Cara Meningkatkan Traffic Website 2023

Cara Meningkatkan Traffic Website 2023

Perkembangan internet salah satunya ditandai dengan hadirnya website. Website menjadi tempat berkumpulnya segala informasi yang dibutuhkan oleh audience. Sehingga tidak heran jika banyak sekali muncul laman web yang terkadang jenis kontennya sama hanya judulnya saja yang berbeda atau judul konten sama akan tetapi isinya yang berbeda dan sebaliknya. Untuk menarik jumlah traffic kunjungan yang banyak bukan hanya perlu nama domain yang unik atau konten yang berkualitas saja. Akan tetapi ada strategi khusus untuk meningkatkannya. Berikut cara meningkatkan traffic website yang akan kami jabarkan dibawah ini.

Apa Itu Traffic? 

Traffic pada website adalah jumlah orang yang mengunjungi website. Ini meliputi audiens atau pengunjung yang membuka, membaca hingga lamanya durasi dari pengunjung mengakses website. Biasanya kunjungan dari audiens ini akan direkam oleh domain yang selanjutnya muncul angka yang memberikan ide tentang seberapa populernya website milik Anda.

Traffic kunjungan pada website sangat penting untuk mendorong website Anda unggul dibandingkan dengan website lainnya. Jika traffic kunjungan rendah maka website Anda berpotensi tenggelam atau bahkan hilang karena kalah saing dengan website lainnya. Maka perlu untuk membuat traffic website stabil agar tetap bisa bertahan.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan tentang traffic pada website yaitu:

  • Traffic dari audiens yang menyukai isi konten website, dalam website isi konten juga harus diperhatikan, jika audiens menyukai isi konten web milik Anda maka bisa dipastikan durasinya dalam mengakses web Anda akan lama dan ini juga berpengaruh pada traffic kunjungan website Anda.
  • Traffic untuk menjadi audiens langganan website Anda, biasanya jika audiens sudah menghabiskan banyak waktu untuk melihat konten pada web Anda. Bisa saja audiens tersebut suka dengan konten Anda dan memungkinkan mereka menjadi langganan website dalam jangka waktu yang lama.
  • Traffic menghasilkan laba, bagi website yang dibuat khusus untuk bisnis tidak heran jika traffic diharapkan bisa menghasilkan keuntungan bukan hanya itu saja dengan traffic kunjungan yang banyak bisa membuat bisnis berjalan lancar.

Perbedaan Traffic Organik dan Traffic Berbayar

Perbedaan Traffic Organik dan Traffic Berbayar

Traffic terbagi menjadi dua jenis yaitu traffic organik dan traffic berbayar atau paid. Singkatnya traffic organik adalah jenis traffic yang kunjungannya berasal dari mesin pencari seperti google. Sebaliknya traffic paid adalah jenis traffic yang berasal dari iklan berbayar seperti google ads, facebook ads dan iklan berbayar lainnya.

  • Gratis vs Berbayar

Sudah jelas dari namanya jika traffic organik yang berasal dari mesin pencari tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Sedangkan untuk traffic paid harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan dari konten website milik Anda. Biasanya harga pemasangan iklan ini beragam tergantung dari jenis konten dan berapa persen kenaikan jumlah traffic yang diinginkan.

  • Butuh Waktu vs Cepat

Traffic organik jika ingin melihat hasilnya yaitu berupa jumlah kunjungan dari audiens terhadap website milik Anda membutuhkan waktu yang relatif lama dibandingkan dengan traffic berbayar yang sudah bisa mengetahui hasil traffic kunjungan audiens hanya dalam hitungan menit saja.

  • Target Lebih Spesifik vs Target Tidak Spesifik

Traffic berbayar yang berasal dari iklan berbayar tentu memiliki penargetan yang lebih spesifik terhadap siapa saja audiens yang pemilik website inginkan mengunjungi serta membaca konten pada webnya. Sebaliknya jika traffic organik tidak bisa menargetkan audiens secara spesifik hanya secara keseluruhan saja.

7+ Tips Meningkatkan Traffic Website

7+ Tips Meningkatkan Traffic Website

Setelah mengetahui apa itu traffic website serta perbedaan dari kedua jenisnya berikut tips untuk meningkatkan traffic website antara lain:

  • Riset Keyword

Keyword menjadi kunci pertama untuk meningkatkan traffic website. Ini berhubungan dengan penulisan konten yang akan dimuat dalam website. Isi konten yang ditulis akan berkaitan dengan apa yang dicari oleh audiens tentu harus melewati riset keyword terlebih dahulu. Keyword inilah nantinya yang membuat konten yang Anda tulis pada website Anda muncul di mesin pencari.

