5 Langkah Mudah Cara Daftar Affiliate Shopee 2022

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Shopee telah berkembang pesat menjadi salah satu platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara hanya karena seluruh konsep Shopee dibangun di atas konsep kustom yang dibuat khusus yang sesuai dengan karakteristik e-commerce wilayah tersebut. Kemudahan penggunaan, keamanan dan keselamatan serta waktu respons yang cepat merupakan alasan mengapa Shopee menjadi tempat belanja online pilihan di sebuah negara saat ini. Berbagai pilihan Shopee dalam hal produk dan layanan mulai dari produk kesehatan & kecantikan, perawatan pribadi, fashion dan mainan anak-anak, peralatan kebugaran, elektronik konsumen dan bahkan rumah & tempat tinggal antara lain adalah faktor lain yang menjadikan Shopee tempat yang paling ideal untuk berbelanja apa saja yang dibutuhkan orang-orang.

Merupakan ide yang bagus bagi juga bagi Anda untuk bekerja di mana saja di dunia tanpa jadwal kerja yang tetap di affiliate Shopee. Seperti yang diketahui, pemasar afiliasi terkenal tidak perlu bersusah-payah memikirkan tentang gaya hidup nya, melainkan mereka dapat memilih untuk menjalani kehidupan dengan gaya yang baik bahkan diidamkan banyak orang. Pemasaran afiliasi menjadi lebih populer setiap hari karena orang memperdagangkan gaya hidup mereka, disisi lain ini mereka memiliki kesempatan untuk menjadi bos mereka sendiri. Satu-satunya masalah dengan konsep ini adalah menjadi affiliate marketer tidak mudah. Semakin populernya pemasaran digital membuat semakin sulit untuk membangun bisnis pemasaran afiliasi yang berkelanjutan.

 

Baca Juga :  Cara Memulai Affiliate Marketing Bagi Pemula dan Jenis/Tipenya

 

Mengenal Apa Itu Affiliate Shopee

5 Langkah Mudah Cara Daftar Affiliate Shopee 2022
 

Diluncurkan di Indonesia pada tahun 2015, Shopee kini juga beroperasi di banyak negara dan kawasan Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura, dan Taiwan. Kini Shopee juga melebarkan sayap bisnisnya ke beberapa negara Amerika Selatan seperti Brazil, Chile, dan Kolombia. Meskipun awalnya merupakan marketplace B2C, Shopee Indonesia kini mendukung transaksi B2B dan dropshipping. Platform ini sangat menarik bagi afiliasi baru karena layanan escrow-nya membayar pemasok saat pengiriman pesanan dikonfirmasi.

Selain itu, Shopee memungkinkan warga Indonesia untuk membeli langsung dari merchant China tanpa membayar biaya pengiriman. Karena kualitas tinggi dan harga murah, banyak orang menyukai barang-barang Cina. Maka bukan lagi rahasia untuk membeli secara online secara global untuk kebutuhan Anda. Salah satu contoh e-commerce lainnya adalah AliExpress, dimana pasar global brand China terbesar, yang memungkinkan pengecer online, dropshippers, dan pelanggan individu untuk membeli produk China yang bagus tapi murah di seluruh dunia.

Sekarang, Anda mungkin mulai paham apa itu Shopee. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan di Shopee? Anda mungkin pernah mendengar tentang program Afiliasi Shopee, yang sangat mudah sehingga siapa saja dapat melakukannya di mana saja. Program Afiliasi Shopee dianggap sebagai ide bisnis online tanpa perlu modal. Karena yang harus Anda lakukan hanyalah bergabung dan membagikan tautan produk, dan Anda akan mendapatkan komisi.

Baca Juga :  Tips Sukses Menjalankan Affiliate Marketing untuk Pemula yang Menguntungkan

Bagi mereka yang memiliki puluhan ribu pengikut di media sosial, mereka hanya perlu membagikan tautan produk di media sosial Anda dan pengikut yang Anda miliki dapat mengklik tautan tersebut dan membelinya. Setelah produk yang Anda bagikan terbukti dibeli melalui tautan Anda, maka Anda akan mendapatkan tingkat komisi tertentu. Dengan tingkat komisi sekitar 3% -10%, program afiliasi Shopee membantu Anda menghasilkan pendapatan tambahan secara online. Selain itu, afiliasi Shopee merupakan program yang dapat digunakan siapa saja untuk mempromosikan produk Shopee di Internet. Ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang suka berlama-lama di media sosial. Jadi bergabung dengan program afiliasi Shopee sekarang sudah cukup untuk mempromosikan produk Shopee yang memenuhi syarat di berbagai akun media sosial Anda misalnya, YouTube, Instagram, Facebook, dll.

