Apa Itu Colocation Server? Manfaat dan Cara Kerja

Apa Itu Colocation Server? Manfaat dan Cara Kerja

Pada dunia teknologi, istilah colocation sudah tidak asing terdengar. Karena pada dasarnya, colocation berarti tempat untuk menitipkan server. Sehingga tidak heran jika disebut sebagai colocation server. Saat ini server memang sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai sarana penunjang informasi. Maka, tujuan dari layanan ini sebenarnya untuk memudahkan perusahaan dalam menyimpan internal server. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan tentang apa itu colocation server di bawah ini.

Apa Itu Colocation Server?

Colocation server adalah layanan penitipan server yang disimpan pada lokasi khusus bernama data center. Biasanya di lokasi khusus tersebut sudah disediakan infrastruktur pendukung yang sudah terjamin keamanannya tingkat tinggi baik secara fisik maupun non-fisik. Selain itu, colocation server juga memerlukan beberapa komponen pendukung untuk menjaga kualitasnya.

Seperti listrik, akses internet yang memadai, stabil, genset, flooring, pengatur suhu ruangan, pengawasan video serta serta keamanan. Layanan colocation server memungkinkan pengguna untuk menyerahkan pengelolaan servernya kepada penyedia layanan colocation . Perusahaan menggunakan jenis layanan ini untuk kepentingan data perusahaan yang berjumlah besar.

Baca Juga: Mengenal Data Center: Pengertian dan Fungsinya

Manfaat Colocation Server

Jika Anda ingin menggunakan jenis layanan ini, ketahui terlebih dahulu apa saja manfaatnya berikut ini.

  • Bandwidth Lebih Besar

Pada layanan colocation server sudah diatur bandwidth dengan kecepatan sumber daya secara maksimal. Tujuannya adalah agar jaringan akses internet dapat berjalan dengan stabil saat melakukan aktivitas penyimpanan. Kemudian, pengguna juga diberikan akses kemudahan jika ingin menambah bandwidth.

  • Respon Lebih Cepat

Kapasitas bandwidth yang tersedia lebih besar tentu memberikan dampak pada waktu respon dari colocation. Hal ini ditandai dengan waktu respon yang diberikan colocation lebih cepat jika dibandingkan dengan layanan penyimpanan lainnya. Bukan hanya itu saja pengguna dapat menambah RAM atau memori sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Hemat Biaya

Jika Anda ingin menyimpan data di tempat penyimpanan server tersendiri, tentu memerlukan gedung, rak, listrik, mesin pendingin serta infrastruktur pendukung lainnya untuk membuat sebuah data center. Memenuhi itu semua pastinya perlu biaya yang besar bukan? Maka dari itu melihat biaya yang dikeluarkan besar, Anda bisa menghematnya jika menyewa layanan colocation server.

  • Sistem Pendingin

Selanjutnya manfaat dari colocation adalah dapat mempertahankan suhu dan kelembaban server. Tujuannya agar server lebih optimal dari segi efisiensinya. Selain itu, ada fasilitas yang menempatkan sistem kontrol iklim untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang ideal. Ini sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kinerja server Anda.

  • Alamat IP

Jika Anda menggunakan layanan colocation server, Anda akan diberikan alamat IP sendiri yang juga bisa digunakan untuk bisnis. Dengan begitu Anda bisa mengakses jaringan internet.

  • Sumber Daya Tidak Terbatas

Terakhir manfaat dari colocation adalah memberikan sumber daya yang tidak terbatas. Anda bisa menggunakannya secara bebas tanpa harus khawatir ada limit yang ditetapkan oleh penyedia jasa layanan.

Baca Juga: Apa itu Bandwidth? Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja

Jenis-jenis Colocation Server

colocation server

Berdasarkan kategorinya colocation server dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Managed Colocation

Managed colocation adalah jenis server dedicated yang disewakan kepada pengguna. Penyedia layanan ini sudah menyediakan server khusus yang telah dikonfigurasikan menjadi spesifikasi tertentu. Selanjutnya aplikasi perangkat lunak bisa digunakan oleh pengguna sesuai kebutuhan mereka.

Layanan ini bisa dikatakan sebagai layanan yang bisa digunakan oleh semua pengguna. Meskipun ada beberapa pengguna yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup atau bahkan tidak memiliki pengetahuan teknis sama sekali masih tetap bisa menggunakan layanan ini.

Jenis colocation yang satu ini merupakan layanan yang memiliki keterbatasan. Sehingga ada beberapa aplikasi atau fitur pendukung yang hanya bisa digunakan karena sudah diinstal oleh penyedia. Sebaliknya jika aplikasi atau fitur tambahan tidak tersedia maka tidak bisa digunakan oleh pengguna.

