Apa Itu Lean Project Management?

Apa Itu Lean Project Management?

Semua bisnis harus menghasilkan uang agar tetap bisa membayar berbagai kebutuhan serta hutang dan bertahan dalam bisnis. Kebutuhan akan profitabilitas juga sudah jelas, sekarang hanya bagaimana cara Anda mencapainya, inilah bagian yang paling sulit. Apakah Anda pernah mendengar Lean Project Management sebelumnya? Secara singkat Lean Project Management adalah cara untuk meningkatkan profitabilitas dengan memberikan nilai lebih kepada pelanggan Anda tetapi juga mengurangi pengeluaran di bisnis Anda

Pengertian Lean Project Management

Lean Project Management adalah salah satu dari banyak metodologi manajemen proyek yang digunakan di berbagai industri. Fokus Manajemen Proyek Lean adalah mengurangi pengeluaran dengan segala cara yang memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi. Jika Anda seorang manajer proyek atau sering mengerjakan proyek sebagai bagian dari tim, mempelajari lebih lanjut tentang metodologi ini dapat membantu Anda menentukan apakah ini adalah pendekatan yang tepat untuk Anda dan tentu saja bisnis Anda.

Lean Project Management adalah metodologi manajemen proyek yang menekankan pada pengurangan pengeluaran material dan waktu. Lean Project biasanya menargetkan kualitas tinggi dengan lebih sedikit pengeluaran untuk meningkatkan nilai dan efisiensi tanpa mengorbankan kualitas produk. Sebagai contoh, jika biaya tenaga kerja dan pengeluaran material berkurang, perusahaan dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk menciptakan produk yang berkualitas.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi sekaligus meningkatkan nilai bagi pelanggan. Para profesional menggunakan Manajemen Proyek Lean di banyak industri, termasuk perawatan kesehatan, teknologi, manufaktur, dan konstruksi.

Baca Juga: Project S TikTok, Bagaimana Dampaknya Terhadap UMKM?

Manfaat Lean Project Management

Ada banyak manfaat dari Manajemen Proyek Lean, beberapanya termasuk :

1. Produk Berkualitas Tinggi

Manajemen Proyek Lean menekankan pentingnya menciptakan produk berkualitas sekaligus mengurangi limbah. Hal ini sering kali menghasilkan produk atau layanan berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih murah bagi pelanggan. Dengan hanya mengurangi pengeluaran dan bukan total biaya untuk sebuah proyek, Anda tetap dapat menciptakan pekerjaan berkualitas tinggi.

2. Memenuhi Ekspektasi Anggaran

Manajemen Proyek Lean berguna untuk klien dan perusahaan yang ingin menjaga anggaran agar lebih ketat untuk sebuah proyek. Fokus pada pengurangan pengeluaran dapat membantu Anda mempertahankan anggaran proyek dengan mencegah pengeluaran berlebih. Dengan berfokus pada pengurangan pengeluaran, Anda juga dapat memiliki sumber daya yang memungkinkan pengeluaran yang fleksibel selama proyek berlangsung.

3. Proyek Tepat Waktu

Dengan berkurangnya waktu yang terbuang dalam sebuah proyek melalui Manajemen Proyek Lean, Anda mungkin akan lebih mudah untuk menjaga agar proyek tetap tepat waktu bagi klien maupun pelanggan Anda. Jadwal yang dikembangkan di awal proyek mungkin lebih akurat karena seluruh tim bekerja untuk mencapai efisiensi maksimum. Dengan meninjau produk dan anggaran secara teratur untuk mencegah pengeluaran, tim Anda dapat menghindari delay yang lama yang mungkin terjadi pada saat produksi.

4. Biaya Lebih Rendah

Pengurangan pengeluaran yang terjadi pada Manajemen Proyek Lean biasanya membuat biaya proyek-proyek ini lebih rendah daripada proyek serupa yang menggunakan metodologi yang berbeda. Ini berarti jika sebuah perusahaan mengerjakan sebuah proyek untuk klien, biayanya mungkin lebih rendah bagi perusahaan dan klien. Ini juga berarti jika sebuah perusahaan memproduksi sebuah produk untuk konsumen, maka perusahaan dan konsumen dapat mengalami biaya yang lebih rendah.

5. Mengurangi Atau Menghilangkan Pengeluaran

Selain mengurangi pengeluaran biaya dan tenaga kerja, Manajemen Proyek Lean juga mengurangi pengeluaran material, yang dapat bermanfaat bagi lingkungan. Penciptaan produk yang efisien memungkinkan perusahaan untuk mengurangi atau menghilangkan pembuangan bahan limbah.

6. Produktivitas yang Lebih Baik

Manajemen Proyek Lean menekankan efisiensi tenaga kerja yang digunakan untuk sebuah proyek, yang tentu saja ini mengharuskan semua orang yang terlibat untuk mempertimbangkan waktu dan upaya yang mereka curahkan ke dalam proyek tersebut. Hal ini sering kali meningkatkan produktivitas karena tim mengoptimalkan waktu yang mereka habiskan untuk setiap tugas. Mereka juga dapat berkolaborasi untuk memastikan bahwa mereka memenuhi jadwal proyek sambil memastikan kualitas produk.

