Mengenal Apa Itu Dropbox: Keunggulan, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Dropbox: Keunggulan, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Anda mencari platform penyimpanan cloud yang mudah digunakan dan murah bahkan gratis, Dropbox mungkin bisa menjadi pertimbangan yang baik bagi Anda. Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan Windows File Explorer mungkin akan lebih memahami fitur dan fungsi untuk mengoperasikan aplikasi penyimpanan file secara online ini.

Di panduan pemula ini tentang cara menggunakan Dropbox ini, kami akan membahas fungsi dasar penyedia penyimpanan cloud dan cara-cara sederhana untuk Anda agar dapat mulai berinteraksi dan menggunakan Dropbox di desktop Anda. Panduan ini akan memberikan gambaran luas mengenai platform Dropbox, sehingga akan sangat membantu bagi pengguna yang baru mengenalnya atau pemula.

Aplikasi Dropbox ini tidak hanya sederhana dan  mudah digunakan, tetapi pengguna bisa mendapatkan akun versi gratisnya. Apabila Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan atau lebih banyak fitur serta opsi dari yang ditawarkan versi Dropbox tak berbayar, maka Anda dapat mengalokasikan sedikit dana untuk membuat akun bulanan di Dropbox. Untuk mempelajari dan mengetahui lebih lanjut, simak cara memaksimalkan Dropbox berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Dropbox?

Layanan jenis ini lebih sering dipakai bagi pengguna individu yang terbagi dalam dua paket tersendiri yaitu Dropbox Plus dengan harga mulai 9,99 Dollar per bulan yang mempunyai storage sebesar 2 TB dan Dropbox Professional dengan harga 16,59 Dollar per bulan yang memberikan penggunanya storage sebanyak 3 TB

  • Dropbox Business 

     

    Paket jenis ini akan lebih sesuai bagi Anda yang mempunyai usaha atau perusahaan dengan jumlah pekerja yang banyak yang mengharuskan Anda menyimpan file dalam jumlah besar terus menerus. Paket ini dibagi tiga, yaitu Standard seharga 12,50 Dollar per bulan dan penyimpanan 5 TB, Advance dengan harga  20 dollar dan Enterprise dengan harga yang bisa dirundingkan. Kedua paket terakhir tadi menawarkan storage penyimpanan mengikut kemauan penggunanya.

  • Baca Juga : Mengenal WhatsApp Bisnis dan Keuntungannya untuk Pebisnis Online

     

    Manfaat dan fungsi Dropbox

    Adanya penyimpanan cloud online dan layanan seperti Dropbox tentu saja banyak membantu cara simpan konvensional dulu, inilah manfaat dan fungsi Dropbox yang bisa Anda coba :

    1. Menyimpan sekaligus mengamankan file

      Banyak hal bisa Anda eksplorasi di Dropbox, tetapi layanan ini lebih sering dimanfaatkan untuk menyimpan, berbagi dan juga mengamankan data- data penggunanya. Meskipun penyimpanan ini dalam bentuk cloud yang dioperasikan secara online, data dan informasi serta file Anda akan tetap terjamin karena untuk membukanya Anda memerlukan username dan password pribadi sehingga Anda dapat menghindari kerusakan jika Anda menyimpannya di perangkat keras.

    2. Mampu membawa dan membuka data dimana saja

      Penyimpanan model lama mengharuskan Anda menenteng harddisk maun pen drive kecil yang saat ini tidak lagi relevan. Tidak hanya beresiko rusak, data yang corrupt, serta hilang, gaya penyimpanan lama ini juga mempunyai batas storage. Oleh karena itulah Dropbox hadir untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang ditimbulkan oleh perangkat keras.
       
      Belum lagi kemudahan untuk mengakses data dari koneksi internet dan smartphone yang Anda punya akan terasa lebih ringkas, praktis dan efisien mengingat Anda langsung dapat menyimpan dan mengakses file, mengunduh file baru, berbagi file dan menata file yang sudah ada.

    3. Berbagi video dan file

      File dalam format video biasanya mempunyai ukuran dan memerlukan storage yang besar, melalui Dropbox Anda dapat menggunakan layanan yang satu ini karena aplikasi tersebut memberi kemudahan dalam dalam melakukan pengiriman dan pengunduhan berbagi video yang cukup berbeda dari layanan lainnya. Pengguna juga dapat memilih penerima yang hendak mereka bagikan, sehingga pembagian akses akan terjamin kerahasiaanya.

