Ingin Menjadi Account Manager? Kenali Skill dan Perannya

Ingin Menjadi Account Manager? Kenali Skill dan Perannya

Salah satu aspek yang penting dalam sebuah bisnis adalah hubungan yang dibangun dengan pelanggan. Suatu bisnis harus memelihara dan mempertahankan hubungan tersebut sehingga menciptakan kepercayaan dengan konsumen. Namun di tengah persaingan bisnis yang ketat, banyak perusahaan telah berinovasi untuk membangunn hubungan tersebut yang salah satunya melalui pekerjaan sebagai account manager.

Account manager berperan penting dalam menjaga hubungan klien dengan perusahaan. Dengan hubungan tersebut juga akan mempengaruhi loyalitas dan komitmen antara bisnis maupun perusahaan. Oleh karena itu, pada artikel kesempatan kali ini akan menjelaskan mengenai manajer akun dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Dengan demikian, untuk selengkapnya maka Anda bisa membaca artikel berikut ini!

Apa Itu Account Manager?

Account manager adalah penghubung yang berfungsi sebagai titik kontak utama antara klien dengan perusahaan atau organisasi. Adapun tanggung jawab utamanya adalah membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan klien dan memastikan kepuasan mereka dan mengatasi masalah atau apa pun yang mungkin timbul.

Selain itu, manajer akun bertanggung jawab untuk mengelola keseluruhan hubungan akun, termasuk negosiasi kontrak, penjualan produk atau layanan yang meningkatkan atau menjual silang, dan memantau kinerja dan profitabilitas akun. Mereka sering berkolaborasi dengan tim penjualan untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru dan menghasilkan prospek.

Account manager juga bertindak sebagai advokat untuk klien dalam organisasi, bekerja sama dengan berbagai departemen untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan klien terpenuhi. Mereka memberikan panduan dan dukungan kepada klien, menawarkan solusi dan strategi untuk membantu mereka mencapai tujuan dan memaksimalkan hasil bisnis mereka.

Adapun keterampilan komunikasi dan interpersonal yang efektif sangat penting bagi manajer akun karena mereka harus dapat memahami kebutuhan klien dan menyampaikan informasi secara efektif kepada klien dan tim internal.

Jenis-Jenis Account Manager

Jenis-Jenis Account Manager

Account manager memiliki klasifikasinya sendiri sesuai dengan spesialisasi dalam bidangnya. Hal ini membuat manajer akun memiliki berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan industri atau klien. Dengan demikian, jenis-jenis manajer akun yang umum pada sebuah bisnis adalah sebagai berikut:

  • Sales account manager

Sales account manager memiliki tanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan penjualan dan pendapatan. Mereka juga mengidentifikasi peluang bisnis baru, mengembangkan strategi penjualan, dan melakukan negosiasi kontrak. Adapun tujuan utama jenis manajer akun ini adalah untuk memenuhi atau melampaui target penjualan dan memperluas basis pelanggan dengan membangun hubungan yang kuat dengan klien.

Baca Juga: Cara Membuat Teks Negosiasi dan Contohnya

  • Key Account Manager

Key account manager memiliki fokus pada pengelolaan hubungan dengan klien prioritas pada sebuah perusahaan. Mereka bekerja sama dengan klien ini untuk memahami kebutuhan khusus mereka, mengembangkan solusi khusus, dan memastikan kepuasan mereka secara keseluruhan. Lebih lanjut, Manajer akun jenis ini juga sering menangani pekerjaan bernilai tinggi dan memainkan peran penting dalam menjaga kemitraan jangka panjang.

  • Customer success manager

Customer success manager memiliki fokus dengan memastikan kesuksesan dan kepuasan klien perusahaan. Adapun tugas utama mereka adalah bekerja sama dengan klien untuk memahami tujuan mereka, membantu klien tersebut mencapai hasil yang diinginkan, dan memaksimalkan nilai produk atau layanan yang diterima oleh perusahaan.

Lebih lanjut, customer success manager juga memberikan pelanggan dukungan yang berkelanjutan, melakukan check-in rutin, dan menawarkan panduan dan pelatihan untuk membantu klien.

Baca Juga: Apa Itu Customer Journey? Tahapan dan Manfaatnya

  • Technical account manager

Technical account manager merupakan orang-orang yang memiliki pengetahuan teknis khusus dan berfungsi sebagai penghubung antara klien dan tim teknis internal. Oleh karena itu, mereka biasanya bekerja di industri yang menawarkan produk atau layanan teknis yang kompleks. Dengan demikian, tugas utama account manager jenis ini adalah memecahkan masalah, memberikan dukungan teknis, dan memastikan implementasi yang lancar terhadap produk yang digunakan konsumen.

