Apa Itu Personalized Marketing?

Apa Itu Personalized Marketing?

Dalam membangun sebuah bisnis memerlukan strategi yang tepat untuk membuatnya dikenal oleh audiens. Selain itu juga, strategi tersebut harus tepat agar konten yang dibuat untuk bisnis Anda. Maka dari itu, Anda juga perlu mengenal strategi personalized marketing berikut ini.

Pengertian Personalized Marketing

Personalized marketing adalah penerapan strategi di mana perusahaan mengirimkan konten yang dikirim secara personal kepada penerima melalui pengumpulan data, analisis, dan penggunaan teknologi otomasi. Tujuan dari pemasaran yang dipersonalisasi adalah agar pebisnis secara langsung melibatkan pelanggan atau calon pelanggan dengan berkomunikasi dengan masing-masing sebagai individu.Untuk membantu menguraikan personalized marketing dan memberikan penjelasan yang lebih lanjut mengenai istilah ini, kami telah menguraikan manfaat, tantangan dan contoh.

Manfaat Personalized Marketing

Ada banyak keuntungan dari pemasaran yang dipersonalisasi, baik untuk bisnis maupun konsumen. Ketika strategi ini berhasil diimplementasikan, manfaat berikut ini bisa Anda rasakan :

  • Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Pelanggan akan merasa lebih nyaman memberikan informasi pribadi mereka kepada merek ataupun produk favorit mereka jika mereka mendapatkan sesuatu sebagai imbalannya. Mereka mengisi formulir, berpartisipasi dalam survei, menunjukkan pembelian atau memberikan testimoni produk favorit mereka untuk mendapatkan keuntungan misalnya diskon. Sehingga kedepannya terjadi hubungan yang kuat antara pelanggan dan merek.

  • Meningkatkan Pendapatan 

Dengan mengidentifikasi dan menyusun channel yang disukai setiap pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan ROI (Return on Investment) atau keuntungan finansial yang didapatkan setelah investasi. Dengan teknologi otomasi yang tepat, pemasar dapat mengidentifikasi channel mana yang digunakan pelanggan, kemudian secara otomatis menindaklanjuti di seluruh saluran sebagai bagian dari pendekatan omnichannel.

  • Meningkatkan Loyalitas Merek 

Ketika pelanggan memberikan informasi dan data, mereka berharap diperlakukan sebagai individu yang berbeda dan istimewa. Bisnis yang mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk menerapkan strategi personalized marketing yang sukses akan mendapatkan keuntungan dari keunggulan kompetitif dalam hal loyalitas merek dan kepuasan pelanggan.

  • Menciptakan Konsistensi di Seluruh Channel 

Konsumen terkadang berinteraksi dengan merek di sejumlah channel, termasuk email, sosial media, e-commerce, dll. Karena alasan ini, semakin penting bagi merek untuk menciptakan konsistensi di berbagai channel. Anda harus melayani pelanggan di dalam toko harus sama dengan ketika Anda melayani pelanggan di dalam aplikasi.

Baca Juga: Mengapa Marketing Mix Perlu Dilakukan?

Tantangan Pada Personalized Marketing

personalized marketing

Seperti semua strategi pemasaran, ada beberapa tantangan yang muncul dalam hal pemasaran yang dipersonalisasi. Mari kita lihat beberapa rintangan yang paling umum:

  • Menemukan Teknologi yang Tepat 

Salah satu masalah terbesar dalam pemasaran yang dipersonalisasi berasal dari teknologi yang sudah ketinggalan zaman dan tidak sesuai dengan era saat ini. Elemen kunci dari keberhasilan personalized marketing adalah pengumpulan data dan otomatisasi, Maka dari itu, dibutuhkan algoritma yang cerdas untuk memenuhi hal tersebut. Sayangnya, banyak pemasar yang kesulitan menemukan mesin personalisasi cerdas yang memenuhi kebutuhan mereka.

  • Waktu dan Sumber Daya 

Meskipun perangkat lunak yang tepat diperlukan untuk personalisasi, perusahaan juga membutuhkan tim yang memiliki kemampuan yang tinggi. Tidak semua perusahaan siap untuk mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk mempersiapkan personalized marketing yang sukses.

