Mengapa Marketing Mix Perlu Dilakukan?

Mengapa Marketing Mix Perlu Dilakukan?

Ingin menarik perhatian calon konsumen, bauran pemasaran atau juga dikenal sebagai marketing mix adalah salah satu strategi marketing yang paling efektif saat ini. Dengan memahami konsep ini, Anda dapat membangun merek top-of-mind yang selalu menjadi pilihan bagi pasar yang Anda targetkan. Dalam artikel ini telah kami rangkum apa itu marketing mix, fungsi, manfaat hingga contoh yang dapat Anda tiru. Simak hingga akhir, ya!

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix adalah perpaduan dari komponen-komponen pemasaran agar dapat mengonversi calon konsumen secara lebih efektif dan tepat sasaran. Komponen utama yang saling bekerja sama terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan lokasi (place). Keempat komponen ini disingkat menjadi 4P dan saling berhubungan sehingga menghasilkan strategi pemasaran yang efektif jika dikombinasikan.

Dengan berfokus pada elemen 4P pemasaran, bisnis dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik. Selain itu dengan menggunakan strategi marketing mix dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Misalnya, perusahaan dapat membuat produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing, membuat iklan yang menarik, dan mengirimkannya melalui saluran yang tepat dengan menyesuaikan dan mengoptimalkan setiap komponen.

Bauran pemasaran mencakup beberapa area fokus sebagai bagian dari rencana pemasaran yang komprehensif. Istilah ini sering merujuk pada klasifikasi umum yang dimulai dengan 4P: produk, harga, penempatan, dan promosi. Dengan mengingat 4P, para profesional pemasaran lebih mampu mempertahankan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Berfokus pada bauran pemasaran membantu organisasi membuat keputusan strategis saat meluncurkan produk baru atau merevisi produk yang sudah ada.

Baca Juga: Apa Itu Community Marketing? Manfaat dan Jenis

Tujuan dari Marketing Mix

Pada intinya, bauran pemasaran difokuskan pada promosi produk atau layanan untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Secara keseluruhan, bauran pemasaran mengintegrasikan strategi pemasaran utama yang menciptakan kesadaran merek, membangun loyalitas pelanggan, dan mendorong penjualan produk. Semua alat ini digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan dan membangun kesadaran merek serta loyalitas pelanggan untuk menghasilkan pendapatan bagi bisnis.

Baca Juga: Mengenal Strategi Instagram Marketing Terbaru Tahun 2023

Manfaat Marketing Mix

Mengingat banyaknya fungsi bauran pemasaran yang disebutkan di atas, jelas bahwa menerapkan strategi pemasaran produk yang menggunakan konsep ini juga memiliki banyak keuntungan. Berbagai keuntungan dari menerapkan strategi marketing mix termasuk:

  • Memungkinkan perusahaan untuk mengelola secara terpadu dan terkoordinasi elemen-elemen pemasaran.
  • Memungkinkan bisnis untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.
  • Membantu bisnis membuat produk atau layanan yang relevan dan menarik bagi pelanggan.
  • Memungkinkan perusahaan menetapkan harga yang menguntungkan dan kompetitif.
  • Membantu perusahaan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran yang ampuh.

Komponen Marketing Mix

marketing mix

Klasifikasi 4P untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960 oleh profesor pemasaran dan penulis E. Jerome McCarthy. Teori ini dikenalkan pada bukunya yang berjudul Basic Marketing: Sebuah Pendekatan Manajerial. Bergantung pada industri dan target rencana pemasaran, manajer pemasaran dapat mengambil berbagai pendekatan untuk masing-masing dari 4P. Setiap elemen dapat diperiksa secara independen, tetapi dalam praktiknya komponen ini bergantung satu sama lain.

  • Product (Produk)

Poin pertama ialah produk. Produk merupakan barang atau jasa yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk memasarkan produk atau layanan secara efektif, penting untuk mengidentifikasi apa yang membedakannya dari produk atau layanan pesaing. Penting juga untuk menentukan apakah produk atau layanan lain dapat dipasarkan bersamaan dengan produk atau layanan tersebut.

Produk mengacu pada barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Di sini, perusahaan fokus pada fitur yang membedakannya dari para pesaingnya. Sebuah organisasi juga dapat mempertimbangkan produk pelengkap yang sesuai dengan rangkaian penawaran produk atau layanannya.

