Macam-Macam Keunggulan Object Storage 

Macam-Macam Keunggulan Object Storage 

Berkat perkembangan teknologi, kini semua aspek dalam kehidupan manusia bertransformasi menjadi serba digital. Salah satu yang tidak bisa dipisah adalah media penyimpanan turut terseret arus digitalisasi. Object storage adalah salah satu media penyimpanan yang kini banyak digunakan oleh orang, khususnya perusahaan.

Hal ini berkat keunggulan object storage yang dinilai lebih dibandingkan dengan penyimpanan lain. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih detail mengenai keunggulan object storage, langsung saja ke penjelasan di bawah ini ya!

Pengertian dan Cara Kerja Object Storage

Asal-usul penyimpanan objek dapat ditelusuri kembali pada masa-masa awal internet lahir dan berkembang. Tepatnya saat kebutuhan penyimpanan yang dapat diskalakan dan fleksibel tumbuh bersama jumlah data digital yang dihasilkan dan dibagikan tumbuh dengan cepat. Object storage, atau juga dikenal sebagai penyimpanan berbasis objek, adalah strategi mengelola dan memanipulasi penyimpanan data sebagai unit-unit yang berbeda, yang disebut objek.

Objek-objek ini disimpan dalam satu tempat penyimpanan dan tidak disatukan dengan file-file di dalam folder lain. Sebaliknya, penyimpanan objek menggabungkan potongan-potongan data yang membentuk sebuah file, menambahkan semua metadata yang relevan ke file tersebut. Proses lebih lengkap mengenai object storage dimulai dari penyimpanan objek menambahkan metadata yang komprehensif ke file kemudian menghilangkan struktur file bertingkat yang digunakan dalam penyimpanan file.

Setelahnya, semuanya metadata beserta file yang sudah menjadi objek akan disimpan ke dalam ruang alamat datar (flat address space) yang disebut kumpulan penyimpanan atau storage pool. Metadata dalam object storage merupakan kunci keberhasilan penyimpanan objek karena menyediakan analisis mendalam tentang penggunaan dan fungsi data dalam kumpulan penyimpanan.

Terdapat 3 komponen utama yang membentuk object storage, yaitu:

  • Data: Berupa rich media seperti data sensor, file audio, log, konten video dan foto, halaman web, dan email.
  • Metadata: Sekumpulan data berisi informasi tentang data lain berisi jenis data, fungsi data, keamanan dan informasi lain seperti penulis, tanggal dibuat, tanggal dimodifikasi, dan ukuran file.
  • Global Unique Identifier (GUID): Merupakan istilah yang digunakan merujuk pada alamat yang diberikan ke data dalam object storage. Tujuannya GUID adalah supaya object storage dapat menemukan data dalam sistem terdistribusi dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengetahui lokasi fisik dari data tersebut.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Object Storage vs File Storage!

Keunggulan Object Storage

Setelah memahami mengenai definisi, proses serta komponen object storage, selanjutnya adalah pembahasan mengenai kegunaan dari penyimpanan objek. Secara singkat, beberapa manfaat menggunakan object storage adalah sebagai berikut:

  • Anda dapat menggunakan penyimpanan objek untuk menganalisa data yang besar. Terlebih karena object storage memiliki kemampuan untuk mengklasifikasikan metadata dari banyak file sehingga meningkatkan peluang analisa.
  • Anda dapat menggunakan penyimpanan objek untuk menyimpan data berjumlah besar tanpa batas karena skalabilitasnya yang besar.
  • Anda dapat menggunakan penyimpanan objek untuk melakukan pengambilan data dengan cepat. Hal ini karena struktur kategorisasi penyimpanan objek yang tidak memiliki hirarki folder.
  • Anda dapat menggunakan penyimpanan objek untuk mengurangi biaya karena sifat penyimpanan objek yang tidak terlalu besar dan lebih murah.
  • Anda dapat menggunakan penyimpanan objek untuk optimalisasi sumber daya. Karena penyimpanan objek tidak memiliki hierarki pengarsipan dan bisa mengatur metadata dibandingkan penyimpanan lain.

