Mengenal Fungsi Bahasa Pemrograman Populer Phyton

Mengenal Fungsi Bahasa Pemrograman Populer Phyton

Bagi Anda seorang developer pasti tidak asing dengan bahasa pemrograman Python. Bahasa pemrograman Python digunakan untuk banyak hal, seperti pengembangan website, aplikasi, machine learning, dan masih banyak lagi. Anda yang ingin mengembangkan semua itu bisa mulai mencoba mempelajari bahasa pemrograman Python.

Mempelajari bahasa pemrograman Python dibutuhkan kesabaran untuk bisa mahir dalam menggunakan bahasa Python. Hal yang cukup penting sebelum Anda mempelajari bahasa pemrograman Python adalah mempelajari fungsi-fungsi dari bahasa pemrograman Python. Anda harus mengetahui fungsi tersebut untuk menjalankan bahasa pemrograman Python.

Fungsi dalam bahasa pemrograman Python adalah sekelompok pernyataan untuk melakukan tugas tertentu. Perangkat Anda tidak mungkin bisa memahami bahasa yang sama dengan manusia, maka ini kegunaan fungsi bahasa pemrograman untuk memanggil atau memerintahkan komputer atau perangkat Anda untuk menjalankan tugas tertentu. Artikel ini akan membahas mengenai fungsi bahasa pemrograman Python sampai tuntas.

 

Fungsi dalam Bahasa Pemrograman Python

 

Anda yang baru saja mempelajari bahasa pemrograman Python, Anda terlebih dahulu disarankan untuk mengetahui jenis-jenis fungsi dalam bahasa pemrograman Python. Dalam Python, fungsi adalah sekelompok pernyataan terkait yang melakukan tugas tertentu. Fungsi dalam bahasa pemrograman dapat membantu Anda untuk memecah beberapa perintah menjadi hal yang lebih kecil sehingga Anda akan dengan mudah memahaminya. Fungsi Python tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa komponen, di antaranya sebagai berikut.

  • Tanda awal dari header fungsi adalah dengan kata kunci def
  • Terdapat beberapa penamaan untuk berbagai fungsi, setiap fungsi memiliki nama tersendiri, penamaan fungsi tersebut berdasarkan aturan penulisan pengidentifikasi yang sama dengan Python.
  • Parameter (argumen) yang digunakan untuk meneruskan nilai ke suatu fungsi. Parameter bersifat opsional.
  • Akhir dari header fungsi ditandai oleh titik dua (:)
  • Penjelasan fungsi dilakukan dengan tanda string dokumentasi opsional (docstring)
  • Satu atau lebih pernyataan python yang valid yang membentuk badan fungsi. Pernyataan harus memiliki tingkat indentasi yang sama (biasanya 4 spasi).
  • Pernyataan pengembalian opsional untuk mengembalikan nilai dari fungsi.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022

 

Contoh Penggunaan Fungsi dalam Bahasa Pemrograman Python

Anda mungkin masih bingung dengan fungsi pemrograman, fungsi ini sebenarnya mengacu pada blok kode yang bisa Anda panggil dengan merujuk nama fungsi yang ada. Suatu fungsi dilambangkan dengan kata kunci def, diikuti dengan nama fungsi, dan sekumpulan tanda kurung. Jika Anda masih merasa kebingungan, berikut ini adalah contoh sederhana untuk membuat sebuah fungsi yang menampilkan pernyataan “It’s Friday!” ke konsol, untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan kode ini

def print_ friday():
Print (“It’s Friday!”)

Saat Anda menjalankan, kode tersebut masih belum memiliki fungsi, jadi Anda perlu memanggilnya. Anda harus menuliskan fungsinya seperti ini.

def print_ friday():
Print (“It’s Friday!”)

Print_ friday()

Kode Anda akan menampilkan seperti ini.
It’s Friday!

 

Berikut ini adalah uraian dari masing-masing komponen dari fungsi tersebut:

  • Kata kunci def digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda ingin membuat suatu fungsi.
  • print_friday adalah nama dari fungsi. Ini harus unik.
  • () atau tanda kurung adalah tempat parameter akan disimpan.
  • (:) tanda titik dua, menandai akhir dari header fungsi.

