Apa Itu JSON: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apa Itu JSON: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

JavaScript Object Notation atau JSON adalah representasi data terstruktur berbasis teks tanpa skema yang didasarkan pada key-value pair dan daftar terurut. Meskipun JSON berasal dari JavaScript, JSON didukung baik secara native atau melalui pustaka di sebagian besar bahasa pemrograman utama. JSON umumnya, tetapi tidak eksklusif, digunakan untuk bertukar informasi antara klien web dan server web.

Selama 15 tahun terakhir, JSON telah umum dan berada di mana-mana di situs web. Saat ini, format ini adalah format pilihan untuk hampir semua layanan web yang tersedia untuk umum, dan juga sering digunakan untuk layanan web pribadi. Popularitas JSON juga menghasilkan dukungan JSON asli oleh banyak database.

Database relasional seperti PostgreSQL dan MySQL sekarang dikirimkan dengan dukungan asli untuk menyimpan dan menanyakan data JSON. Database NoSQL seperti MongoDB dan Neo4j juga mendukung JSON, meskipun MongoDB menggunakan versi JSON biner yang sedikit dimodifikasi di belakang layar. Simak pengertian, fungsi dan cara menggunakannya berikut ini.

 

Pengertian Apa Itu JSON

JSON adalah format data berbasis teks yang mengikuti sintaks objek JavaScript, yang dipopulerkan oleh Douglas Crockford. Meskipun sangat mirip dengan sintaks literal objek JavaScript, ia dapat digunakan secara terpisah dari JavaScript, dan banyak lingkungan pemrograman yang memiliki kemampuan untuk membaca, mengurai dan menghasilkan JSON.

Selain juga JSON ada sebagai string yang berguna saat Anda ingin mengirimkan data melalui jaringan. Meski perlu dikonversi ke objek JavaScript asli saat Anda ingin mengakses data. Ini tidak terlalu menjadi hambatan mengingat JavaScript menyediakan objek JSON global yang memiliki metode yang tersedia untuk mengonversi di antara keduanya. String JSON dapat disimpan dalam filenya sendiri, yang pada dasarnya hanya file teks dengan ekstensi .json, dan jenis aplikasi MIME / json.

 

Fungsi Penggunaan JSON

 

Penggunaan umum JSON adalah untuk membaca data dari server web, dan menampilkan data di halaman web. Jika Anda membuat perangkat lunak yang berkomunikasi dengan browser atau aplikasi seluler asli, Anda harus menggunakan JSON sebagai format datanya. Menggunakan format seperti XML adalah pilihan yang sudah ketinggalan zaman dan tanda bahaya bagi orang-orang front-end dan mobile talent yang ingin Anda targetkan.

Dalam kasus komunikasi server-ke-server, Anda mungkin lebih baik menggunakan kerangka kerja serialisasi seperti Apache Avro atau Apache Thrift. JSON bukanlah pilihan yang buruk di sini, dan mungkin masih sesuai dengan yang Anda butuhkan, tetapi jawabannya tidak sejelas untuk web dan komunikasi seluler. Jika Anda menggunakan database NoSQL, Anda akan terhambat dengan apa pun yang diberikan database tersebut.

Di dalam database relasional yang mendukung JSON sebagai tipe, aturan praktis yang baik adalah menggunakannya sesedikit mungkin. Database relasional telah disetel untuk data terstruktur yang sesuai dengan skema tertentu. Meskipun sebagian besar sekarang mendukung data yang lebih fleksibel dalam bentuk JSON, Anda dapat mengharapkan kinerja yang bagus saat membuat kueri untuk properti dalam objek JSON tersebut.

JSON adalah format de facto yang ada di mana-mana untuk mengirim data antara server web dan browser serta aplikasi seluler. Desain dan fleksibilitasnya yang sederhana membuatnya mudah dibaca dan dipahami, dan dalam banyak kasus, mudah dimanipulasi dalam bahasa pemrograman pilihan Anda. Kurangnya skema yang ketat memungkinkan fleksibilitas format, tetapi fleksibilitas tersebut terkadang menyulitkan untuk memastikan bahwa Anda membaca dan menulis JSON dengan benar.

