10 Website Cek Plagiarisme Gratis dan Akurat 2022

10 Website Cek Plagiarisme Gratis dan Akurat 2022

Plagiarisme adalah hal yang fatal dalam dunia kepenulisan, baik itu untuk tulisan-tulisan akademis atau konten yang Anda buat di blog dan website. Karena itu, Anda harus mengetahui cara cek plagiarisme dengan mudah dan cepat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan website cek plagiarisme berikut ini. 

Plagiarisme adalah pelanggaran hak cipta yang sangat terlarang. Bahkan, dalam lingkup perguruan tinggi hal ini diatur dalam Permendikbud No. 17 Tahun 2010 untuk memberi sanksi pada para pelakunya. Namun, plagiarisme juga sangat mudah terjadi di era teknologi informasi seperti sekarang. Untuk mencari tulisan dengan topik serupa dan menyalinnya sangatlah mudah. 

Bagi tulisan di blog dan website, konten-konten plagiat bisa membuat website Anda terkena hukuman dari Google, lho. Hal ini tentu sangat membahayakan, karena bisa merusak SEO website dan membuat website yang sudah Anda kembangkan berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun jadi sulit ditemukan oleh calon pembaca.

Selanjutnya, apa saja website cek plagiarisme yang bisa Anda gunakan untuk mencegahnya? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya!

Baca Juga: 5 Website Cek Grammar Gratis & Terbaik untuk Anda

Rekomendasi Website Cara Cek Plagiarisme Gratis

Bagi Anda yang menulis konten, pasti biasanya menggunakan banyak referensi. Namun, setelah menyelesaikan konten Anda mungkin kurang yakin apakah konten tersebut benar-benar unik dan tidak mirip dengan referensi yang Anda gunakan. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan beberapa website berikut ini. 

  1. PrepostSEO

PrepostSEO adalah website cek plagiarisme yang bisa Anda gunakan dengan mengcopy-paste tulisan Anda ke kolom yang sudah disediakan ketika Anda baru membuka websitenya. Fitur cek plagiarisme ini bisa Anda gunakan secara gratis, tapi hanya dibatasi maksimal 1000 kata saja. 

Jika ingin mengecek tulisan yang lebih panjang lagi secara leluasa, Anda bisa berlangganan layanan premium yang mereka miliki. Website ini tidak hanya menyediakan fitur cek plagiarisme saja, lho. Ada juga tools untuk membantu parafrase dan mengecek Domain Authority. 

  1. DupliChecker

website cek plagiarisme

Menggunakan DupliChecker merupaka salah satu cara cek plagiarisme gratis. Website ini menyediakan fitur untuk mengecek konten plagiat. Anda tinggal menyalin teks Anda maksimal 1000 kata ke halaman yang tersedia.

Setelah itu, DupliChecker akan memeriksanya dan memberikan Anda persentase kemiripan konten tersebut dengan konten lain. Selain itu, Anda akan diberikan informasi bagian mana saja dari konten tersebut yang mengandung plagiarisme. Jika tidak ada plagiarisme, maka DupliChecker akan menginformasikan persentase 0% dan notifikasi “No Plagiarism Detected”.

  1. Small SEO Tools

cara cek plagiarisme

Small SEO Tools adalah website cek plagiarisme yang banyak digunakan oleh content marketer. Website ini memiliki tampilan yang sederhana dan user-friendly, juga dapat digunakan secara gratis. Small SEO Tools akan memberi informasi detail terkait plagiarisme dalam website Anda.

Website ini memiliki banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan tulisan Anda. Diantaranya cek grammar, reverse image search, word counter, dan lain-lain. Bahkan, website ini juga menyediakan SEO Checker yang akan sangat membantu Anda memaksimalkan SEO di website atau blog.

Baca Juga: Rekomendasi Website Untuk Cek DA/PA Terbaik dan Gratis

  1. Copyleaks

website cek plagiarisme

Cara cek plagiarisme selanjutnya adalah dengan menggunakan Copyleaks. Website ini membantu Anda memeriksa plagiarisme konten secara gratis, tapi Anda harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan diminta untuk menyalin teks atau mengunggah dokumen yang ingin diperiksa. 

Keunggulan copyleaks adalah website ini menerima banyak format dokumen, mulai dari PPT, PDF, DOC, dan DOCX. Di website ini, batas maksimalnya bukan ditentukan oleh jumlah kata, melainkan jumlah pemakaian. Anda hanya bisa mengecek 20 dokumen atau teks selama sebulan jika menggunakan akun dengan layanan gratis. 

  1. Copyscape

cara cek plagiarisme

Agak berbeda dengan website cek plagiarisme sebelumnya, Copyscape memungkinkan Anda mengetahui plagiarisme hanya dengan memasukkan URL halaman website yag ingin Anda cek saja. Setelah itu, Copyscape akan melihat website apa saja yang memiliki konten serupa, serta menampilkan persentasenya. 

