Memahami VPN dan Cara Kerjanya Melindungi Data

Memahami VPN dan Cara Kerjanya Melindungi Data

Virtual Private Network atau VPN adalah koneksi terenkripsi melalui internet dari perangkat ke jaringan. Ini adalah salah satu cara aman untuk berselancar di dunia maya karena koneksi VPN akan terenkripsi hingga membantu dalam memastikan bahwa data sensitif ditransmisikan dengan aman. Dengan begitu VPN akan mencegah orang yang tidak berwenang dari menguping lalu lintas dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh.

Teknologi ini umum digunakan di lingkungan perusahaan selain juga populer sebagai pilihan pribadi. Meski dulu VPN lebih dikenal sebagai cara yang aman dengan tujuan untuk menyambungkan koneksi jaringan antar perusahaan atau gedung. Sedangkan pada zaman modern ini, VPN sudah banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya untuk mendapatkan koneksi internet secara aman.

Tetapi dengan maraknya penggunaan social media dan bisnis online yang kompleks membuat munculnya kebocoran atau pencurian data dan informasi. Tidak jarang juga, pengguna internet hanya ingin mendapatkan anonymity yang akan menjamin keamanan mereka ketika menggunakan jaringan internet umum atau mengirimkan file data yang bersifat sensitif. Karenanya penggunaan VPN menjadi umum saat ini karena dunia maya juga mempunyai ancaman yang tidak bisa disepelekan.

 

Memahami Apa Itu VPN (Virtual Private Network)

 

VPN yang merupakan singkatan dari Virtual Private Network adalah layanan yang menciptakan koneksi online yang aman dan terenkripsi. Pengguna internet dapat menggunakan VPN untuk memberi lebih banyak privasi dan anonim secara online atau menghindari pemblokiran dan penyensoran berbasis geografis. Pada dasarnya VPN bekerja dalam memperluas jaringan pribadi di seluruh jaringan publik, yang seharusnya memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data dengan aman di internet.

Umumnya VPN digunakan melalui jaringan yang kurang aman, seperti internet publik. Internet Service Provider (ISP) biasanya memiliki cukup banyak wawasan tentang aktivitas pelanggan. Selain itu, beberapa titik akses Wi-Fi (AP) yang tidak aman sehingga dapat menjadi celah jalan bagi penyerang atau hacker untuk mendapatkan akses ke data pribadi pengguna. Pengguna internet dapat menggunakan VPN untuk menghindari gangguan privasi ini dan juga untuk menyembunyikan riwayat browser pengguna, alamat Internet Protocol (IP) dan lokasi geografis, aktivitas web atau perangkat yang digunakan.

Siapa pun di jaringan yang sama tidak akan dapat melihat apa yang dilakukan pengguna VPN yang membuatnya menjadi alat masuk untuk privasi online yang populer baik untuk penggunaan profesional maupun pribadi. Aplikasi VPN sering digunakan untuk melindungi transmisi data pada perangkat seluler di samping juga dapat digunakan untuk mengunjungi situs web yang dibatasi oleh lokasi. Namun, akses aman melalui VPN seluler tidak boleh disamakan dengan penjelajahan pribadi karena penjelajahan pribadi tidak melibatkan enkripsi ini hanyalah pengaturan browser opsional yang mencegah pengumpulan data pengguna yang dapat diidentifikasi.

 

Baca Juga   :    Apa itu Deep web : Pengertian, Dampak, Bahaya, dan Tujuannya

 

Cara VPN Dalam Melindungi Penggunanya

Saat Anda mengaktifkan penyedia VPN pilihan Anda, VPN kemudian akan membuat terowongan terenkripsi antara Anda dan server jarak jauh yang dioperasikan oleh layanan VPN. Semua lalu lintas internet Anda dialihkan melalui terowongan ini, sehingga data Anda aman dari pengintaian di sepanjang jalan. Karena lalu lintas Anda keluar dari server VPN, alamat IP Anda yang sebenarnya disembunyikan, menutupi identitas dan lokasi Anda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

  • Perangkat lunak VPN di komputer Anda mengenkripsi lalu lintas data Anda dan mengirimkannya ke server VPN melalui koneksi yang aman. Data juga melewati ISP Anda, tetapi tidak dapat lagi mengintip atau masuk karena telah dienkripsi.
  • Data terenkripsi dari komputer Anda dienkripsi oleh server VPN.
  • Server VPN akan mengirim data Anda ke internet dan menerima balasan, yang ditujukan untuk Anda, pengguna.
  • Lalu lintas kemudian dienkripsi lagi oleh server VPN dan dikirim kembali kepada Anda.
  • Perangkat lunak VPN di perangkat Anda akan mendekripsi data sehingga Anda benar-benar dapat memahami dan menggunakannya.