 

Baca Juga  :      Apa Itu Sitemap HTML : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk Website

 

Utilitas Penggunaan JSON

Apabila Anda ingin memanipulasi atau memeriksa data yang dikodekan JSON secara langsung, tanpa menulis kode sendiri, ada sejumlah utilitas online yang dapat membantu Anda. Semua program yang setara dalam pustaka kode yang ditautkan di atas, tetapi Anda dapat memotong dan menempelkan kode JSON ke alat berbasis browser ini untuk membantu Anda memahami JSON dengan lebih baik atau melakukan analisis cepat :

  • JSON Formatter, JSONLint akan memformat dan memvalidasi kode JSON arbitrer.
  • JSON Viewer, Stack(dot)hu memiliki situs yang akan membuat pohon interaktif untuk membantu Anda memahami struktur kode JSON Anda.
  • JSON Beautifier, jika Anda ingin mencetak kode JSON Anda, dengan pewarnaan sintaks dan sejenisnya, Prettydiff dapat membantu Anda.
  • JSON Converter, jika Anda perlu dengan cepat memindahkan data dari format JSON ke format lain, Convertcsv(dot)com memiliki alat yang dapat mengkonversi JSON ke CSV yang kemudian dapat dibuka di Excel atau XML.

 

Baca Juga  :    Localhost : Pengertian, Fitur, Keunggulan dan Cara Kerjanya

 

Cara Menggunakan JSON

Apa Itu JSON: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya
 

Struktur gambar di atas dengan jelas mendefinisikan beberapa atribut seseorang. Ini mencakup nama depan dan belakang, berapa kali orang tersebut masuk, apakah orang ini seorang penulis, daftar perusahaan tempat orang tersebut bekerja, dan daftar hewan peliharaan orang tersebut (hanya satu, dalam kasus ini). Struktur seperti di atas dapat diteruskan dari server ke browser web atau aplikasi seluler, yang kemudian akan melakukan beberapa tindakan seperti menampilkan data atau menyimpannya untuk referensi nanti.

JSON adalah format data generik dengan jumlah tipe nilai minimal yang terdiri dari string, angka, boolean, daftar, objek, dan null. Meskipun notasi adalah bagian dari JavaScript, jenis ini direpresentasikan dalam semua bahasa pemrograman umum, menjadikan JSON kandidat yang baik untuk mengirimkan data melintasi celah bahasa.

*Sumber foto InfoWorld

 

Baca Juga  :     Panduan Subnetting dan Subnet Mask : Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

 

Batasan dan Kekurangan JSON

Meskipun JSON adalah format data yang relatif ringkas dan fleksibel yang mudah digunakan dalam banyak bahasa pemrograman, ada beberapa kekurangan dari formatnya. Berikut lima batasan atau kekurangan utamanya :

  • Tidak ada skema

    Di satu sisi, itu berarti Anda memiliki fleksibilitas total untuk merepresentasikan data dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Di sisi lain, ini berarti Anda dapat dengan mudah membuat data yang cacat secara tidak sengaja.

  • Hanya satu jenis nomor

    Format titik-mengambang presisi ganda IEEE-754 dan meski ini cukup banyak, tetapi itu berarti Anda tidak dapat memanfaatkan jenis angka yang beragam dan bernuansa yang tersedia dalam banyak bahasa pemrograman.

  • Tidak ada tipe tanggal

    Kelalaian ini berarti pengembang harus menggunakan representasi string dari tanggal, yang menyebabkan perbedaan format, atau harus mewakili tanggal dalam bentuk milidetik sejak periode (1 Januari 1970).

  • Tidak ada komentar

    Hal ini tidak memungkinkan untuk membuat anotasi bidang secara sebaris, yang membutuhkan dokumentasi tambahan dan meningkatkan kemungkinan kesalahpahaman.

  • Verbositas

    Meskipun JSON lebih pendek daripada XML, JSON bukanlah format pertukaran data yang paling ringkas. Untuk layanan volume tinggi atau tujuan khusus, Anda sebaiknya menggunakan format data yang lebih efisien untuk pekerjaan Anda.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer

 

Kesimpulan dan Penutup

JavaScript Object Notation (JSON) adalah format berbasis teks standar untuk merepresentasikan data terstruktur berdasarkan sintaks objek JavaScript. Ini biasanya digunakan untuk mengirimkan data dalam aplikasi web. Penggunaan umum misalnya mengirim beberapa data dari server ke klien, sehingga dapat ditampilkan di halaman web, atau sebaliknya.

Bisa dikatakan bahwa JSON adalah format ringan untuk berbagi data yang, meskipun berasal dari JavaScript, ini dapat digunakan dengan banyak bahasa pemrograman. Meskipun terdengar lebih praktis dan efisien, namun JSON juga mempunyai kekurangan tersendiri. Tidak mengherankan jika Anda nantinya akan membutuhkan sedikit bantuan dalam menggunakan JSON.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update