Apa Itu Vue.js? Mari Mengenal Vue.js untuk Pemula!

Apa Itu Vue.js? Mari Mengenal Vue.js untuk Pemula!

Apakah Anda seorang pemula dan sangat asing dengan istilah Vue.js serta tidak memahami kegunaan yang diberikannya? Maka, Anda perlu membaca artikel ini yang akan memberikan pengetahuan bagi  Anda mengenai framework ini serta manfaat yang diberikannya. Dengan framework yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi web menjadi lebih efisien, maka ini menjadi jawaban bagi Anda. Dengan demikian, simaklah artikel di bawah ini!

Pengertian Vue.js

Vue.js (cara pengucapannya /vju./, seperti view) adalah framework JavaScript yang bisa digunakan untuk mengembangkan website. Tidak seperti beberapa kerangka kerja monolitik lain, framework satu ini dirancang dari dasar sekali agar dapat diadopsi secara bertahap. Pada dasarnya, framework JavaScript ini digunakan untuk dua utama yaitu membangun user interface (UI) dan single page application (SPA). 

Vue.js pertama kali didirikan oleh Evan You pada tahun 2013 yang sebelumnya bekerja di Google dengan menggunakan Angular Js. Seiring dengan perkembangannya, perusahaan besar seperti Google dan Adobe telah menggunakannya. Lebih jauh, framework ini telah menjadi salah satu framework yang cukup populer dan disenangi oleh para developer. 

Apa Saja Fitur Vue.js?

Apa Saja Fitur Vue.js?

Jika Anda ingin mempelajari Vue.js secara lebih dalam, maka Anda perlu mengetahui fitur-fitur yang dimilikinya. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum beberapa fitur dari framework ini yang perlu diketahui, yakni sebagai berikut:

  • Routing, fitur ini membantu untuk menghubungkan satu halaman dengan halaman yang lainnya. Dengan menggunakan fitur ini, Anda juga bisa membuat website single page application.
  • Transisi dan animasi CSS, fitur ini membantu Anda untuk memasang transisi pada halaman HTML khusus ketika elemen di update, ditambah, atau dihapus di DOM. 
  • Data binding, fitur ini membantu Anda untuk menambahkan nilai pada atribut HTML.
  • Virtual DOM (Document Object Model), fitur ini membantu untuk mengubah konten tanpa mempengaruhi konten originalnya. Adapun konten yang akan baru akan muncul ketika Anda melakukan penyimpanan terhadap perubahannya. 
  • Template, fitur ini membantu Anda untuk mengikat DOM dengan data vue. 
  • Computed properties, fitur ini akan membantu untuk melihat segala perubahan yang dibuat pada elemen UI. 

Kelebihan Vue.js

Kelebihan Vue.js

Setelah mengetahui fitur-fitur yang dimiliki oleh Vue.js, maka Anda perlu mengetahui berbagai kelebihan yang ditawarkan framework ini. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi apakah framework ini lebih baik dibandingkan framework lainnya seperti AngularJs, React, atau Ember. Dengan demikian, berikut adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki olehnya:

  • Mudah diintegrasikan

Melalui vue.js, Anda bisa membangun aplikasi web yang kompleks karena Anda bisa mengintegrasikan komponen ke dalam infrastruktur yang ada tanpa mempengaruhi sistem secara keseluruhan. 

  • Mudah dipahami

Vue.js pada dasarnya mudah dipahami dan Anda dapat memahami penggunaan framework ini dengan wawasan HTML, CSS, dan Javascript. Dengan demikian, framework ini memiliki struktur yang sederhana sehingga meningkatkan pemahaman penggunanya. 

  • Performa tinggi

Saat Anda sedang melakukan proyek, Anda tidak perlu melakukan optimasi secara berlebihan karena framework ini memiliki performa yang cukup kencang. 

  • Mudah mendeteksi error

Anda tidak perlu khawatir jika suatu waktu ditemukan error karena framework ini memiliki struktur yang sangat simple sehingga mudah untuk mencari jejak errornya. 

  • Ringan 

Dibandingkan dengan framework lainnya, framework ini lebih ringan bahkan Anda bisa membangun proyek yang ukurannya hanya 20 kb. Hal ini membuat pengguna tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengunduh dan menggunakannya. Lebih lanjut, meskipun memiliki ukuran yang kecil namun vue.je tetap memiliki kecepatan yang relatif cepat. 

