Tips Memilih Marketplace yang Tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Bisnis online menjadi pilihan bisnis yang paling populer saat ini, mulai dari pebisnis lebih dapat menjangkau pelanggan tanpa batasan geografis, tetapi juga pelanggan dapat berbelanja kapan dan dari mana saja. Lalu jika Anda juga ingin mencoba bisnis online ini, apakah langkah dan cara yang harus Anda tempuh? Apa sajakah yang harus Anda pelajari sebelum memulai bisnis Anda?

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis bisnis yang sesuai minat dan kemampuan Anda. Selanjutnya adalah melakukan dasar semua bisnis, yakni riset pasar dan membuat strategi yang dibutuhkan bisnis Anda. Kemudian tentu saja memilih platform dimana Anda nantinya akan menjual dan menjalankan bisnis Anda.

Anda bisa memilih untuk membuat dan meluncurkan toko online Anda sendiri dengan membuat situs web dengan menggunakan platform WordPress atau Blogger. Tetapi bagi bisnis pemula, mungkin bergabung dengan marketplace yang sudah mempunyai reputasi baik adalah jalan terbaik. Ada beberapa marketplace yang bisa Anda pilih di Indonesia, mulai dari Shopee yang mempunyai banyak merchant, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain- lain.

 

Tips Memilih Marketplace yang tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online

Tips Memilih Marketplace yang Tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online
 

 

Membangun bisnis online memang sedikit lebih rumit dan memerlukan banyak perhatian tersendiri. Saat memilih marketplace online, menemukan yang tepat sangat penting karena ini akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Beberapa dasar- dasar yang harus Anda perhatikan adalah ukuran dan jangkauan, spesialisasi, basis pembeli, dan biaya dari sebuah marketplace. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda akan dapat menjual peralatan Anda tepat waktu dan dengan nilai maksimum. Dibawah ini tips dan penjelasan dalam memilih marketplace yang tepat :

  • Ukuran dan jangkauan marketplace

    Kualitas pertama yang harus dicari di pasar online adalah ukuran dan jangkauannya. Jika Anda memilih marketplace dengan pembeli kecil atau tanpa strategi pemasaran aktif, dan kecil kemungkinan Anda akan menjual barang Anda dengan cepat. Hasilnya adalah waktu yang terbuang dan jadwal operasional penjualan yang sia- sia. Indikator utama keberhasilan situs lelang adalah jumlah penggunanya yakni dapat dilihat dari memiliki banyak pembeli aktif di situsnya.
    Juga, situs marketplace yang hebat harus memiliki cara untuk mempromosikan barang Anda kepada pembeli mereka. Mereka harus dapat memasarkan untuk Anda, memiliki kemitraan pemasaran afiliasi, dan memiliki kehadiran web yang kuat untuk menarik pembeli. Kombinasi faktor ini akan memungkinkan Anda untuk membuat daftar, menjual, dan memulihkan modal pada item Anda dengan cepat. Untuk menghindari memilih marketplace yang salah, mungkin Anda harus melakukan riset untuk mendapatkan gambaran seberapa baik kinerja situs marketplace tersebut.

  • Spesialisasi marketplace

    Banyak pasar online tidak terspesialisasi sehingga mereka menjual apa saja di situs mereka mulai dari produk kecantikan, fashion, alat- alat perkebunan, elektronik, barang bekas dan lain-lain. Tantangan dengan jenis pasar ini adalah menampilkan produk Anda di depan pembeli yang tepat. Di situs-situs ini, mustahil untuk menentukan jumlah pasti pengguna yang mencari peralatan industri versus barang-barang lainnya.
    Selain juga harus memperhatikan faktor jumlah pembeli, Anda juga harus memperhatikan faktor jenis pembeli yang tepat. Tidak masalah berapa banyak pengguna yang ada di sebuah situs marketplace atau seberapa besarnya pasaran mereka, jika bisnis Anda tidak termasuk dalam kategori mereka, mungkin ini bukan marketplace yang tepat untuk Anda.

