Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Apakah Anda seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Dengan begitu, pihak perusahaan tempat Anda bekerja dapat menerima keputusan Anda dengan baik tanpa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda sendiri tentu memiliki beberapa alasan yang membuat Anda yakin untuk melakukan pengunduran diri dari perusahaan tempat bekerja. Beberapa hal yang umumnya menjadi alasan adalah lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian, masalah kesehatan, lokasi yang terlalu jauh, gaji yang tidak sesuai, atau ingin bekerja dengan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan. Apa pun alasan Anda, pastikan untuk keluar dari pekerjaan saat ini dengan cara yang baik untuk menjaga wibawa profesional Anda.

Maka dari itu begitu Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja, Anda tidak bisa dengan meninggalkan begitu saja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Terdapat beberapa prosedur pengunduran diri yang perlu dilakukan agar Anda masih memiliki kesan yang baik dari perusahaan tersebut. Salah satu prosedurnya adalah dengan membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Jika Anda belum mengetahui cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, maka Anda bisa melihat contohnya terlebih dahulu. Lantas, apa saja tujuan membuat surat pengunduran diri tersebut? Ketahui selengkapnya di bawah ini!

 

Tujuan Membuat Surat Pengunduran Diri

 

Surat pengunduran diri merupakan salah satu alat pemberitahuan mengenai kehendak salah satu pihak untuk memutuskan kontrak pekerjaan. Pekerja yang ingin berhenti bekerja harus membuat surat pemberitahuan ini untuk instansi atau perusahaan dimana mereka bekerja. Sedangkan format dan isi penulisan surat tersebut juga bermacam- macam.

Namun poin- poin penting surat pengunduran ini yang tidak bisa diubah adalah penyertaan alasan logis pengunduran diri Anda. Alasan keputusan mengundurkan diri dan mungkin beberapa latar belakang keputusan yang ambil ini. Di bawah ini merupakan beberapa tujuan dalam membuat surat pengunduran diri yang perlu Anda ketahui :

  • Agar terlihat profesional dalam bekerja

    Profesionalisme merupakan sebuah sikap yang perlu ditunjukan oleh setiap karyawan termasuk saat mereka ingin mengundurkan diri. Untuk itu, saat Anda ingin berhenti bekerja maka Anda tidak bisa langsung menghilang begitu saja. Pasalnya, jika Anda berhenti bekerja tanpa memberikan surat pengunduran diri maka Anda tentu akan dicap sebagai karyawan yang tidak profesional.
    Sebaliknya, ketika Anda berhenti bekerja dengan menyerahkan surat pengunduran diri maka pihak perusahaan tentu akan menilai Anda sebagai orang yang profesional dan cukup bertanggung jawab.

  • Agar perusahaan tahu dan mencari kandidat pengganti

    Tujuan lain dibuatnya surat pengunduran diri adalah agar pihak perusahaan bisa mempersiapkan karyawan baru dalam menggantikan posisi Anda yang sudah berhenti bekerja. Hal tersebut tentu sangat penting bagi perusahaan karena jika tidak akan ada kekosongan posisi kerja yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat produktivitas.
    Untuk itu, sangat penting bagi Anda membuat surat pengunduran diri berhenti bekerja beberapa bulan sebelum benar-benar resmi mengundurkan diri. Sebagai contoh, Anda ingin mengundurkan diri di bulan Agustus 2020 maka Anda perlu menyerahkan surat tersebut pada bulan Juni atau Juli 2020. Dengan keputusan yang Anda buat tidak mendadak tersebut tentu pihak perusahaan akan menghargai keputusan Anda.

Itulah beberapa tujuan dan alasan perlunya membuat surat pengunduran diri dari tempat bekerja. Kini saatnya Anda mengetahui seperti apa cara membuat surat pengunduran diri dengan benar.

Baca Juga :  Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

 

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik & Benar [Beserta Contoh]
 

Apapun alasan Anda untuk mengundurkan diri, sudah selayaknya proses tersebut dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku. Umumnya, sebuah perusahaan akan memberlakukan syarat berupa surat pengunduran diri. Lantas, seperti apa cara membuat surat pengunduran diri tersebut? Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkana sendiri.

  1. Diskusikan dengan atasan terlebih dahulu

    Sebelum Anda mengetahui cara membuat surat pengunduran diri yang benar, ada baiknya Anda menyampaikan terlebih dahulu keinginan mengundurkan diri kepada atasan. Pastikan tujuan dan alasan Anda tersampaikan dengan baik agar tidak ada kesalahpahaman yang dapat mengganggu proses pengunduran diri Anda.

