Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah

Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah

Cara membuat website gratis sangatlah mudah. Anda tidak perlu membutuhkan coding, dan bagi pemula itu tidak perlu merasa kesulitan. Walaupun terbilang mudah, untuk menentukan jenis website yang tepat tentu memerlukan pemikiran yang sangat matang. Sebab, ketika memilih jenis website yang tidak sesuai dengan tujuan awal pembuatan akan bisa memicu banyaknya pekerjaan dan perubahan di kemudian hari.

Perbedaan Website Gratis dan Berbayar

Sebelum membahas mengenai cara membuat website secara gratis, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa ada perbedaan yang signifikan antara website gratis dan berbayar. Biasanya website berbayar banyak digunakan untuk kebutuhan yang lebih profesional, contohnya adalah untuk kebutuhan bisnis.

Akan tetapi untuk bisnis pemula atau individu yang ingin memulai dalam menulis, biaya untuk berlangganan akan memberatkan kantong. Biasanya biaya untuk pembuatan website bisa mencapai Rp 2,5 juta, tergantung dari spesifikasi dari website itu sendiri.

Untuk membuat website dapat diawali dengan menentukan jenis website yang akan digunakan, kemudian menentukan platform yang akan digunakan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Website Statis dan Website Dinamis?

Membuat Website Gratis

cara membuat website gratis

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat website sendiri secara gratis tanpa menggunakan coding. Berikut ini cara-caranya :

Menentukan jenis website

Cara pertama yang dilakukan adalah menentukan jenis website yang akan digunakan. Dengan begitu Anda dapat menghemat waktu dalam mengatur prioritas dalam pembuatan website. Agar Anda lebih mudah dalam menentukan jenis website, Anda harus memikirkannya matang-matang apa yang ingin dicapai dari website tersebut. Berikut ini merupakan jenis-jenis website umum yang paling sering digunakan.

  • Website Personal

Website personal atau website pribadi ini berisi tentang informasi atau opini mengenai topik sehari-hari. Musisi, artis, dan public figure sering kali menggunakan website personal atau pribadi.

  • Website Toko Online

Website toko online ini dibuat untuk berjualan secara online. Dan produk yang dijual dapat berupa barang fisik, digital, ataupun jasa.

  • Blog

Website jenis blog ini berisi tentang artikel yang informatif dan juga terkini, sehingga dapat memberikan bacaan yang menarik untuk pengunjung.

  • Website Organisasi dan Instansi

Website ini pada umumnya dimanfaatkan organisasi umum dan instansi pemerintahan sebagai identitas onlinenya mereka.

  • Portal Berita

Portal berita sering diperbarui dengan berita-berita yang terbaru dalam waktu singkat, sehingga akan mengalami penumpukan konten.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tema WordPress Gratis untuk Website Berita

  • Website regional

Website ini digunakan oleh pemerintah pada tingkat kota dan provinsi.

  • Website Sekolah

Website ini digunakan oleh institusi pendidikan dalam bentuk sekolah atau universitas.

Pilih Platform Website

Selanjutnya adalah dengan memilih platform website. Platform yang digunakan untuk membuat website biasanya disebut dengan Content Management System (CMS). CMS merupakan sistem pengelolaan untuk seluruh konten dang diperlukan dalam membuat website seperti template, gambar, video, logo, teks, dan sebagainya. Software ini memungkinkan Anda untuk membuat website tanpa memiliki banyak pengetahuan tentang teknis sama sekali.

WordPress merupakan platform yang paling populer digunakan dalam proses pembuatan sebuah website. WordPress telah menguasai pasar CMS dan digunakan oleh lebih dari 40% dari seluruh website di dunia.

Adapun CMS yang dapat digunakan adalah Drupal, WordPress, Wix, Magenta, Joomla, Shopify dan juga Blogger.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan CMS WordPress

Mengatur Hosting dan Domain Gratis

Cara untuk membuat website gratis selanjutnya yaitu dengan mengatur hosting dan domain gratis. Sebenarnya, pembuatan website yang gratis tidak dapat menggunakan nama domain. Akan tetapi Anda akan diharuskan untuk menggunakan domain tambahan di depan penyedia website gratis.

Misalnya ketika Anda ingin membuat website gratis menggunakan wordpress.com, maka website yang Anda gunakan harus menggunakan TLD WordPress (namawebsite.wordpress.com). Selain itu juga, fitur kustomisasi tampilan dan pengaturan SEO juga dibatasi sehingga Anda tidak akan dapat hasil yang maksimal dari website Anda. 