  • Unmanaged Colocation

Berbeda dari jenis sebelumnya, unmanaged colocation tidak membutuhkan penyedia layanan untuk menjalankan server. Pengguna dapat dengan bebas untuk melakukan kontrol dan konfigurasi server. Sehingga tidak heran jika jenis ini sangat berbanding terbalik dengan jenis managed colocation.

Selain itu, unmanaged juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Pengguna dapat dengan bebas mengatur server sesuai dengan kebutuhan mereka. Akan tetapi, Anda juga harus menyediakan software dan hardware secara mandiri.

Baca Juga: Layanan Dedicated Server Indonesia Terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat dan jenis dari colocation server. Pahami juga apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya berikut ini.

Kelebihan Colocation Server

Ini dia kelebihan dari layanan colocation yaitu:

  • Keamanan: Dari segi keamanannya, colocation juga disebut sebagai layanan yang memiliki high security. Artinya adalah keamanan fisik dan non-fisik sudah sangat terjamin untuk penyimpanan data. Selain itu, penyedia layanan juga akan melindungi server yang Anda sewa secara nonstop selama 24 jam penuh. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir serangan hacker atau kemungkinan adanya pencurian data.
  • Skalabilitas: Jika Anda bingung untuk menambah fasilitas atau infrastruktur yang sesuai dengan website. Maka Anda harus mencoba layanan colocation. Karena layanan ini bisa meningkatkan fasilitas dan infrastruktur pada server sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang membuat layanan ini menjadi skalabilitas untuk memudahkan pengguna.
  • Performa: Layanan colocation ini juga menawarkan performa kecepatan, up-time tingkat tinggi. Sehingga server dapat bekerja dengan maksimal.
  • Efisiensi: Colocation server juga bisa menghemat tenaga dan biaya yang ingin dikeluarkan. Anda tidak perlu lagi untuk menyediakan berbagai fasilitas seperti pendingin,rak dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut sudah disediakan oleh penyedia jasa layanan colocation server.
  • Fasilitas: Terakhir kelebihan dari colocation adalah dari segi fasilitasnya. Penyedia layanan sudah memberikan fasilitas yang cukup untuk menunjang kinerja dari server. Sampai fasilitas di tempat server seperti pendeteksi kebakaran hingga pemadam kebakaran juga tersedia.

Kekurangan Colocation Server 

Ini kekurangan dari colocation server yang perlu diketahui antara lain:

  • Akses: Biasanya banyak penyedia layanan colocation server hanya menyediakan data center di beberapa kota-kota besar saja. Jika Anda ingin mengunjungi data center tersebut tentu memerlukan waktu yang panjang bukan?
  • Kontrol: Ada beberapa pihak penyedia jasa layanan memiliki aturan tersendiri dari mereka misalnya saja beberapa fasilitas tidak bisa di atur oleh pengguna secara leluasa.

Perbedaan Colocation Server vs Dedicated Server

Mungkin keduanya terdengar sama tetapi ternyata ada perbedaan yang signifikan antara colocation server dan dedicated server. Anda perlu untuk mengetahui apa perbedaan diantar keduanya berikut ini.

Dedicated server adalah layanan server yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Alasannya karena setiap perusahaan memerlukan server untuk menyimpan data dalam jumlah yang banyak, tentu mereka perlu untuk mengakomodir semua data tersebut agar lebih aman. Oleh karena itu,perlu server khusus untuk menyimpannya.

Ada kesamaan antara dedicated dan colocation server yaitu kedua sistem ini sama-sama menyewa server atau hardware untuk digunakan secara eksklusif bagi perusahaan,organisasi atau bidang lainnya. Sementara untuk perbedaan antar keduanya tidak ada sistem berbagai yang terjadi antar pengguna.

Baca Juga: Alasan Dedicated Server Bagus Untuk Bisnis

Cara Kerja Colocation Server

Colocation server

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mengetahui cara kerja colocation server yaitu memastikan terlebih dahulu lingkungan yang baik untuk membuat server mampu bekerja dengan kualitas penuh. Selanjutnya memastikan bahwa colocation sudah include software dan hardware didalamnya.

Kemudian jika Anda sudah memutuskan untuk menyewa layanan ini, sebagai pengguna Anda perlu untuk menyewa ruang dari penyedia layanan untuk menempatkan perangkat keras serta pengelola lingkungan. Selain itu, perusahaan penyedia jasa akan menyediakan infrastruktur yang diperlukan bagi klien. Agar operasional server milik klien berjalan dengan lancar tanpa gangguan ada standar yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa. Ini dilakukan untuk kinerja server yang lebih baik.

