Cara Iklan di Facebook dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Memasarkan barang dan jasa melalui media internet merupakan pilihan yang tepat bagi semua pelaku bisnis karena pemasaran digital dianggap lebih efektif dan efisien. Dari segi biaya yang dikeluarkan juga variatif dan tidak cenderung mahal bahkan hasil yang didapat juga jelas dan biasanya disertai konversi penghitungan hasil. Tidak mengherankan banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh jika menggunakan media digital sebagai platform pemasaran.

Media digital menawarkan berbagai macam jenis platform pemasaran mulai dari website, situs marketplace, sosial media, dan sebagainya mengingat pemasaran efektif dapat dilakukan di berbagai media tersebut. Setiap platform memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Bagi pelaku bisnis yang mengharapkan platform dengan jangkauan pengguna yang besar, mudah dalam berinteraksi dengan calon pelanggan, dan konten iklan yang dibagikan itu dapat variatif dan kreatif maka cocok sekali menggunakan media sosial.

Media sosial banyak sekali macamnya mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, TikTok dan lain-lain dengan Facebook dapat menjadi opsi pilihan terbaik untuk dimasukkan dalam list iklan di sosial media. Media sosial ini tetap eksis meskipun sudah didirikan cukup lama. Facebook sekarang memiliki jumlah pengguna lebih dari 2 miliar yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan pengguna Indonesia sendiri terdapat lebih dari 120 juta akun. Dengan jumlah yang banyak sekali ini menjadi salah alasan kenapa melakukan iklan di Facebook merupakan pilihan yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara iklan di Facebook dengan mudah dan cepat yang cocok bagi pemula.

 

Mengenal Apa itu Facebook Ads

Cara Iklan di Facebook dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Iklan Facebook adalah cara pemasaran penting untuk terhubung dengan pelanggan di jejaring sosial terbesar di dunia. Dalam perkembangannya algoritma Facebook yang terus mengalami perubahan dapat menjadikannya tantangan untuk terhubung secara organik dengan pelanggan membuat kelebihan yang dapat diperoleh dari platform ini sangat banyak. Di dalam Facebook ini, pengiklan bisa menentukan segmentasi pasar mereka sehingga iklan akan lebih tepat sasaran dan menjangkau orang yang benar-benar produk mereka

Tentu hal ini bagus untuk perihal soal anggaran, tingkat konversi, dan laba atas investasi, sehingga pengiklan membayar iklan secara efektif untuk pelanggan yang tepat. Sangat penting untuk memahami berbagai jenis iklan Facebook dan opsi penargetan sebelum mempraktikannya seperti mengenai jenis iklan yang dapat ditampilkan di dalam platform Facebook sangat variatif mulai dari image ads, video ads, messenger ads, carousel ads, video poll ads dan masih banyak lagi. Pemilihan jenis iklan yang akan dipakai dapat disesuaikan dengan konten apa yang ingin disajikan hampir semua konten yang kekinian dapat ditampilkan melalui Facebook.

 

Baca Juga :      Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Membuat Iklan di Facebook Bagi Pemula

Cara Iklan di Facebook dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Bagi pelaku bisnis namun belum pernah beriklan di Facebook atau bahkan belum pernah menggunakan Facebook sama sekali jangan khawatir karena penggunaan Facebook sendiri sangat user friendly, jadi pengguna awam bisa sekali menggunakan Facebook ini dengan mudah bahkan membuat iklan di Facebook. Di kesempatan kali ini bagi para pelaku bisnis yang memiliki minat untuk mempromosikan produknya melalui Facebook bisa menyimak secara detail dari awal hingga akhir. Berikut ini adalah penjelasan cara membuat iklan di Facebook bagi pemula.

 

  • Buat Halaman Facebook Bisnis

    Pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat iklan pada Facebook pengiklan harus mempunyai halaman bisnis Facebook karena pada halaman ini nantinya postingan-postingan iklan akan ditampilkan. Jadi, dalam membuat halaman bisnis upayakan memiliki entitas yang sama dengan nama bisnis yang dijalankan. Pada halaman bisnis Facebook ini wajib menyertakan profil gambar dan gambar latar belakang, serta informasi profil yang dimiliki juga harus jelas sehingga membuat trust (kepercayaan) di sisi pelanggan.

  • Masuk ke dalam website Facebook Ads Manager

    Masuk ke dalam halaman Facebook Ada Manager apabila halaman bisnis yang dibuat sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya klik saja mulai nanti akan ditampilkan halaman utama dari Facebook Ads Manager. Bagi para pengguna awal yang baru saja menggunakan situs ini langsung klik Buat Iklan dan nantinya konfigurasi untuk membuat iklan di Facebook akan dimulai.
     

