung laman. Tentunya ini bertujuan agar tidak ada hacker yang bisa meretas data tersebut, meski dilakukan dengan berbagai cara.

Namun sebaliknya, jika Anda mengelola sebuah website tetapi tidak menggunakan sertifikat bisa dipastikan data penting di dalamnya bisa terancam akan serangan siber maupun hacker. Hal ini disebabkan oleh perlindungan yang tidak ketat pada website tersebut.

2.Mematuhi Aturan Transaksi di Internet

Selanjutnya adalah jika Anda memiliki website untuk mengelola bisnis seperti toko online yang menyediakan pembayaran kartu kredit. Maka salah satu fungsi dari sertifikat secure sockets layer adalah untuk memenuhi aturan bertransaksi di internet. Jika tidak menggunakan sertifikat ini website yang berisi toko online tersebut tidak bisa menjalankan proses transaksi kartu kredit karena dinilai belum memenuhi aturan yang berlaku.

Aturan ini bernama payment card industry data security standard yang mana mewajibkan setiap website harus menggunakan SSL. Jika saja website terbukti tidak menggunakannya dan sewaktu-waktu terjadi kebocoran data atau serangan siber, Anda sebagai pemilik website harus membayar denda.

3.Memaksimalkan SEO pada Website

Sertifikat juga berfungsi untuk memaksimalkan SEO pada website. Hal ini disebabkan oleh Google yang hanya akan melirik konten-konten dari website yang sudah mengaktifkan untuk masuk ke dalam search result. Jadi website yang tidak memiliki sertifikat ini maka laman tidak dapat ditemukan oleh pengunjung. Oleh karena itu sangat penting sertifikat SSL bagi website.

4.Website Terlihat Lebih Profesional

Website yang menggunakan sertifikat secure sockets layer akan terlihat lebih profesional. Selain itu juga, pengunjung lebih mudah menemukan laman tersebut dan merasa website Anda lebih kredibel dan terpercaya. Berbanding terbalik dengan yang tidak menggunakan sertifikat SSL website terlihat biasa saja bahkan pengunjung merasa website Anda tidak terpercaya atau kredibel.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Sertifikat SSL dan Perbedaannya

Jenis-Jenis Sertifikat SSL

Ada beberapa jenis sertifikat SSL di bawah ini yang menawarkan tingkat keamanan yang menyeluruh hanya saja berbeda dari segi tingkatan domain dan subdomainnya saja berikut ini

  • SSL Wildcard

Jenis SSL Wildcard ini merupakan sertifikat yang menawarkan perlindungan untuk satu domain dan beberapa subdomain yang tidak terbatas. Sertifikat SSL Wildcard ini hanya bisa mengamankan example.com dan beberapa website seperti support.example.com atau store.example.com. Jika dilihat dari segi harganya, sertifikat ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis lain. Akan tetapi, keunggulan yang ditawarkannya bisa menghemat pemakaian apabila Anda memiliki beberapa subdomain.

  • SSL Single-Domain

Sesuai dengan namanya SSL Single-Domain hanya bisa melindungi satu domain yang sudah ditetapkan dalam CSR saja. Artinya jenis ini tidak bisa melindungi subdomain yang sudah terkait dengan website. Jika Anda mencari sertifikat SSL dengan harga yang murah, Anda bisa menggunakan Single-Domain karena satu sertifikat hanya mencakup satu domain. Akan tetapi, membutuhkan waktu yang lama untuk proses instalasi sertifikat tersebut.

  • SSL Multi-Domain

Jenis selanjutnya adalah SSL Multi-Domain yang bisa melindungi beberapa domain meski tidak terkait satu sama lain. Pada subdomain SSL jenis ini bisa melindungi berapa pun subdomain pada website. Selain itu, yang membedakan sertifikat ini dengan yang lain terletak pada nama bagian di details sertifikat yakni Subject Alternative Name (SAN). Keunggulan dari jenis Multi-Domain dari segi harganya yang sangat terjangkau karena dengan harga itu Anda dapat membeli satu SSL single domain pada setiap website.

  • Unified Communications Certificate

UCC adalah jenis lama dari SSL Multi-Domain yang hanya ditujukan untuk website dan aplikasi yang sudah di hosting dari server Microsoft Exchange dan Live Communications. Jenis ini juga disebut eksklusif karena punya pengaturan khusus yakni hanya bisa mengamankan environment server pada Microsoft Exchange.

Baca Juga: Panduan Singkat Mengenal SSL Bagi Pemula

Bagaimana Cara Kerja SSL

Ini dia beberapa cara kerja dari SSL yang wajib diketahui:

  1. Handshake dimulai ketika klien terhubung ke SSL enable server meminta sambungan yang aman, dan menyajikan daftar cipher dan versi yang didukung.
  2. Daftar ini server mengambil cipher terkuat dan memberitahu klien. Selain itu server akan mengirimkan identifikasi dalam bentuk sertifikat digital. Setifikat ini berisi nama server, certificate authority (CA) terpercaya dan kunci enkripsi publik server.
  3. Klien memverifikasi bahwa sertifikat tersebut valid dan certificate authority (CA) server sesuai dengan CA list klien. Sertifikat CA ini biasanya dikonfigurasi secara lokal
  4. Setelah menentukan bahwa sertifikat tersebut valid, klien menghasilkan master secret, mengenkripsi dengan kunci publik server dengan mengirim hasilnya ke server
  5. Ketika server menerima master secret server mendekripsi dengan kunci pribadi dengan mendeksripsikan kunci pribadi
  6. Klien dan server kemudian mengubah master secret untuk satu set kunci simetris disebut keyring atau kunci sesi. kunci semetris adalah kunci umung yang digunakan server dan browser untuk mengenkripsi dan mendekripsi data membuat kunci tersebut tersembunyi dari pihak ketiga karena hanya server dan klien yang memiliki akses kunci pribadi.
  7. Data transfer siap dilakukan melalui saluran yang aman.

Setelah melihat cara kerjanya diatas, proses otentikasi dan enkripsi memang tidak mudah. Hal ini terjadi biasanya dalam waktu kurang dari satu detik. Pada umumnya pengguna bahkan tidak tahu lama proses bagaimana hal itu bisa terjadi. Akan tetapi, pengguna dapat mengetahui koneksi aman setelah web browser SSL enable menampilkan kunci tertutup kecil dikanan atas broser, sehingga pengguna dapat melihat alamat situs web yang biasanya dimulai dengan HTTPS.

Penutup

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Secure Sockets Layer (SSL) pada website. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai apa itu sertifikat SSL. Kemudian, pastikan Anda sudah menentukan jenis serta tingkat validasi dari sertifikat SSL yang sesuai dengan jenis bisnis Anda di website.

Kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan layanan sertifikat SSL dari IDCloudHost yang memberikan jaminan perlindungan website secara optimal. Telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang sudah terintegrasi dengan cepat dan mudah. Yuk daftar sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update