 

Baca Juga  :   Daftar Aplikasi yang Biasanya Digunakan Oleh Hacker untuk Menjalankan Aksi

 

Data atau Informasi yang Bisa Disembunyikan/Dilindungi oleh VPN

Memahami VPN (Virtual Private Network) dan Caranya Dalam Melindungi Data Pengguna
 

Mengingat VPS menggunakan enkripsi , maka perlu diketahui bahwa enkripsi adalah cara mengacak data sehingga hanya pihak yang berwenang yang dapat memahami informasi tersebut. Dibutuhkan data yang dapat dibaca dan mengubahnya sehingga tampak acak bagi penyerang atau siapa pun yang mencegatnya. Jadi bisa dikatakan enkripsi seperti kode rahasia yang mengamankan data. Kemudian VPN yang sering menggunakan protokol enkripsi IPsec atau SSL/TLS akan membuat koneksi terenkripsi antar perangkat.

Semua perangkat yang terhubung ke VPN akan mengatur kunci enkripsi yang mana kunci ini digunakan untuk menyandikan dan mendekode semua informasi yang dikirim. Proses ini dapat menambahkan sedikit latensi ke koneksi jaringan, yang akan memperlambat lalu lintas jaringan. Efek dari enkripsi ini adalah bahwa koneksi VPN tetap pribadi bahkan jika sampai menjangkau infrastruktur internet publik. VPN dapat menyembunyikan banyak informasi yang dapat membahayakan privasi Anda. Adapun data dan informasi yang bisa dilindungi dan disembunyikan oleh penggunaan VPN adalah :

 

  • Riwayat penjelajahan Anda

    Bukan rahasia lagi kemana Anda pergi di internet, penyedia layanan internet dan browser web Anda dapat melacak hampir semua yang Anda lakukan di internet. Banyak situs web yang Anda kunjungi juga dapat menyimpan riwayat. Browser web dapat melacak riwayat pencarian Anda dan mengikat informasi itu ke alamat IP Anda.

  • Menonton streaming di lokasi berbeda

    Salah satu alasan terkenal dari penggunaan VPN adalah karena penyekatan informasi disuatu negara tertentu, termasuk untuk dapat menonton secara streaming. Contoh mudahnya, layanan streaming negara A tidak bisa di akses oleh negara lain yang mana dikarenakan oleh persyaratan dan peraturan kontrak di negara lain. Disini VPN akan memungkikan penggunanya dalam memilih alamat IP di negara yang Anda tuju sehingga Anda dapat menonton acara apapun yang ditampilkan di layanan streaming Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menghindari pembatasan data atau kecepatan koneksi.

  • Menjaga kebebasan aktivitas internet

    VPN melindungi dari penyedia layanan internet Anda yang melihat riwayat penjelajahan Anda. Jadi Anda terlindungi jika adanya pembobolan dan pencurian data dari ancaman cyber attack. Dengan asumsi penyedia VPN Anda tidak mencatat riwayat penelusuran Anda, VPN Anda dapat membantu melindungi kebebasan internet Anda dan segala aktivitas yang Anda lakukan di dunia maya.

  • Melindungi perangkat yang Anda gunakan

    VPN dapat membantu melindungi perangkat Anda, termasuk komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone dari kemungkinan pengintaian dan pencurian. Perangkat Anda dapat menjadi target utama bagi penjahat dunia maya saat Anda mengakses internet, terutama jika Anda berada di jaringan Wifi publik. Singkatnya, VPN membantu melindungi data yang Anda kirim dan terima di perangkat Anda sehingga peretas tidak akan dapat mengawasi setiap gerakan Anda.

  • Alamat IP dan lokasi Anda

    Siapa pun yang menangkap alamat IP Anda juga dapat mengakses apa yang Anda cari di internet dan di mana Anda berada saat mencari. Gambaran mudahnya, alamat IP Anda sebagai alamat pengirim yang Anda masukkan pada surat yang akan mengarah kembali ke perangkat Anda. Karena VPN menggunakan alamat IP yang bukan milik Anda, VPN akan memungkinkan Anda menjaga privasi online dan menelusuri web secara anonim. Anda juga terlindungi dari mengumpulkan, melihat, atau menjual riwayat pencarian Anda. Ingatlah, riwayat pencarian Anda masih dapat dilihat jika Anda menggunakan komputer umum atau komputer yang disediakan oleh perusahaan, sekolah, kantor, dan lain-lain.

 

Baca Juga  :     Daftar VPN GRATIS untuk di Smartphone, PC dan Laptop Terbaik dan Terbagus

 

Kesimpulan dan Penutup

Koneksi VPN membuat koneksi aman antara Anda dan internet karena semua lalu lintas data Anda dialihkan melalui terowongan virtual terenkripsi. VPN akan menyamarkan alamat IP Anda saat Anda menggunakan internet, membuat lokasinya tidak terlihat oleh semua orang. Ini membuat koneksi VPN juga aman dari serangan eksternal mengingat hanya Anda yang dapat mengakses data di terowongan terenkripsi dan tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya karena tidak memiliki kuncinya.

Selain itu VPN juga memungkinkan Anda mengakses konten yang dibatasi secara regional dari mana saja di dunia. Dengan kenyamanan dan dukungan praktis ini membuat VPN juga banyak dipakai bagi mereka yang selalu mobile dan menggunakan jaringan internet umum yang mempunyai banyak ancaman keamanan. Meski VPN dapat mengamankan lalu lintas data dan informasi Anda, bukan berarti VPN dapat melindungi Anda dari serangan malware/virus.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update