Apa Itu Ghost Writer?

Apa Itu Ghost Writer?

Pernahkah Anda mendengar profesi ghost writer? Jika melihat dari sebutan namanya profesi ini bertugas untuk membuat sebuah tulisan. Akan tetapi, ada perbedaan yang cukup signifikan dimana penulis bayangan ini tidak mencantumkan kredit atau mengambil kredit dari tulisan yang mereka buat. Bagi Anda yang berminat dengan profesi yang satu ini, pahami terlebih dahulu apa itu ghost writer? dan bagaimana cara kerjanya dibawah ini!

Pengertian Ghost Writer

Ghost writer adalah orang yang bekerja untuk menulis sebuah konten tulisan di bawah sebuah perusahaan atau individu. Secara sederhana, ghost writer merupakan seorang penulis yang tidak ingin mencantumkan namanya pada tulisan yang dia buat sendiri. Sehingga tidak heran jika profesi yang satu ini juga dikenal sebagai penulis bayangan atau penulis hantu.

Biasanya konten tulisan yang ditulis ialah berupa buku atau artikel. Maka dari itu sesuai nama julukannya, penulis ini hanya menulis untuk orang lain tanpa mendapatkan kredit atas nama mereka, keuntungan yang bisa didapatkan oleh penulis bayangan ini adalah berupa fee yang akan dibayar oleh pengguna jasa mereka.  Jelas dengan beban kerja mereka, hasil yang didapatkan oleh tentu tergolong besar. 

Kenapa Ghost Writer Banyak Dicari?

Di masa digital ini, jasa ghost writer adalah jasa yang paling banyak dicari sebab dibutuhkan untuk membuat artikel-artikel maupun untuk membuat copywriting media digital. Dimana tak semua orang bisa menulis dengan kualitas yang sama. Untuk tulisan seperti ini, biasanya perusahaan lah yang membutuhkannya.

Tapi tak sebatas perusahaan, individual seperti penulis bahkan peneliti pun juga butuh jasa ghost writer. Penulisan buku maupun artikel bisa ditulis dengan baik oleh penulis yang sudah berpengalaman sehingga hal inilah yang menyebabkan profesi menjadi seorang ghost writer ini banyak dicari-cari 

Skill Menjadi Ghost Writer

Skill Menjadi Ghost Writer

Menjadi penulis bayangan tentu saja tidak mudah, selain harus menguasai teknik menulis, tentu saja banyak hal yang harus dikuasai terlebih dahulu. Penulis bayangan harus bersedia mengikuti gaya penulisan, karakteristik, penggambaran sesuai pesanan pengguna jasa. Maka berikut akan dipaparkan kemampuan yang harus dimiliki ghost writer.

1. Mampu Menulis 

Kemampuan fundamental yang pertama bagi ghost writer adalah bisa menulis. Tentu saja terdengar mudah, hanya sekadar menulis siapa yang tak bisa. Namun pada faktanya menulis ini bukanlah hal yang mudah. Ghost writer harus bisa menyatukan preferensi pengguna jasanya dengan gaya menulisnya. Pun ghost writer harus mampu mengeksplorasi pesanan dari pelanggannya. 

Kemampuan ini dapat dipelajari dengan mengasah kemampuan penulis. Hal ini juga bisa meningkatkan kualitas tulisan. Maka dari itu inti dari ghost writer adalah menulis sehingga agar bisa menjadi ghost writer, asah dahulu kemampuan menulis. 

2.Familiar dengan Segala Jenis Tulisan

Menjadi seorang penulis bayangan artinya penulis harus siap menerima segala jenis tulisan pesanan. Tak hanya sebatas buku saja, kepenulisan artikel pun harus dikuasai juga, bahkan penulisan artikel SEO sekalipun. Untuk dari itu hal ini harus dipelajari, karena kepenulisan buku, artikel biasa, maupun artikel SEO tentu saja berbeda. 

3. Mampu Berpikir Kreatif

Skill lain yang harus dikuasai oleh seorang penulis bayangan adalah bisa menjadi seorang penulis yang kreatif. Mampu mengolah data dan mengembangkan konten sekreatif mungkin adalah sebuah keharusan. Penulis bayangan harus bisa mewujudkan tiap pesanan pada pengguna jasa bahkan pesanan yang terdengar rancu sekalipun harus bisa direalisasikan. 

