Mengenal Bitcoin: Sejarah, Cara Kerja dan Manfaat

Mengenal Bitcoin: Sejarah, Cara Kerja dan Manfaat

Bitcoin atau yang dikenal sebagai mata uang digital ini sangat diminati sebagai alat pembayaran. Sebab Bitcoin dianggap sebagai peluang bisnis digital yang sangat menjanjikan saat ini. Cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal dan tips menambang mining Bitcoin sangat mudah untuk dipraktekkan sehingga menarik minat banyak orang.

Umumnya Bitcoin sendiri adalah uang berupa elektronik yang dapat digunakan untuk investasi masa depan. Uang elektronik ini memungkinkan para penganutnya untuk melakukan pengiriman uang dari satu pihak ke pihak lain melalui jaringan internet. Selain sebagai alat transaksi melalui internet, Bitcoin juga dapat dicairkan ke dalam bentuk rupiah. Penukaran Bitcoin ke rupiah tersebut dapat dilakukan melalui situs exchanger atau dengan datang langsung ke ATM Bitcoin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan Bitcoin, salah satu nya yaitu dengan menambang Bitcoin (Bitcoin Mining). Lalu apakah pengertian, sejarah, cara kerja dan manfaat dari Bitcoin ini dalam kehidupan digital dan online saat ini? Simak penjelasannya dibawah ini jika Anda berminat untuk menggunakan Bitcoin.

 

Pengertian dan Sejarah Bitcoin

 

Diluncurkan pada 2009, Bitcoin adalah yang pertama dari jenis aset baru yang disebut cryptocurrency yakni bentuk uang digital terdesentralisasi yang menghilangkan kebutuhan perantara tradisional seperti bank dan pemerintah untuk melakukan transaksi keuangan. Sebaliknya, Bitcoin didukung melalui kombinasi teknologi peer-to-peer yaitu sebuah jaringan individu, seperti editor sukarelawan yang membuat Wikipedia dan kriptografi berbasis perangkat lunak, ilmu menyampaikan informasi rahasia yang hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima.

Ini menciptakan mata uang yang didukung oleh kode daripada barang-barang dengan nilai fisik, seperti emas atau perak, atau oleh kepercayaan pada otoritas pusat seperti dolar AS atau yen Jepang. Sebagai cryptocurrency yang ditemukan pada tahun 2008 oleh orang yang tidak dikenal atau sekelompok orang menggunakan nama Satoshi Nakamoto dan dimulai pada tahun 2009 ketika implementasinya dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka.

Baca Juga   :   Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap]

Transaksi Bitcoin diverifikasi oleh node jaringan melalui kriptografi dan dicatat dalam buku besar yang didistribusikan publik yang disebut blockchain. Bitcoin dibuat sebagai hadiah untuk proses yang dikenal sebagai penambangan yang dapat ditukar dengan mata uang, produk, dan layanan lain. Penelitian yang dihasilkan oleh University of Cambridge memperkirakan bahwa pada tahun 2017, ada 2,9 hingga 5,8 juta pengguna unik yang menggunakan dompet cryptocurrency, kebanyakan dari mereka menggunakan Bitcoin.

Bitcoin telah dikritik karena penggunaannya dalam transaksi ilegal, banyaknya listrik yang digunakan oleh penambang, volatilitas harga, dan pencurian dari bursa. Beberapa ekonom, termasuk beberapa peraih Nobel, mencirikannya sebagai gelembung spekulatif. Bitcoin juga telah digunakan sebagai investasi, meskipun beberapa badan pengatur telah mengeluarkan peringatan investor tentang Bitcoin.

Adapun perjalanan sejarah dari Bitcoin adalah :

 

  • 18 Agustus 2008

    Nama domain bitcoin.org terdaftar. Saat ini, setidaknya, domain ini adalah WhoisGuard Protected, yang berarti identitas orang yang mendaftarkannya bukanlah informasi publik.

  • 31 Oktober 2008

    Seseorang atau kelompok yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto membuat pengumuman di Milis Kriptografi di metzdowd(dot)com: “Saya telah mengerjakan sistem kas elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga terpercaya. Whitepaper yang sekarang terkenal ini diterbitkan di bitcoin(dot)org, berjudul “Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer,” akan menjadi Magna Carta tentang bagaimana Bitcoin beroperasi saat ini.

  • 3 Januari 2009

    Blok Bitcoin pertama ditambang, Blok 0. Ini juga dikenal sebagai “blok genesis” dan berisi teks: “The Times 03 / Jan / 2009 Chancellor di ambang bailout kedua untuk bank,” mungkin sebagai bukti bahwa blok tersebut ditambang pada atau setelah tanggal tersebut, dan mungkin juga sebagai komentar politik yang relevan

  • 8 Januari 2009

    Versi pertama perangkat lunak Bitcoin diumumkan di Milis Kriptografi.