    Baca Juga :     Tutorial Cara Download Video Facebook di Android & IOS Dengan Mudah & Cepat

  • Menentukan Tujuan Kampanye

    Selanjutnya akan terlampir halaman mengenai tujuan kampanye apa yang ingin dicapai oleh pengiklan. Banyak pilihan tujuan kampanye disini. Di pilihan ini terdapat pembagian 3 jenis tujuan kampanye yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion. Bagi pemula mungkin akan bertanya-tanya mengenai tujuan iklan ini dan untuk lebih jelasnya di dalam fitur Facebook Ads Manager terdapat fitur FAQ yang bisa digunakan untuk mengetahuinya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tujuan kampanye Facebook :
     

    1. Kesadaran merek: Perkenalkan merek Anda ke audiens baru.
    2. Jangkauan: Paparkan iklan Anda kepada sebanyak mungkin orang di audiens Anda.
    3. Lalu lintas: Mendorong lalu lintas ke halaman web tertentu, aplikasi, atau percakapan Facebook Messenger.
    4. Keterlibatan: Jangkau khalayak luas untuk meningkatkan jumlah keterlibatan pos atau Suka Halaman, meningkatkan kehadiran di acara Anda, atau mendorong orang untuk mengklaim penawaran khusus.
    5. Pemasangan aplikasi: Dapatkan orang untuk memasang aplikasi Anda.
    6. Penayangan video: Dapatkan lebih banyak orang untuk menonton video Anda.
    7. Generasi pemimpin: Dapatkan prospek baru ke saluran penjualan Anda.
    8. Pesan: Dorong orang untuk menghubungi bisnis Anda menggunakan Facebook Messenger.
    9. Konversi: Dapatkan orang untuk mengambil tindakan spesifik di situs web Anda (seperti berlangganan daftar Anda atau membeli produk Anda), dengan aplikasi Anda, atau di Facebook Messenger.
    10. Penjualan katalog: Hubungkan iklan Facebook Anda ke katalog produk Anda untuk menampilkan iklan kepada orang-orang tentang produk yang kemungkinan besar ingin mereka beli.
    11. Lalu lintas toko: Arahkan pelanggan terdekat ke toko bata dan mortir.
  • Menentukan Nama dan Biaya Iklan

    Tahap selanjutnya adalah menentukan nama dari kampanye iklan yang akan dijalankan. Pemilihan nama usahakan sesuai dengan apa yang ingin diiklankan nantinya di Facebook. Selain itu, disini juga akan terdapat pengaturan biaya yang akan dikeluarkan untuk iklan dan biaya iklan ini bisa disesuaikan sendiri oleh pengiklan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang membuat fitur ini cocok bagi pelaku bisnis pemula yang ingin mencoba beriklan di Facebook. Dalam menentukan biaya yang akan dikeluarkan juga tertera kapan dimulainya iklan dan tanggal berakhirnya dan mengenai hal ini pengiklan juga diberikan kebebasan untuk mengatur.
     

    Baca Juga :    Tutorial Cara Mendaftar Akun Facebook dengan Mudah dan Cepat

  • Menentukan Target Audiens Iklan

    Menentukan target audiens iklan atau melakukan segmentasi pasar merupakan faktor penentu keberhasilan sebuah iklan. Dengan menentukan segmentasi pasar sematang mungkin dengan berbagai riset yang telah dilakukan bukan tidak mungkin iklan di Facebook akan berjalan maksimal. Di dalam targeting audiens Facebook ini pengiklan dapat menentukan demografi, minat, hobi, dan hal spesifik lainnya tentang target calon pelanggan.

  • Memilih dan Membuat Konten Iklan

    Jika targeting sudah selesai dilakukan tahap terakhir adalah memilih jenis konten apa yang ingin ditampilkan pada iklan Facebook. Terdapat banyak pilihan konten yang bisa dipilih mulai dari video, gambar, carousel, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini konten yang akan digunakan adalah konten gambar jadi selain gambar yang harus ditampilkan untuk bagus dan menarik upayakan untuk membuat copywriting yang menarik juga.

Baca Juga :      Penyebab Fitur Setting Bahasa di Facebook Error

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu Facebook Ads dan juga cara membuat iklan Facebook Ads bagi pemula dengan cepat dan mudah. Facebook Ads adalah salah satu layanan iklan sosial media yang ditawarkan oleh Facebook. Dengan menikmati platform ini sebagai pilihan dalam memasarkan produk merupakan salah satu pilihan yang tepat. Facebook sebagai media sosial yang terus eksis ini pastinya akan mengalami pertambahan jumlah pengguna dari waktu ke waktu.

Kesempatan ini tentunya harus dimaksimalkan dengan baik. Sebab dengan jumlah sedemikian besar tersebut menjangkau pelanggan menjadi sangat mudah. Apalagi fitur-fitur di Facebook Ads Manager yang membantu pengiklan untuk mengelola iklannya dengan mudah. Mulai dari cara membuatnya hingga mengetahui hasil dari iklan tersebut. Demikianlah penjelasan artikel mengenai cara iklan di facebook dengan mudah dan cepat untuk pemula.

Related Post :

popup image