Contoh Company Profile dan Cara Membuatnya

Contoh Company Profile dan Cara Membuatnya

Dengan kecanggihan teknologi dan segalanya yang serba mudah, tidak heran kalau saat ini orang berlomba-lomba untuk memulai bisnis mereka dari berbagai bidang. Dalam proses bisnis itulah ada banyak di antara mereka yang berdiskusi untuk memberi konsep kepada bisnis mereka, terutama soal pembuatan dan perancangan company profile. Sebenarnya, apa dan bagaimanakah yang dimaksud dengan contoh company profile tersebut?

Company profile adalah cara profesional dari sebuah perusahaan yang sedang menjalankan bisnis untuk memasarkan produk mereka kepada konsumen. Biasanya, isi dari company profile tersebut adalah identitas dari perusahaan dan produk yang dijual. Company profile juga salah satu cara untuk memberi informasi kepada orang-orang bahwa perusahaan yang Anda kelola telah berjalan. Dengan begitu, Anda harus membuat company profile ini semenarik mungkin sehingga orang bisa memahami bisnis Anda hanya melalui beberapa halaman.

Perlu diingat bahwa company profile yang bagus dan menarik bukanlah company profile yang panjang, tetapi jelas. Yang penting adalah informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada orang-orang. Contoh company profile serta cara membuatnya yang mudah dan cepat pun akan dibahas secara lengkap di sini.

 

Jenis company profile

 

 

Company profile biasanya berbeda setiap kategorinya. Berikut adalah beberapa jenis company profile yang sering kita temui dilapangan.

 

  1. Web

    Di jaman sekarang ini membuat company profile di laman web bukanlah hal yang aneh. Bahkan hampir semua perusahaan saat ini juga harus memiliki company profile dalam bentuk web. Kemudahan web untuk diakses siapa saja dan darimana saja membuat banyak perusahaan ataupun lembaga mulai membuat web sebagai cara
    untuk mengenalkan diri ke orang lain.

  2. Cetak

    Jenis company profile ini adalah yang paling umum digunakan dan yang paling praktis digunakan sebagai alat presentasi. Untuk masalah desain, tentunya desain yang berkelas dan ekslusif sangat disarankan untuk membuat para klien kian tertarik.

  3. Video

    Kini sudah banyak perusahaan atau lembaga yang menggunakan video sebagai company profile mereka. Video untuk company profile ini biasanya berdurasi singkat dan biasanya jenis video ini lebih disukai masyarakat jika dibandingkan dengan gambar.

  4. Interaktif

    Jenis company profile ini menggunakan aplikasi atau program sebagai alat untuk menjalankannya. Disini klien bisa memilih menu-menu mana kiranya informasi yang mereka butuhkan. Jenis satu ini bisa diaplikasikan di banyak perangkat smartphone ataupun perangkat lainnya.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah 

 

Cara Mudah dan Cepat Untuk Membuat Company Profile

Mungkin beberapa dari Anda masih belum paham betul mengenai cara membuat company profile yang baik sehingga terlihat menarik. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyimak langkah-langkah untuk membuat contoh company profile di bawah ini.

 

  1. Identitas perusahaan harus jelas

    Agar company profile yang Anda buat nantinya terstruktur dan jelas, maka perusahaan Anda harus mempunyai identitas yang jelas juga. Ini merupakan hal yang wajib dan tidak bisa kompromi.
    Adapun, beberapa hal yang dapat Anda diskusikan mengenai penentuan sebuah perusahaan ada beberapa hal, yaitu:

    • Produk yang hendak dijual. Agar perusahaan bisa berjalan dengan lancar, diskusikan dulu dengan rekan bisnis perihal produk apa saja yang akan dijual.
    • Menentukan segmentasi pasar dari produk yang hendak dijual
    • Menentukan nilai perusahaan

    Dari company profile perusahaan Anda, akan terlihat bagaimana gambaran perusahaan Anda. Jika ada satu saja isi yang meragukan dari company profile tersebut, maka orang tidak akan tertarik untuk membeli produk.

