Kenali Apa Itu Spam Email dan Cara Mengatasinya!

Kenali Apa Itu Spam Email dan Cara Mengatasinya!

Apakah Anda pernah mengalami banyaknya spam yang masuk kedalam email dalam waktu yang tidak terduga?Biasanya spam ini berisi pesan promosi atau pesan lainnya yang tidak diinginkan oleh si penerima. Lantas, apa yang harus dilakukan jika menerima spam seperti ini? Simak artikel tentang apa itu spam email yang akan kami bahas secara lengkap berikut ini.

Apa Itu Spam Email?

Spam merupakan istilah yang banyak ditemukan di internet. Spam muncul tanpa diminta dan biasanya mengincar email atau nomor HP penerima. Spam email dikenal sebagai junk mail. Spam email adalah sebuah pesan yang  dikirimkan ke pengguna email tanpa diinginkan oleh penerimanya.

Sebenarnya Spam pada elektronik mail ini akan dikirim secara acak dan sebelumnya Anda akan merasa tidak pernah berlangganan dengan surel tersebut. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Untuk itu, sebelum Anda mempelajari cara mengatasi dan mencegah spam , Anda harus mengetahui beberapa jenis spam pada elektronik mail berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Mailer-Daemon yang Sering Menggangu Email Anda

Jenis-Jenis Spam Email

Spam pada elektronik mail dikirim dalam berbagai tujuan dan biasanya untuk tujuan komersial. Pengiriman pesan spam ini dalam volume yang sangat besar oleh botnet, jaringan komputer yang terinfeksi. Botnet adalah jaringan komputer yang telah terinfeksi sebelumnya. Berikut beberapa jenis yang perlu Anda ketahui:

1.Email Komersial

Jenis spam ini menjajakan produk atau layanan yang tidak diminta atau ilegal. Spam email komersial mengandung iklan yang mengganggu penerima. Hal ini karena mereka merasa tidak berlangganan untuk menerima iklan tersebut dan mungkin tidak tahu pengirim emailnya.

2.Email Phising

Pesan phishing biasanya menyamar sebagai komunikasi resmi dari pengirim yang sah, seperti bank, pemroses pembayaran online, lembaga pemerintah, atau organisasi lain yang mungkin dipercaya oleh pengguna. Email ini biasanya mengarahkan penerima ke versi palsu dari situs web organisasi yang sebenarnya.

Setelah itu, user diminta untuk memasukkan informasi pribadi, seperti kredensial login atau detail kartu kredit. Informasi inilah yang dapat digunakan untuk mencuri uang atau identitas korban. Ringkasnya, jika Anda menanggapi email spam, tindakan phising atau spoofing ini dapat mengarah pada pencurian data hingga cybercrime.

Pishing yang dikirim melalui elektronik mail juga dapat mengandung konten pemberian hadiah. Karena phising adalah tingkat lanjutan dari spam, setiap jenis ini mengandung konten pemberian hadiah dapat dianggap sebagai spam karena dikirim tanpa izin atau persetujuan penerima.

3. Email Hoax

Emil hoax adalah kabar bohong yang menimbulkan perasaan tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan bagi penerimanya. Selain itu, kriteria ini berlaku untuk spam. Jika Anda menerima elektronik mail dengan pesan yang tidak jelas yang membuat Anda merasa tidak nyaman atau bingung, maka biasanya termasuk dalam kategori spam.

Email ini mungkin terdiri dari berbagai jenis yang termasuk spam. Jika Anda merasa asing dengan email tersebut atau bahkan merasa terancam oleh isi pesan teks yang misterius yang dikirimkan kepada Anda, maka email tersebut adalah spam yang tidak perlu mendapat respons dari Anda.

Seorang pengguna menerima elektronik mail dengan penawaran yang konon akan memberikan hadiah jika mereka membayar biaya di muka atau deposit kecil. Setelah mereka melakukan pembayaran, penipu akan meminta biaya lebih lanjut atau berhenti merespons.

4. Email Malware

Selanjutnya adalah jenis dari email malware. Beberapa email spam mengandung malware, yang dapat mengelabui pengguna untuk membocorkan informasi pribadi, membayar uang, atau melakukan tindakan yang biasanya tidak mereka lakukan.

5. Email Anti Virus

Pesan-pesan ini “memperingatkan” pengguna tentang infeksi virus dan menawarkan “solusi” untuk memperbaikinya. Jika pengguna menerima umpan dan mengklik tautan dalam email, peretas bisa mendapatkan akses ke sistem mereka. Email tersebut juga dapat mengunduh file berbahaya ke perangkat.

