Mengajukan Tambah Dan Turun Daya Listrik PLN

Mengajukan Tambah Dan Turun Daya Listrik PLN

Berbicara tentang listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari memang tidak akan habisnya. Listrik sudah menjadi sumber kehidupan bagi masyarah di seluruh negara. Semua kegiatan masyarakat hampir semuanya bergantung pada sumber energi listrik. Misalnya seperti, penerangan dengan lampu di rumah, menonton televis, hingga kebutuhan memasak. Bahkan, semua teknologi yang tercipta saat ini sebagian besar menggunakan bantuan listrik dan penerapan ilmu-ilmunya. Tidak ada listrik, manusia seakan tidak produktif karena banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan listrik ini.

Bahkan kebutuhan akan listrik ini sudah menjadi suatu hal yang penting dan semakin besar dari waktu ke waktu. Semakin besar kebutuhan akan listrik semakin besar tagihan yang harus dibayar oleh masyarakat. Nah, maka dari itu banyak juga dari masyarakat yang merasa terbebani karena daya listrik di rumahnya ternyata terlampau besar dari kebutuhan sehari-hari. Untuk masalah tersebut masyarakat bisa mengajukan penurunan daya listrik kepada PLN. Selain itu, mereka yang memiliki kebutuhan listrik yang besar dan memiliki kemampuan finansial yang cukup juga bisa mengajukan penambahan daya listrik kepada PLN.

Bagaimana cara mengajukan penurunan dan penambahan daya listrik kepada PLN? Caranya bisa dibilang cukup mudah bahkan bisa dilakukan secara online. Namun sebelum mengajukan ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan. Persyaratanya apa saja? Nah bagi kalian yang penasaran akan dijelaskan pada artikel berikut. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara menambahkan dan menurunkan daya listrik kepada PLN dan juga syarat-syaratnya. Yuk kita sima artikel ini bersama-sama.

 

Cara Menambah Daya Listrik

 

Menambah daya listrik merupakan sebuah tindakan yang mungkin saja terjadi bagi masyarakat yang memang membutuhkan sumber energi listrik yang banyak, misalnya saja untuk keperluan usaha yang mereka jalankan. Ada tanda-tanda jika rumah kalian membuthkan tambahan daya listrik yaitu dengan sering melihat meteran listrik yang turun atau anjlok. Jika melihat meteran sering turun bisa menjadi tanda bahwa daya listrik rumah kalian harus segera mengajukan penambahan. Namun, perlu diketahui juga jika menambahkan daya listrik memerlukan biaya yang harus dibayar ditambah persyaratan yang harus dipenuhi . Pada artikel ini akan dijelaskan tentang apa saja persyaratan penambahan daya listrik.

 

Baca Juga :   Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat (Online / Offline)

 

Persyaratan Penambahan Daya Listrik

  • Menyetujui ketentuan penempatan alat pembatas dan pengukur (APP) supaya lebih mudah dan ama untuk diperiksa oleh petugas PLN
  • Menjaga APP dan perlengkapan milik PLN
  • Membayar ganti rugi APP yang rusak atau hilang akibat kelalaian atau kesengajaan pelanggan sesuai dengan ketentuan berlaku
  • Membayar tagihan atas pemakaian listrik secara disiplin dan tepat waktu
  • Membayar tagihan susulan akibat ditemukannya pelanggaran pemakaian tagihan listrik atau akibat pemakaian yang tidak terukur secara penuh akibat peralatan pengukuran yang bekerja tidak normal dan bukan kesalahan pelanggan.
  • Melapor kepada PLN maksimal 7 (tujuh) hari setelah dilakukannya penyalaan pada persil pelanggan untuk memastikan kesesuaian prosedur. Jika sampai pada batas waktu yang telah ditentukan pelanggan tidak melapor kepada PLN, maka seluruh pelaksanaan listrik hingga penyalaan pada persil dianggap tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang dimaksud di dalam pasal 8 ayat 1 huruf b
  • Menyediakan lokasi, membayar biaya pemindahan dan ganti rugi kWh yang tidak tersalur, apabila pelanggan bermaksud untuk memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lainnya atas persetujuan PLN.

 

Biaya Untuk Penambahan Daya Listrik

 

Jika sudah dilihat dari persyaratan-persyaratan diatas tentunya penambahan daya listrik juga sebanding dengan penambahan biaya ataupun pajak. Biaya penambahan daya listrik yang akan dilampirkan pada artikel tentu akan berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan dari PLN juga. Dan ada juga beberapa hal biaya yang harus dibayar bagi masyarakat yang mau menambah seperti yang pertama adalah biaya penyambungan. Biaya penyambungan adalah biaya perubahan daya dari meteran atau sambungan yang sudah ada. Misalnya saja, jika kamu ingin menambah daya 450 VA dan ingin menambah ke 900 VA makan ada sejumlah biaya yang harus dibebankan. Berikut adalah biaya penyambungan beserta perinciannya.

