Daftar Situs Marketplace Terbaik di Indonesia 2022

Daftar Situs Marketplace Terbaik di Indonesia 2022

Perkembangan teknologi dan internet telah memberikan kemudahan dalam banyak hal dalam kehidupan masyarakat modern. Tidak hanya perkembangan di sektor informasi dan komputer, tetapi salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat dari kemajuan teknologi adalah sektor ekonomi.

Kalau dulu kegiatan ekonomi dan perdagangan sangat terbatas oleh letak geografis, kini semua dapat diatasi dengan adanya e-commerce atau marketplace yang bisa dilakukan secara online. Karenanya, pertumbuhan marketplace di seluruh dunia juga meningkat termasuk Indonesia.

Adapun marketplace yang semakin bertumbuh saat ini di Indonesia datang dengan latar belakang dan karakteristik mereka masing- masing. Mari simak dan ketahui marketplace apa saja yang masuk dalam daftar marketplace terbaik di Indonesia tahun 2022 ini.

 

Memahami Apa Itu Marketplace

 

 

Setiap tahunnya, transaksi ekonomi melalui marketplace terus meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan belanja online dipandang sebagai solusi untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan transaksi yang lebih aman karena minimnya kontak fisik.

Selain itu, menurut data yang diambil dari iPrice, pandemi Covid-19 yang melanda dunia Maret 2022 lagi, belanja online masyarakat meningkat meningkat drastis hingga 400%. Ini data yang risk sedikit karena perdagangan online semakin lama tentu semakin umum digunakan.

Dengan meningkatnya transaksi online dan semakin banyaknya orang yang berbelanja di Marketplace, istilah Marketplace sendiri semakin familiar. Marketplace adalah situs web atau aplikasi seluler yang menghubungkan penjual dengan pembeli melalui internet. Anda dapat menemukan berbagai item untuk setiap kebutuhan Anda di Marketplace.

Mulai dari makanan, elektronik, produk fashion hingga barang bekas, marketplace merupakan tempat sera ada yang bisa diakses dari mana, kapan dan oleh siapa saja. Ini tidak terlepas karena marketplace memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Sama seperti pasar tradisional, marketplace menyediakan tempat untuk setiap merchant yang ingin berjualan, hanya saja di Marketplace, penjual tidak perlu membayar sewa untuk mendapatkan tempat berjualan.

Perlu diketahui kalau marketplace pertama di dunia dan pelopor yang mempopulerkan budaya belanja melalui internet adalah eBay yang pertama kali dirilis pada tahun 1995. Meski menjadi pelopor pertama, marketplace paling populer di dunia saat ini adalah Amazon. Sedangkan untuk pasar Indonesia, marketplace lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak merupakan pemain awal yang masih merajai dan telah meraih status unicorn dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar.

 

Baca Juga  :     Cara Menggunakan Facebook Marketplace Dengan Mudah

 

Daftar Situs Marketplace Terbaik di Indonesia 2022

Daftar Situs Marketplace Terbaik di Indonesia 2022
 

Setiap marketplace tentu menawarkan berbagai keunggulan baik untuk penjual maupun pembelinya. Semua keunggulan ini pasti akan dipandang berbeda karena penjual dan pembeli mempunyai keperluan juga kebutuhan yang berbeda- beda pula. Berikut beberapa daftar marketplace terbaik di Indonesia tahun 2022.

 

Tokopedia

Dengan 135 juta kunjungan per bulan pada kuartal pertama tahun 2021, Tokopedia bisa dibilang sebagai marketplace nomor satu di Indonesia. Meski memiliki trafik pasar tertinggi dibandingkan e-commerce lainnya, Tokopedia hanya memiliki GMV sebesar US$ 14 miliar.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2009 lalu oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya ini memang dikhususkan dalam e-commerce, dengan menyediakan berbagai pilihan produk. Tokopedia sendiri merupakan platform bisnis bersifat C2C, dimana konsumen langsung memasarkan dan menjual ke konsumen lain.

Tetapi juga mengandalkan strategi business to customer (B2C) dimana official store juga menjual langsung ke konsumen. Selain itu Tokopedia mencakup berbagai layanan untuk membantu pedagang yang berjualan di marketplace. Dengan dukungan dan fitur promosi, statistik toko, fitur keuangan dan broadcast chat, merchant dapat meminjam sumber daya untuk mendukung bisnisnya.