  • Price (Harga)

Harga jual produk mencerminkan apa yang bersedia dibayar oleh konsumen. Profesional pemasaran perlu mempertimbangkan biaya yang terkait dengan penelitian dan pengembangan, manufaktur, pemasaran, dan distribusi-atau dikenal sebagai penetapan harga berbasis biaya. Penetapan harga yang didasarkan pada kualitas atau nilai yang dirasakan konsumen dikenal sebagai penetapan harga berbasis nilai.

Harga mewakili titik harga atau kisaran harga untuk produk atau layanan. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk memaksimalkan margin keuntungan dan laba atas investasi dengan tetap mempertimbangkan harga yang bersedia dibayar oleh pelanggan.

  • Place (Tempat)

Saat menentukan area distribusi, penting untuk mempertimbangkan jenis produk yang dijual. Produk konsumen dasar, seperti barang kertas, sering kali sudah tersedia di banyak toko. Namun, produk konsumen premium biasanya hanya tersedia di toko-toko tertentu.

  • Promotion (Promosi)

Kampanye pemasaran bersama disebut bauran promosi. Kegiatannya dapat mencakup periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, dan hubungan masyarakat. Salah satu pertimbangan utama adalah anggaran yang ditetapkan untuk bauran pemasaran. Para profesional pemasaran dengan hati-hati menyusun pesan yang sering kali menggabungkan rincian dari tiga P lainnya ketika mencoba menjangkau audiens target mereka. Penentuan media terbaik untuk mengkomunikasikan pesan dan keputusan tentang frekuensi komunikasi juga penting.

Promosi berfokus pada menciptakan kesadaran merek di sekitar produk atau layanan Anda. Yang terpenting, hal ini melihat bagaimana memanfaatkan saluran tertentu dapat mendorong penjualan.

  • People (Orang)

People mengacu pada karyawan yang mewakili perusahaan saat mereka berinteraksi dengan klien atau pelanggan. Dengan cara ini, orang mewakili karyawan yang berinteraksi dengan pelanggan. Sebuah perusahaan dapat mempertimbangkan budaya perusahaan yang berkaitan dengan strategi mereknya. Hal ini dapat mencakup manajemen hubungan pelanggan (CRM), yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas merek di antara para pelanggan.

Tidak semua pemasaran berfokus pada produk. Bisnis layanan pelanggan pada dasarnya berbeda dengan bisnis yang berbasis pada produk fisik, sehingga sering kali mereka akan mengambil pendekatan yang berpusat pada konsumen yang menggabungkan elemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan unik mereka. Tiga P tambahan yang terkait dengan jenis bauran pemasaran ini dapat mencakup orang, proses, dan bukti fisik.

  • Proccess (Proses)

Proses mewakili metode atau alur pemberian layanan kepada klien dan sering kali mencakup pemantauan kinerja layanan untuk kepuasan pelanggan. Ini mencakup prosedur, mekanisme, atau alur pengalaman konsumen dari awal hingga konsumen melakukan pembelian. Kunci dari poin keenam adalah pastikan produk atau layanan Anda konsisten. Karena jika tidak, inkonsistensi dapat merusak pengalaman konsumen dan akan membuat konsumen tidak akan menggunakan produk atau jasa Anda lagi.

  • Physical Evidence (Fisik)

Bukti fisik berkaitan dengan area atau ruang tempat perwakilan perusahaan dan pelanggan berinteraksi. Pemasar mempertimbangkan elemen-elemen seperti furnitur, papan nama, dan tata letak. Bukti fisik dapat mencakup kemasan atau tata letak toko fisik, yang dapat memperkuat merek dan menciptakan nilai lebih bagi pelanggan.

Baca Juga: Viral Marketing dan Cara Mengoptimalkannya

Penutup

Marketing mix adalah perpaduan dari komponen-komponen pemasaran agar dapat mengonversi calon konsumen secara lebih efektif dan tepat sasaran. Selain komponen di atas, salah satu bentuk kegiatan pemasaran tak boleh dilewatkan adalah membuat website bisnis.

Website bisnis sangat penting untuk membangun branding, menyebarkan informasi terbaru tentang merek, dan memasarkan barang atau jasa di internet, jadi pastikan bahwa website Anda dihosting dengan baik. IDCloud Host adalah salah satu layanan hosting Indonesia yang telah diuji kualitasnya. Menggunakan Optimized NVMe serta Litespeed dijamin website Anda 100x lebih cepat diakses dari web server lain.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update