Sebaliknya jika Anda tidak melakukan keyword hanya mengandalkan ide yang menurut Anda konten itu menarik, konten dari website Anda tidak dikenali oleh mesin pencari dan traffic kunjungan terhadap website Anda menjadi turun. Maka penting melakukan riset keyword sebelum menulis isi konten website Anda.

  • Gunakan Long Tail Keyword

Pada saat Anda melakukan riset keyword Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Yang membedakan dari kedua kata kunci tersebut adalah dari jumlah katanya. Sesuai namanya jika short tail keyword terdiri dari satu sampai dua kata, maka long tail keyword terdiri dari tiga kata atau bahkan lebih. Kata kunci yang memiliki satu sampai dua kata atau short tail keyword biasanya memiliki volume pencarian yang tinggi sehingga semua pemilik website menargetkannya dan persaingan pun menjadi tinggi.

Hal itu juga menjadi salah satu penyebab website Anda tenggelam karena jenis keyword yang sama. Sebaliknya dengan menggunakan long tail keyword memiliki volume pencarian yang rendah dan persaingannya juga rendah. Jika seperti ini sebagai pemilik website Anda bisa menargetkan ranking tinggi pada isi konten website Anda.

  • Optimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO sangat membantu dalam menaikkan traffic kunjungan pada website Anda. Setelah mengetahui keyword apa yang akan dimasukkan dan ditulis dalam konten pada website Anda. Selanjutnya penggunaan SEO perlu dimaksimalkan penggunaannya. Biasanya proses optimasi ini dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO off-site dan on site.

SEO off-site berarti usaha untuk meningkatkan popularitas dari website tanpa melibatkan isi kontennya. Biasanya bagian optimasi SEO yang satu ini dilakukan dengan menggunakan media sosial ataupun guest blogging. Sedangkan SEO on site berarti usaha untuk mengoptimasi beberapa bagian dari website termasuk pada kontennya. Biasanya pembuatan konten website harus fokus pada SEO on page. Ini semua bertujuan agar konten website benar-benar siap dipublish.

  • Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword

Seringkali pada tools riset keyword ada beberapa kata kunci yang terbilang kaku dan variasinya kurang. Ini menyebabkan variasi kata juga berkurang dan cenderung tidak nyambung antara satu sama lain. Untuk mengatasi hal tersebut perlu digunakan Latent Semantic Indexing Keyword. 

LSI Keyword adalah kumpulan kata kunci yang bisa ditemukan pada satu topik tertentu dan saling berhubungan. Agar variasi kata kunci lebih banyak didapatkan dan dapat ditulis pada konten website Anda. Untuk menggunakannya Anda bisa memakai layanan LSI Keywords atau layanan sejenisnya.

  • Buatlah Judul Yang Menarik

Konten yang menarik juga dapat menaikkan traffic website Anda. Bisa dimulai dari judul yang dibuat menarik. Misalnya saja Anda bisa menulis judul yang clickbait agar audiens penasaran sehingga menariknya mengunjungi website Anda. Karena judul menjadi point utama dari artikel yang akan dilihat oleh audiens.

Selain menulis judul dengan teknik clickbait, Anda juga bisa menulis judul dengan menjelaskan secara rinci apa yang akan ditulis pada artikel misalnya seperti Mengenal Evergreen Content: Pengertian dan Cara Membuatnya. Dengan begitu audiens tahu bahwa mereka mendapatkan artikel yang lengkap.

  • Buatlah Isi Konten Yang Bagus

Bukan hanya judul saja yang harus menarik isinya pun juga seperti itu. Usahakan membuat konten yang menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi atau menjawab keingintahuan dari audiens. Dalam isi artikel juga harus memperhatikan penggunaan kalimat yang enak dibaca dan nyambung antara satu sama lain. Kemudian hindarilah penggunaan kalimat yang bertele-tele dan langsung kepada inti dari artikel atau konten yang ingin dibahas saja.