Saat mempromosikan produk Shopee, Anda perlu sedikit kreatif agar terlihat lebih menarik. Semakin banyak orang yang berdagang dengan produk yang Anda promosikan, semakin banyak pendapatan yang Anda hasilkan. Untuk lebih jelasnya, berikut catatan tentang manfaat jika Anda bergabung dengan program Afiliasi Shopee.

  1. Memiliki kebebasan untuk memilih produk dan menyajikan konten promosi.
  2. Komisi akan didapatkan dengan mudah, cukup dengan menyebarkan link referral.
  3. Pengguna baru akan mendapatkan komisi 10% atau lebih .
  4. Pengguna lanjutan akan mendapatkan komisi minimal 3% untuk setiap transaksi.
  5. Pembayaran akan dilakukan secara transparan sesuai dengan transaksi pembelian dan link referral.
  6. Tidak ada kontrak yang mengikat dengan Shopee terkait pembuatan konten sehingga Anda dapat lebih fleksibel dalam bekerja untuk membuat konten promosi semenarik mungkin.
  7. Bebas memilih produk yang ingin Anda promosikan.

 

Baca Juga :  Daftar Program Affiliate Marketing yang Menguntungkan dan Mudah

 

5 Langkah Mudah Cara Daftar Affiliate Shopee 2022

5 Langkah Mudah Cara Daftar Affiliate Shopee 2022
 

Adapun langkah-langkah untuk mendaftar dalam affiliate Shopee adalah sebagai berikut :

  1. Buka browser kemudian akses affiliate.shopee.co.id. Selanjutnya login menggunakan akun Shopee yang Anda miliki.
  2. Apabila belum memiliki akun, silahkan klik “Daftar” menggunakan nomor telepon yang dimiliki, lalu ikuti langkah pembuatan akun sampai selesai.
  3. Jika akun berhasil dibuat, klik opsi “Masuk sekarang”.
  4. Lanjutkan proses pendaftaran Shopee affiliate program dengan melengkapi seluruh formulir dengan benar.
  5. Terakhir pilih opsi “Daftar”.

Selanjutnya Anda harus menunggu validasi dari pihak Shopee. Proses ini membutuhkan waktu maksimal 3×24 jam kerja. Apabila telah sesuai dengan ketentuan Shopee, maka Anda akan mendapatkan email persetujuan untuk bergabung dengan program tersebut. Maka dari itu, pastikan nomor WhatsApp dan alamat email yang Anda masukkan benar. Sebab kedua kontak tersebut akan mempengaruhi proses validasi data yang Anda berikan.

Selain itu, adapun ketentuan dalam hal pembayaran program afiliasi Shopee yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut :

  • Tarif Komisi

    Tarif komisi adalah biaya yang dibayarkan Shopee kepada afiliasi. Biaya ini dihitung sesuai dengan tarif yang tercantum di situs web Shopee atau perjanjian yang telah dibuat antara afiliasi dan Shopee.

  • Biaya Komisi

    Biaya komisi ditentukan berdasarkan perhitungan nilai pembelian yang diselesaikan dikalikan dengan tarif komisi. Komisi Biaya yang diterima oleh afiliasi termasuk pajak pertambahan nilai.

  • Pembayaran Minimum

    Biaya komisi ditambahkan ke saldo akun setiap 14 hari. Saldo minimum yang harus dibayar setiap 14 hari adalah Rp 10.000. Shopee berhak untuk menahan diri dari pembayaran hingga periode pembayaran saldo memenuhi persyaratan pembayaran minimum.

  • Pembayaran Komisi

    Komisi di bawah Rp 1.000.000 akan dibayarkan ke akun online afiliasi. Namun, jika jumlahnya di atas Rp 1.000.000, maka akan dikirimkan melalui transfer bank.

  • Pajak

    Pajak dibayar berdasarkan syarat dan ketentuan. Shopee akan memotong pajak dari jumlah yang harus dibayarkan kepada afiliasi.

 

Baca Juga :  Mengenal Apa itu Afiliasi (Affiliate) : Defenisi, Keunggulan, Manfaat, Cara Kerja

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejauh ini, ternyata program affiliate Shopee tidak sulit untuk dijalankan, bukan? Ini adalah peluang bisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan yang lebih penting, pasarkan juga bisnis online Anda jika ada. Selain itu, cara kerjanya juga cukup mudah, hanya dengan menyebarkan link produk yang didapat dari platform Program Afiliasi Shopee ke semua akun media sosial Anda. Sekali lagi, Anda harus sedikit kreatif untuk memoles tampilan konten untuk promosi agar terlihat lebih menarik di mata calon kontributor komisi nantinya.

Semoga artikel ini dapat memberikan Anda penjelasan lengkap mengenai apa itu program afiliasi Shopee dan cara untuk bergabung menjadi affiliate. Terakhir, jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan diatas agar Anda berhasil!

Related Post :

popup image