  • Basis pembeli marketplace

    Jangkauan geografis adalah hal mustahil untuk bisnis fisik konvensional, tetapi tidak untuk bisnis online saat ini. Anda tentu ingin mendapatkan dan menjual lebih banyak produk tanpa harus terbatasi oleh letak geografis, karenanya Anda ingin bergabung dengan marketplace besar.
    Tetapi ini juga akan bergantung pada tujuan bisnis Anda. Beberapa bisnis mungkin hanya ingin menjual di dalam area satu pulau saja, keluar pulau, satu negara atau bahkan keluar negeri. Maka darinya, pilihan marketplace yang bisa membantu Anda dan memberikan beberapa opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Biaya bergabung dengan marketplace

    Kriteria terakhir yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih pasar online adalah biaya. Anda tidak hanya harus mempertimbangkan struktur biaya situs tetapi juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari sistem dan memposting daftar barang yang akan Anda jual di situs marketplace tersebut. Ada banyak jenis biaya yang perlu dipertimbangkan seperti biaya daftar, komisi atas barang yang dijual, biaya pemrosesan pembayaran, dan biaya pemasaran dan promosi. Biaya ini juga akan turut mempengaruhi laba dan nilai penjualan akhir.
    Pertimbangan penting lainnya adalah berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk membuat listingan Anda diposting di pasar. Bagaimanapun, waktu adalah uang dan Anda ingin memastikan situs mudah digunakan dan dinavigasi. Pasar online yang baik akan menyediakan jalur dukungan penjual khusus, atau manajer akun yang dapat memandu Anda melalui proses penjualan.

 

Baca Juga  :    Cara Memulai Bisnis Online, Tips dan Trik yang Harus Diketahui Pemula

 

Kelebihan Menggunakan dan Bergabung Marketplace

Pasar online memungkinkan Anda untuk menjual barang tanpa membuat toko online Anda sendiri. Menjual melalui pasar online memberikan peluang bisnis yang fleksibel dengan biaya awal yang relatif rendah. Beberapa kelebihan dan manfaat potensial bergabung dengan marketplace adalah :

  • Marketplace akan menyediakan saluran tambahan untuk memasarkan dan menjual produk Anda
  • Platform ini juga dapat menawarkan pengurangan biaya pemasaran dibandingkan dengan saluran penjualan lainnya.
  • Beberapa marketplace memungkinkan peluang baru untuk menjangkau penjualan luar negeri.
  • Pertumbuhan pasar online semakin meningkat terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini.
  • Marketplace sangat populer di kalangan pelanggan dan menawarkan cara mudah untuk membandingkan harga dan produk dari satu sumber saja.
  • Menjual dan menjadi bagian dari pasar online yang mapan memberikan tingkat kepercayaan antara Anda dan pembeli
  • Ulasan, review atau testimoni atas produk dan layanan Anda dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan baru untuk membeli
  • Marketplace menawarkan peluang untuk membangun kemitraan perdagangan baru dengan pedagang dan pemasok, baik di dalam rantai pasokan Anda atau di seluruh rantai pasokan.
  • Marketplace memberikan transparansi yang lebih besar dengan ketersediaan, harga, dan tingkat stok dapat diakses di lingkungan terbuka.
  • Tentu saja marketplace memungkinkan bisnis untuk beroperasi sepanjang waktu tanpa lagi batasan waktu dan masalah dengan berbagai jam perdagangan internasional sekalipun.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Marketing Terbaik Bagi Bisnis Online di Tahun 2021

 

Kekurangan Bergabung di Marketplace

Tips Memilih Marketplace yang Tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online
 

Kelebihan dan manfaat di atas mungkin menggiurkan bagi banyak pengusaha dan pemilik bisnis online, tetapi Anda juga harus melihat kekurangan dan kelemahan dari marketplace juga, seperti :

  • Marketplace dapat membebankan komisi pada setiap penjualan dan biaya dapat bervariasi dari satu situs ke situs lainnya. Sebelum menjual produk Anda di pasar, pastikan Anda memahami struktur harga pasar.
  • Toko online dapat memberlakukan syarat dan ketentuan yang membatasi dalam hal bagaimana Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Beberapa marketplace mungkin memberikan beberapa batasan pasar tentang bagaimana bisnis Anda dapat menandai kehadiran onlinenya.

 

Baca Juga  :   Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Menguntungkan Bagi Pemula di Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Memilih platform marketplace sebagai tempat mengoperasikan bisnis akan menawarkan banyak manfaat bagi pedagang grosir, pengecer, dan perusahaan yang memasok produk dan layanan khusus lainnya. Marketplace adalah pilihan populer tidak hanya bagi pebisnis pemula yang baru ingin mengenalkan dirinya hingga bisnis besar yang sudah beroperasi puluhan tahun.

Dengan bergabung di marketplace akan memungkinkan perusahaan untuk menjual produk dengan pemasaran dan pengeluaran minima dan perusahaan yang sukses dapat dengan cepat menjadi bisnis yang berkembang. Vendor kecil dapat bersaing dengan organisasi pemasaran terbesar dengan pijakan yang relatif sama. Namun, penting untuk memastikan bahwa marketplace yang Anda pilih telah memiliki situs web kuat yang dirancang dengan baik dan terintegrasi penuh untuk memanfaatkan setiap fitur platform.

 

 

Related Post :