 

Baca Juga  :     Mengenal Bahasa Pemrograman Dart : Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 

Penerapan Bahasa Pemrograman Phyton dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengenal Fungsi Bahasa Pemrograman Populer Phyton
 

 

Bahasa pemrograman Python sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang teknologi. Bahasa pemrograman Python mampu membuat berbagai aplikasi, website,, hingga Machine Learning yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Keragaman manfaat dari bahasa Python terbukti bisa membantu banyak hal dalam bidang kehidupan. Bagi Anda yang masih ragu untuk mempelajari bahasa pemrograman Python Anda wajib membaca penerapan Python dalam kehidupan sehari-hari agar Anda semakin yakin untuk mempelajari bahasa pemrograman Python. Berikut ini merupakan penerapan bahasa pemrograman Python dalam kehidupan sehari-hari.

  • Data Science dan Komputasi Ilmiah

    Bahasa pemrograman Python digunakan untuk dua hal utama, yaitu komputasi ilmiah dan informasi ilmiah. Selain itu, bahasa pemrograman Python memiliki banyak library, resource, dan banyak hal yang berguna untuk penelitian terkait sains. Kegunaan ini meliputi perangkat grafik untuk komputasi dan pemeriksaan terkait statistik, biopython untuk kursus bioinformatika dan biologi, psikopi untuk alam psikologi eksperimental dan bidang ilmu saraf, astropy untuk topik dan opsi astronomi. Berbagai kemampuan Python dalam dunia data science dan komputasi ilmiah menimbulkan banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang mahir dalam menggunakan bahasa pemrograman Python. Anda yang tertarik masuk ke dalam bidang data science, Anda wajib mempelajari bahasa pemrograman Python.

  • Pengembangan Aplikasi berbasis Website

    Bahasa pemrograman Python dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang sederhana, kode yang dibuat dari bahasa pemrograman Python ditujukan untuk bisa dibaca oleh manusia. Tidak seperti bahasa C++ yang masih sulit dimengerti, bahasa pemrograman Python mampu menekankan keterbacaan kode sehingga masih bisa dipahami oleh developer pemula. Semua kemudahan itu menjadikan bahasa pemrograman Python untuk melakukan pengembangan aplikasi berbasis website. Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman Python untuk melakukan pengembangan aplikasi website dalam bagian back-end.

  • Machines Learning

    Machine learning sangat diperlukan untuk berbagai hal, bahkan aplikasi Netflix yang sering Anda tonton menggunakan penerapan machine learning. Python digunakan untuk machine learning sebagai pustaka atau library dan framework machines learning mesin PyTorch, ini mencangkup dua hal yang paling populer, yaitu TensorFlow dan Scikit Learning untuk pengelompokan dan pemilihan model. Machines learning ini juga berguna untuk pembuatan video game. Pengembangan game ini dilakukan melalui PyGame dan library game Python lainnya. Anda bisa membuat game-game sederhana dari bahasa pemrograman Python hanya sekadar untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

  • Industri Keuangan

    Bahasa pemrograman Python tidak hanya berguna untuk perkembangan website,, tapi juga dalam industri keuangan. Hal yang membuat Python bisa masuk dalam industri keuangan adalah kode bahasa yang mudah dipahami dan dukungan untuk melakukan pra-pemrosesan aljabar. Itu sebabnya banyak perusahaan yang bergerak di bidang fintech menggunakan Python, bahkan Bank of America menggunakan teknologi dari kode Python. Bahasa Python hampir memasuki hampir sebagian dari beberapa industri yang ada. Anda harus mulai mempelajari bahasa pemrograman Python jika Anda ingin meniti karir di bidang fintech.

 

Baca Juga  :    Apa itu Ghost CMS : Mengenal Pesaing WordPress CMS

 

Kesimpulan dan Penutup

Bahasa pemrograman Python sering sekali digunakan untuk membuat aplikasi, Artificial Intelligence (AI), dan lain sebagainnya. Anda yang ingin membuat beberapa hal tersebut memerlukan pembelajaran terhadap bahasa pemrograman Python yang lebih mendalam. Sebelum Anda mempelajari bahasa pemrograman Python, Anda harus memiliki pengetahuan tentang fungsi yang ada dalam bahasa pemrograman Python. Fungsi ini memiliki pengaruh besar dalam pemrograman.

Fungsi adalah sekelompok pernyataan terkait yang melakukan tugas tertentu. Anda bisa memerintahkan komputer untuk menjalankan kode tersebut melalui penulisan fungsi yang tepat. Ketika Anda sudah mempelajari fungsi-fungsi Python dengan benar, Anda bisa menguasai bidang tertentu yang menggunakan bahasa pemrograman Python, contohnya adalah data science, pengembangan website, hingga industri keuangan. Oleh karena banyaknya kegunaan dari bahasa Python, bahasa pemrograman Python sampai saat ini masih menjadi bahasa yang populer di kalangan developer dan perusahaan besar lainnya.

 

 

 

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update