Cara Burn File ke CD / DVD dengan Mudah dan Cepat

Cara Burn File ke CD / DVD dengan Mudah dan Cepat

Jenis media penyimpanan pada saat ini terbilang cukup beragam dan berkembang dari masa ke masa. Untuk sekarang mungkin flashdisk atau hardisk merupakan media penyimpanan yang paling banyak digunakan oleh orang. Namun  sebelum adanya flashdisk atau hardisk, orang-orang menggunakan CD/DVD untuk menyimpan file. Seiring perkembangan zaman penyimpanan pada CD/DVD kini mulai ditinggalkan.

CD atau singkatan dari Compact Disc adalah sebuah cakram padat yang bisa digunakan untuk memutar media. Walaupun sudah jarang digunakan namun pada situasi tertentu masih terdapat orang yang harus menggunakan CD/DVD untuk transfer data antar komputer. Hal itu dilakukan karena CD/DVD mempunyai kapasitas yang besar serta harganya dapat dikatakan lebih murah. Media CD atau DVD juga sangat cocok digunakan sebagai penyimpanan untuk keperluan backup, entah itu berupa software, film, atau bahkan game, meski mungkin Anda membutuhkan beberapa item jika kapasitasnya tidak mencukupi.

Jika Anda baru saja membeli CD atau DVD kosong, maka Anda tidak bisa mengisinya begitu saja dengan memindahkan data dari komputer ke dalam DVD tersebut seperti Anda mengcopy data ke dalam flashdisk. Namun Kendala yang dialami saat menggunakan CD/DVD ini adalah harus melakukan proses burning agar dapat mentransfer data dari komputer ke CD/DVD, Anda perlu menggunakan software aplikasi untuk burning CD/DVD agar data di komputer atau laptop bisa dimasukkan ke CD kosong tersebut. Lain halnya jika Anda menggunakan flashdisk/hardisk yang hanya tinggal melakukan copy data untuk mentransfer file. Tidak perlu khawatir jika belum mengetahui bagaimana cara burning CD/DVD ini karena prosesnya tidak terlalu rumit Anda dapat menggunakan aplikasi untuk memudahkannya. Untuk mengetahui lebih lanjut pembahasan tentang burning CD/DVD simaklah penjabaran dibawah ini.

 

Pengertian Burning Data ke CD/DVD

 

 

Arti burning disini bukanlah membakar atau membakar CD/DVD yang sudah tidak terpakai. Pengertian dari burning CD/DVD yang sesungguhnya adalah proses memasukkan data/file pada sebuah CD/DVD. Sebenarnya terdapat banyak istilah untuk mengartikan burning CD/DVD ini sendiri, arti lainnya adalah sebuah proses untuk memasukkan File/data dari komputer ke dalam Disk CD agar file dapat dibaca oleh CD Drive. Jenis file yang bisa di burning adalah bermacam-macam seperti video, gambar, musik, maupun dokumen.

Terdapat dua cara untuk melakukan proses Burning. Yaitu dengan menggunakan Software dan Tanpa Software. Proses Burning dengan software biasanya dilakukan ketika windowsnya tidak mendukung proses Burn dan biasanya proses burn dengan menggunakan software ini lebih sempurna dan banyak pengaturan tambahan dibandingkan yang langsung menggunakan aplikasi bawaan windows. Aplikasi yang dapat digunakan untuk burning ada banyak contohnya adalah ImgBurn, CDBurnerXP, Ashampoo Burn, ataupun Nero.

 

Baca Juga :  Website untuk Design Email yang Mudah digunakan untuk Pemula 

 

 

Manfaat Melakukan Burning Data ke CD/DVD

 

Cara Burn File ke CD / DVD dengan Mudah dan Cepat
 

Anda pasti pernah yang namanya data Anda hilang atau corrupt. Semua data yang tersimpan pada komputer memiliki resiko untuk mengalami file corrupt. Hal tersebut sangatlah merepotkan apabila data-data tersebut penting. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut Anda dapat melakukan burning data ke CD/DVD. Memang pada kenyataannya, saat ini proses membackup data sudah dapat dilakukan dengan menyimpan pada cloud storage. Namun demikian, cloud server sendiri memunculkan resiko lain, yaitu resiko data penting kita dapat dibaca oleh hacker handal. Dengan berbagai resiko yang ada dengan menggunakan teknologi cloud storage, hingga saat ini penyimpanan yang paling aman adalah dengan melakukan burning CD dan USB. File dapat diarsipkan secara hard-copy dan juga terhindar dari data korup karena virus di komputer. Dari keuntungan tersebut, proses burning CD menggunakan aplikasi burning masih sangat digemari oleh banyak orang.

 

Cara Melakukan Burning Data ke CD/DVD

Proses burning data ke CD/DVD ini dibilang tidak terlalu lama atau relatif cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar lima sampai sepuluh menit, maka data sudah tersimpan dengan baik di dalamnya. Namun hal tersebut dapat terjadi sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop Anda. Sedangkan untuk metode burning-nya, dapat dilakukan dengan banyak cara. Dapat dilakukan dengan program burning bawaan windows, atau bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga. Perbedaan dari setiap aplikasi yang bisa digunakan, terletak pada pengaturan serta langkah-langkah burning-nya itu sendiri. Perlu diketahui juga bahwa setelah file di burning kedalam CD atau DVD maka file tersebut tidak dapat diedit karena setelah di burning data akan tersimpan secara permanen. Untuk mengetahui langsung bagaimana cara burning data simaklah langkah-langkah dibawah ini.