 

Shopee

Shopee didirikan di Singapura dan kini menjadi e-commerce terbesar kedua di Indonesia. Dengan 124,40 juta pengunjung website setiap bulannya, Shopee mendominasi jumlah kunjungan bulanan sepanjang tahun 2020 lalu. Bahkan marketplace ini juga menjadi juara bertahan dalam konteks pemeringkatan e-commerce di AppStore dan PlayStore.

Sebagai platform belanja online yang sangat populer, tercatat pada kuartal I tahun 2021, jumlah pengikut akun resmi Shopee di media sosial Twitter tercatat 578.000, Instagram 7,65 juta, Facebook 21,55 juta, dan memiliki 10.530 karyawan. Maka dengan jumlah karyawan sebanyak itu, Shopee menjadi e-commerce dengan jumlah karyawan terbesar di Indonesia.

 

Baca Juga  :     Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce

 

Bukalapak

Bukalapak masih bertahan karena masih menjadi banyak pilihan bagi pembeli dan penjual online. Platform ini menyediakan berbagai banyak produk dengan berbagai macam jenis dan tujuan. Belum lagi, pasar online terkemuka populer ini karena kemudahan yang diberikannya kepada pembeli dan penjual baik dalam hal transaksi dan pengalaman berbelanja.

Mengandalkan pengalaman belanja yang baik bagi para customernya, Bukalapak menyediakan beragama produk, jaminan finansial yang diberikan kepada nasabah, serta kualitas situs dan keandalan layanan dan pengiriman selalu berhasil membuat penggunanya tetap setia terhadap platform yang sudah lama beroperasi ini.

 

Lazada

Meski masuk dalam daftar marketplace lokal Indonesia ini, Lazada juga merupakan platform belanja online yang juga terkenal di negara Asia Tenggara seperti Filipina, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Didirikan oleh perusahaan besar Cina Rocket Internet pada tahun 2011 lalu, Lazada telah diambil oleh platform belanja online raksasa Alibaba sejak tahun 2016 dimana operasional situs e-commerce di Asia Tenggara hanya dikendalikan oleh Alibaba saja. Walau buka yang paling terkenal dibandingkan dengan Shopee maupun Tokopedia, Lazada juga bisa menjadi pilihan marketplace terbaik lainnya.

 

Baca Juga  :      Tips Memilih Marketplace yang Tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online

 

Bhinneka

Platform yang satu ini juga cukup terkenal karena mempunyai pengunjung bulanan yang cukup besar. Sedikit berbeda dengan platform marketplace lain, situs web ini terkenal sebagai rumah bagi beberapa gadget dan alat terbaru di berbagai genre utilitas, hiburan, dan pendidikan.

Menyediakan berbagai keperluan komputer, gadget, peralatan rumah tangga, perkakas dan aksesoris elektronik lainnya di Indonesia, bisa dikatakan kalau Bhinneka merupakan pelopor e-commerce dalam hal penjualan produk elektronik dan gadget terbaru.

 

Sociolla

Jika platform marketplace lain menyediakan berbagai produk apa saja termasuk kosmetik, Sociolla mengkhususkan diri untuk menjual semua produk kecantikan dari beragama brand baik lokal maupun internasional. Sociolla menjual berbagai keperluan perawatan kulit dan kecantikan yang mencakup semuanya mulai dari perawatan kulit dan rambut, rias wajah, peralatan kecantikan,parfum, dan sebagainya.

Karena perbedaan ini. Menjadi Sociolla sebagai salah satu dari 10 besar situs e-commerce di Indonesia. Dengan statistik pengunjung bulanan yang sangat besar telah cukup membuktikan popularitas dan kesuksesannya yang besar di dunia e-marketing. Sociolla juga menjadi status sebagai tujuan belanja kecantikan paling dicari di negara ini.

 

Baca Juga  :       5 Langkah Mudah Cara Daftar Affiliate Shopee 2022

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap Marketplace memiliki karakteristiknya masing-masing dimana karakteristik tersebut meliputi reputasi, perbandingan harga, variasi produk, layanan logistik, hingga karakteristik pengguna. Karakteristik tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa setiap marketplace memiliki keunggulan dan target penggunanya.

Anda dapat menggunakan keunggulan dan target pengguna masing-masing Marketplace untuk tujuan bisnis. Jika Anda berencana untuk menjual suatu jenis produk tertentu, maka akan lebih cocok untuk dipasarkan melalui salah satu marketplace untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai. Sedangkan jika Anda adalah seorang pembeli, Anda bisa mencari marketplace yang lengkap dengan banyak promosi voucher.

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update