Cara Menjadi Account Manager

Untuk memulai karir sebagai seorang account manager, maka Anda harus memenuhi persyaratan pendidikan dan pengalaman kerja. Lebih lanjut, biasanya manajer memiliki gelar sarjana di bidang terkait seperti administrasi bisnis, penjualan, komunikasi, atau pemasaran. Selain itu, pengalaman bekerja secara langsung secara praktik juga akan sangat membantu dalam menyukseskan karir menjadi manajer akun.

Banyak manajer akun memulai karir mereka di posisi penjualan tingkat pemula. Dalam peran ini, mereka mendapat pengalaman berbicara dengan klien, belajar tentang proses penjualan dan sebagainya. Dengan demikian, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menjadi account manager professional yakni sebagai berikut:

  • Menempuh pendidikan 

Pendidikan dapat menjadi salah satu syarat wajib ketika Anda melamar pekerjaan minimal sarjana sebagai seorang account manager. Pada dasarnya, persyaratan ini tidak bertujuan memperlihat gelar belaka melainkan sebagai kualifikasi bahwa Anda telah memahami dengan baik mengenai tugas manajer akun.

Lebih lanjut, melalui pendidikan tinggi maka Anda akan belajar berbagai mata kuliah yang memiliki keterhubungan seperti penganggaran, perilaku konsumen, dan strategi manajemen sehingga memudahkan Anda untuk membangun hubungan dengan klien.

Jika Anda ingin mendalami profesi ini maka Anda bisa menyelesaikan studi yang lebih tinggi pada bidang administrasi dan manajemen bisnis, ekonomi atau telekomunikasi, dan kemudian mereka memilih gelar master business of administration (MBA), perdagangan atau pemasaran.

Baca Juga: Jurusan Kuliah Paling Diincar 2023, Wajib Tahu!

  • Tingkatkan kemampuan

Selain pendidikan, maka Anda harus meningkatkan kemampuan alamiah untuk menjadi seorang manajer akun. Anda dapat melatih softskill seperti pada berikut ini:

  • Skill komunikasi

Untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan klien, maka skill komunikasi menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Anda harus bisa mengkomunikasikan pesan dengan baik, melakukan negosiasi yang menarik, dan memiliki citra diri yang sebagai sebagai manajer akun.

  • Skill simpati dan empati

Mungkin banyak yang menyatakan skill ini tidak terlalu signifikan berdampak. Namun pada kenyataannya, untuk membangun koneksi atau memahami kesulitan atau yang dibutuhkan konsumen maka membutuhkan perhatian yang lebih. Dengan demikian, skill ini akan memberikan manajer akun sensitivitas yang tinggi untuk mendengarkan sehingga mampu menghasilkan solusi untuk membangun hubungan dengan klien.

  • Dapatkan sertifikasi

Untuk meningkatkan keahlian menjadi account manager maka Anda bisa mendapatkan sertifikasi sehingga mendapatkan pelatihan yang lebih profesional. Meskipun pada dasarnya, melalui program sertifikasi Anda sudah menentukan posisi apakah sebagai key account manager, sales account manager, dan sebagainya. Namun setidaknya, melalui sertifikasi Anda akan mendapatkan hal-hal berikut ini:

  • Skill data

Menjadi manajer akun yang profesional maka Anda perlu memahami data-data yang ada. Misalnya, anda harus melacak metrik klien untuk memahami performa penjualan atau nda harus dapat melacak dan menyajikan metrik ini kepada klien dengan cara yang mudah dicerna dan dapat ditindaklanjuti.

  • Ahli menggunakan software yang dibutuhkan

Program sertifikasi akan membantu Anda memahami skill software sesuai dengan pekerjaan, Misalnya pada manajer akun maka Anda akan memahami software CRM seperti Salesforce, Zoho CRM, dan sebagainya.

Baca Juga: Teknologi CRM dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Penutup

Account manager adalah penghubung organisasi dengan klien yang bertugas membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan klien dalam memastikan kepuasan mereka. Lebih lanjut, manajer akun memiliki beberapa jenis seperti manajer akun penjualan, manajer akun teknikal, dan sebagainya. Untuk menjadi account manager maka Anda bisa memulai dengan mengejar pendidikan dengan bidang yang berhubungan, meningkatkan kemampuan, dan mendapatkan sertifikasi.

Untuk memastikan hubungan yang baik dengan pelanggan, maka Anda juga harus memastikan kualitas website atau aplikasi khususnya server yang Anda gunakan. Anda bisa menggunakan VPS NVMe yang kompatibel pada semua sistem operasi, memiliki teknologi SSD NVMe Storage yang lebih cepat, dan merupakan pilihan terbaik untuk kebutuhan server, website, dan aplikasi. Dengan demikian, pastikan Anda memahami fungsi profesi manajer akun yang didukung dengan server yang tepat!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update