Baca Juga:10+ Rekomendasi Project Management Tools 2023

Prinsip-Prinsip Lean Project Management

learn project management

Ada lima prinsip utama manajemen proyek ramping yaitu :

1. Ketahui Keuntungannya

Prinsip ini adalah tentang memahami apa yang berharga bagi klien atau pelanggan Anda. Membuat proyek yang tidak memenuhi kebutuhan klien Anda atau tidak berguna bagi pelanggan Anda akan mengurangi waktu, tenaga atau material. Dengan menentukan apa yang berharga bagi orang-orang yang membayar produk atau layanan Anda, Anda dapat mengurangi pengeluaran.

2. Memetakan Aliran Value

Dalam Manajemen Proyek Lean, aliran value adalah tugas dan langkah yang Anda ambil dari awal proyek hingga selesai. Dengan memetakan aliran value, Anda menentukan apa yang perlu Anda dan tim Anda lakukan untuk menyelesaikan proyek dengan efisien. Anda dapat memetakan proyek di atas kertas atau secara digital untuk membuat alat bantu visual yang memandu tim Anda melalui setiap langkah dari proyek.

3. Membuat Aliran Value Mengalir

Anda dapat menghindari waktu yang terbuang dengan mendesain aliran value agar mengalir dengan lancar. Hal ini sering kali menjadi cara yang dapat diandalkan untuk mengurangi waktu dan tenaga yang terbuang oleh mereka yang mengerjakan proyek. Dengan membuat aliran-aliran value, setiap orang dapat menyelesaikan tugas mereka tepat waktu sehingga mereka dapat menyelesaikan langkah berikutnya sesuai jadwal. Hal ini sangat penting terutama ketika tugas berpindah dari satu orang ke orang lain.

4. Melanjutkan Peningkatan

Dasar dari Manajemen Proyek Lean adalah mengupayakan kesempurnaan sambil memahami tantangan untuk mengurangi bahkan menghilangkan pemborosan waktu, tenaga, dan material. Dengan terus meningkatkan proses dan metode, perusahaan dapat mencapai hal yang diinginkan dengan semakin mengurangi pengeluaran dari waktu ke waktu.

Meskipun tidak ada yang sempurna, akan tetapi tentu Anda akan merasakan sedikit peningkatan seperti peningkatan efisiensi dan pengurangan pengeluaran yang dapat memberikan manfaat yang tentu saja signifikan bagi perusahaan dan pelanggannya.

Tips Mengerjakan Lead Project Management

Berikut adalah beberapa tips untuk mengerjakan proyek ramping yang efektif :

1. Keep Things Simple

Menciptakan sistem atau cara kerja yang terlalu rumit dapat menyebabkan tim Anda membuang-buang waktu dan material. Anda dapat menghindari hal ini dengan berfokus pada penyederhanaan proses internal untuk membantu Anda mengurangi pemborosan.

2. Berkolaborasi dengan Tim Anda

Jika Anda seorang manajer proyek, Anda mungkin tahu banyak tentang proyek yang Anda kelola, namun orang-orang yang melaksanakan tugas tersebut mungkin tahu lebih banyak. Dengan berkolaborasi dengan tim Anda dalam perencanaan proyek Anda, Anda dapat belajar dari pengetahuan mereka yang langsung praktek di halaman.

3. Apresiasi Setiap Kemajuan

Selanjutnya adalah apresiasi setiap kemajuan yang terjadi. Hal ini akan sangat membantu jika Anda merayakan setiap kemajuan yang Anda capai dalam mengurangkan pengeluaran dalam proyek Anda. Ini juga dapat meningkatkan semangat kerja dalam tim Anda.

4. Komunikasikan Tujuan Anda

Jika tim Anda tidak mengerti mengapa Anda meminta proses atau metode baru, mereka mungkin tidak akan terlalu peduli untuk mengurangi pengeluaran dalam proyek Anda. Mengkomunikasikan tujuan Anda kepada tim Anda dapat membantu semua orang memahami mengapa apa yang Anda lakukan itu penting dan mendorong mereka untuk bekerja mencapai tujuan ini bersama Anda.

Baca Juga: 3 Kelebihan Menerapkan Process Management

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai Lean Project Management, di atas sudah kami jelaskan pengertian dari Lean Project Management, manfaatnya, prinsip-prinsipnya serta kiat-kiatnya. Apakah sekarang Anda sudah paham mengenai Manajemen Proyek Lean? Apakah Anda sudah mau menerapkan metode ini dalam proyek Anda?

Nah, untuk mengoptimalkan kegiatan proyek Anda, Anda tentu membutuhkan sebuah aplikasi untuk menyimpan data/dokumen Anda yang bisa diakses dimanapun bukan? Anda bisa menggunakan Cloud Storage dari IDCloudHost yang memberikan layanan penyimpanan yang mendukung semua bentuk file secara Online untuk mengamankan data dan informasi yang bisa Anda akses dimanapun dan kapanpun. Yuk gunakan sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update