  • Cara Burning CD/DVD dengan Program Bawaan Windows.

  1. Masukkan CD/DVD kosong ke CD atau DVD drive PC Anda.
  2. Setelah itu, pilih file yang akan dimasukkan ke CD/DVD lalu klik kanan dan pilih Sent to > DVD RW Drive (F:).
  3. Kemudian, tampil jendela “Burn a Disc”. Anda dapat mengedit judul disc-nya di kotak dialog “Disc title”. Lalu, centang atau pilih “With a CD/DVD player”. Klik Next.
  4. File atau folder tersebut disalin ke CD / DVD writer Anda dan akan terbuka di jendela baru seperti pada gambar dibawah ini. Tetapi, jika tidak terbuka di jendela baru maka Anda bisa mencarinya di This PC > DVD RW Drive (F:).
  5. Setelah file atau folder tersebut selesai disalin ke CD / DVD Writer Anda, klik tab Manage (Drive Tools) dan pilih “Finish burning”.
  6. Akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini, Anda dapat mengubah judul Disc-nya di kotak dialog “Disc title”. Klik Next.
  7. Tunggu hingga proses burning CD/DVD selesai. Klik Next.
  8. Sekarang file tersebut sudah berhasil dimasukkan ke CD/DVD kosong yang sudah diburning. File tersebut tidak bisa dihapus karena bersifat permanen.

 

Baca Juga : Daftar Website Membuat Aplikasi Android Online dengan Mudah dan Gratis 

 

  • Burning CD/DVD Dengan Nero Burning ROM

    Nero merupakan Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan burning file ke CD/DVD. Adapun yang harus disiapkan sebelum melakukan proses burning dengan aplikasi ini adalah :

  1. Nero Express kebanyakan sudah terinstall pada komputer, jika belum ada kita bisa download atau membelinya terlebih dahulu.
  2. Disk CD/DVD kosong. Cara burning video ini tidak akan berhasil jika kita tidak menyiapkan dahulu CD / DVD BLANK / KOSONG.
  3. File yang akan di Burning.

 

Langkah melakukan burning pada nero burning rom :

  1. Siapkan CD dan masukkan ke dalam slot pada PC. Pastikan CD tersebut belum pernah di burning. Sehingga masih benar-benar kosong. Masukkan kepingan CD kosong tersebut ke dalam drive hingga terhubung dengan laptop/PC Anda. Umumnya, pada laptop terdapat drive yang tersedia untuk kepingan CD. Jika tidak, Anda mungkin dapat menggunakan perangkat/drive eksternal yang dihubungkan ke laptop/PC.
  2. Buka aplikasi Nero Burning ROM yang telah terinstal pada laptop/PC Anda.
  3. Klik File >> New dan akan muncul form windows seperti ini. Lalu ikuti pengaturan seperti di bawah. Di mana kita akan burning file pada CD-ROM (UDF). Kemudian, Klik New untuk melanjutkan.
    Namun di sana terdapat banyak kategori lain yang bisa digunakan. Ada Audio CD, Mixed Mode CD, CD Extra, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat pilihan CD-ROM (Boot) di mana biasanya digunakan untuk burning sistem operasi Windows.
  4. Setelah klik tombol New. Tampilannya seperti di bawah. Mungkin agak sedikit membingungkan bagi yang pertama kali dengan Nero.
    Secara sederhana begini. Jadi di situ ada dua windows. Antara lain, Disc Content yang digunakan untuk melakukan proses burning. Kemudian, File Browser adalah window untuk mencari file-file yang ingin kita burning.
  5. Drag and drop atau bisa juga dengan copy paste. Senyaman kalian saja. Coba perhatikan GIF di bawah ini untuk mudah memahaminya. Jadi seperti kita ingin copy paste saja.
    Di sana terdapat diagram untuk memberi informasi bawah size telah terisi dengan jumlah sekian.
  6. Jika file sudah siap semua dan sudah berada pada CD. Maka sudah hampir siap untuk melakukan burning. Klik bagian burning pada kolom atas.
  7. Jika sudah muncul window,  Berarti proses burning telah berhasil.

 

Baca Juga : Cara Main Game Mobile Legends (MOBA) di PC (Komputer & Laptop) 

 

Kesimpulan dan Penutup

Terdapat tips yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan proses burning file ke CD/DVD adalah sediakan sedikit ruang sisa saat ingin melakukan burning, untuk burning ke CD, gunakanan kaset yang masih baru atau layak untuk dipakai, jangan gunakan software bajakan untuk menjaga privacy Anda. Tips tersebut sebaiknya Anda terapkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika Anda menggunakan aplikasi untuk burning file ke CD/DVD maka gunakanlah aplikasi yang aman dan terpercaya.

Selain menggunakan nero burning ROM terdapat software lain yang dapat digunakan yaitu CDBurnerXP, BurnAware, K3b, dan lain-lain. Cara yang sudah dijelaskan di atas ada dua macam yaitu menggunakan bawaan dari komputer dan aplikasi bantuan lain. Lakukanlah langkah di atas sesuai dengan urutanya agar tidak terjadi kesalahan. Untuk langkah burning file menggunakan windows diatas dapat diterapkan pada windows 10 namun untuk windows 7, 8 tidak jauh berbeda langkahnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update