Apa Itu Rekber? Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

Apa Itu Rekber? Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

Saat ini, banyak orang memanfaatkan media sosial dan website untuk melakukan jual beli. Terutama ketika masa-masa pandemi, dimana orang-orang sulit untuk berbelanja langsung di toko. Dalam transaksi online itu, rekber adalah metode pembayaran yang biasa menjadi pilihan. 

Dalam jual beli online, Anda tentu harus mengutamakan keamanan saat berbelanja. Salah satu caranya adalah berbelanja di tempat yang terpercaya dan menggunakan metode pembayaran yang aman. Rekber adalah salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. Apa sebenarnya rekber itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

Baca Juga: Panduan Mengenal Payment Gateway Sebagai Alat Pembayaran di Indonesia

Apa Itu Rekber?

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama, yang merupakan salah satu metode transaksi online yang sangat banyak digunakan di Indonesia. Menggunakan rekening bersama lebih aman daripada langsung membayar ke rekening toko online. Rekber melindungi pengguna dari resiko penipuan, karena itulah metode pembayaran ini semakin populer. 

Di Indonesia, rekening bersama awalnya dipelopori oleh forum Kaskus. Setelah itu, banyak platform jual beli lain yang mulai menggunakannya hingga sekarang. Dalam dunia perbankan, rekber lebih dikenal dengan istilah ES (Escrow Service). Namun, agar lebih mudah dipahami masyarakat awam, istilah rekening bersama yang akhirnya banyak digunakan. 

Cara Kerja Rekening Bersama

cara kerja rekber

Dalam transaksi online, rekber berada di antara penjual dan pembeli. Fungsinya adalah sebagai pperantara transaksi antara kedua pihak ini. Ketika pembeli membayar untuk sebuah barang, maka uang tersebut akan masuk ke rekening bersama. Saat barang sudah diterima, barulah dana tersebut diberikan ke penjual.

Manajemen rekening bersama haruslah dikelola secara serius dan hati-hati, karena fungsinya yang menampung dana dari pembeli dalam jumlah besar. Itulah kenapa, rekber banyak disediakan oleh aplikasi e-commerce yang memang sudah memiliki manajemen yang baik dan sumber daya yang cukup. 

Contoh penggunaan rekber adalah sebagai berikut. Misalnya, A membeli handphone dari Toko B. Setelah membeli, A harus melakukan pembayaran, bukan? Ia dapat mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang tersebut ke rekening bersama platform jual beli yang digunakannya. Kemudian, B akan mengirimkan handphone pesanan A. Barulah setelah A mendapatkan handphone-nya, rekber mengirimkan uang sejumlah harga handphone tersebut kepada B. 

Baca Juga: 5 Cara Membayar Tagihan IndiHome yang Wajib Anda Ketahui

Rekber vs Pulber

Selain rekber, mungkin istilah pulber juga pernah Anda dengar saat bertransaksi online. Walaupun terdengar agak mirip, sebenarnya kedua metode transaksi online ini sangat berbeda, lho. Jika rekening bersama menampung uang dalam rupiah, maka pulber menampung saldo berupa pulsa. Pulber adalah singkatan dari pulsa bersama. Sesuai namanya, transaksi dengan metode ini menggunakan pulsa elektronik untuk pembayaran. 

Cara kerja pulber dan rekening bersama sebenarnya hampir mirip. Keduanya berada di tengah-tengah sebagai perantara pembayaran antara penjual dan pembeli. Pulber dan Rekber sering digunakan untuk bertransaksi online dengan nyaman dan aman. Menggunakan metode ini, konsumen bisa meminimalisir bahaya penipuan dan kedua pihak yang terlibat jual beli bisa saling menguntungkan. 

Walau fungsinya sama-sama untuk penampung dana dan perantara transaksi, rekber dan pulber memiliki perbedaan. Rekber biasanya berhubungan dengan rekening bank untuk proses dan layanan transaksinya. 

