Apa Itu Facebook Ads Library?

Apa Itu Facebook Ads Library?

 

Sebagian besar dari Anda pasti sudah sangat familiar dengan media sosial facebook bukan? Media sosial yang satu ini bukan hanya digunakan sebagai platform untuk menambah teman, mempublikasi foto atau video saja. Akan tetapi, dapat digunakan untuk membangun bisnis Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan facebook ads dan mengoptimalkan riset pada facebook ads library.

Secara singkat, facebook ads bisa dikatakan sebagai tools yang membantu Anda untuk menentukan target audience sesuai dengan jenis bisnis yang sedang Anda kelola. Dengan adanya tools ini Anda lebih memahami arah target pasar antara bisnis Anda dengan audience. Lalu, apa bedanya antara facebook ads dengan facebook ads library? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai facebook ads library.

Apa Itu Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library adalah sebuah fitur bawaan dari facebook yang dapat menampilkan semua jenis iklan. Biasanya jenis iklan yang tayang berasal dari facebook, instagram, messenger hingga audience network. Selain itu, facebook ads library juga berfungsi untuk mengetahui informasi detail mengenai sebuah iklan. Mulai dari asal iklan, kapan waktu iklan tayang hingga platform mana saja tayangnya iklan.

Ada dua jenis iklan yang terdapat pada facebook ads library yaitu iklan umum dan iklan politik. Iklan umum biasanya berisi tentang promosi dari sebuah produk yang hanya bisa Anda lihat selama statusnya masih aktif saja. Sebaliknya, iklan politik berisi tentang promosi dari partai atau hal yang berkaitan dengan isu politik yang bisa Anda lihat kapanpun meski statusnya sudah tidak aktif lagi.

Fitur yang disediakan oleh facebook ads library berupa sistem yang transparan dan gratis. Sehingga dapat dikelola oleh siapapun meski Anda tidak memiliki akun facebook sekalipun. Hal ini juga bisa membuat Anda dengan mudah mempelajari strategi iklan yang dipakai oleh kompetitor bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Tiktok Ads Library?

Fungsi dari Facebook Ads Library

facebook ads library

Setelah Anda mengetahui pengertian facebook ads library diatas, ini dia fungsi lain yang wajib Anda ketahui.

  • Menyusun Strategi Bisnis

Fungsi pertama dari tools facebook ads library adalah dapat menyusun strategi bisnis sesuai dengan target yang ingin Anda capai. Biasanya yang harus dilakukan adalah riset jenis iklan yang dipakai oleh kompetitor bisnis Anda. Hal ini bisa Anda mulai dari melihat tema iklan yang mereka gunakan, jenis iklan yang seringkali mereka gunakan untuk promosi hingga platform yang cocok untuk melakukan campaign marketing.

  • Mendapatkan Referensi Iklan

Selanjutnya manfaat dari facebook ads library adalah Anda bisa mendapatkan referensi iklan. Pada tools ini sudah tersedia referensi iklan apa saja yang sudah tayang. Biasanya hal ini mencakup dari tema sampai gaya bahasa iklan yang sudah digunakan oleh kompetitor Anda. Nah, Anda bisa mengetahui jenis suatu iklan tersebut kemudian Anda bisa membuat inovasi atau bahkan menciptakan sendiri gaya promosi iklan bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen

  • Memenangkan Persaingan Bisnis

Terakhir adalah facebook ads library berfungsi untuk memenangkan persaingan bisnis dalam hal iklan promosi produk Anda. Setelah Anda menyusun strategi bisnis, kemudian mendapatkan referensi iklan berdasarkan tema yang sudah digunakan oleh kompetitor Anda. Maka secara otomatis Anda akan berusaha untuk menggabungkan keduanya untuk menghasilkan promosi iklan yang menarik,kreatif sesuai dengan gaya brand Anda tetapi sesuai target audience.

Manfaat Facebook Ads Library

Selain fungsi, ketahui berbagai manfaat dari facebook ads library untuk pengguna.

  • Mendapatkan Ide untuk Iklan

Seperti yang diketahui bahwa tools facebook ads library menyediakan iklan-iklan yang sudah tayang. Jika Anda mengakses tools disini akan terlihat iklan apa saja yang sedang populer digunakan oleh berbagai brand untuk promosi produk mereka. Dari sinilah Anda bisa menemukan inspirasi untuk membuat iklan produk Anda sendiri.

