Apa Itu Blockchain? Cara Kerja dan Peluangnya

Apa Itu Blockchain? Cara Kerja dan Peluangnya

Selama beberapa tahun terakhir, mungkin Anda telah secara mendengar istilah teknologi Blockchain, serta juga mungkin tentang cryptocurrency seperti Bitcoin. Sepertinya Blockchain adalah hal yang tidak dipahami tetapi dalam arti hipotesis, karena tidak ada makna nyata yang dapat dipahami orang awam dengan mudah. Sangat penting untuk memahami apa itu Blockchain, teknologi yang digunakan, cara kerjanya, dan bagaimana hal itu menjadi vital di dunia digital.

Menurut laporan penelitian Tematik Data Global, permintaan cryptocurrency telah surut sebesar 20% selama 2018 lalu jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Alasannya karena bisnis lebih memilih untuk menerapkan pendekatan tradisional untuk proyek tahap awal mereka daripada menggunakan teknologi Blockchain.

Orang-orang memiliki ekspektasi yang lebih tinggi berdasarkan persepsi yang lebih lemah berdasarkan temuan laporan, dan, dalam beberapa tahun, kebenaran tentang Blockchain akan tersingkap. Blockchain sendiri memiliki nilai nyata, dan, seiring waktu, cakupannya akan menjadi lebih luas dan lebih ramah pengguna. Mari pahami teknologi maju ini lebih jauh lagi di penjelsan dibawah berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Blockchain, Sejarah dan Pengertiannya

Dimata umum Blockchain tampaknya rumit, tetapi konsep intinya sangat sederhana. Blockchain adalah jenis database. Untuk dapat memahami blockchain, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami apa itu database sebenarnya. Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan secara elektronik di sistem komputer. Informasi, atau data, dalam database biasanya disusun dalam format tabel untuk memudahkan pencarian dan pemfilteran informasi tertentu. Apa perbedaan antara seseorang yang menggunakan spreadsheet untuk menyimpan informasi daripada database?

Spreadsheet dirancang untuk satu orang, atau sekelompok kecil orang, untuk menyimpan dan mengakses informasi dalam jumlah terbatas. Sebaliknya, database dirancang untuk menampung sejumlah besar informasi yang dapat diakses, di filter, dan dimanipulasi dengan cepat dan mudah oleh sejumlah pengguna sekaligus. Database besar mencapai ini dengan menampung data di server yang terbuat dari komputer yang kuat. Server-server ini terkadang dapat dibangun menggunakan ratusan atau ribuan komputer agar memiliki daya komputasi dan kapasitas penyimpanan yang diperlukan bagi banyak pengguna untuk mengakses database secara bersamaan.

Meskipun spreadsheet atau database dapat diakses oleh sejumlah orang, namun sering kali dimiliki oleh bisnis dan dikelola oleh individu yang ditunjuk yang memiliki kendali penuh atas cara kerjanya dan data di dalamnya. Ini membuat Blockchain adalah buku besar bersama yang tidak dapat diubah yang memfasilitasi proses pencatatan transaksi dan pelacakan aset dalam jaringan bisnis. Aset bisa berwujud (rumah, mobil, uang tunai, tanah) atau tidak berwujud (kekayaan intelektual, paten, hak cipta, branding). Hampir semua yang berharga dapat dilacak dan diperdagangkan di jaringan blockchain, mengurangi risiko dan memotong biaya untuk semua yang terlibat.

 

Cara Kerja Blockchain

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Anda mungkin telah memperhatikan banyak bisnis di seluruh dunia yang mengintegrasikan teknologi Blockchain. Tapi bagaimana tepatnya teknologi Blockchain bekerja? Apakah ini perubahan yang signifikan atau tambahan sederhana? Kemajuan Blockchain masih muda dan berpotensi menjadi revolusioner di masa depan yang cukup menjanjikan. Blockchain sendiri adalah kombinasi dari tiga teknologi terkemuka, yakni :

  • Kunci kriptografi
  • Jaringan peer-to-peer yang berisi buku besar bersama
  • Sarana komputasi, untuk menyimpan transaksi dan catatan jaringan

 

Kunci kriptografi terdiri dari dua kunci yakni Kunci pribadi dan Kunci publik. Kunci-kunci ini membantu dalam melakukan transaksi yang berhasil antara dua pihak. Setiap individu memiliki dua kunci ini, yang mereka gunakan untuk menghasilkan referensi identitas digital yang aman. Identitas aman ini adalah aspek terpenting dari teknologi Blockchain dan dalam dunia cryptocurrency, identitas ini disebut sebagai ‘tanda tangan digital’ dan digunakan untuk mengotorisasi dan mengontrol transaksi.