Sementara, pulber tidak terhubung ke bank sama sekali dan hanya berupa pulsa saja. Karena itulah, pulber jarang digunakan untuk transaksi dengan nominal besar. Umumnya pulber digunakan dalam kelompok tertentu saja dan transaksi yang diproses juga ringan. Misalnya, untuk membeli akun game, voucher, dan lain-lain yang nominalnya relatif kecil.

Keuntungan Rekening Bersama

Menggunakan rekber memberikan keuntungan bagi tidak hanya untuk pembeli, tapi juga penjual. Sebagai penjual, menggunakan rekening bersama membuat pembeli lebih percaya untuk berbelanja di toko Anda. 

Hal ini karena mereka yakin bahwa Anda tidak memiliki niat untuk menipu, sehingga mereka pun merasa aman dan mau membeli barang tanpa ragu. Jika pembeli merasa aman dalam berbelanja, pendapatan dan rating toko akan meningkat. Ini juga akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual yang terpercaya. 

Selain itu, rekening bersama juga memberikan penjual rasa aman dalam bertransaksi dan menghindari resiko penipuan oleh pembeli. Karena saat ini juga terdapat beberapa kasus dimana pembeli memalsukan bukti pembayaran untuk menipu penjual, dan lain-lain. 

Sementara itu, bagi pembeli menggunakan rekber membuat Anda tak perlu waswas dalam berbelanja online. Transaksi bisa dilakukan dengan aman dan nyaman, dengan meminimalisir resiko penipuan dari transaksi online tersebut. 

Baca Juga: Panduan Mengenal Apa Itu Fintech (Financial Technology) dan Perkembangannya di Indonesia

Contoh Rekber

contoh rekber

Setelah memahami berbagai hal seputar rekber, Anda pasti ingin mengetahui contoh rekening bersama yang banyak digunakan di Indonesia. Kebanyakan platform ini adalah e-commerce yang memiliki banyak pengguna dan menangani ribuan transaksi setiap harinya. 

  1. Rekber Shopee

Rekber Shopee adalah rekening bersama yang disediakan Shopee sebagai jembatan transaksi antara penjual dan pembeli. Selajutnya, rekening bersama ini hanya bisa digunakan oleh penjual dan pembeli yang bertransaksi di Shopee saja. Cara kerja rekber Shopee juga mirip dengan layanan rekening bersama lainnya. Ini membuat para konsumen merasa aman berbelanja di Shopee. 

  1. Rekber Tokopedia

Rekber Tokopedia adalah layanan rekber yang disediakan Tokopedia untuk penjual dan pembeli yang bertransaksi di dalamnya. Jika Anda membeli sesuatu dari Tokopedia, maka dana tersebut tidak akan langsung ditransfer ke penjual, tapi ditampung oleh rekening bersama terlebih dahulu. 

Cara kerja rekening bersama Tokopedia hampir sama dengan rekening bersama lainnya. Adanya metode rekber ini membuat transaksi di Tokopedia terjamin aman dan saling menguntungkan baik penjual maupun pembeli.

  1. Rekberco

Rekberco adalah aplikasi jasa rekening bersama yang bisa Anda unduh di Playstore. Untuk memanfatkan layanannya, Anda akan dikenakan biaya admin untuk setiap transaksi. Namun, hal itu tidak menjadi masalah besar karena aplikasi ini menawarkan keamanan bertransaksi online untuk Anda.

  1. Rekber.in

Sama seperti yang sebelumnya, Rekber.in adalah jasa rekber terpercaya yang tak perlu Anda ragukan lagi layanannya. Anda dapat bertransaksi dengan aman menggunakan bantuan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini dapat Anda instal di smartphone dan unduh melalui Playstore. 

Baca Juga: Program Afiliasi : Cara Kerja dan Pembayaran Serta Jenis/Tipenya

Penutup

Begitulah penjelasan tentang rekber. Dengan adanya rekening bersama, Anda dapat melakukan berbagai transaksi secara online dengan mudah dan aman. Berbagai metode pembayaran online semakin berkembang dari waktu ke waktu, karena itu penting bagi kita untuk memahami mana metode yang aman digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update