Cara Menggunakan Facebook Marketplace Dengan Mudah

Cara Menggunakan Facebook Marketplace Dengan Mudah

Sebagai platform media sosial terbesar saat ini, Facebook telah berganti nama menjadi Meta dan mengenalkan metaverse mereka sendiri. Sebelumnya, pada Oktober 2016 lalu, Facebook meluncurkan fitur marketplace dimana siapa saja dapat menjual dan berbelanja online.

Menariknya, pengguna Facebook yang merajai marketplace ini dimana mereka biasanya membeli dan menjual produk baru dan bekas secara lokal. Sejak diperkenalkan 6 tahun lalu, Facebook Marketplace ini telah digunakan di 50 negara di dunia untuk membeli atau menjual produk sesama pengguna.

Namun, jika Anda seorang pemasar atau pengguna individu yang belum mulai menggunakan pasar Facebook untuk bisnis Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Mari simak tips dan cara melakukannya dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu Facebook Marketplace dan Fungsinya

 

Jauh sebelum adanya Facebook Marketplace resmi, pengguna Facebook telah lama berjualan di platform ini baik secara langsung maupun di grup jual beli. Biasanya grup jual beli ini mempunyai opsi untuk untuk membuat daftar item untuk dijual, mencari item untuk dibeli, dan menandai item sebagai terjualnya tersendiri.

Berangkat dari kebiasaan ini maka Facebook membuat pasar online mereka dengan bantuan opsi lebih mudah. Layaknya e-commerce, maka Facebook mendukung dengan fitur lengkap untuk menghubungkan pengguna secara langsung dengan produk yang ingin mereka beli atau jual.

Hanya saja Facebook tidak memfasilitasi transaksi penjualan tetapi menyediakan tempat bagi penjual untuk mengiklankan produknya tanpa terlibat dalam proses harga dan pengiriman antara pembeli dan penjual. Manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan Facebook Marketplace adalah :

  • Menampilkan item ritel yang berbeda dari e-commerce biasanya. Di Facebook Marketplace Anda dapat menjual hampir apa saja seperti kendaraan dan rumah.
  • Pengguna atau pemasar dapat mengiklankan produk atau jasa mereka untuk menjangkau lebih banyak pembeli.
  • Dikarenakan Facebook awalnya lebih banyak dipakai secara pribadi, maka banyak yang menggunakan platform ini untuk menjual barang bekas juga.

 

Baca Juga  :     Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce

 

Cara Daftar dan Menggunakan Facebook Marketplace

Perlu diingat, begitu Anda menjual sesuatu di Marketplace, Anda membuat cantuman publik yang dapat dilihat oleh siapa saja di Marketplace dan juga do Feed, pencarian, dan tempat lain di dalam atau di luar Facebook. Tetapi tetap perhatikan peraturan kebijakan perdagangan dari Facebook jika Anda ingin menggunakan Facebook Marketplace.

Sedangkan tips dan cara menggunakan Facebook Marketplace sebenarnya cukup mudah, dengan mengikuti langkah cepat :

  • Masuk ke Marketplace

    Saat Anda log in masuk ke Facebook, Anda akan melihat ikon Toko atau Marketplace baru. Jika Anda adalah pengguna baru di platform ini, jangan kuatir karena Facebook akan memandu dan mengingatkan fitur ini. Lalu klik ikon tersebut untuk melanjutkan. Dari sini nanti Anda dapat melihat banyak informasi dari Facebook sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.

  • Menambahkan foto produk yang hendak dijual

    Kemudian Anda akan diminta oleh Facebook untuk menambahkan foto barang yang akan Anda jual. Berbeda seperti beberapa pasar online lainnya, Facebook tidak mengenakan biaya untuk menambahkan banyak foto ke daftar. Pastikan Anda menambahkan foto yang jelas, dan sebanyak mungkin untuk memberikan informasi lengkap tentang item yang Anda jual.

  • Tambahkan judul produk

    Selanjutnya, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan judul. Pastikan judul Anda tidak terlalu panjang dan dengan jelas menyatakan apa yang Anda jual. Facebook memberlakukan batas 100 karakter pada judul jadi Anda harus membuat judul dengan tegas dan mampu menjelaskan apa yang Anda jual.

  • Tambahkan deskripsi penunjang

    Jika sudah ada judul, tentunya penjual harus menambahkan deskripsi agar pembeli dapat lebih memahami apa saja yang berhubungan dengan produk yang dijual tersebut. Karenanya sebutkan sebanyak mungkin detail yang relevan tentang item Anda, karena Facebook merekomendasikan penjelasan produk seperti kondisi, ukuran, warna, dan lainnya.

