logo Bagaimana Membuat Judul Konten Yang Menarik? - IDCloudHost

Bagaimana Membuat Judul Konten Yang Menarik? Berikut Tipsnya!

Bagaimana Membuat Judul Konten Yang Menarik? Berikut Tipsnya!

Banyak orang-orang yang mengabaikan sebuah judul dalam karyanya, padahal judul merupakan daya tarik pertama yang dilihat oleh konsumen. Lebih lanjut, tahukah Anda bahwa judul yang tepat akan berpotensi mendatangkan trafik yang lebih banyak. Tentu saja hal ini akan menguntungkan Anda baik secara SEO maupun aspek digital marketing lainnya. Jadi, bagaimana cara membuat judul konten yang menarik? 

Oleh karena itu, ketika Anda membuat sebuah konten maka sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan judul yang sesuai dengan konten tersebut. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat judul yang mampu menarik pada pembaca. Dengan demikian, simaklah ulasan artikel berikut ini!

Formula 4U untuk Judul Konten

Formula 4U untuk Judul Konten

Sebelum Anda mengetahui tips dalam membuat judul, Anda bisa mempelajari formula 4U yang dianggap mampu mendorong orang-orang untuk mengklik konten dan membacanya sampai habis. Adapun formula 4U itu sendiri terdiri dari atas:

  • Useful

Pada dasarnya, seorang pembaca akan terdorong untuk membaca sebuah konten karena adanya manfaat yang diberikan. Tentu saja hal ini sama dengan judul, pastikan Anda memasukkan unsur yang menggambarkan manfaat dari konten yang telah dibuat.

Dengan demikian, Anda bisa mencari masalah dari target pembaca Anda kemudian Anda refleksikan manfaatnya dalam konten yang Anda buat. Lebih lanjut, representasi manfaat tersebut dapat Anda wakilkan melalui sebuah judul konten.

  • Urgent

Orang-orang akan cenderung membaca konten yang menarik, populer, dan update. Oleh karena itu, Anda bisa saja membuat headline konten yang urgent atau penting untuk dibaca. Tentu saja, melalui headline urgent dapat mempengaruhi para pembaca untuk tidak ketinggalan informasi terkini yang sedang ramai diperbincangkan.

  • Unique

Pada dasarnya, pembaca menyukai hal-hal yang unik dan tentu saja hal ini akan menarik perhatiannya sehingga terdorong untuk melakukan klik. Dengan demikian, pastikan Anda memasukkan kata-kata unik dan menarik perhatian pembaca pada headline yang dibuat.

  • Ultra-specific

Adapun komponen formula 4U selanjutnya adalah ultra-specific. Melalui komponen ini maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan angka pada headline yang akan dibuat. Tentu saja hal ini akan membuat pembaca lebih tahu apa yang mereka dapatkan.

Misalnya sebuah konten berjudul “5 Cara Meningkatkan Followers Instagram untuk Bisnis Anda”, maka pembaca telah mengetahui akan mendapatkan berbagai cara untuk meningkatkan followers sebanyak 5 strategi. 

7 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik

7 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik

Berikut kami sajikan hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat judul konten yang menarik versi IDCloudHost. Oleh karena itu, perhatikan poin-poin berikut ini!

  • Ketahui target pembaca Anda

Hal pertama yang perlu Anda adalah dengan memulai pertanyaan “siapa yang akan membaca konten artikel Anda?” Tentu saja beda target maka akan berbeda strategi yang digunakan.

Misalnya jika Anda mengetahui dominasi pembaca adalah generasi muda maka Anda bisa menggunakan bahasa kekinian untuk menarik perhatian. Namun sebaliknya, jika target Anda adalah orang-orang yang telah bekerja maka bahasa profesional atau formal bisa Anda pertimbangkan.

  •  Lakukan riset kata kunci

Melalui riset kata kunci maka Anda bisa mengidentifikasi berbagai kata-kata yang sedang banyak dicari oleh para pengguna di mesin pencari. Disaat bersamaan Anda juga bisa mengetahui kata-kata yang sedang ramai diperbincangkan oleh para pembaca. Tentu saja hal ini akan menguntungkan Anda khususnya menjadikannya sebagai headline.

