7+ Ide Konten Instagram untuk Bisnis Kuliner

7+ Ide Konten Instagram untuk Bisnis Kuliner

Sekarang ini, banyak media sosial salah satunya Instagram yang tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga untuk kepentingan lain, seperti bisnis misalnya. Hal ini karena Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Dilansir dari Data Reportal, terhitung pada Januari 2023, jumlah pengguna Instagram mencapai 1,318 miliar (16,5%), menempatkannya di peringkat ke-4 platform media sosial paling aktif di dunia.

Tak ayal, Instagram bisa menjadi platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda karena pasarnya yang luas. Hal ini bisa dilihat melalui demografi pengguna Instagram di Indonesia yang didominasi oleh perempuan sebanyak 51,4% dan laki-laki 48,6% dari berbagai kalangan usia mulai dari 13 tahun hingga 54+ tahun.

Salah satu jenis bisnis yang bisa dengan optimal memanfaatkan Instagram adalah bisnis kuliner. Makanan adalah hal esensial yang dibutuhkan oleh manusia, karena itu banyak pengguna Instagram yang mengunggah konten Instagram makanan. Sebagai makhluk visual, Anda bisa memanfaatkan instagram yang merupakan media sosial yang berfokus pada foto dan video untuk membagikan konten terkait bisnis kuliner Anda kepada publik.

Konten Apa yang Dapat Menarik Perhatian Pengguna Instagram?

Untuk menggunakan Instagram dengan optimal, Anda perlu memperhatikan konten. Berikut adalah beberapa ide konten instagram yang bisa Anda lakukan:

Konten Terkait Signature Dish atau Best Seller Dish 

Ide konten instagram yang pertama adalah mengunggah foto atau video produk makanan Anda. Apabila bisnis Anda baru, maka Anda bisa mulai dengan mengunggah konten makanan yang menjadi ‘pemeran utama’ di bisnis kuliner Anda. Apabila usaha Anda sudah berjalan lama atau sudah memiliki pelanggan yang lumayan, maka Anda bisa mengunggah konten makanan best seller yang paling banyak dibeli.

Yang paling penting saat Anda mengunggah foto atau video produk makanan Anda adalah foto dan video tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar bisa mengupload selera pengguna lain sehingga tertarik untuk membeli makanan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan saat mengambil foto atau video produk:

  • Gunakan cahaya alami dan hindari menggunakan flash.
  • Pastikan background tidak bertabrakan dengan produk Anda.
  • Gunakan berbagai sudut seperti flat lays, side shot, dan close-up.
  • Gunakan setting foto yang tepat.
  • Gunakan aplikasi edit seperti Canva atau Adobe Spark untuk mempercantik foto atau video.

Konten Terkait Menu Terbaru atau Menu Lengkap Bisnis Kuliner Anda

Ide konten instagram yang kedua adalah dengan mengunggah konten berisi menu-menu baru dan menu-menu lain di bisnis Anda. Mengutamakan produk yang best seller itu penting, tetapi lebih baik lagi jika semua produk Anda memiliki sales yang stabil bukan? 

Memiliki menu yang bervariasi dalam bisnis Anda juga dapat membantu mengembangkan bisnis dan pasar Anda. Karena itu setiap Anda memiliki menu baru, pastikan untuk dipromosikan dengan cara membuat kontennya.

Konten Terkait Behind The Scene Proses Pembuatan Produk 

Ide konten instagram yang ketiga adalah dengan mengunggah konten berisi proses behind the scene mulai dari memasak, mempersiapkan bahan, membungkus makanan, dsb. Pastikan bahwa Anda mempersiapkan produk Anda dengan melakukan prosedur yang tepat, karena dengan melihat proses persiapan tersebut, orang-orang menjadi lebih merasa aman dan percaya bahwa makanan yang akan dikonsumsinya itu terjaga kebersihannya.

Anda juga bisa membagikan konten bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam produk Anda sehingga calon pembeli lebih paham dan tertarik dengan produk Anda.

Konten Terkait Testimoni Pengunjung dan Cerita Staff Anda

Ide konten instagram yang keempat adalah membagikan testimoni pengunjung. Anda juga bisa me-repost postingan pengunjung yang menandai Anda. Teknik ini adalah cara untuk menunjukkan kepada audiens bahwa Anda mendengarkan dan menghargai pujian mereka. Selain itu, teknik ini juga berfungsi sebagai jaminan bagi orang-orang untuk mencoba produk Anda. 