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan oleh klien adalah memindahkan perangkat keras ke pusat data untuk diatur serta dikonfigurasi. Tujuannya adalah membuat server bekerja sesuai kebutuhan. Mengapa harus klien yang melakukan ini? Jawabannya adalah karena penyedia jasa tidak melakukan kontak fisik kecuali klien langsung meminta mereka untuk membantu.

Setelah selesai konfigurasi, klien bisa mulai mempercayakan perangkat keras kepada penyedia jasa layanan colocation server. Perusahaan penyedia jasa biasanya akan melakukan cek untuk memastikan hal-hal seperti infrastruktur, sumber daya, keamanan,perlindungan dan lainnya.

Siapa Saja Yang Cocok Menggunakan Colocation Server?

Sebagian besar pelanggan untuk colocation adalah perusahaan. Tetapi, tidak semua kalangan cocok untuk menggunakan layanan ini. Perhatikanlah siapa saja yang cocok untuk menggunakan colocation server berikut.

  • Industri Teknologi

Industri teknologi merupakan bidang yang cocok untuk menggunakan layanan colocation server. Colocation memang sangat populer di kalangan industri menengah di sektor TI dan internet, karena memungkinkan mereka untuk fokus pada pekerjaan bernilai tambah tertentu daripada logistik server. Biasanya perusahaan ini mencakup pada bidang perusahaan di industri e-commerce, telekomunikasi, dan industri jasa.

  • Penyedia Layanan Cloud

Selain itu colocation juga sangat populer di kalangan penyedia infrastruktur cloud. Sehingga dengan menggunakan layanan ini, penyedia layanan cloud dapat menyewakan ruang server mereka dan menyewakan akses server ke pelanggan cloud.

Tips Memilih Provider Colocation Server Terbaik

Ini dia cara untuk memilih provider colocation server terbaik untuk Anda.

  • Cari Informasi dengan Lengkap

Langkah pertama adalah Anda harus mencari informasi yang lengkap dan detail mengenai layanan colocation terbaik. Anda bisa mencari informasinya di internet atau bahkan sosial media. Tujuannya adalah agar Anda menemukan provider layanan terbaik yang bisa Anda gunakan.

  • Spesifikasi Server Terbaik

Kemudian yang harus diperhatikan adalah dari segi spesifikasi server. Sebaiknya Anda sangat cermat dalam hal ini, karena spesifikasi server mempengaruhi seberapa banyak aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan didalamnya. Dengan spesifikasi server terbaik membuat Anda dapat menggunakan secara maksimal. Usahakan memilih provider yang menyediakan server prioritas. Artinya adalah pengguna harus sepenuhnya memiliki akses server.

  • Teknisi Berpengalaman

Ketahui juga apakah penyedia layanan colocation server memiliki teknisi berpengalaman. Hal ini bertujuan untuk mengatasi apabila sewaktu-waktu terjadi masalah,sehingga mereka yang bertugas untuk memperbaikinya. Selain itu, teknisi ini akan menjamin maintenance secara berkala sehingga perawatan server akan terlaksana sebaik mungkin.

  • Keamanan

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagian keamanan. Keamanan data dan informasi menjadi prioritas untuk menjaga kepercayaan Anda. IDCloudHost menggunakan server dengan kualitas terbaik jaminan keamanan untuk server Anda.

  • Data Center 

Terakhir, lokasi data center juga berpengaruh terhadap kualitas dari colocation server. Idealnya data center terletak dekat dengan pengguna. Karena, data center adalah tempat dimana semua data disimpan dan disusun dalam rak dan dikumpulkan pada sebuah ruangan tertentu. Tentu saja lokasi data center memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas layanan.

Baca Juga: Mengenal Tier Data Center dan Tingkatannya

Penutup

Ada kesamaan antara colocation dan dedicated server. Kedua server ini tidak menerapkan sistem berbagi dengan pengguna lain. Selain itu, layanan ini terbukti mampu untuk menampung jumlah data yang besar untuk kepentingan perusahaan. Layanan ini bisa dikatakan sebagai alternatif bagi Anda yang tidak mempunyai kemampuan teknis dalam mengelola server.

Jika Anda masih belum menemukan perusahaan penyedia jasa ini, Anda bisa gunakan colocation server dari IDCloudHost. Layanan ini sudah terjamin kualitas dan keamanannya dengan didukung oleh tim teknis yang ahli dan beragam pilihan lokasi Data Center di Indonesia. Yuk, coba sekarang.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update