  2. Tujuan Penulisan

    Tidak hanya dibuat agar konsumen tertarik, sekarang juga sudah banyak company profile yang dibuat oleh perusahaan untuk menarik minat investor dan portofolio perdagangan.tujuan penulisan dalam membuat company profile memang harus ditentukan karena akan memudahkan tugas penulis agar bisa menerjamahkan arti konsep yang Anda dan tim pikirkan untuk diubah dalam bentuk tulisan. Ketika ingin menjadikan company profile sebagai portofolio perdagangan, tentu saja company profile tersebut harus dibuat dengan semenarik mungkin. Titik beratnya adalah riwayat dari pelanggan Anda, alur penjualan dan bermacam prosedur jika nantinya terjadi hal yang tak terduga.

  3. Menyewa Penulis

    Anda bisa dengan mudah mencari orang dengan skill menulis yang baik karena jasa penulis sangatlah dibutuhkan terutama bagi perusahaan besar. Jangan lupa bahwa untuk penulisan company profile berkaitan erat dengan personal branding dan marketing. Tidak hanya bisa menulis yang Anda butuhkan, tapi juga dapat membuat copywriting. Karena tidak semua orang yang bisa menulis juga bisa membuat copywriting.

  4. Mengutamakan orisinalitas

    Kebanyakan orang yang belum terbiasa dalam merancang company profile adalah menyunting dan merubah contoh company profile dari perusahaan lain untuk dijadikan company profile milik mereka. Padahal, orisinalitas sangat penting dalam pembuatannya. Inilah mengapa, jasa penulis copywriting dibutuhkan, sebab erat kaitannya dengan proses untuk marketing nantinya. Dengan mengambil company profile milik perusahaan lain, akan menyebabkan company profile terlihat tidak mempunyai identitas. Hal yang mungkin bisa disalin adalah template atau gaya penulisan. Tapi jangan sampai company profile milik Anda mengambil milik yang lain dan hanya melakukan sedikit perubahan seperti mengganti satu-dua kata. Kalau begitu maka company profile buatan perusahaan Anda tak akan memiliki bobot.

  5. Gaya penyampaian

    Penyampaian informasi yang jelas dan tepat sangat berpengaruh kepada minat pembaca. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menyampaikan informasi. Kembali lagi apakah perusahaan Anda bergerak di bidang yang cukup serius atau bidang kreatif yang pasarnya adalah anak muda. Semua harus disesuaikan. Jika bisnis yang Anda buat ditujukan untuk anak muda, buatlah company profile yang terkesan asik, ceria dan modern baik dari desain, tata penulisan dan penyampaiannya. Begitu pula sebaliknya apabila bidang Anda seperti firma hukum yang cukup serius.

  6. Membuat Outline

    Sama seperti gaya penyampaian, contoh company profile yang baik adalah harus sesuai dengan target pasar yang dituju. Namun pada umumnya, isi dari company profile adalah profil dan sejarah perusahaan, nilai yang diutamakan oleh perusahaan dan bisnis yang sedang dijalankan. Sayangnya, cerita tentang perusahaan jarang diperhatikan oleh pemilik perusahaan bahkan sering dilewatkan, padahal itu adalah salah satu komponen yang terpenting. Karena tidak sedikit orang yang tertarik pada suatu perusahaan karena cerita yang ada di balik perusahaan tersebut. Selain itu, ada sejumlah komponen kecil yang juga perlu diperhatikan seperti testimoni dan kontak.

Baca Juga : Website Tempat Download Software (Aplikasi) GRATIS untuk Smartphone 

Contoh Company Profile

  1. Contoh company profile cetak
  2. Contoh company profile Website

 

Melalui adanya company profile, perusahaan dan bisnis yang sedang Anda jalankan bisa lebih dikenal oleh banyak orang dan menarik minat mereka. Tentu semua itu bisa didapatkan apabila company profile yang dibuat mengikuti langkah-langkah membuatnya seperti yang sudah ditulis di atas. Membuat company profile memang susah-susah gampang. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar mulai dari desain sampai gaya penulisan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Tapi jika sudah dirancang dengan baik, bukan tidak mungkin akan membuat banyak konsumen berdatangan.

Baca Juga : Cara Keluar dari Grup WA (WhatsApp)Tanpa Ketahuan [100% BERHASIL] 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update