Apa Itu Community Marketing? Manfaat dan Jenis

Apa Itu Community Marketing? Manfaat dan Jenis

 

Community marketing adalah salah satu pemasaran yang tepat dalam upaya membangun hubungan dengan pelanggan dan menciptakan reputasi bisnis yang baik. Melalui jenis strategi pemasaran ini, Anda bisa membagun komunitas yang solid dan menciptakan konsumen yang loyal. Lebih lanjut, dalam jangka panjang community marketing dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan.

Penting pengimplementasian jenis pemasaran ini karena berpengaruh dengan citra perusahaan Anda. Tidak hanya berpengaruh terhadap konversi penjualan namun bagaimana Anda bisa memberdayakan para konsumen Anda. Dengan demikian, pada artikel kali ini, kami akan menyajikan strategi community marketing yang tepat dan tentunya aplikatif bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda wajib membaca artikel yang satu ini, ya!

Apa Itu Community Marketing?

Community marketing adalah strategi pemasaran dengan membentuk sebuah komunitas konsumen dan membangun komunikasi dua arah antara bisnis dan konsumen. Lebih lanjut, pemasaran komunitas ini bertujuan membangun hubungan dengan pelanggan sehingga menciptakan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Selain itu, melalui strategi ini juga akan memudahkan Anda dalam memberdayakan konsumen dan mengidentifikasi keinginan para konsumen.

Saat ini Anda bisa membangun komunitas pemasaran dalam berbagai cara. Selain secara langsung, Anda juga bisa  membangun sebuah komunitas pemasaran secara online dengan memanfaatkan sosial media seperti grup facebook, channel telegram, dan sebagainya. Dengan demikian, melalui strategi ini Anda bisa membuat pelanggan terkoneksi dengan produk Anda dimanapun dan kapanpun dan melibatkan mereka dengan setiap inovasi bisnis Anda.

Manfaat Community Marketing

community marketing

Community marketing adalah strategi pemasaran yang sangat bermanfaat dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Namun, sistem pemasaran komunitas ini juga memberikan manfaat lainnya bagi bisnis, yakni sebagai berikut:

1. Mendapatkan feedback pelanggan

Salah satu hal yang penting bagi perusahaan adalah feedback oleh konsumen. Melalui feedback tersebut, bisnis bisa mengetahui berbagai hal yang bisa diperbaiki dalam meningkatkan produk yang ditawarkan. Selain itu, feedback tersebut menjadi input yang berguna dalam menciptakan inovasi bisnis. Hal tersebut karena pada dasarnya produk atau layanan yang Anda tawarkan bertujuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh konsumen tersebut.

2. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness adalah suatu konsep yang menjelaskan seberapa paham konsumen dengan brand bisnis Anda. Adanya komunitas pemasaran maka memungkinkan Anda untuk mengedukasi konsumen dengan produk yang Anda miliki. Lebih lanjut, Anda juga bisa menyajikan konten-konten yang berguna bagi konsumen Anda yang secara tidak langsung juga memberdayakan konsumen tersebut. Dengan demikian, community marketing adalah salah satu strategi yang tepat dalam meningkatkan brand awareness.

3. Membangun relasi dengan pelanggan

Adanya komunikasi dengan pelanggan secara aktif, maka akan membangun relasi yang baik antara bisnis dengan pelanggan. Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu produk dan bisnis. Lebih lanjut, relasi tersebut dapat menjadi investasi jangka panjang karena relasi ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Melalui relasi tersebut, ketika pelanggan mendapatkan produk yang sama dari kompetitor maka pelanggan tersebut akan tetap setia dengan produk yang Anda tawarkan. Hal tersebut karena telah adanya relasi yang baik sehingga pelanggan tersebut tidak akan beralih ke kompetitor.

Jenis-jenis Community Marketing

Adapun jenis-jenis pemasaran komunitas adalah sebagai berikut:

  • Organic Community Marketing

Jenis pertama dalam community marketing adalah organik. Jenis pemasaran komunitas ini terbentuk secara organic atau dengan sendirinya. Lebih lanjut, komunitas ini dapat terbentuk karena adanya pemasaran mulut ke mulut yang kemudian menyatukan pelanggan yang memiliki ketertarikan yang sama.

Melalui komunitas ini, maka pelanggan bebas dalam menyampaikan opini dan ekspresinya. Oleh karena itu, sebuah bisnis sebaiknya jangan terlalu ikut campur melainkan membiarkan komunitas berjalan dengan sendirinya.

