Fitur-fitur Canggih yang Harus Ada pada Website Sekolah

Fitur-fitur Canggih yang Harus Ada pada Website Sekolah

Ada website sekolah gratis yang siap membantu kita untuk membuat website sekolah. Ini akan mendukung operasional sekolah sebagai sarana pendidikan. Di mana keberadaan website sekolah ini, media promosi sekolah menjadi lebih luas. Untuk membuat website sekolah, kita bisa membuat sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website. Kalau membuat sendiri, maka kita bisa membuatnya langsung dengan menggunakan domain umum, yakni WordPress, sebagai domain yang paling banyak dipakai.

Website sekolah yang menggunakan WordPress ini masuk dalam kategori website sekolah gratis juga, tetapi masih banyak kekurangan. Salah satunya adalah ruang lingkup yang kurang luas. Fungsi website ini hanya akan sebagai blog saja. Fitur-fiturnya pun tidak banyak, sangat terbatas.

Akan berbeda lagi kalau kita menggunakan jasa pembuatan website untuk membuat website sekolah. Kita akan mendapatkan fasilitas yang lebih banyak pada website yang kita buat. Fasilitas ini akan berkaitan dengan fitur-fitur yang lebih banyak dan mudah untuk digunakan.

Program Ekabima – Website Sekolah GRATIS di Seluruh Indonesia

Tampilan pada Website Sekolah Gratis

Jangan salah, walaupun website sekolah gratis, tetapi fiturnya sangatlah banyak. Kita bisa melihatnya saat pertama masuk ke dalam website sekolah yang kita tuju. Di mana yang paling menonjol adalah halaman utamanya.

Halaman pertama pada website ini memberikan tampilan yang menarik perhatian, sehingga kesan pengunjung akan tertarik saat pertama kali mengunjungi website. Halaman utama ini menjadi penentu dari produksi sekolah itu sendiri. Di layanan jasa pembuat website sekolah gratis pun juga demikian.

Namun ada tambahan kualitas yang lebih spesial lagi, yakni fitur-fitur canggih yang terbaru. Fungsinya adalah untuk memudahkan kita, sebagai penggunanya.

Layanan Pembuatan Website Murah

Macam Fitur dalam Jasa Website Sekolah Gratis

Sebuah website sekolah yang berkualitas, ada beberapa fitur penting yang harus ada di dalamnya. Di antaranya adalah :

1. Home / Halaman Utama

Ini adalah fitur yang ditampilkan sebagai wajah dari sekolah. Fitur ini berada di halaman paling awal website. Kita bisa melihat gambaran umum sekolah lewat halaman ini. Di dalam fitur ini, kita bisa melihat gambaran sekolah tampak depan, ringkasan profil sekolah, beberapa item fitur pendukung yang lainnya, serta informasi-informasi terupdate.

Fitur home ini sama juga dengan fitur homepage. Jasa website sekolah gratis akan menyediakan berbagai desain terbaik dari homepage sehingga akan menarik banyak perhatian pengunjung. Semakin menarik tampilannya, maka akan semakin banyak juga pengunjungnya. Siswa yang mengakses website sekolah pun akan lebih mudah.

Baca Juga : Memahami Mengenai Pemasaran Digital

2. Profil Sekolah

Ini juga menjadi fitur yang tidak kalah penting juga. Di sini secara garis besar semua hal tentang sekolah tersedia lengkap. Lebih lengkap daripada produk yang ada di homepage. Kontak pun juga tersedia di fitur ini, sehingga setelah kita mengenal profil sekolah, kita langsung bisa menghubungi kontak yang sudah ada.

3. Fitur Informasi Guru Sekolah

Sesuai dengan namanya, fitur ini adalah fitur yang khusus memuat tentang pengajar yang ada di sekolah tersebut. Semua guru harus terdaftar di sini tanpa terkecuali. Bulan hanya data secara umum saja, melainkan juga melampirkan data guru secara detail. Pengunjung yang notabene sedang survei sekolah terbaik untuk anaknya akan memilihkan sekolah yang memiliki kualifikasi guru yang bagus. Untuk itu, pendidikan guru akan dilihat dan kemudian melihat prestasi-prestasi guru.