Tanda tangan digital digabungkan dengan jaringan peer-to-peer yakni sejumlah besar individu yang bertindak sebagai otoritas menggunakan tanda tangan digital untuk mencapai konsensus tentang transaksi, di antara masalah lainnya. Ketika mereka mengotorisasi kesepakatan, itu disertifikasi oleh verifikasi matematis, yang menghasilkan transaksi aman yang berhasil antara dua pihak yang terhubung ke jaringan. Jadi untuk menyimpulkannya, pengguna Blockchain menggunakan kunci kriptografi untuk melakukan berbagai jenis interaksi digital melalui jaringan peer-to-peer.

 

Baca Juga  :     Mengenal Bitcoin : Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Manfaatnya

 

Elemen Kunci Blockchain

Setiap hal tentu dibangung dari elemen dan komponen tertentu tidak terkecuali teknologi blockchain. Berikut ini beberapa elemen kunci penting yang ada dalam sebuah blockchain :

 

  • Teknologi buku besar terdistribusi

    Semua peserta jaringan memiliki akses ke buku besar yang didistribusikan dan catatan transaksi yang tidak dapat diubah. Dengan buku besar bersama ini, transaksi hanya dicatat satu kali, menghilangkan duplikasi upaya yang biasa dilakukan jaringan bisnis tradisional.

  • Rekaman tidak dapat diubah

    Tidak ada peserta yang dapat mengubah atau mengutak-atik transaksi setelah dicatat ke buku besar bersama. Jika catatan transaksi menyertakan kesalahan, transaksi baru harus ditambahkan untuk membalikkan kesalahan, dan kedua transaksi kemudian terlihat.

  • Kontrak pintar

    Untuk mempercepat transaksi, seperangkat aturan yang disebut kontrak pintar akan disimpan di blockchain dan dijalankan secara otomatis. Kontrak pintar dapat menentukan kondisi untuk transfer obligasi perusahaan, termasuk persyaratan untuk asuransi perjalanan yang harus dibayar dan banyak lagi.

 

Baca Juga  :      Pekerjaan Bidang IT (Teknologi Informasi) yang Paling Dicari di Tahun 2021

 

Peluang Blockchain di Indonesia

Apa Itu Blockchain : Sejarah, Pengertian, Cara Kerja dan Peluangnya di Indonesia
 

Meski masih terlalu dini untuk membuat prediksi yang pasti, tetapi minat pada blockchain secara bertahap meningkat sementara adopsi pemakaiannya juga mengikuti. Perusahaan Indonesia masih meneliti tentang cara terbaik menerapkan teknologi dengan benar untuk mewujudkan manfaat bagi diri mereka sendiri dan konsumen. Sejauh ini, pelaku usaha yang memiliki sumber daya untuk melakukan semua itu sangat terbatas. Karenanya, adopsi blockchain yang sebenarnya masih didorong oleh hanya beberapa bisnis lokal besar. Dalam jangka panjang, peluang besar harus berlimpah karena potensi besar teknologi blockchain untuk membentuk ujung belakang era teknologi berikutnya dalam perangkat lunak perusahaan.

Indonesia memiliki asosiasi blockchain formal sendiri dengan tujuan mendidik dan melibatkan regulator lokal. Faktanya, beberapa badan pemerintah seperti Bea Cukai Indonesia telah menggunakan solusi berbasis blockchain untuk data rantai pasokan. Bank Central Asia (BCA) sebagai bank terbesar di Indonesia juga telah masuk ke dalam blockchain dengan menjadi tuan rumah hackathon lokal untuk mendorong pengembangan teknologi blockchain bagi perusahaan fintech. Kompetisi ini terbuka untuk pelajar, start-up, pengembang, dan lainnya, serta mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia.

 

Baca Juga  :    Apa itu Motheboard : Fungsi, Bagian, Spesifikasi dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Blockchain, yang mulai muncul sebagai opsi teknologi dunia nyata pada tahun 2016 dan 2017, siap untuk mengubah dunia IT dengan cara yang sama seperti yang dilakukan perangkat lunak sumber terbuka seperempat abad yang lalu. Serta dengan cara yang sama Linux membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk menjadi landasan dalam pengembangan aplikasi modern, Blockchain kemungkinan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi cara yang lebih murah dan efisien untuk berbagi informasi dan data antara jaringan bisnis terbuka dan pribadi.

Blockchain sendiri juga dapat diatur untuk beroperasi dalam berbagai cara, menggunakan mekanisme yang berbeda untuk mengamankan konsensus tentang transaksi, yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang berwenang, dan akan ditolak aksesnya bagi pengguna lain. Bitcoin adalah contoh paling terkenal yang menunjukkan betapa besarnya Teknologi Blockchain. Pendiri Blockchain juga mencoba banyak aplikasi lain untuk memperluas tingkat teknologi dan pengaruh Blockchain. Dilihat dari keberhasilan dan peningkatan penggunaannya, tampaknya Blockchain siap untuk menguasai dunia digital dalam waktu dekat.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update