Lebih lanjut, Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan memperhatikan rekomendasi pencarian yang ditampilkan pada halaman pencarian google atau search engine result page (SERP). Lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan berbagai software yang membantu Anda mendapatkan kata kunci yang diinginkan.

  • Gambarkan manfaat pada judul

Sesuai dengan formula 4U di atas, maka pada dasarnya para pembaca mencari sebuah konten artikel karena ingin mendapatkan manfaat. Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan kata-kata yang menggambarkan manfaat pada sebuah konten artikel. Tentu saja hal ini akan mendorong para pembaca untuk melakukan klik.

Lebih lanjut, dengan menggambarkan manfaat maka secara tidak langsung Anda meyakinkan pembaca bahwa konten tersebut merupakan solusi bagi pembaca. Tentu saja jika pembaca menangkap manfaat dari konten Anda melalui judul maka sangat mungkin mereka akan membaca konten Anda sampai habis.

  • Gunakan judul dengan sebuah pertanyaan

Apakah yang ada dipikirin Anda ketika mendapatkan sebuah judul berbentuk pertanyaan seperti ini “Apa Itu Company Profile? Fungsi dan Tips Membuatnya“. Tentu saja adanya kalimat tanya pada judul tersebut akan menimbulkan rasa penasaran pembaca. Lebih lanjut, hal itu yang juga akan mendorong para pembaca untuk mengetahui lebih detail akan konten tersebut.

Meskipun demikian, tetap saja Anda harus memastikan setiap pertanyaan yang Anda ajukan sebagai judul adalah relevan. Jangan sampai hal tersebut menjadi boomerang bagi Anda. Misalnya pembaca beranggapan pertanyaan tersebut hanya untuk clickbait saja atau mengajukan pertanyaan yang sudah diketahui oleh pembaca.

  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Seperti yang telah dijelaskan dalam formula 4U bahwa salah satu komponennya adalah unique. Meskipun demikian, hal tersebut bukan berarti judul yang Anda buat menjadi susah dipahami melainkan Anda harus memastikan bahwa judul tersebut dapat dipahami oleh para pembaca.

Dengan demikian, pastikan Anda menggunakan bahasa yang familiar dengan target pembaca Anda. Lebih lanjut, judul tersebut juga harus dirasakan logis dan runtut sehingga mendorong pembaca untuk membaca konten.

  •  Tuliskan judul singkat dan sesuai dengan isi konten

Ketika Anda membuat judul maka pastikan pembaca mendapatkan gambaran dari isi konten Anda. Meskipun demikian, disatu sisi jangan sampai Anda membuat konten terlalu panjang karena hal tersebut berpotensi membuat pembaca lebih kebingungan.

Dengan demikian, mengimplementasi pola kalimat efektif adalah hal yang bisa Anda lakukan. Tentu saja hal tersebut akan membuat judul Anda singkat namun tidak melupakan fungsinya sebagai representasi isi konten tersebut.

  •  Tes judul dan lakukan evaluasi

Ketika Anda telah memantapkan suatu judul untuk suatu artikel, maka Anda bisa melihat tingkat CTR-nya. Jika tinggi maka Anda telah berhasil dalam membuat judul yang menarik perhatian pembaca. Namun sebaliknya, jika rendah maka sangat mungkin bagi Anda untuk melakukan evaluasi.

Lebih lanjut, Anda juga bisa memperbarui setiap judul yang Anda buat. Anda juga bisa menanyakan pendapat orang-orang disekitar Anda apakah mereka merasa paham dengan judul tersebut. Namun secara intinya, pastikan sebuah judul relevan dan mampu menggambarkan isi konten dengan baik sehingga menarik minat pembaca.

Penutup

Meskipun kadang dianggap sepele, namun judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh seorang pembaca. Dengan menciptakan judul yang relevan, menarik, dan mampu menggambarkan isi konten akan berdampak baik kepada trafik website Anda. Lebih lanjut, hal ini juga akan mendukung startegi SEO dan digital marketing Anda.

Setelah menetapkan judul yang baik, maka selain isi konten Anda juga harus memastikan performa website Anda dapat berjalan dengan baik. Gunakan Cloud VPS merupakan layanan handal, aman, dan fleksibel untuk website Anda.  Dengan demikian, Anda bisa memiliki layanan cloud yang memberikan Anda keleluasaan dan tentunya dapat mewujudkan strategi pemasaran digital Anda!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image