    4. Kemampuan melakukan back up data

      Fitur atau opsi ini adalah faktor yang paling menarik dari Dropbox dibandingkan dengan penyimpanan konvensional. Anda dapat memback up foto- foto, video, dokumen dan apa saja yang berharga dan penting bagi Anda. ditambah pula Anda juga dapat mengorganisir file Anda berdasarkan keinginan Anda.

    5. Berbagi dan bekerja sama

      Tidak hanya mampu menyimpan file dan data yang bersifat pribadi, Dropbox juga memiliki fitur serta opsi yang dapat memungkinkan dan mengakomodasi para penggunanya untuk mengerjakan suatu proyek atau dokumen bersama. Fitur yang canggih ini menghubungkan banyak pengguna untuk mengakses satu file yang sama disaat bersamaan tanpa takut terjadinya error atau penabrakan data.

    6. Jaminan keamanan yang lebih baik

      Karena menggunakan username dan password, maka Anda tidak perlu merasa khawatir akan pembobolan dan kehilangan data. Dengan program khusus yang dirancang untuk mengamankan jutaan file penggunanya dan jaminan keamanan akan terjadinya penyebaran malware diantara semua file yang ada.

    Baca Juga : Mengenal Aplikasi Zoom : Cara Install dan Fitur-Fitur Zoom Meeting [Lengkap]

     

    Bagaimana Cara Kerja Dropbox

     

    Pengguna bisa berbagi folder dan file di akun Dropbox mereka dengan siapa saja walaupun mereka tidak memiliki akun Dropbox. Anda dapat mengontrol apakah orang yang hendak Anda bagikan akses bersama itu bisa melakukan pengeditan, berkomentar atau hanya sekedar melihat file dan folder Anda disaat ketika Anda membagikannya atau sesudahnya. Setiap file yang berhasil di edit atau komentar yang ditambahkan akan diperbarui secara otomatis. Berikut ini cara kerja Dropbox di dua perangkat pilihan yang biasa diakses oleh para penggunanya.

     

    1. Berbagi  file atau folder dengan aplikasi mobile Dropbox

      • Klik File dibawah layar
      • Klik …(ellipsis) di bawah file atau folder yang ingin dibagikan (iPhone atau iPad) atau di samping file atau folder yang ingin dibagikan (Android).
      • Klik Bagikan.
      • Ketikkan alamat email, nama, atau grup orang (atau beberapa orang) yang ingin menjadi tujuan berbagi
      • Klik Bagikan. Mereka akan menerima email dengan tautan ke file atau folder.
    2. Berbagi  file atau folder dengan folder Dropbox di komputer Anda

      • Buka folder Dropbox di computer Anda
      • Klik kanan pada file atau folder yang ingin dibagikan.
      • Klik Bagikan.
      • Ketikkan alamat email, nama, atau grup orang (atau beberapa orang) yang ingin menjadi tujuan berbagi.
      • Klik Bagikan. Mereka akan menerima email dengan tautan ke file atau folder.

    Baca Juga : Mengenal Apa Itu One-Time Password (Kode OTP) Dan Tips Melindunginya

     

    Kesimpulan dan penutup

    Mempunyai akun Dropbox akan membawa keuntungan tersendiri bagi Anda, Dropbox bisa menjadi penyelamat jika komputer Anda mati, tetapi juga memiliki lebih banyak fitur daripada sekadar mencadangkan atau berbagi file saja sebagai layanan dasara yang diketahui banyak orang.

    Para pengguna internet di zaman ini juga akan mencari aplikasi – aplikasi penyimpanan yang lebih praktis dengan kemampuan akses masuk tak terbatas yang juga mempermudah banyak pekerjaan. Walau banyak kompetitor lain yang juga menyediakan jasa penyimpanan online yang sama tetapi dalam segi performa dan keunggulan, banyak pengguna menjatuhkan pilihan mereka kepada Dropobox yang unggul dengan fitur dan opsi menarik.

    Apakah Anda senang dengan paket Dropbox gratis atau Anda memutuskan untuk berlangganan salah satu tingkat berbayarnya  atau bahkan mendapatkan tawaran yang lebih baik dari pesaing, Anda bisa menyesuaikannya tergantung pada kebutuhan Anda. Semoga panduan ini membantu Anda memahami Dropbox dan fitur-fiturnya dengan lebih baik dan mengajarkan Anda cara menggunakannya.

    solusi sempurna untuk bisnis anda
    Subscribe here to get update