6. Email Pemenang Undian

Spammer mengirim email yang menyatakan bahwa penerima telah memenangkan undian atau hadiah. Untuk mengambil hadiah, penerima harus mengeklik tautan yang terlampir di dalam email. Tautan tersebut berbahaya dan biasanya digunakan untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Cpanel

Tips Mengatasi Spam Email

spam email

Anda tidak perlu takut jika menerima email spam. Namun, Anda perlu waspada dan harus tahu cara mengatasi spam email dengan benar, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

1. Tandai Elektronik Mail yang Mencurigakan

Tips pertama yang harus Anda terapkan adalah tandai email yang terlihat mencurigakan. Biasanya ini berisi promosi atau iklan yang tidak diharapkan muncul. Jika Anda merasa baru saja menerima email yang mencurigakan atau misterius, segera tandai email tersebut sebagai spam. Jangan menanggapi email spam karena orang yang mengirimkannya dapat mengetahui apakah Anda menanggapinya.

Jika Anda membuka email mereka, apalagi membalasnya, mereka akan menandai email Anda sebagai email aktif dan mengirimkan pesan spam lainnya. Akan lebih baik untuk tidak menanggapi email spam.

2. Jangan Berbagi Elektronik Mail dengan Orang Lain

Salah satu alasan mengapa email Anda dipenuhi dengan spam adalah karena Anda secara tak sengaja memasukkan email ke website tertentu tanpa mengetahui tujuannya. Oleh karena itu, mulai berhati-hatilah saat mengirim email ke website atau ke pihak lain.

3. Gunakan Email Secara Terpisah

Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan email terpisah untuk tujuan pekerjaan, media sosial, atau yang berkaitan dengan keuangan atau perbankan. Selain melindungi Anda dari spam email penting, metode ini juga dapat membantu menelusuri dan mengidentifikasi sumber spam.

Pada dasarnya, Anda harus berhati-hati saat berinteraksi di internet atau media sosial karena ancaman dapat datang dari mana saja. Salah satu cara untuk mengidentifikasi email spam adalah dengan melihat tautan atau link yang termasuk dalam email tersebut. Jika diminta untuk mengunduh file PDF dengan format “.exe”, disarankan agar penerima jangan mengklik tautan tersebut.

4. Lakukan Tindakan 3M

Kemudian yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan tindakan 3M. Apa itu 3M? yaitu tindakan melaporkan, memblokir, dan menghapus spam email. Untuk mengurangi penumpukan spam email cara ini efektif dilakukan, Anda boleh mencobanya ya.

5. Tambahkan Filter Anti Spam

Filter anti spam disebut sangat membantu Anda untuk mengatasi adanya pesan yang masuk tanpa diinginkan. Dengan adanya filter yang satu ini, bisa dipastikan kotak masuk elektronik mail Anda bersih dari nomor pengirim yang bahkan tidak dikenali. Karena filter ini sudah mendeteksi dari awal kemungkinan spam yang akan masuk sehingga sudah diatasi terlebih dahulu.

6. Membuat Daftar Izin Email

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat daftar izin email yang berisi alamat email, alamat IP, atau domain tertentu yang dipercaya pengguna dan bersedia menerima elekronik mail. Dengan cara ini Anda hanya mengizinkan beberapa orang pengirim pesan saja yang dapat menerima pesan atau mengirim pesan kepada Anda.

Baca Juga: Apa Itu Email Spoofing dan Cara Mencegahnya

Apakah Email Spam Berbahaya?

Elektronik mail spam bisa saja berbahaya. Apalagi jikalau berisi tautan berbahaya yang dapat menginfeksi komputer Anda dengan malware. Jangan klik tautan dalam spam. Email spam yang berbahaya sering kali terdengar mendesak, sehingga Anda merasa perlu bertindak. Teruskan membaca untuk mempelajari beberapa jenis spam dasar.

Kebanyakan orang menganggap spam mengganggu, namun menganggapnya sebagai efek samping yang tak terelakkan dari penggunaan komunikasi email. Meskipun spam memang mengganggu – spam dapat membuat kotak masuk email tersumbat jika tidak disaring dengan benar dan dihapus secara teratur – spam juga dapat menjadi ancaman.

Penutup

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa Spam Email adalah email sampah yang tidak diminta dan tidak diinginkan yang dikirim secara massal ke daftar penerima yang tidak jelas. Spam email dikirim dalam berbagai tujuan dan biasanya untuk tujuan komersial. Selain itu spam juga memiliki beragam jenis mulai dari komersial hingga yang berbahaya Malware. Jika Anda ingin mengatasinya coba ikuti tips yang sudah kami sajikan diatas ya!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update