logo Apa itu Ghost CMS? Pesaing Baru WordPress CMS

Apa itu Ghost CMS : Mengenal Pesaing WordPress CMS

Apa itu Ghost CMS : Mengenal Pesaing WordPress CMS

apa itu ghost cms

 

Jika kita berbicara soal sebuah platform untuk blog. WordPress menjadi sesuatu yang sering kita sebut. Padahal ada loh, platform lain yang tak kalah powerful dan canggih untuk membuat website atau blog untuk Anda.

Menurut sebuah data, memang kita dapatkan salah satu manajemen konten (CMS) paling populer di dunia adalah WordPress. Menurut W3tech, situs teknologi lebih dari 37% semua situs web didukung oleh CMS WordPress.

Adanya fitur kustomisasi dan ekosistem plugin yang dirancang oleh pengembang WordPress di seluruh dunia. Anda dapat membangun semua jenis situs web menggunakan WordPress.

Tapi bagi seorang konten kreator atau blogger yang menginginkan cara yang lebih sederhana untuk mengelola pekerjaan mereka. Fitur WordPress akan terasa berlebihan.

Adanya Ghost-CMS telah berfokus pada konten yang dibuat untuk modern publisher. Bila Anda ingin mencari alternatif WordPress yang lebih mudah untuk kita gunkaan, tidak terlalu kaku dan juga memiliki beberapa bawaan yang baik. Anda mungkin dapat kita rekomendasikan menggunakan Ghost CMS.

Baca Juga :Mengenal Apa Itu Ghost CMS dan Fitur Serta Dukungan Terbaiknya

Apa itu Ghost CMS?

Ghost adalah CMS open source telah dirancang untuk mempublikasikan konten atau kegiatan blogging. CMS ini adalah sebuah alternatif bagi anda yang ingin mengelola konten dengan mudah dan tidak ingin menggunakan WordPress.

Ghost CMS ini bisa kita katakan ramah pengguna. Bila kita tinjau, hal ini karena fiturnya telah terancang semudah dan sesimpel mungkin untuk mengurangi hal – hal yang tidak perlu seperti plugin.

Sejarah Ghost CMS

Ghost CMS sendiri meluncurkan dan dibuat oleh John O’Nolan pada tahun 2014 karena melihat bahwa CMS populer yaitu WordPress tidak fleksibel dan terlalu banyak fitur yang dapat memberatkan untuk sekedar melakukan kegiatan blogging.

Kemudian, Ghost dibangun menggunakan platform Node.js yang berdasarkan bahasa pemrograman Javascript. Alasannya, Node.JS dianggap lebih unggul dalam kecepatan, fleksibilitas, dan juga kinerja.

Perlu Anda ketahui, Ghost CMS telah diinstal lebih dari tiga juta kali dari sejumlah pengguna aktif sebesar 10.000 pengguna. Meskipun kurang dari 0,1% ada beberapa perusahaan besar telah menggunakan CMS Ghost seperti, Buffer, Unsplash, Duolingo, Mozilla, Cloudflare, ClubHouse, Tinder, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 10+ Penyebab Error Pada WordPress dan Mengatasinya

Fitur Ghost CMS

Ada beberapa fitur yang cukup menjadi unggulan dari Ghost CMS. Beberapa diantaranya sebagai berikut ini

1. UI (User Interface) yang sederhana dan intuitif

Bila Anda melakukan login, Anda akan melihat secara langsung betapa UI dan tampilan yang dimiliki Ghost CMS sangat cantik dan menarik. Anda akan jatuh cinta dengan kesederhanaan yang dimiliki.

Gambar 1

Selain itu. Anda yang menyukai tampilan “clean” pasti akan menyukainya. Ghost memiliki tampilan untuk mengerjakan konten yang bersih dan Anda bisa fokus untuk membuat konten dengan baik.

2. Tema Profesional dan Elegan

Ada hal menarik yang dapat kita dapatkan. Tema yang terdapat pada Ghost CMS sangat profesional. Seperti kita sampaikan sebelumnya, tampilan bersih dan minimalis menjadi unggulan dari CMS ini. Tentunya, blog dan website Anda akan tampil menawan dan juga elegan. Tema ini juga terlihat menarik dari desktop maupun versi mobile atau seluler.

3. Mudah Optimasi SEO

Pentingnya SEO juga elemen penting untuk sebuah CMS. Ghost CMS juga memiliki fitur ini, mereka memiliki fitur meta data SEO langsung. Jadi bisa kita katakan Anda sudah memiliki alat dasar melakukan optimasi SEO tanpa harus menginstal tambahan plugin apapun.

4. Ringan dan Terintegrasi

Ghost CMS dengan semua fitur powerfulnya termasuk sangat ringan. Adanya Node.js yang membangun Ghost CMS, Anda mungkin akan terkaget dengan ketidakberadaan jeda loading saat anda membuka situs yang berbasis Ghost CMS. Situs yang cepat salah satu faktor pengalaman pengguna yang sangat pembaca sukai. Tetapi juga membantu peringkat situs web Anda lebih baik.

Selain itu CMS ini terintegrasi dengan banyak aplikasi populer seperti Zapier, Slack, AMP, Unsplash, dan masih banyak lainnya. Integrasi ini dapat membantu Anda bekerja lebih cepat dengan mengotomatiskan beberapa alur kerja Anda.

Siapa yang harus menggunakan Ghost CMS ?

Anda telah melihat fitur yang Ghost CMS tawarkan, kelebihan, dan kekurangannya dari WordPress. Bisa saja anda akan berpikir apakah kebutuhan saya akan terpenuhi dengan Ghost CMS?

Beberapa poin yang kami dapatkan dari CMS ini yang terbaik adalah

  1. Bagian Blog untuk SaaS atau perusahaan yang memiliki situs utama berbeda.
  2. Penulis konten yang ingin cepat menghasilkan uang menggunakan membership
  3. Website bisnis yang bersifat jasa dan landing page untuk produk juga bagus.

Baca Juga : Hati Hati Lebih 1 Juta WordPress Plugin Elementor Mengalami Bug

Kesimpulan

Jadi, Ghost CMS bisa kita katakan solusi ideal untuk blogger juga konten kreator. CMS ini dapat menumbuhkan audiens juga dapat memonetisasi konten yang Anda miliki. Tetapi tidak ingin repot- repot menyiapkan situs WordPress dengan semua bagiannya yang bergerak. Bisa SEO, dan keanggotaan yang mereka bangun atas dasar tampilan yang unik dan menawan. Penggunaan website berbasis Node.js juga berarti akan akses akan lebih cepat.

Namun, perlu kita pahami bahwa tidak ada CMS yang sempurna kesederhanaan atau tidak pasti juga memiliki batasan. Anda bisa kita katakan tidak direkomendasikan untuk membangun situs lengkap dengan Ghost. Kita rekomendasikan menggunakan WordPress yang dapat anda sesuaikan tanpa henti. Anda dapat membangun semua jenis situs di atasnya. Adanya ekosistem global dengan pengembangan WordPress, dukungan selalu siap untuk kebutuhan Anda. Ada yang harus kita pilih tergantung tujuan dari situs Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image