Adapun contoh dari organic community marketing adalah para akun fanbase yang adminnya adalah fans itu sendiri. Akun tersebut dapat berbentuk komunitas yang tergabung karena memiliki minat yang sama dan berjalan diluar jangkauan perusahaan.

Jenis selanjutnya dalam marketing community adalah sponsored. Tipe pemasaran komunitas ini sengaja dibentuk oleh perusahaan dan dipromosikan secara aktif pada berbagai platform. Ada banyak banyak tujuan dalam komunitas ini seperti memberikan informasi langsung kepada pelanggan, menciptakan e-wom, membangun relasi dan sebagainya yang komunitas tersebut berdasarkan inisiatif suatu bisnis.

Adapun contoh jenis pemasaran komunitas ini seperti komunitas afiliasi suatu bisnis. Komunitas ini dibentuk oleh perusahaan dan juga diberdayakan oleh perusahaan. Selain sebagai media untuk memberikan informasi yang jelas, komunitas ini juga dapat dijadikan media promosi sehingga memberikan manfaat tidak hanya bagi bisnis namun juga bagi pelanggan itu sendiri.

 Strategi dalam Mengimplementasikan Community Marketing

strategi community marketing

Sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif, community marketing adalah konsep aplikatif yang bisa Anda gunakan. Oleh karena itu, berikut beberapa strategi yang bisa Anda pertimbangkan dalam pengimplementasiannya, yakni sebagai berikut:

Lakukan perencanaan yang matang

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah perencanaan yang baik. Melalui perencanaan ini, Anda bisa menciptakan konsep yang matang mengenai komunitas tersebut, sasaran anggota komunitas, dan target yang ingin dicapai. Selain itu, Anda juga bisa melakukan evaluasi apakah komunitas yang terbentuk sudah sesuai dengan perencanaan awal atau tidak.

Jika komunitas terbentuk dengan tersendirinya, maka Anda tetap dapat merencanakan bagaimana agar komunitas tersebut dapat terarah dengan baik. Oleh karena itu, perencanaan yang baik dapat memaksimalkan potensi output yang lebih baik pula.

 Manfaatkan sosial media

Saat ini hampir semua orang telah terhubung dengan internet dan memiliki akun sosial media. Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi dengan para pelanggan, menyajikan konten-konten yang tepat, dan memberikan pesan-pesan yang informatif.

Anda juga bisa mengkategorikan setiap sosial media sesuai dengan segmen yang Anda tuju. Misalnya Anda menggunakan LinkedIn sebagai sosial media professional yang menampilkan reputasi brand Anda dan sosial media Tik Tok sebagai sosial media yang dipenuhi dengan konten hiburan.

Memantau respon dalam komunitas

Strategi selanjutnya adalah memantau respon dalam komunitas. Setiap informasi yang terdapat dalam komunitas tersebut dapat Anda jadikan sebagai feedback atau evaluasi perbaikan. Misalkan suatu produk mendapatkan feedback positif, maka Anda harus mempertahankan kualitas produk tersebut. Sebaliknya, jika suatu produk mendapatkan feedback negatif, maka Anda perlu melakukan evaluasi perbaikan.

Biarkan arus komunitas berjalan dengan sendirinya

Seperti yang dijelaskan, suatu komunitas juga bisa terbentuk dengan sendirinya. Oleh karena itu, ketika komunitas terbentuk secara mandiri maka Anda jangan terlalu ikut campur dengan kebijakan atau berbagai hal yang ada pada komunitas tersebut.

Jika Anda ikut campur, maka Anda bisa mengganggu kelangsungan komunitas tersebut dan mengurangi kebebasan berekspresi anggota dalam komunitas tersebut. Oleh karena itu, selagi berdampak positif, maka Anda bisa komunitas tersebut berjalan dengan sendirinya.

Penutup

Community marketing adalah strategi pemasaran yang sangat efektif dalam meningkatkan loyalitas dan brand awareness bisnis Anda. Adapun jenis community marketing adalah organik dan sponsor. Jenis tersebut dapat Anda maksimalkan dengan strategi yang baik, yaitu; perencanaan yang baik, memanfaatkan sosial media, memantau respon, dan membayarkan komunitas berjalan dengan baik. 

Salah satu media pembangunan marketing community yang sedang populer adalah email marketing. Anda bisa menggunakan layanan email marketing IDCloudHost dengan kapasitas yang fleksibel, kolaborasi penyimpan, dan akses yang lengkap. Dengan demikian, Anda bisa mewujudkan strategi pemasaran komunitas dengan email yang profesional. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update