Kemudian dengan berbagi cerita dan foto tentang staff mulai dari pemilik, manajer, koki, atau server dapat membantu Anda meningkatkan loyalitas dan membangun koneksi yang lebih dalam dengan audiens.

Konten Terkait Promo, Diskon dan Giveaway Bisnis Kuliner Anda

Ide konten instagram yang kelima adalah membagikan informasi terkait promo, diskon, giveaway dan strategi marketing lain yang tengah berlangsung di bisnis kuliner Anda. Pastikan Anda mengemasnya dalam bentuk foto dan video yang menarik karena orang lebih cenderung melihat foto dan video daripada membaca caption

Konten Terkait Offstore Bisnis Kuliner Anda 

Ide konten instagram yang selanjutnya adalah membagikan konten terkait restoran atau toko bisnis kuliner Anda. Selain mengunggah foto produk makanan Anda, postinglah foto atau video restoran atau toko bisnis Anda, mulai dari eksterior dan interior restoran Anda. 

Hal ini dapat berperan penting dalam menarik pelanggan baru, terlebih bila toko Anda memiliki desain unik dan pemandangan indah. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan sales tidak hanya online saja, tetapi offline.

Konten dari Influencer 

Ide konten instagram yang selanjutnya adalah berkolaborasi dengan influencer yang sesuai dengan bisnis Anda. Kolaborasi dengan influencer merupakan salah satu teknik yang dapat berdampak besar, terlebih bila influence-nya terkenal dan memiliki banyak pengikut atau loyal fans. Pastikan saat memilih influencer untuk diajak berkolaborasi, branding influencer tersebut sejenis dengan bisnis Anda.

Konten Terkait Kuis, QnA, atau Polling di Instagram Story

Ide konten instagram yang terakhir adalah memanfaatkan fitur-fitur Instagram dengan baik. Sekarang ini, instagram memiliki berbagai fitur yang dapat meningkatkan engagement Anda dengan pengikut. 

Misalnya bila Anda ingin mengadakan promosi atau meluncurkan produk baru, Anda bisa menggunakan fitur polling untuk menentukan promosi apa yang harus dilakukan atau produk apa yang kiranya sesuai dengan selera pengikut Anda. Anda juga bisa melakukan promosi dalam bentuk kuis, dan melakukan QnA untuk meminta feedback dari pengikut.

Kenapa Instagram Marketing Sangat Penting di 2023?

ide konten instagram untuk bisnis kuliner

Instagram tetap menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer dan digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Dalam dunia bisnis, Instagram telah menjadi alat pemasaran yang sangat efektif bagi merek dan bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka, berinteraksi dengan pelanggan, dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens mereka.

Hal ini karena Instagram memiliki pertumbuhan pengguna yang sangat pesat. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna Instagram terbanyak di dunia. Media sosial yang satu ini juga memiliki fitur-fitur yang inovatif dan bisa membantu Anda untuk menunjang aktivitas marketing.

Untuk sukses menerapkan Instagram Marketing, Anda tentunya perlu strategi konten yang relevan dengan audiens Anda. Selain itu, konten yang Anda buat juga harus kreatif dan menghibur, serta diposting secara konsisten. Namun, membuat konten yang unik terus menerus terkadang bukan hal yang mudah. Karena itu, Anda bisa menggunakan ide konten yang kami jelaskan dalam artikel ini untuk menginspirasi Anda.

Penutup

Nah itu dia ide-ide konten instagram yang berkaitan dengan bisnis kuliner. Semakin unik konten yang Anda posting, semakin besar minat pengguna lain tertarik. Jangan lupa untuk gunakan hashtag dan location tag. Anda juga harus konsisten berinteraksi dengan pengikut Anda di Instagram. Selain itu, Anda juga bisa mengemas konten makanan dalam bentuk yang lebih menarik, mungkin saja dalam bentuk komik strip, gif, atau cerita pendek (video)

Selain itu dalam menjalankan akun bisnis, jangan lupa untuk melengkapi profil akun dengan benar, terutama nomor telepon dan lokasi. Pastikan bio akun Anda juga singkat tetapi tetap padat agar pengunjung bisa dengan mudah memahami bisnis Anda. 

Tak perlu khawatir, untuk menunjang performa akun instagram bisnis Anda tersedia Website Instant IDCloudHost yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat BioLink atau Landing Page. Ada ratusan template yang bisa Anda pilih dengan mudah dan harga murah mulai dari Rp 5.000/bulan. Tunggu apalagi?

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update