 

DAYA LAMA DAYA BARU BP NORMAL
450 900 Rp421.650
1300 Rp796.450
2200 Rp1.639.750
3500 Rp2.955.450
4400 Rp3.827.550
5500 Rp4.893.450
900 1300 Rp374.800
2200 Rp1.218.100
3500 Rp2.519.400
4400 Rp3.391.500
5500 Rp4.457.400
1300 2200 Rp843.300
3500 Rp2.131.800
4400 Rp3.003.900
5500 Rp4.069.800
2200 3500 Rp1.259.700
4400 Rp2.131.800
5500 Rp3.197.700
3500 4400 Rp872.100
5500 Rp1.938.000
4400 5500 Rp1.065.900

 

Panduan Penambahan daya listrik PLN

Untuk dapat menambah daya listrik terdapat dua cara yang bisa kalian lakuka, yaitu datang langsung ke kantor PLN atau melalui cara online yang simpel dan cukup mudah melalui situs resmi PLN di pln(dot)co(dot)id. Nah, pada bagian ini akan dijelaskan dua cara tersebut yaitu secara offline dan online namun terlebih dahulu kita bahas yang secara offline terlebih dahulu, berikut adalah panduannya.

  1. Panduan Datang ke Kantor PLN

    • Menghubungi unit PLN terdekat dengan menekan kode dareh ditambah 123
    • Menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti:
    • Fotokopi rekening listrik terakhir
    • Fotokopi KTP pemohon, apabila nama pemohon dan nama pelanggan yang terdaftar beda maka sebaiknya sediakan surat kuasa
    • Denah lokasi rumah maupun bangunan atau properti
    • Menyiapkan biaya penambahan daya listrik yang sudah ditetapkan oleh PLN, seperti yang sudah dinyatakan pada bagian sebelumnya
  2. Panduan Penambahan Daya Listrik Secara Online

    • Membuka website layanan PLN di layanan(dot)pln(dot)co(dot)id kemudian klik “perubahan daya” yang terletak di bagian kiri
    • Kalian akan diminta menyetujui persyaratan dan ketentuan. Klik setuju untuk melanjutkan
    • Setelah diklik akan keluar formulir yang perlu diisi, mulai dari nomor ID pelanggan dan lainnya.
    • Kalian akan menerima email yang berisi kode konfirmasi. Salin lalu masukkan kode tersebut pada website PLN
    • Setelah itu PLN akan mengecek apakah kamu sudah memenuhi syarat. Jadi, pastika tidak ada tunggakan. Apabila ada kalian harus melunasinya terlebih dahulu dan mengulai pengajuan perubahan daya dari awal
    • Apabila telah memenuhi syarat, kalian akan menerima email kedua yaitu Surat Izin Pemasangan (SIP). Di email tersebut akan ada nomor registrasi dan nomor agenda untuk pembayaran. Segera lakukan pembayaran melalui bank, ATM, ataupun loket PLN terdekat dengan menggunakan nomor registrasi.
    • Segera setelah pelunasan masuk ke PLN, kalian akan diberikan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik atau SJBTL.
      Pergantian meteran pun bakal dilakukan oleh petugas PLN. Pihak PLN juga bakal memperbarui informasi daya listrik kamu.

 

Baca Juga :    Situs PLN Pantau Pemadaman Listrik Akibat Banjir

 

Cara Penurunan Daya Listrik PLN

Banyak mengira bahwa masyarakat hanya bisa melakukan pengajuan tambah daya, namun sebenarnya pengajuan penurunan daya listrik juga bisa dilakukan. Penurunan daya listrik ini sama sekali tidak dikenakan biaya penyambungan berbeda dengan penambahan daya listrik tadi. Untuk mengajukan penurunan daya listrik, masyarakat bisa menempuh 2 opsi yang ditetapkan. Cara pertama, kalian langsung datang ke kantor PLN terdekat sesuai dengan lokasi rumah kalian. Kedua, kalian bisa mengubungi langsung PLN memalui 123 ditambah nomor sesuai daerah. Semua cara diatas harus ada beberapa syarat yang harus disiapkan yaitu meliputi:

  • Nomor ID Pelanggan/Rekening
  • Detail Alamat Lengkap
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Nomor Identitas KTP/SIM

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah jadi itulah tadi penjelasan mengenai cara menambahkan dan menurunkan daya listrik secara online maupun offline. Menambah dan menurunkan daya listrik merupakan hak bagi setiap orang. Jika orang tersebut memiliki kebutuhan dan kemampuan finansial yang cukup maka opsi untuk menaikkan daya listrik merupakan hal yang tepat. Sedangkan bagi masyarakat merasa kebutuhan listriknya tidak terlalu banyak dan malah menambah beban disisi finansial maka pengajuan penurunan daya listrik bisa dilakukan.
Sebelum melakukan itu semua ada hal yang perlu disiapkan oleh para masyarakat yaitu syarat dan ketentuan untuk menambah dan menurunkan daya listrik. Bagi pelanggan atau masyarakat yang ingin menambah diberikan biaya khusus atas penambahan daya yang dilakukan. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin menurunkan tidak perlu menyiapkan biaya apapun. Demikianlah penjelasan dari Cara Mengajukan Tambah Dan Turun Daya Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update