Copyscape dapat menjadi solusi bagi Anda yang khawatir konten yang telah Anda buat ditiru oleh website lain. Melakukan pengecekan seperti ini penting agar website Anda tetap terjaga reputasinya dan konten yang sudah Anda buat tidak turun peringkat di halaman hasil pencarian. 

  1. Plagtracker

website cek plagiarisme

Cara cek plagiarisme selanjutnya adalah dengan menggunakan PlagTracker. Website ini memiliki fitur cek konten plagiat yang memberikan informasi detail. Namun, untuk mengakses fitur yang lengkap tersebut Anda harus berlangganan layanan premiumnya terlebih dahulu. 

Namun, PlagTracker juga dapat Anda gunakan secara gratis. Batas maksimal jumlah kata di website ini juga lebih banyak dari kebanyakan web cek plagiarisme yang lain. Jika di website lain biasanya dibatasi hanya 1000 kata, menggunakan PlagTracker Anda bisa mengecek maksimal 5000 kata. 

  1. Dustball

cara cek plagiarisme

Dustball adalah website cek plagiarisme yang paling sederhana dalam rekomendasi ini. Website ini memiliki tampilan yang sangat ringan dan bisa Anda akses dengan cepat. Selain bisa langsung menyalin teks yang ingin diperiksa, Anda juga bisa mengupload dokumen berformat DOC atau DOCX.

Dustball dapat Anda gunakan secara gratis, tapi penggunanya terbatas. Website ini hanya bisa digunakan oleh maksimal 1000 orang di seluruh dunia tiap harinya. Jika yang melakukan pengecekan sudah lebih dari 1000 orang di hari itu, Dustball akan memberikan notifikasi ‘Free Limit Reached’ ketika Anda mencoba menggunakannya. 

Baca Juga: Cara Membuat Bitly untuk Menyingkat Link Website Anda

  1. Unicheck

website cek plagiarisme

Unicheck tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai cara cek plagiarisme konten website saja. Website ini juga populer di kalangan akademisi dan sering digunakan untuk mengecek paper, skripsi, dan berbagai tulisan akademik lainnya. Unicheck sudah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia saking populernya.

Pengecekan plagiarisme menggunakan website ini sangat akurat dan handal. Unicheck juga memiliki tampilan website yang user-friendly dan menarik, sehingga memudahkan Anda untuk mencari berbagai informasi tambahan di dalamnya. Selain digunakan di websitenya, Unicheck juga bisa Anda integrasikan ke platform eLearning. 

  1. PaperRater

cara cek plagiarisme

PaperRater cocok bagi Anda yang sering menulis dalam Bahasa Inggris. Website cek plagiarisme ini memiliki layanan gratis yang akan mengecek konten Anda dalam waktu singkat dan membandingkannya dengan jutaan website lainnya untuk menemukan kesamaan. 

PaperRater sebenarnya juga memiliki fitur grammar check, tapi Anda harus melakukan registrasi dan berlangganan layanan premium terlebih dahulu untuk menggunakannya. Selain itu, website ini hanya bisa melakukan pengecekan dengan Bahasa Inggris saja. 

  1. Plagiarism Checker

website cek plagiarisme

Cara cek plagiarisme yang terakhir adalah menggunakan website Plagiarism Checker yang dapat Anda akses melalui plagiarism-checker.me. Website ini dapat Anda gunakan secara gratis, tapi jumlah kata yang dapat Anda cek terbatas maksimal 1000 kata saja. 

Dengan menggunakan Plagiarism Checker, Anda bisa langsung menyalin teks yang ingin Anda cek. Selain itu, Anda juga dapat mengupload dokumen dengan berbagai format. Mulai dari DOC, DOCX, PDF, TXT, RTF, TEX, WPS, dan lain-lain. Website ini akan menampilkan persentase plagiarisme dalam konten Anda dan memberi tahu sumber aslinya. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tema WordPress Gratis untuk Website Berita

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang cara cek plagiarisme dan website cek plagiarisme yang bisa Anda gunakan. 10 website yang sudah kami rekomendasikan ini dapat Anda gunakan secara gratis, tapi kebanyakan membatasi jumlah kata yang bisa Anda cek. 

Dalam membuat konten, selain memastikan tulisan Anda unik, tentunya Anda juga butuh website yang memiliki performa baik agar pembaca nyaman membaca konten-konten Anda. Tidak perlu pusing mencari, karena IDCloudHost punya layanan WordPress Hosting yang memudahkan Anda membangun website dan memposting konten. Hanya dalam 5 menit saja, website sudah bisa online dan diakses dengan cepat! 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update