  • 9 Januari 2009

    Blok 1 ditambang, dan penambangan Bitcoin dimulai dengan sungguh-sungguh.

 

Baca Juga  :    Pengertian RAM dan ROM, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaannya

 

Cara Kerja dan Manfaat Bitcoin

Setiap bitcoin (simbol perdagangan “BTC,” meskipun “XBT” juga digunakan) adalah file komputer yang disimpan dalam dompet digital di komputer atau smartphone. Untuk memahami cara kerja cryptocurrency, ada baiknya memahami istilah-istilah ini dan sedikit konteksnya :

 

  • Blockchain

    Bitcoin didukung oleh kode sumber terbuka yang dikenal sebagai blockchain, yang membuat buku besar publik bersama. Setiap transaksi adalah “blok” yang “dirantai” ke kode, membuat catatan permanen dari setiap transaksi. Teknologi Blockchain adalah jantung dari lebih dari 6.000 mata uang kripto yang telah menyusul setelah Bitcoin.

  • Private and public keys

    Dompet bitcoin berisi kunci publik dan kunci privat, yang bekerja sama untuk memungkinkan pemilik memulai dan menandatangani transaksi secara digital, memberikan bukti otorisasi.

  • Penambang Bitcoin

    Penambang atau anggota platform peer-to-peer, kemudian secara independen mengkonfirmasi transaksi menggunakan komputer berkecepatan tinggi, biasanya dalam 10 hingga 20 menit. Penambang dibayar dalam Bitcoin untuk usaha menambang mereka.

 

Nilai Bitcoin mengikuti hukum penawaran dan permintaan dan karena permintaan naik dan turun, ada banyak volatilitas dalam harga cryptocurrency. Selain menambang Bitcoin, yang membutuhkan keahlian teknis dan investasi pada komputer berkinerja tinggi. Kebanyakan orang membeli bitcoin sebagai bentuk spekulasi mata uang seperti bertaruh bahwa nilai dolar AS dari satu bitcoin akan lebih tinggi di masa depan daripada saat ini yang memang cara ini sulit diprediksi.

 

Baca Juga  :     Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Bekerja Untuk Bitcoin

Mengenal Bitcoin : Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Manfaatnya
 

Mereka yang wiraswasta bisa mendapatkan bayaran untuk pekerjaan di bitcoin. Ada sejumlah cara untuk mencapai ini seperti membuat layanan internet apa pun dan menambahkan alamat dompet bitcoin Anda ke situs sebagai bentuk pembayaran. Ada beberapa situs web / papan pekerjaan yang didedikasikan untuk mata uang digital seperti :

 

  • Cryptogrind menyatukan pencari kerja dan calon pemberi kerja melalui situs webnya
  • Coinality menampilkan beberapa pilihan pekerjaan lepas, paruh waktu dan penuh waktu yang menawarkan pembayaran dalam bitcoin, serta mata uang kripto lainnya seperti Dogecoin dan Litecoin
  • Jobs4Bitcoins, bagian dari reddit.com
  • BitGigs dan Bitwage yang menawarkan cara untuk memilih persentase dari gaji kerja Anda untuk diubah menjadi bitcoin dan dikirim ke alamat bitcoin Anda

 

Baca Juga  :    Apa itu Switch: Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

 

Cara Mendapatkan Bitcoin

Pada umumnya ada tiga cara utama orang mendapatkan Bitcoin, yakni :

 

  • Anda dapat membeli Bitcoin menggunakan uang nyata.
  • Anda dapat menjual barang dan membiarkan orang membayar Anda dengan Bitcoin.
  • Atau mereka dapat dibuat dengan menggunakan komputer.

 

Kesimpulan dan Penutup

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat pada Januari 2009 setelah jatuhnya pasar perumahan. Ini mengikuti ide-ide yang ditetapkan dalam whitepaper oleh Satoshi Nakamoto yang misterius dan nama samarannya dan hingga saat ini identitas orang atau orang-orang yang menciptakan teknologi masih menjadi misteri. Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional dan dioperasikan oleh otoritas terdesentralisasi, tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah.

Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang setiap orang memiliki akses transparan, yang -bersama dengan semua transaksi Bitcoin akan diverifikasi oleh sejumlah besar daya komputasi. Bitcoin tidak diterbitkan atau didukung oleh bank atau pemerintah mana pun, serta bitcoin individu juga tidak berharga sebagai komoditas. Meskipun bukan merupakan alat pembayaran yang sah, grafik Bitcoin memiliki popularitas tinggi, dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang virtual lainnya yang secara kolektif disebut sebagai Altcoin.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update