  2. Siapkan diri apabila mendapat penawaran ulang

    Terkadang, saat Anda memiliki kinerja yang baik seorang pimpinan akan menawarkan kembali beberapa hal yang menggiurkan agar Anda tidak jadi mengundurkan diri. Untuk itu, persiapkan diri Anda untuk menghadapi hal tersebut dan pertimbangkan dengan matang apakah tawaran baru tersebut patut Anda terima atau tidak.

  3. Lihat kontrak kerja Anda

    Pastikan juga Anda melihat kembali kontrak kerja yang sudah disepakati sebelumnya. Karena terkadang dalam kontrak tersebut diberlakukan jangka waktu boleh dan tidaknya melakukan pengunduran diri. Teliti semua lebih dulu dan perhatikan semua pasal atau poin yang bisa Anda dapatkan atau malah yang merugikan Anda jika Anda berhenti kerja.

  4. Tentukan waktu pengunduran diri yang diinginkan

    Selanjutnya, yang perlu Anda tahu mengenai cara membuat surat pengunduran diri adalah menentukan waktu pengunduran diri. Ini mengingat setiap pengunduran diri harus melalui beberapa prosedur dan tidak boleh dilakukan dengan tiba- tiba atau sesuka hati saja.

  5. Minta format surat pengunduran diri

    Selanjutnya, cara membuat surat pengunduran diri bisa Anda lakukan dengan meminta format dan panduan surat pengunduran diri. Lengkapi semua poin yang diminta dalam format tersebut dan periksalah kembali surat tersebut sebelum Anda mengajukannya nanti.

  6. Tulis surat pengunduran diri

    Terakhir, cara membuat surat pengunduran diri adalah dengan menulisnya sesuai dengan format yang sudah disediakan. Bagi Anda yang tidak mendapati contoh cara membuat surat pengunduran diri tersebut maka jangan khawatir. Di bawah ini merupakan contoh cara membuat surat pengunduran diri yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga :  Kumpulan Peluang Usaha Franchise yang Terbaik di Tahun 2020

 

Contoh dan Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Di bawah ini merupakan contoh format lengkap cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

 

Jakarta, 22 Mei 2020

Kepada Yth:
Bapak Eddie Redmayne
Direktur Utama
PT Aktor Bersama
Jl. Paus No. 12
Tangkerang, Jakarta Pusat 10350
Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,
Dengan berat hati dan pertimbangan yang cukup mendalam, bersama ini saya,
Nama : Dedi Darryl
Alamat : Jl. Nilam Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10640
Jabatan : Staf telekomunikasi

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Aktor Bersama sebagai karyawan di perusahaan Bapak terhitung sejak tanggal 21 Juni 2020 dikarenakan harus pindah bersama keluarga di luar kota.

Saya mengucapkan terimakasih, atas semua kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja dengan baik. Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi karyawan PT Aktor Bersama jika terdapat kesalahan selama saya melakukan pekerjaan

Demikian surat pengunduran diri saya buat atas keinginan saya sendiri dan tanpa adanya paksaan dari pihak mana saja. Saya berharap, semoga PT Aktor Bersama selalu sukses, berkembang dengan baik, dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,
Dedi Darryl

 

Baca Juga :  Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah salah satu contoh format lengkap cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar yang bisa Anda ikuti. Dengan mengetahui cara membuat surat pengunduran diri di atas, maka tentu saja perusahaan tidak akan memberikan kesan yang buruk atau negatif kepada Anda. Sebaliknya, Anda akan memiliki kesan sebagai karyawan yang bertanggung jawab dan juga professional.

Meskipun hanya sebuah surat, akan tetapi Anda tidak bisa menganggapnya sepele. Surat tersebut harus Anda buat dengan baik dan benar agar proses pengunduran diri bisa dilakukan dengan baik. Dengan begitu, Anda juga bisa merasakan sebagai karyawan yang sangat dihargai. Cara mengundurkan diri yang baik juga bisa saja mempengaruhi nama dan image Anda di dunia pekerjaan lainnya di suatu waktu.

Jangan lupa, untuk menyiapkan surat pengunduran diri tersebut sebagai bukti legal dengan menyertakan waktu kapan Anda berhenti bekerja. Lengkapi semua berkas yang ada jika memang ada tanpa terkecuali. Ada baiknya, lakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum menyerahkan surat permohonan pengunduran diri tersebut kepada atasan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update