Apa Itu Facebook Shop? Pengertian dan Manfaatnya

Apa Itu Facebook Shop? Pengertian dan Manfaatnya

Facebook adalah jaringan sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 1,96 miliar orang yang masuk setiap harinya. Jika Anda menjual produk secara online dan belum memiliki Facebook Shop. Fitur ini tidak hanya tersedia untuk distributor besar, melainkan siapa pun dapat memanfaatkannya. Bagi pemilik toko e-commerce, ini adalah salah satu cara yang sangat masuk akal untuk menggunakan pemasaran media sosial.

Selain itu, Facebook kini memungkinkan Anda untuk menyiapkan toko yang dioptimalkan agar dapat diakses oleh orang-orang di Facebook dan Instagram. Fitur baru dari facebook ini, memudahkan pengguna untuk menemukan, menjelajahi, dan membeli produk di platform-platform yang telah tersedia setiap hari untuk menikmati pengalaman baru. Dalam artikel ini, akan dibahas segala sesuatu yang berhubungan dengan Facebook shop. Simak artikel yang akan dibahas berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Facebook Ads Library?

Apa Itu Facebook Shop

Facebook shop adalah fitur yang berfungsi mempermudah pengguna untuk memperkenalkan produk-produk di halaman Facebook dan profil Instagram dengan menawarkan pengalaman belanja. Selain itu, fitur ini hadir saat pandemi covid-19 dengan kemampuan untuk membuat koleksi kostum dengan mengelompokkan item dari inventaris Anda dan memudahkan pelanggan untuk menemukan produk Anda.

Facebook shop memungkinkan Anda untuk menciptakan identitas merek di seluruh facebook dan instagram. Usaha kecil yang umumnya mengalami kesulitan untuk memindahkan bisnis mereka secara online, saat ini banyak dari mereka khawatir tentang keadaan toko fisik. Hal ini disebabkan karena ketika orang diperintahkan untuk tinggal di rumah, mereka kesulitan untuk tetap buka dan menghasilkan cukup uang untuk tetap bertahan dalam bisnis.

Dengan fitur ini, pengecer kecil memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya. Setelah menggunakan Facebook shop, pelanggan akan dapat mengakses dan melihat koleksi toko Anda melalui halaman bisnis Facebook Anda, profil Instagram, atau Instagram Story. Sistem penggunaannya juga sama seperti saat Anda berada di toko eceran. Anda akan dapat terhubung dengan orang melalui Messenger, WhatsApp, atau Instagram Direct untuk menjawab pertanyaan, memberikan pembaruan pelacakan, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Facebook Marketplace Dengan Mudah

Cara Membuat Facebook Shop menggunakan Facebook

facebook shop

Jika Anda belum tahu, dapat dipastikan bahwa setiap orang dapat membuat halaman Facebook shop dan mulai berjualan di Facebook kepada pengikut mereka secara praktis. Berikut langkah – langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat facebook shop.

Buka Halaman Facebook dan Konfigurasikan Ke Halaman Toko

Langkah pertama adalah menuju halaman bisnis Facebook. Anda perlu masuk ke halaman bisnis dan memiliki hak akses sebagai admin. Secara default, banyak halaman bisnis Facebook sudah menampilkan halaman toko ketika Anda masuk. Pelanggan tidak dapat melihatnya, tetapi Anda bisa. Untuk memulai, temukan tab toko itu di sebelah kiri lalu klik.

Atur Rincian Toko Anda

  • Memilih tab Toko akan menampilkan pop-up yang menjelaskan pengaturan yang akan Anda lakukan. Silakan baca dan kemudian klik tombol Mulai.
  • Muncul pop-up lain yang menanyakan tentang rincian bisnis. Maka, mulailah dengan memasukkan jenis bisnis dan alamat Anda. Lalu, klik Lanjut.
  • Langkah setelah itu meminta negara bagian mana bisnis dijalankan dan nomor registrasi pajak. Langkah ini dapat dilewati untuk saat ini, namun nantinya Anda tetap perlu memberikan informasi ini kepada Facebook.
  • Langkah selanjutnya adalah di mana Anda dapat menunjukkan jenis produk yang direncanakan untuk dijual di facebook serta menanyakan tentang jenis bisnis dan informasi tentang perwakilan bisnis. Setelah selesai melakukan itu, sekarang Anda dapat menyelesaikan pengaturan facebook shop.
  • Lalu, pilih opsi pengiriman, kebijakan pengembalian, dan email layanan pelanggan Anda. Pilih dari daftar opsi pengiriman yang tersedia dan atur rincian untuk masing-masing.
  • Lalu langkah terakhir sebelum menyelesaikan pengaturan yaitu menyetujui persyaratan dan kebijakan pedagang (tergantung pada pengaturan akun dan lokasi Anda).