Selain itu juga lengkapi konten dengan visual gambar yang menarik bisa saja dari desain halaman website yang dibuat lebih berwarna dan modern. Bukan hanya visual saja pada konten juga bisa ditambahkan video.agar audiens tertarik membaca konten artikel yang Anda buat di website.

  • Konsisten Posting di Media Sosial

Cara ampuh selanjutnya untuk menaikkan traffic website adalah dengan menggunakan media sosial. Media sosial memang menjadi tools yang efisien untuk menarik pengunjung untuk membaca isi konten pada website Anda. Ditambah lagi audiens hampir seluruhnya memiliki media sosial. Media sosial terdiri dari beberapa jenis seperti twitter,instagram,facebook dan lainnya. Pilihlah platform yang tepat dengan konten Anda agar hasilnya baik.

Bukan hanya itu saja pada media sosial  jika Anda telah selesai membuat artikel konten di website Anda jangan lupa untuk sertakan juga link yang langsung terhubung pada website Anda. kemudian gunakan hashtag agar konten Anda lebih mudah ditemukan. Selanjutnya cobalah bangun interaksi pada audiens.

  • Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Kebanyakan audiens lebih sering membuka website dari handphone milik mereka dibandingkan lewat laptop atau komputer. Sehingga perlu membuat user experience website dengan baik. Salah satu caranya dengan website yang harus support mobile friendly. Artinya adalah website bisa secara otomatis mengikuti desain dari tiap tipe-tipe dari handphone pada layar perangkat. 

Sebenarnya untuk membuat website yang mobile friendly Anda bisa menggunakan WordPress. Mengapa? Karena pada WordPress sudah tersedia berbagai jenis template serta tema yang mobile friendly. Jika ini sudah terpenuhi maka audiens akan lebih nyaman menelusuri website tanpa harus scrolling. 

  • Manfaatkan Email Marketing

Campaign bukan hanya berlaku untuk bisnis tetapi juga perlu dilakukan untuk mempromosikan website. Dalam hal ini campaign yang digunakan adalah email marketing. Lewat layanan inilah audiens diberikan newsletter berupa informasi atau promosi melalui email. Untuk memulai campaign email marketing selain layanan email yang harus Anda persiapkan juga jadwal yang harus diperhitungkan.

Maksudnya adalah tidak harus memberikan email kepada audiens hampir setiap hari. Akan tetapi tentukan jadwal rutinnya misal setiap satu minggu sekali saja. Ini berguna agar audiens tidak merasa terganggu dengan spam email Anda. Kemudian Anda bisa menggunakan copywriting yang menarik agar audiens tertarik membaca keseluruhan isi email yang Anda kirimkan. Untuk melihat hasil dan performanya Anda bisa gunakan analitik email yang tersedia.

  •  Manfaatkan Internal Link

Internal link juga berguna untuk menaikkan traffic website. Secara sederhana internal link adalah link dari halaman yang satu ke halaman lain yang ada pada satu website. Dengan adanya internal link mesin pencari akan lebih memahami adanya hubungan antar halaman pada website Anda. Bukan hanya itu saja mesin pencari juga menentukan nilai halaman lewat internal link yang ada.

Sebenarnya dengan internal link navigasi pada website milik Anda dapat meningkat, faktor ini yang membuat audiens dalam durasi yang lama bisa mengunjungi website Anda. kemudian internal link yang terdapat pada website juga meyakinkan mesin pencari bahwa halaman web Anda penting. Sehingga hal inilah yang membuat peringkat website dapat meningkat di mesin pencari.

Penutup

Hingga saat ini traffic kunjungan menjadi faktor yang tergolong penting untuk eksistensi dari website. Sebagai pemilik website tentu berlomba-lomba untuk membuat website mereka paling sering dikunjungi oleh audiens. Anda bebas ingin menggunakan jenis traffic yang organik atau berbayar. Jika masih pemula dalam hal mengelola website sangat disarankan untuk Anda menggunakan traffic organik dan terapkanlah tips meningkatkan traffic website yang sudah kami jabarkan ya!

Selain judul yang menarik dan konten yang bagus, performa website juga harus dipastikan selalu lancar dan mudah diakses oleh pengguna. Maka perlu memperhatikan layanan cloud yang memiliki performa yang baik dan berkualitas. IDCloudHost menyediakan layanan WordPress Hosting yang memungkinkan Anda membuat serta memanajemen website lebih mudah menggunakan CMS WordPress. Yuk Coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update