Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Bisnis Rumahan?

Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Bisnis Rumahan?

Digital marketing adalah strategi pemasaran digital yang terus berkembang dan semakin populer penggunaannya. Adapun channel pemasaran yang sering disandingkan adalah media sosial vs website. Beberapa pemasar merasa menggunakan media sosial sudah cukup namun beberapa lainnya menyatakan channel yang paling utama adalah website.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami akan menyajikan konten artikel yang memberikan insight apakah Anda harus menggunakan media sosial atau website. Lebih lanjut, Anda juga bisa membandingkan kelebihan dan kelemahan masing-masing channel digital marketing. Dengan demikian, untuk selengkapnya maka Anda bisa memperhatikan artikel berikut ini!

Media Sosial vs Website

Media sosial adalah platform digital yang berfungsi sebagai media sosial di internet. Melalui media sosial maka penggunanya dapat berinteraksi dan terhubung satu sama lain. Adapun Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia atau sebesar 167 juta orang. Dengan demikian, hal tersebut dapat menguntung bisnis untuk melakukan pemasaran digital dan memberikan peluang angka konversi baru melalui digital marketing.

Adapun website adalah halaman web yang mengandung informasi tertentu pada suatu domain di internet. Semua orang dapat mengunjungi suatu website dengan tampilan dan konten profesional yang sesuai dengan bisnis. Selain itu, Anda juga dapat memberikan promosi dan menawarkan layanan produk secara profesional sesuai dengan brand identity.

Baca Juga: Pentingnya Brand Identity dan Tips Mudah Membangunnya

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial vs Website

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial vs Website

Baik media sosial maupun website memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, adapun kelebihan dari kedua platform tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kelebihan Media Sosial

Perkembangannya yang masif membuat media sosial menjadi bagian dari kehidupan kita semua hingga saat ini. Apa saja kelebihan media sosial untuk bisnis Anda?

Media sosial itu gratis

Media sosial gratis dan dan semua orang bisa menggunakan media sosial. Lebih lanjut, hal tersebut juga membuat semua mendaftar akun media sosial sehingga penggunanya sangat banyak. Oleh karena itu, hal tersebut bermanfaat bagi para pemasar untuk mengembangkan segmennya.

Media sosial itu mudah digunakan

Pada dasarnya, untuk menggunakan media sosial Anda tidak perlu mengikuti pelatihan tertentu namun sangat user-friendly sehingga semua orang bisa menggunakannya. Kemudahan tersebut juga yang membuat penghematan dalam channel pemasaran Anda sehingga yang perlu Anda pertimbangkan hanyalah strategi media sosial .

Lebih lanjut, kemudahan dalam penggunaan dalam media sosial juga yang platform digital ini menjadi target pemasaran dengan audiens yang cukup luas.

Media sosial menyajikan konten yang kreatif

Konten yang terdapat pada media sosial cenderung lebih kreatif yang dilengkapi dengan musik dan visual yang lebih menarik. Dengan hal tersebut, maka digital marketers bisa membuat konten yang variatif dan menarik sehingga disukai oleh para pengguna. Dengan demikian, hal ini cenderung memberikan kesempatan untuk bisnis menarik perhatian konsumen sehingga meningkatkan brand awareness.

Membangun komunitas

Ramainya pengguna media sosial memungkinkan Anda membangun community marketing. Melalui komunitas ini Anda bisa mendapatkan feedback dan membangun relasi dengan pelanggan. Lebih lanjut, hal ini akan menjadi investasi jangka panjang Anda khususnya karena berhubungan langsung dengan loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Community Marketing? Manfaat dan Jenis

  • Kelebihan Website

Selain media sosial, website adalah media promosi yang wajib Anda pertimbangkan, nih. Apa saja kelebihan website? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Membangun kredibilitas yang profesional

Kredibilitas adalah hal-hal yang dapat menimbulkan keyakinan dan kepercayaan. Adanya website dapat menjadi variabel yang dapat menimbulkan kredibilitas tersebut. Hal ini terjadi karena setidaknya 47% orang-orang akan mengunjungi official website sebuah perusahaan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Jika Anda mengatur website dengan tampilan yang menarik dan profesional, maka hal tersebut akan menimbulkan keyakinan konsumen untuk membeli produk Anda. Lebih lanjut, website juga merupakan cerminan rumah Anda sehingga setiap tamu akan memiliki impresinya masing-masing. Dengan demikian, misalkan Anda menulis konten yang berkualitas maka hal tersebut tentu akan membangun kredibilitas yang kuat dibandingkan hanya sebuah postingan di media sosial.

Baca Juga: Struktur dan Cara Penulisan Artikel SEO Friendly

Anda memiliki website seutuhnya 

Pada dasarnya, biaya yang Anda keluarkan untuk membuat website akan menjadi kepemilikan Anda. Lebih lanjut, dengan kepemilikan tersebut Anda juga bebas membuat konten tanpa harus takut menyalahi aturan tertentu karena kebijakan aturan tersebut terdapat pada Anda sendiri.