Lalu, apakah manfaat-manfaat di atas dapat meyakinkan Anda untuk memilih object storage dibandingkan dengan penyimpanan lain? Nah, bila Anda belum yakin, berikut adalah keunggulan object storage bila dibandingkan dengan penyimpanan lain seperti file dan block storage:

  • Skalabilitas

Keunggulan object storage yang pertama dibandingkan dengan penyimpanan lain adalah skalabilitas. Object storage dapat dengan mudah ditingkatkan untuk mengakomodasi data dalam jumlah besar. Penggunaan object storage tidak membutuhkan konfigurasi yang rumit atau mengharuskan Anda meningkatkan  hardware ke yang lebih mahal.

  • Daya tahan 

Keunggulan object storage yang kedua dibandingkan dengan penyimpanan lain adalah daya tahan. Object storage dirancang untuk memberikan daya tahan data tingkat tinggi dan mencegah kehilangan data karena kegagalan perangkat keras atau masalah lainnya.

  • Immutability

Keunggulan object storage yang ketiga dibandingkan dengan penyimpanan lain adalah immutability atau kekekalan. Object storage memiliki kekekalan dan keamanan tinggi yang mendukung fitur-fitur seperti S3 Object Locking dan S3 Versioning. Immutability penyimpanan objek ini memungkinkan Anda untuk melindungi data Anda dari ransomware.

  • Fleksibilitas

Keunggulan object storage yang keempat dibandingkan dengan penyimpanan lain adalah fleksibilitas. Object storage memungkinkan akses dan manajemen data yang fleksibel, dengan berbagai jenis data yang disimpan dalam satu sistem terpadu dan diakses menggunakan interface berbasis web yang sederhana.

Baca Juga: Apa Itu User Interface (UI): Fungsi, dan Cara Kerja

  • Efisiensi biaya

Keunggulan object storage yang kelima dibandingkan dengan penyimpanan lain adalah efisiensi biaya. Object storage umumnya lebih hemat biaya daripada solusi penyimpanan lainnya, terutama untuk menyimpan data tidak terstruktur dalam jumlah besar.

  • Integrasi S3 

Keunggulan object storage yang terakhir adalah integrasi dengan S3. S3 adalah standar penyimpanan yang dibuat oleh AWS. Object storage yang kompatibel dengan S3 dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem dan aplikasi lain, memungkinkan berbagai kasus penggunaan, akses data tanpa batas, dan manajemen di seluruh organisasi.

Contoh Penggunaan Object Storage

object storage

Beranjak dari keunggulan object storage di atas, maka berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila Anda memilih untuk menggunakan object storage:

  • Pengarsipan dan pencadangan data

Object storage sering digunakan untuk penyimpanan data jangka panjang karena dapat menyimpan data dalam jumlah besar dan sangat tahan lama.

  • Media dan hiburan

Object storage sangat cocok untuk menyimpan dan mengelola koleksi file media yang besar, seperti video dan musik. Hal ini karena object storage dapat menangani ukuran file yang besar.

  • IoT dan data sensor

Object storage sering digunakan untuk menyimpan dan mengelola sejumlah besar data yang dihasilkan oleh perangkat Internet of Things (IoT) dan sensor.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Internet of Things (IOT)

  • Data besar dan analitik

Terakhir, object storage sangat sering digunakan untuk menyimpan dan mengelola data tak terstruktur dalam jumlah besar yang digunakan untuk aplikasi big data dan analitik.

Penutup

Kesimpulannya, ada banyak keunggulan object storage seperti metadata yang kaya dan skalabilitas tak terbatas. Selain itu, harga penyimpanan objek lebih terjangkau daripada penyimpanan lain. Hambatan utama yang membuat object storage melemah adalah bahwa konfigurasi tradisionalnya kalah jika dibandingkan dengan kinerja. Karena itu juga object storage lebih sering digunakan sebagai cadangan utama.

Buat Anda yang ingin menggunakan object storage, tidak perlu bingung karena ada Object storage IDCloudHost yang kompatibel dengan Protokol S3 serta menawarkan skalabilitas, ketersediaan data dan keamanan dengan performa terbaik dan harga termurah.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update