  • Melihat Iklan dari Kompetitor

Selain itu juga, facebook ads library membantu Anda melihat serta mengawasi berbagai jenis iklan dari kompetitor Anda. Misalnya jenis iklan apa yang sedang digunakan oleh kompetitor, siapa saja target audience yang mereka tuju untuk iklan tersebut hingga berapa banyak biaya yang mereka keluarkan untuk membuat iklan tersebut. Hal ini bisa menjadi referensi sehingga Anda bisa membuat iklan yang berbeda dari kompetitor.

Baca Juga: Perbedaan Antara Reach dan Impression pada Iklan Berbayar dan Gratis

  • Transparansi Iklan Lebih Terjaga

Manfaat terakhir dari facebook ads library adalah membantu menjaga transparansi dalam iklan yang dilakukan secara online. Sehingga Anda mengetahui iklan apa saja yang memang langsung tepat sasaran ke target audience atau bahkan bagaimana cara menarik perhatian audience dari iklan produk yang sudah Anda buat.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Riset Iklan dari Kompetitor

facebook ads library

Facebook ads library membuat berbagai iklan dari kompetitor sangat mudah ditemukan. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan riset terkait iklan dari kompetitor Anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Jenis dan Platform Iklan

Pertama yang harus Anda perhatikan adalah jenis iklan yang sudah digunakan oleh kompetitor. Maksudnya disini adalah Anda harus mengetahui format iklan seperti apa yang mereka gunakan misalnya format gambar atau video. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan variasi iklan yang bisa dipakai untuk promosi produk. Selain jenis iklan, perhatikan juga platform iklan apa yang digunakan oleh kompetitor.

Tujuannya adalah Anda bisa melihat seberapa efektif platform tersebut jika digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Biasanya platform media sosial seringkali digunakan untuk iklan. Akan tetapi, ada berbagai media sosial yang tentunya memiliki target nya masing-masing. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis iklan yang sudah Anda buat.

Baca Juga: Google AdSense : Manfaat dan Cara Memulainya Untuk Pemula

  • Tanggal Penayangan Iklan

Yang tidak kalah penting saat Anda melakukan riset iklan kompetitor adalah memperhatikan kapan tanggal penayangan iklan. Hal ini memberikan pengaruh terhadap omset dari bisnis Anda. Alasannya agar bisnis Anda terhindar dari kerugian. Misal saat kompetitor lebih besar memasang iklan yang berisi tentang diskon produk secara besar-besaran. Jika Anda juga melakukan hal yang sama maka bisa dipastikan tidak akan terciptanya persaingan yang sehat.

Oleh karena itu, Anda perlu cermat terhadap tanggal penayangan iklan. Jika Anda juga ingin melakukan diskon besar-besar pada produk Anda pastikan untuk memundurkan jadwal dari penayangan iklan yang dilakukan oleh kompetitor.

  • Visual dari Iklan

Biasanya visual dari iklan sangat diperhatikan sebagai bentuk branding dari sebuah bisnis. Apabila visual iklan yang Anda promosikan sesuai dengan target audience maka mereka akan menyukai iklan Anda dan produk Anda berkesempatan dibeli oleh mereka. Namun sebaliknya jika penempatan visual tidak cocok menyebabkan iklan yang Anda lakukan tidak berhasil.

Selain itu, perlu untuk melakukan riset terhadap visual iklan yang digunakan oleh kompetitor. Tujuannya adalah agar Anda lebih mengetahui metode promosi apa yang sangat disukai oleh audience. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menyiapkan materi iklan.

  • Copywriting dalam Iklan

Anda juga perlu memperhatikan penulisan dalam iklan kompetitor, biasanya ini disebut copywriting. Ada tiga hal wajib pada copywriting yang perlu Anda perhatikan yaitu penggunaan bahasa serta bagaimana cara kompetitor menarik perhatian audience. Kemudian, perhatikan kira-kira keyword apa saja yang akan sering muncul dan terakhir pemilihan kata untuk promosi produk. Jika pemilihan copywriting sudah tepat bisa dipastikan promosi iklan produk Anda akan lebih cepat sampai kepada audience. Selain itu, Anda bisa menentukan mana saja strategi yang paling efektif untuk mempromosikan produk.

Baca Juga: Mengenal AIDA, Teknik Bikin Copywriting Menarik!