  • Framework yang fleksibel 

Vue.js pada dasarnya dapat digunakan untuk kebutuhan apa saja sehingga memungkinkan Anda untuk membangun bagian kecil yang interaktif untuk diintegrasikan dengan menggunakan teknologi yang berbeda atau digunakan untuk modular SPA yang besar. 

Kekurangan Vue.js

Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh vue.js, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui berbagai kerugian yang dimilikinya. Berikut telah kami rangkum kekurangan-kekurangan framework ini adalah sebagai berikut:

  • Minim plugin

Vue.js belum memiliki banyak plugin, padahal plugin memiliki fungsi yang dapat mempermudah developer saat mengembangkan suatu proyek.

  • Komunitasnya belum ramai

Dibandingkan dengan framework lainnya seperti Angular atau React, maka framework ini memiliki komunitas yang belum ramai dan masih kalah populer dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya. Lebih lanjut, hal ini membuat support yang lebih kecil khususnya untuk skala proyek yang lebih besar.

Untuk adopsi dalam proyek skala besar, teknologi harus stabil dan didukung kuat sehingga masalah dapat diselesaikan dengan cepat. Meskipun vue.js tidak memiliki banyak masalah dan bahkan ada permintaan yang datang dari perusahaan seperti IBM dan Adobe, namun framework ini sebagian besar digunakan dalam proyek yang relatif kecil.

  • Terlalu dinamis

Sangat penting bagi developer untuk mempelajari framework ini secara terus-menerus karena perkembangannya yang sangat cepat. 

  • Keterbatasan sumber daya

Meskipun ekosistemnya cukup luas dan memiliki semua alat yang diperlukan untuk mulai berkembang, namun hal tersebut masih tidak sebesar React atau Angular. Misalkan ketika membandingkan jumlah plugin yang tersedia untuk React dan Vue.js dimana perbedaannya ada pada ratusan. Lebih lanjut, plugin yang ada dan dapat digunakan dengan kerangka kerja seringkali tidak didukung.

  • Kekurangan developer yang berpengalaman

Framework ini adalah teknologi yang relatif muda yang baru saja mulai populer. Tapi sepertinya Anda harus menunggu beberapa tahun sampai adopsi massal dengan pasar tenaga kerja yang dipenuhi oleh pengembang Vue.js yang berpengalaman. 

Siapa Yang Cocok Menggunakan Vue.js?

Siapa Yang Cocok Menggunakan Vue.js?

Dengan mempertimbangkan aspek konseptual dan teknikal dari vue.js maka Anda mungkin mempertanyakan siapa yang paling cocok dalam menggunakannya? Dengan demikian, framework ini adalah framework yang cocok digunakan bagi para pengguna yang menghadapi hal-hal berikut ini: 

  • Untuk membuat prototypes

Jika Anda ingin membuat prototypes tapi tidak memiliki banyak skill maka vue.js dapat dijadikan salah satu framework yang digunakan. Dengan data binding yang tepat, maka framework ini bagus untuk menangani banyak animasi, elemen interaktif, dan grafik yang membantu prototypes Anda.

  • Berfokus pada UI

Jika Anda ingin berfokus pada UI maka Anda dapat menggunakan vue.js. Pada dasarnya, framework ini memiliki fokus yang solid pada UI dan hanya membutuhkan HTML, CSS, dan JS untuk bekerja dengannya, tanpa terlalu banyak hal-hal yang khusus.

  • Integrasi yang baik

Jika Anda memiliki aplikasi yang sudah ada, dan Anda ingin menambahkan beberapa interaktivitas ke dalamnya, vue.js dapat membantu dengan itu. Framework ini dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi lain yang dibangun dengan JavaScript. Selain itu, framework ini juga kompatibel dengan banyak teknologi dan kerangka kerja back-end seperti Laravel, Express, Rails, dan Django.

Penutup

Untuk melakukan pengembangan website yang berfokus pada user interface (UI), maka vue.js adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Framework ini dapat juga Anda gunakan untuk membangun portofolio Anda karena pada pada dasarnya framework ini adalah framework yang mudah digunakan.

Tentu saja Anda membutuhkan layanan cloud server untuk menjalankan suatu aplikasi dengan baik dan memadai. Layanan  Bare Metal Server merupakan server pendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. Maka dari itu, tingkatkan penjualan Anda dengan space server yang memadai dan flexibel!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update