Kumpulan Peluang Usaha Franchise yang Terbaik di Tahun 2020

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Anda berniat untuk membuka bisnis? Niatan baik untuk berbisnis lebih baik bisa dan dapat segera diwujudkan. Terutama jika Anda bisa memilih jenis bisnis yang belum banyak dilakukan oleh orang lain agar bisa mendapatkan pasar yang lebih besar. Misalnya saja usaha franchise terbaik yang bisa menjadi peluang usaha menguntungkan.

Untuk memulai usaha franchise terbaik yang ditawarkan, Anda bisa mengulik lebih jauh mengenai potensi wilayah sekitar dengan ide usaha yang menguntungkan. Salah satu yang bisa Anda coba adalah usaha franchise dalam bidang makanan dan minuman untuk yang saat ini amat sangat digemari. Oleh sebab itu banyak bisnis makanan yang bermunculan dengan inovasi dan rasa- rasa terbaru setiap saat.

Sebelum memulai usaha tersebut, tentu saja ada hal-hal wajib yang perlu Anda diperhatikan dan pertimbangkan. Diantaranya adalah mengetahui tips bagaimana memilih usaha franchise terbaik yang sesuai dengan Anda. Pasalnya, saat ini sendiri sudah ada banyak jenis franchise yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun sebelum itu, ketahui juga apa pengertian franchise di bawah ini!

 

Mengenal Apa Pengertian Franchise

Franchise merupakan sebuah bisnis yang tidak hanya ada dan terpusat di satu negara saja. Namun ada dan mempunyai banyak cabang di banyak negara dengan logo dan warna yang sama. Franchise juga biasa disebut sebagai usaha waralaba berupa bisnis yang dilakukan oleh individu berbeda dengan brand yang sama. Dengan begitu, sebuah brand tersebut berkesan besar dan mempunyai cagang di mana-mana bahkan hingga internasional.

Lantas, apa bedanya franchise dengan bisnis usaha pada umumnya? Franchise memiliki hubungan dengan satu pihak yang diberikan hak dalam mendapatkan manfaat dan memakai hak kekayaan intelektual (HAKI). Di Indonesia sendiri istilah franchise lebih dikenal dengan sebutan waralaba yang sudah cukup banyak keberadaannya dengan berbagai jenis baik dalam skala nasional maupun skala global.

 

Beberapa Istilah yang Ada pada Franchise

Kumpulan Peluang Usaha Franchise yang Terbaik di Tahun 2020
 

Dalam dunia franchise sendiri memiliki beberapa istilah yang mungkin belum banyak Anda ketahui. Beberapa istilah tersebut seperti :

  • Franchisor

    Merupakan pihak yang menyerahkan hak waralaba atau usaha kepada orang lain agar dimanfaatkan dan digunakan hak dari brand tersebut serta material lain yang terkait dengan brand.

  • Franchisee

    Yakni pihak penerima usaha yang sudah diserahkan haknya dalam memakai hak kekayaan intelektual dan semua penemuan sebuah brand tertentu.

  • Franchise fee

    Adalah biaya awal dari usaha/biaya khusus yang perlu franchisee keluarkan di awal sebelum bisnis tersebut dapat dioperasikan.

  • Royalty fee

    Merupakan biaya yang perlu Anda bayar sesudah usaha beroperasi. Umumnya, seorang franchisor akan menentukan biaya yang perlu dikeluarkan dalam jangka waktu setiap bulan pada kepada franchisor dengan jumlah yang cukup beragam.

Beberapa istilah di atas wajib Anda ketahui, terlebih jika Anda sudah berniat untuk memilih terjun ke usaha franchise terbaik. Berikutnya adalah mengetahui beberapa tips dalam membuka usaha franchise yang bisa Anda jadikan panduan dalam mewujudkan usaha Anda.

Baca Juga : Kumpulan Ide Bisnis Dropship Paling Menguntungkan di tahun 2020

 

Tips Membuka Usaha Franchise Terbaik

Apakah Anda sudah cukup yakin dan mempunyai minat serta tekad yang kuat untuk membuka bisnis franchise? Jika iya, maka beberapa hal berikut wajib Anda perhatikan sebelumnya, diantaranya :

  1. Franchise mempunyai karakter yang menarik

    Usahakan memilih franchise dengan ciri khas yang menarik minat pembeli. Tetapi, Anda juga masih bisa menambahkan fasilitas tambahan sesuai dengan kreativitas sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan perbedaan yang lebih menonjol dan unik untuk menguasai pasar.

  2. Memiliki catatan keuangan

    Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memiliki catatan keuangan yang solid. Anda bisa membuat pembukuan secara rutin baik itu dalam sistem ataupun manual saja. Jika bisnis Anda belum besar, Anda juga tetap memiliki kewajiban untuk membuatnya. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengetahui perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

  3. Memiliki SOP yang jelas

    Jangan lupa untuk menetapkan juga Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai pedoman karyawan dan Anda sendiri dalam menjalankan franchise. Cara ini akan dapat membantu Anda untuk bisa menempatkan tuntutan standar kualitas yang sama dengan franchise lain.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan jadikan panduan dalam jalan membuka usaha franchise terbaik. Lantas apa saja usaha franchise yang bisa Anda pilih?