Instal dan Pasang WordPress

Setelah selesai melakukan konfigurasi hosting dan domain, cara untuk membuat website selanjutnya adalah memasang wordpress sebagai CMS untuk website Anda. Anda juga dapat meminta untuk memasangkan wordpress otomatis pada proses pemilihan web hosting. Lebih mudahnya, Anda dapat memilih aplikasi wordpress pada kolom Auto Instal Aplikasi web. Akan tetapi ketika Anda melewatkan opsi tersebut saat proses pendaftaran, Anda dapat menginstal wordpress melalui Softaculous App Installer. 

Dan berikut ini merupakan cara-cara untuk menginstal wordpress untuk website Anda :

  • Yang pertama adalah buka cPanel melalui namawebsite.com/cpanel.
  • Kemudian masukkan login ID dan Password.
  • Pada kolom pencarian, ketik Softaculous Apps Installer 
  • Pada interface Softaculous, cari wordpress.
  • Kemudian klik instal.
  • Isi informasi yang dibutuhkan, dan jangan lupa untuk mengatur username dan password.
  • Anda juga dapat memilih tema yang ingin digunakan (Opsional)
  • Dan klik instal pada bagian bawah halaman.

Atur Tema dan Tampilan

Selanjutnya adalah dengan mengatur tema dan tampilan yang ingin Anda gunakan. Kerena website yang disediakan bersifat gratis, maka pilihan tema yang ada pada Softaculous dapat digunakan juga bersifat terbatas. Selain juga menggunakan Softaculous App Installer, Anda juga dapat menggunakan tema pilihan sendiri melalui dashboard wordpress. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya :

Yang pertama harus dilakukan adalah login ke dashboard wordpress melalui cPanel dengan mengunjungi namawebsite.com/wp-admin.

Setelah masuk ke dashboard, Anda harus memilih Appearance – Themes – Add New. Kemudian pilih ratusan tema gratis yang telah tersedia.

Jika tema sudah terpasang, jangan lupa untuk diaktifkan sebagai tema website Anda.

Setelah memasangkan tema, Anda perlu menyesuaikan tampilan website agar tampak lebih profesional. Anda dapat melakukannya melalui Dashboard- Appearance – Customize.

Pasang Plugin yang Ingin Digunakan

Setelah tampilan website tertata dengan rapi, saatnya untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitas website Anda dari segi teknis. Caranya yaitu dengan menggunakan plugin. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa plugin yang wajib instal yang sebaiknya digunakan, seperti Litespeed Cache, dan Yoast SEO. Anda dapat menginstal plugin dengan  cara mengakses Dashboard- Plugins- Add New.

Baca Juga: 5 Plugin Keamanan untuk WordPress

Optimasi Website

cara membuat website gratis

Setelah Anda melakukan langkah-langkah cara membuat website gratis diatas, sebenarnya situs Anda sudah selesai dan Anda boleh mengunggah konten atau katalog. Akan tetapi sebaiknya Anda melakukan optimisasi pengaturan website Agar performanya dapat semakin baik. Dalam proses optimisasi wordpress itu terbagi menjadi dua, yaitu optimasi performa website dan Optimasi SEO

Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat SEO Yang Wajib Anda Ketahui!

Optimasi performa website

Tujuan utama dalam meningkatkan performa website adalah untuk mempercepat loading time (waktu muat) website Anda. Semakin cepat website Anda ditampilkan, maka kemungkinan besar pengunjung akan terus membaca konten dan melihat-lihat katalog Anda. 

Sebaliknya, jika website Anda belum juga termuat dalam beberapa detik, kemungkinan akan ditinggalkan pengunjung untuk mencari situs yang lain. Pernyataan google bahwa 32% pengunjung akan meninggalkan website jika loading timenya mencapai tiga detik atau lebih.

Optimasi Performa SEO

Search Engine Optimization (SEO) dapat membantu website baru Anda untuk bisa muncul pada peringkat teratas pada halaman pencarian google ataupun mesin pencari lainnya. Hal tersebut berarti bahwa ketika seorang pengguna melakukan sebuah pencarian untuk sebuah kata kunci atau keyword, maka website Anda akan berada pada posisi teratas. 

Semakin tinggi posisi website Anda pada google, maka pengunjung kemungkinan besar akan memilih website Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan terutama bagi pemula dalam  membuat website secara gratis dan mudah dan tanpa memerlukan coding. Untuk membuat sebuah website perlu memperhatikan konten artikel yang akan diunggah. Ingin mulai membuat website mudah tanpa coding? Gunakan WordPress Hosting dari IDCloudHost sekarang juga!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update