Konfigurasi Pembayaran Anda

Facebook mungkin memungkinkan Anda untuk mengatur pembayaran melalui PayPal atau Stripe. Proses integrasi sendiri cukup sederhana, tetapi dapat berubah dari waktu ke waktu karena pembaruan yang dilakukan oleh PayPal dan Stripe sendiri.

Tambahkan Produk ke Facebook Shop Anda

  • Foto atau video produk. Menambahkan setidaknya satu gambar produk adalah suatu keharusan. Klik tambahkan foto untuk memasukkan gambar produk dan Anda dapat mengambil gambar dari komputer dan mengunggahnya ke facebook shop.
  • Nama dan deskripsi yang mudah dimengerti. Bebaslah untuk berkreasi dan bicarakan tentang apa yang membuat produk tersebut istimewa. Anda juga dapat dengan mudah menyalin deskripsi produk yang digunakan di toko e-commerce.
  • Tidak ada daftar produk yang dapat hidup tanpa detail penting ini. Hal ini disebabkan setiap pembeli sebelum melakukan pembelian, tentunya akan mencari tahu secara detail harga produk yang akan dibeli.
  • Melacak persediaan merupakan hal penting untuk memantau jumlah barang yang terjual. Ini akan membantu dalam memahami volume penjualan yang dilakukan. Selain itu, memastikan bahwa stok sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Opsi Pengiriman. Saat memilih opsi pengiriman, pilih satu opsi dari berbagai opsi yang telah dikonfigurasi sebelumnya.Lalu, tentukan opsi pengiriman yang sesuai dengan produk tertentu dan isi detail pengiriman yang diperlukan. Ini memastikan pengiriman produk dilakukan dengan tepat sesuai preferensi yang telah Anda atur sebelumnya.
  • Bagikan produk ini di halaman Facebook shop. Anda mungkin ingin mencentang kotak ini agar produk dibagikan di halaman Anda segera setelah Anda menyetujuinya.
  • Atur visibilitas produk ke publik agar dapat dilihat oleh semua orang. Serta pastikan Anda telah menetapkan opsi ini sebelum menyimpan perubahan. Kemudian, klik simpan untuk menyimpan pengaturan dan menyelesaikan proses penambahan produk.
  • Mengelola Pesanan Anda

Buka alat publikasi dan cari tautan pesanan tertunda. Setelah Anda mengklik tautan tersebut, Anda dapat mengelola pesanan, memeriksa detail setiap pesanan, melihat informasi pembeli, berkomunikasi dengan mereka, dan akhirnya memenuhi pesanan. Selain itu, Facebook akan memberi tahu Anda setiap kali ada pesanan yang masuk.

Sesuai aturan Facebook, Anda harus mengirim setiap pesanan dalam waktu tiga hari kerja setelah menerima pesanan. Setelah pesanan dikirim, klik tombol Tandai sebagai Dikirim untuk menyelesaikan semuanya.

Baca Juga: Mengenal Facebook Debugger: Cara Mudah Atasi Error Preview Share Link

Penutup

Facebook Shop adalah fitur inovatif yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menampilkan dan menjual produk secara online melalui platform facebook dan Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan identitas merek di seluruh platform Facebook dan Instagram untuk mendukung penjualan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Dengan cara ini, facebook shop mempermudah interaksi pengguna dengan produk, memungkinkan peningkatan penjualan, dan mendukung pertumbuhan bisnis e-commerce. Seiring dengan evolusi teknologi dan tren bisnis online, memiliki toko Facebook menjadi langkah yang sangat relevan dan cerdas dalam mengembangkan bisnis e-commerce Anda.

Temukan kinerja optimal dan stabilitas tingkat tinggi untuk situs web Anda melalui Cloud VPS terbaik dari idcloudhost, menghadirkan pengalaman tanpa hambatan bagi pengunjung. Raih kecepatan dan kestabilan luar biasa untuk situs web Anda dengan Cloud VPS andalan dari idcloudhost.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update