  • Menerapkan Segmentasi Pasar yang Cerdas 

Segmentasi pasar yang cerdas di seluruh channel dapat meningkatkan kinerja merek. Sayangnya, banyak pemasar yang masih berjuang untuk melewati strategi segmentasi dasar karena susahnya untuk mencari pasar yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Open Rate dalam Email Marketing

Contoh Pemasaran yang Dipersonalisasi

Personalisasi pemasaran mencakup cakupan lengkap saluran pemasaran. Meskipun sebagian besar pemasar akan memfokuskan upaya personalisasi mereka di saluran digital seperti situs web atau email marketing, pemasar yang lebih maju akan memperluasnya dengan menyertakan saluran offline juga. Di bawah ini adalah beberapa contoh pemasaran yang dipersonalisasi untuk saluran yang berbeda:

  • Personalisasi situs web atau e-Commerce 

Anda bisa membuat sebuah situs web atau e-commerce sesuai dengan personal pelanggan Anda. Misalnya, menampilkan cuaca musim dingin kepada pelanggan dalam cuaca dingin. Contoh lain termasuk mengubah gambar berdasarkan perilaku sesi (misalnya, menampilkan tujuan utama tropis setelah pengunjung mengklik paket liburan ke Karibia) atau menampilkan rekomendasi produk di halaman produk dan pembayaran berdasarkan apa yang biasa dibeli pelanggan lain bersama dengan item yang dipilih. Ini bisa saja mirip dengan algoritma tetapi tentu dengan data yang sudah Anda ketahui mengenai pelanggan Anda.

  • Personalisasi pusat panggilan

Anda bisa menyesuaikan panggilan, penawaran, dan pesan yang dilakukan oleh perwakilan klien kepada pelanggan berdasarkan riwayat pelanggan dengan produk Anda. Misalnya, pelanggan yang membeli perhiasan untuk hari jadi mereka satu tahun yang lalu, maka Anda bisa menandai ketika waktunya sudah mendekati hari jadi dengan menawarkan produk Anda.

  • Personalisasi di dalam toko

Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan penawaran dan pengalaman yang terjadi di dalam toko offline Anda. Contoh personalisasi penawaran termasuk memeriksa dan menyesuaikan kupon yang disediakan oleh toko offline Anda atau mesin POC berdasarkan kartu loyalitas masing-masing pelanggan. Contoh untuk personalisasi pengalaman termasuk memberikan akses kepada pelanggan dengan pengalaman membeli produk yang lebih banyak dengan menyiapkan barang lebih awal, atau dengan mudah mengetahui produk yang direkomendasikan atau bahkan yang terbatas.

  • Personalisasi pemasaran saluran digital

Menggunakan konten dinamis dalam komunikasi yang diisi berdasarkan data yang dikumpulkan pada setiap pelanggan untuk memberikan kesan yang disesuaikan untuk setiap pelanggan yang menerima komunikasi tersebut. Personalisasi saluran pemasaran digital mencakup personalisasi SMS, pemberitahuan push, dan email.

Email marketing yang dipersonalisasi

email marketing secara tradisional dibuat sebagai sistem batch dan blast di mana setiap pelanggan menerima konten dan materi iklan yang sama. Seiring berjalannya waktu, para pemasar mengambil pendekatan yang lebih personal terhadap email marketing, pertama dengan menggunakan segmen dan menyesuaikan konten mereka, kemudian dengan menyertakan konten yang dipersonalisasi di dalam email itu sendiri.

Gelombang pertama email marketing yang dipersonalisasi berfokus pada penggunaan tag penggabungan untuk memperbarui teks dan gambar berdasarkan atribut pelanggan. Misalnya, menempatkan nama depan penerima sebagai bagian dari teks tubuh atau baris subjek, bukan kata umum. Demikian pula, pemasar mulai mempersonalisasi email dengan menyertakan rekomendasi produk dan pengingat berdasarkan data transaksi dan perilaku.

Jika Anda ingin taktik pemasaran yang dipersonalisasi yang lebih canggih, Anda bisa menggunakan konten dinamis untuk mengisi email dengan konten terbaru berdasarkan waktu tersebut. Dalam kasus ini, konten tidak hanya mempertimbangkan orang yang menerima email tetapi juga waktu dan tempat ketika mereka membuka email. Contoh dari jenis personalisasi ini misalnya memperbarui konten untuk menunjukkan waktu yang tersisa dalam hitungan mundur untuk penawaran khusus atau promo, peluang taruhan atau hasil pertandingan olahraga, atau bahkan peta navigasi ke lokasi toko terdekat berdasarkan data lokasi individu pada saat dibuka.

Penutup

Personalized marketing adalah strategi pemasaran yang cukup efektif untuk memberikan pendekatan secara personal produk Anda terhadap pelanggan Anda. Di artikel ini Anda bisa melihat penjelasan mengenai personalized marketing, manfaatnya, tantangan dan juga contohnya. Di akhir, Anda juga diberikan penjelasan mengenai email marketing yang dipersonalisasikan.

Untuk meningkatkan layanan email marketing Anda, Anda bisa menggunakan layanan email marketing IDCloudHost dengan kapasitas yang fleksibel, kolaborasi penyimpan, dan akses yang lengkap. Dengan demikian, Anda bisa mewujudkan strategi pemasaran komunitas dengan email yang profesional.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update