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Simak langkah-langkah menggunakan facebook ads library dibawah ini.

  • Akses Halaman Facebook Ads Library

Pertama, Anda harus mengakses halaman Fb Ads Library terlebih dahulu. Kemudian akan muncul tampilan awal. Anda bisa langsung melakukan login atau menggunakan fiturnya saja.

  • Gunakan Kolom Pencarian

Pilihlah lokasi target iklan dari negara mana saja yang menjadi target iklan Anda. Lalu Anda tinggal klik negara tersebut untuk melihat jenis iklan yang mereka gunakan.

  • Gunakan Filter Negara dan Bahasa 

Bukan hanya negara saja tetapi bahasa juga bisa Anda filter. Biasanya saat Anda memilih sebuah negara akan disertakan juga pilihan bahasa yang bisa Anda pilih pada opsi (language).

  • Filter Iklan Berdasarkan Platform

Selanjutnya kategori iklan bisa Anda filter berdasarkan platform mana saja yang sangat efektif untuk digunakan sebagai promosi produk. Disini juga tersedia opsi platform media sosial dibawah naungan meta seperti instagram atau facebook.

  • Lakukan Filter Iklan Berdasarkan Media

Facebook Ads Library memungkinkan Anda dapat mencari iklan berdasarkan jenisnya lewat opsi media. Disini ada beberapa opsi filter yang dapat Anda pilih mulai dari gambar,meme hingga tanpa media sama sekali.

  • Filter Iklan Berdasarkan Tanggal Penayangan

Setelah itu, Anda bisa melakukan filter iklan terhadap tanggal penayangan. Disini Anda bisa melihat kapan kompetitor menayangkan iklan mereka. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur impression by date dimana ini berlaku untuk menentukan rentang waktu iklan.

  • Bandingkan Iklan Kompetitor

‘Terakhir cara menggunakan facebook ads library adalah dimana Anda bisa membandingkan iklan kompetitor sesuai dengan settingan filter yang tersedia mulai dari status hingga tanggal penayangan iklan. Saat Anda menggunakan filter ini maka jangkauan riset dari iklan akan lebih kecil, sehingga membuat Anda lebih fokus untuk melihat variasi iklan bahkan mempelajari jenis iklan yang digunakan oleh kompetitor.

Memaksimalkan Iklan Anda dengan Facebook Ads Library

Facebook ads library adalah tools yang memudahkan Anda untuk meningkatkan kualitas iklan. Mulai dari sisi fitur dan berbagai pilihan opsi yang sudah tersedia Anda bisa mengintip iklan kompetitor untuk mendapatkan ide atau inspirasi dalam membuat iklan. Sehingga jika ingin mengemas iklan menjadi lebih menarik Anda bisa menggunakan facebook ads library.

Bukan hanya itu saja, Anda harus memperhatikan bagaimana cara menggunakan facebook ads library. Karena meski terlihat mudah sebenarnya dibutuhkan riset yang mendalam sebelum menentukan topik apa yang sesuai dengan brand Anda. Anda bisa mengikuti beberapa cara menggunakan facebook ads library yang sudah kami rangkum diatas.

Selanjutnya penting untuk diperhatikan bahwa dengan facebook ads library Anda bisa melihat iklan dari kompetitor. Sehingga Anda harus bisa menyusun strategi terkait iklan apa yang sangat efektif untuk mendapat respon yang positif dari audience, bukan hanya itu saja Anda bisa membuat iklan menjadi lebih menarik untuk di tonton oleh audience.

Penutup

Sebenarnya ada banyak platform sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Akan tetapi, facebook ads library juga menjadi tools yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dicoba. Agar brand Anda semakin dikenal oleh audience. Anda juga perlu memiliki website untuk mendukung promosi produk Anda.

Manfaatnya tentu sangat banyak Anda bisa dengan mudah membuat konten tulisan yang berisi mengenai promosi produk dari brand Anda. Menarik audience untuk memahami produk yang Anda tawarkan. Untuk itu perlu server yang menjamin keamanan serta mendukung traffic kunjungan dalam jumlah besar untuk tetap stabil dan tidak down.

Anda tidak perlu bingung, karena Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost. Layanan Full Cloud Access terbaik yang menjamin keamanan data yang fleksibel dengan kemudahan konfigurasi sesuai kebutuhan Anda. Yuk,coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update