4. Halaman Informasi Siswa

Siswa yang ada di sekolah akan di data secara langsung di fitur ini. Setiap tahun ajaran baru, kita harus berkutat dengan website sekolah gratis karena harus memasukkan nama dan data siswa baru. Update nama siswa baru ini akan berpengaruh pada jumlah siswa di sekolah tersebut. Bukan hanya untuk memasukkan nama siswa saja, melainkan juga data siswa secara lengkap. Materi ajar yang didapatkan siswa pun juga akan ditampilkan di sini.

5. Halaman Alumni

Sekolah yang besar adalah sekolah yang alumninya hidup atau aktif. Sekolah pun juga harus memberikan wadah tersendiri untuk para alumninya, salah satunya adalah tersedia dalam fitur khusus di website sekolah gratis ini. Isi dari fitur alumni ini adalah :

  • Prestasi alumni. Walaupun mereka sudah lulus, tetapi kita masih harus merekam jejaknya. Tidak sulit, karena secara tidak langsung mereka akan membawa nama baik sekolah. Ini juga bisa menjadi nilai plus dalam ajang promosi sekolah.
  • Temu kangen alumni. Isinya bisa berupa jadwal. Jadwal temu kangen alumni yang bisa dijadikan agenda wajib. Biasanya akan dilakukan beberapa tahun sekali. Biasanya puluhan tahun sekali. Pesertanya adalah alumni dalam satu angkatan.
  • Jejak pendapat alumni. Walaupun sudah lulus, alumni berhak melakukan jejak pendapat untuk kemajuan sekolah. Almamater sekolah tetap harus di hari sehingga kita akan merasa terus memilikinya walaupun tidak lagi menjadi siswanya.

6. Artikel Kegiatan Sekolah

Ini adalah fitur tambahan yang menjadi fitur yang tidak kalah penting. Di mana artikel ini akan berisi tentang informasi sekolah. Bisa ditulis oleh admin website sendiri atau merekrut dari tulisan para siswa. Banyak kegiatan sekolah yang bisa menjadi objek artikel, sehingga jumlah artikel sangatlah banyak. Keuntungan mengunjungi website sekolah gratis inilah yang membuat ilmu kita semakin bertambah.

7. Halaman Opini

Sebagai pengunjung, kita tidak hanya bisa melihat-lihat isi website, melainkan bisa ikut berpendapat. Fitur opini hadir untuk menjadi wadah opini kita. Opini bisa berupa apapun yang penting positif dan bersifat membangun.

8. Halaman E-learning

Ini juga menjadi salah satu fitur website sekolah gratis yang juga tidak kalah penting. Di mana isinya adalah berupa buku-buku elektronik yang sangat penting. Kumpulan buku-buku ini bisa dijadikan referensi belajar yang sangat menguntungkan bagi kita.
Fitur-fitur tersebut adalah fitur utama yang harus ada pada website sekolah gratis. Sebagai kelengkapan layanan website sekolah, masih banyak fitur pendukung lain yang bisa ditambahkan kapan saja. Untuk cara penambahannya pun sudah ada fiturnya. Ini menjadi layanan unggulan dari jasa pembuatan website.

Baca Juga : Fasilitas Google for Education untuk E-Learning Sekolah

Jika kita membuat website sendiri, maka tidak akan ada fitur yang bisa dipakai untuk menambahkan fitur yang lainnya. Kita harus terima dengan fitur yang sudah tersedia. Berbeda lagi jika kita menggunakan jasa pembuat website, maka kita akan lebih mudah menambahkan fitur baru yang kita butuhkan. Tidak perlu waktu yang lama, karena secara tidak langsung ada update future terbaru langsung dari server. Inilah keuntungan menggunakan website sekolah gratis dari jasa pembuat website.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update