Keuntungan Menjadi Ghost Writer

Setelah dipaparkan beberapa skill yang harus dikuasai, maka berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi penulis bayangan.

1. Fee yang Besar

Keuntungan ghost writer yang pertama adalah mendapatkan bayaran yang besar. Ini adalah bayaran atas hak cipta yang diambil oleh orang lain. Untuk setiap penulisan yang dimonetisasi, ghost writer juga akan mendapatkan beberapa persen dari royaltinya. Tapi bayaran ini juga akan menyesuaikan jam terbang ghost writer. Semakin banyak pengalaman penulis bayangan, maka tentu saja fee-nya akan semakin besar. 

Tidak hanya fee, hal yang bisa didapatkan ghost writer sebagai pengganti hak cipta ialah portfolio. Penulis bayangan bisa memanfaatkan draft tulisan mereka untuk menjadi portofolio pribadi. Dengan portfolio ini pula ghost writer dapat membuktikan jam terbang dan kapabilitas mereka. 

2. Memiliki Relasi yang Luas

Penulis bayangan adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk bertemu dengan banyak orang. Sehingga dalam pekerjaan pun akan bertemu banyak klien dari latar belakang yang berbeda. Dengan ini tentu saja relasi yang mereka punya pun akan semakin berkembang. Dengan relasi yang luas, membangun karir yang lebih kuat sebagai penulis bayangan pun dapat semakin mudah.

Tips Untuk Menjadi Ghost Writer

Tips Untuk Menjadi Ghost Writer

Jika Anda tertarik dengan profesi yang satu ini, maka berikut ini akan dipaparkan tips untuk menjadi ghost writer.

Asah Kemampuan Menulis

Tips pertama adalah mengasah tulisan agar tulisan menjadi lebih berkualitas. Hal ini penting karena seorang penulis dituntut menulis suatu tulisan yang baik dan benar. Kemampuan ini bisa diasah dengan jam terbang penulis. Selain itu, cara yang membantu untuk mengasah kemampuan menulis adalah dengan membuat rancangan konten mingguan atau harian.

Banyak Membaca

Dengan banyak membaca, wawasan akan dunia kepenulisan pun akan semakin bertambah. Wawasan ini dapat membantu seorang penulis bayangan menghasilkan karya yang berkualitas. Bisa saja dari ide konten, atau tema yang menarik untuk diangkat lalu dijadikan sebuah tulisan. 

Bisa Menerima Kritikan

Kritikan tentu akan datang jika bekerja dengan orang lain. Dari kritikan ini bisa menjadi masukan yang dapat meningkatkan kemampuan penulis. Hal ini juga bisa membantu perkembangan tulisan yang semula biasa saja menjadi luar biasa sehingga menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas.

Belajar Menulis Headline Yang Menarik

Pembaca biasanya akan mudah tertarik dengan tulisan yang cocok dengan apa yang mereka cari. Selain itu, headline menjadi awal yang seringkali dilihat oleh pembaca, sebelum memutuskan untuk membaca tulisan sampai selesai. Maka sebagai seorang penulis penting untuk belajar membuat headline yang menarik perhatian pembaca. Anda bisa coba mempelajarinya dengan banyak membaca jenis tulisan dengan headline yang menarik.

Pahami Kinerja SEO

Saat ini traffic organik menjadi faktor penting agar tulisan yang dibuat berada pada peringkat teratas di mesin pencari Google. Maka dari itu, penting sebagai penulis untuk melakukan riset kata kunci sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Riset kata kunci ini bisa Anda lakukan menggunakan tools seperti SEMrush, Ahrefs dan lain-lain.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai salah satu profesi yang unik. Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari penulis “hantu” tersebut. Anda harus memastikan terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya, apa saja skill yang dibutuhkan, keuntungan yang didapatkan serta bagaimana cara menjadi seorang ghost writer yang baik dan benar.

Selain itu, Anda tentunya juga butuh portofolio yang menarik. Anda bisa membuat blog dengan WordPress Hosting IDCloudHost dan menunjukkan kemampuan menulis Anda agar semakin banyak klien yang tertarik. Coba sekarang dan miliki website mulai dari Rp 5.000,-/bulan.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update