Baca Juga :  Kumpulan Ide Bisnis Terbaik dan Menguntungkan di Tahun 2020 [LENGKAP]

 

Kumpulan Usaha Franchise Terbaik 2020

Kumpulan Peluang Usaha Franchise yang Terbaik di Tahun 2020
 

Ada banyak usaha franchise terbaik yang bisa Anda pilih. Di Indonesia sendiri franchise sedang berkembang cukup pesat dengan sejumlah keuntungan yang lumayan. Beberapa jenis franchise yang bisa Anda pilih tersebut antara lain :

  1. Ice Cream Bowl

    Merupakan salah satu jenis franchise yang berasal dari Yogyakarta. Franchise yang satu ini menjajakan es krim gelato dengan berbagai rasa. Siapa yang tidak menyukai es krim? Tentu kebanyakan orang di Indonesia sangat menyukai es krim tanpa pandang usia. Es krim yang merupakan jajanan tradisional yang jika diolah lebih menarik mengikuti perkembangan zaman tentu akan banyak diminati. Untuk itu, tidak ada salahnya menjadikan Ice Cream Bowl sebagai pilihan usaha franchise yang menguntungkan.

  2. Semerbak Coffee

    Usaha franchise terbaik selanjutnya adalah Semerbak Coffee. Franchise ini menjual minuman kopi yang memang sudah mempunyai segmen dan peminat setia tersendiri. Kopi sendiri umumnya sangat identik dengan anak muda, tempat nongkrong, dan malam hari. Dengan modal terbilang kecil, Anda bisa memilih jenis usaha yang satu ini untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

  3. Martabak Mini Africa Waka-Waka

    Kebanyakan orang di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner martabak. Kuliner tradisional ini kini dikemas dengan lebih modern dengan banyak kreasi yang menambah daya jualnya. Martabak Mini Africa Waka-Waka sendiri dijual dengan berbagai varian rasa yang sangat beragam dijamin pelanggan tidak akan bosan untuk mencobanya.

  4. Rainbow Drink Aloha

    Nama usaha franchise terbaik yang satu ini memang terbilang cukup unik. Tapi umumnya konsumen akan jauh lebih tertarik dengan nama yang mengundang penasaran. Usaha ini sendiri bergerak dalam bidang minuman yang memiliki berbagai warna. Adanya aneka warna itulah yang membuat minuman ini sangat menarik dan pembeli pun bisa memilih dan mencampur sendiri warna yang sudah disediakan.

  5. Donat bakar

    Masih bergerak di bidang kuliner, Donat Bakar bisa jadi usaha franchise terbaik yang dapat Anda pilih. Jika donat pada umumnya hanya diberi taburan messes, keju, ataupun topping lainnya berbeda dengan Donat Bakar. Kuliner donat yang satu ini disajikan dengan cara dibakar. Tentu saja poin unik akan mengundang rasa penasaran pembeli untuk datang mencobanya.

  6. Mosco Blend

    Usaha franchise terbaik bisa Anda pilih dalam bidang minuman berikutnya adalah Mosco Blend merupakan usaha kemitraan yang menawarkan produk minuman dengan tiga paket. Yakni paket tanpa booth, paket booth outdoor, dan paket boot indoor. Saat ini sudah ada sekitar 300 mitra yang terdaftar sebagai bagian dari Mosco Blend di Indonesia dari berbagai daerahnya.

  7. Bubble Tea

    Selain Mosco Blend, usaha franchise dalam bidang minuman yang bisa Anda pilih adalah Bubble Tea. Usaha ini merupakan sebuah minuman yang dilengkapi dengan butiran boba tapioka dan varian rasa, seperti rasa cokelat, buah, hingga kopi. Untuk harga satu cup Bubble Tea umumnya cukup bervariasi, mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 10.000 saja.

Baca Juga :  Trend Bisnis Internet yang Menguntungkan di Tahun 2020

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah kumpulan peluang usaha franchise terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan di tahun 2020 ini. Saat ini jumlah usaha franchise di bidang makanan dan minuman memang yang paling mendominasi jika dibandingkan dengan usaha di bidang yang lain. Untuk itu, sebagai pemula sebaiknya Anda memilih usaha franchise dengan pertimbangang yang matang demi kelanggengan usaha Anda.

Memulai usaha franchise sendiri perlu Anda lakukan dengan sungguh-sungguh dan dedikasi serta disiplin yang tinggi. Pastikan Anda memiliki niat yang kuat dan mengerti cara melakukan strategi pemasaran melalui berbagai media yang ada. Karena pada saat ini dimana semua hal telah tersaji di dunia maya, Anda juga harus turut serta dalam mengembangkan usaha Anda melalui internet.

Beberapa jenis usaha franchise terbaik di atas bisa Anda pilih sesuai minat, kondisi, selera pasar dan kebutuhan Anda. Keberadaan franchise memang menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin menikmati manisnya usaha dengan modal yang mudah dan sistem yang sudah tersedia. Bagaimana, sudahkan Anda menentukan pilihan Anda dan siap menjalakannya?

Related Post :

popup image