  • Tuliskan harga

    Facebook akan meminta Anda untuk memilih harga untuk item yang Anda jual. Anda dapat memilih mata uang yang Anda gunakan baik itu mata uang lokal atau mata uang lainnya.

  • Tambahkan lokasi dan kategori

    Setelah Facebook mengetahui semua detail untuk item Anda, Anda harus memilih lokasi untuk mengiklankan barang dagangan dan memilih kategori yang paling sesuai agar produk jualan Anda menjadi lebih relevan.

 

Bagaimana, langkah diatas cukup mudah, bukan? Jika Anda telah mengikuti panduan dengan benar, Facebook akan mengatur item Anda menjadi aktif sehingga dapat dilihat orang. Facebook juga akan membawa Anda ke area manajemen item Anda, di mana Anda dapat berkomunikasi dengan pembeli dan mengedit produk jualan Anda.

 

Baca Juga  :    Ukuran Gambar Postingan Facebook Feed, Story Ads yang Umum Digunakan

 

Cara Beriklan di Facebook Marketplace

Cara Menggunakan Facebook Marketplace Dengan Mudah
 

Ingin menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan konversi? Anda dapat mencoba untuk beriklan di Facebook Marketplace. Iklan Facebook Marketplace memberi Anda akses ke pasar lokal, membawa pengguna ke toko offline dan online Anda, dan membantu mereka terlibat dengan bisnis Anda di Facebook.

Hal terpenting tentang iklan Facebook Marketplace adalah iklan ditampilkan kepada orang-orang yang tertarik dan relevan dengan produk Anda. Ini tentunya akan membantu meningkatkan penjualan karena mereka cenderung melakukan pembelian. Di bawah ini adalah proses langkah demi langkah untuk menyiapkan iklan untuk pasar Facebook.

  • Buka Ads Manager dan pilih tujuan Anda. Iklan sejatinya bisa untuk menciptakan kesadaran, pertimbangan, atau konversi untuk produk Anda. Di sini, pilih tujuan konversi dan klik lanjutkan yang akan membantu menampilkan iklan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli.
  • Ketik nama kampanye pemasaran iklan ANda, pilih pengoptimalan anggaran kampanye, dan klik Next/Berikutnya.
  • Beri nama pada set iklan baru dan pilih lokasi peristiwa konversi dimana Anda dapat menggunakan bantuan messenger tool. Tetapkan even konversi dengan memilih opsi tambahkan ke keranjang (cart option)
  • Tetapkan anggaran dengan memilih anggaran yaitu anggaran harian atau seumur hidup dan tentukan jumlahnya. Pilih tanggal mulai dan akhir untuk menjalankan iklan.
  • Targetkan audiens Anda dimana Anda dapat menggunakan audiens baru atau audiens yang sudah ada. Pilih yang yang paling sesuai dengan jualan Anda.
  • Pilih penempatan otomatis agar iklan Anda ditampilkan kepada banyak orang dengan biaya terjangkau.
  • Pilih halaman Facebook atau akun Instagram Anda dan pilih penyiapan iklan baik itu Anda hanya menggunakan satu gambar, video, atau carousel
  • Pilih format materi iklan yang tepat baik itu video atau slideshow. Perhatikan juga untuk memberikan teks untuk memberitahu mereka yang melihat iklan Anda nanti mengenai produk/jasa yang Anda jual. Ketik judul yang sesuai dan tambahkan deskripsi yang sesuai untuk produk Anda. Terakhir, buat ajakan bertindak yang menarik untuk di klik untuk iklan tersebut.
  • Buat template pesan yang dapat mendorong orang untuk berinteraksi dengan Anda setelah mereka mengklik iklan. Di sini Anda dapat memulai percakapan, menghasilkan prospek, atau menentukan pengalaman khusus untuk pengguna.
  • Pilih pelacakan konversi yaitu piksel Facebook atau aplikasi event.
  • Terakhir klik button untuk menerbitkan iklan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa iklan Anda akan ditinjau, dan Facebook akan menyetujuinya jika memenuhi peraturan. Setelah itu, pelanggan yang relevan akan melihat iklan Anda saat mereka menelusuri marketplace.

 

Baca Juga  :    Cara Iklan di Facebook dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski awalnya Facebook Marketplace lebih banyak menyasar pengguna pribadi yang menjual barang bekas, tetapi Facebook melihat peluang ini dengan mengembangkan marketplace mereka sendiri. Perkembangan ini tidak lepas karena ingin menarik para pemasar, brand dan bisnis besar juga.

Menariknya lagi, Facebook Marketplace juga dapat digunakan siapa saja dengan gratis. Pengguna tidak perlu membayar sebelum mendaftarkan produk mereka. Bahkan Anda juga dapat menggunakan iklan untuk menjual dengan cepat dan mengekspos produk Anda ke lebih banyak orang.
 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update