Untuk memiliki website tersebut seutuhnya, Anda dapat membeli hosting dan domain sehingga membuat website menjadi profesional. Lebih lanjut, layanan domain IDCloudHost yang mendukung kepemilikan website Anda. Selain harga yang murah, Anda juga bisa memindahkan domain dan mendapatkan control panel secara penuh.

Search Engine Optimization

Tahukah Anda bahwa 89,3 miliar orang-orang mengakses mesin pencari setiap tahunnya. Namun, konversi jumlah pengguna tersebut akan dimenangkan oleh website yang memiliki SEO yang baik. Dengan demikian, dengan memiliki website akan Anda bisa mendapatkan peringkat SEO dan berkompetisi dalam mendapatkan konsumen secara digital.

Adapun SEO sendiri adalah berbagai yang optimasi website sehingga mendapatkan peringkat pertama pada halaman mesin pencari. Lebih lanjut, SEO juga merupakan salah satu kelebihan website karena dapat menjadi investasi jangka panjang dalam mendatangkan trafik sehingga membantu konversi penjualan.

Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat SEO Yang Wajib Anda Ketahui!

Kemampuan dalam kustomisasi

Anda dapat melakukan kustomisasi pada website dan membangun ciri khas sebuah bisnis. Anda bebas membangun desain dan bagaimana website Anda terlihat di mata konsumen. Dengan demikian, Anda tidak perlu tergantung dengan platform lainnya karena Anda bisa membangun website secara mandiri sesuka hati dari awal hingga berkembang.

Kekurangan Media Sosial VS Website

Kekurangan Media Sosial VS Website

Setelah melihat kelebihan platform media sosial dan website, maka selanjutnya mari kita perhatikan kelemahan dari platform tersebut. Adapun kekurangan media sosial vs website adalah sebagai berikut

  • Kekurangan Media Sosial

Selain beberapa kelebihan di atas, media sosial juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib Anda pertimbangkan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tingkat kontrol yang lemah

Meskipun melalui media sosial Anda lebih mudah dalam meningkatkan brand awareness, namun Anda tidak bisa mengontrol media sosial khususnya ketika adanya komentar atau issue tertentu. Lebih lanjut, para pengguna bisa saja berkomentar negatif dan memberikan opininya tanpa adanya filters. Selain itu, kompetitor juga lebih banyak bahkan beberapa diantaranya memiliki comment tersendiri. Dengan demikian, untuk membangun brand media sosial yang kredibilitas dan profesional memiliki waktu dan tantangan tersendiri.

  • Kekurangan website

Selain berbagai kelebihan di atas, website juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mulai menggunakannya.

Waktu dalam membangun website

Membuat website yang profesional membutuhkan waktu yang lama. Lebih lanjut, dalam website ada desain yang harus Anda gambarkan, konten yang harus Anda tulis, dan elemen krusial lainnya. Semua hal tersebut, memerlukan waktu dan konsisten untuk mempelajari sehingga sesuai dengan brand dan kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah

Jadi, Pilih Media Sosial atau Website?

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan media sosial vs website di atas, mungkin Anda bertanya-tanya platform mana yang terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, jawabannya adalah keduanya.

Benar sekali, masing-masing platform tersebut memiliki kelebihannya tersendiri. Oleh karena itu, Anda bisa menutup kekurangan suatu platform dengan memanfaatkan platform yang lainnya. Bahkan, beberapa trafik website juga didapatkan dari media sosial sehingga pada dasarnya penggunaan media sosial juga mendukung kualitas website.

Sebaiknya, melalui website Anda juga bisa mencantumkan media sosial Anda untuk membangun engagement. Dengan demikian, hal ini akan mendatangkan strategi pemasaran yang lebih strategis dan mendukung operasional bisnis Anda.

Penutup

Memilih antara media sosial vs website menjadi pertanyaan apakah harus menggunakan keduanya atau salah satu. Namun pada dasarnya, baik media sosial maupun website memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dengan demikian, sebaiknya Anda menggunakan kedua platform tersebut sehingga bisa memanfaatkan kelebihan kedua platform tersebut untuk menutupi masing-masing kelemahan.

Jika Anda mempertimbangkan menggunakan media sosial profesional, maka Anda bisa mencoba memilih layanan cloud hosting. Lebih lanjut, layanan ini memiliki optimized NVMe serta litespeed yang membuat website lebih cepat diakses dari web server lain. Selain itu, layanan ini juga memiliki alokasi sumber daya menggunakan dedicated untuk RAM dan CPU Core. Dengan demikian, dapatkan server yang berkualitas yang mendukung kualitas website bisnis Anda!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update